Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat Tulang ikan nyangkut di tenggorokan


Saat sedang asyik-asyiknya makan ikan, tiba-tiba duri ikannya menyangkut di tenggorokan. Pasti hal ini sangatlah mengganggu dan menjengkelkan.

Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, membuat tenggorokan jadi sakit saat menelan makanan.

Bahkan kalau tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Jangan menggunakan tangan!

Jangan sekali-kali Anda mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan.

Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

2. Batuk

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah batuk, Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan.

3. Minum air garam

Jika dengan batuk duri masih belum hilang, Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam.

Lalu minum air campuran garam tersebut.

Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi

Anda juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah.

Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil.Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak.

Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

5. Menelan marshmallow

Selain nasi, Anda juga bisa menelan marshmallow sebagai bantuan.

Isi mulut Anda dengan beberapa marshmallow. Lalu kunyahlah marshmallow, namun jangan sampai halus – biarkan sedikit kasar, kemudian telan.

Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah menjadi lengket. Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

6. Minum minyak zaitun

Hal lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan minum minyak zaitun.

Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah

Minyak zaitun memungkinkan memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat duri melunak dan terlepas.

Jangan Sepelekan Kesemutan di Tangan, Bisa Jadi 4 Penyakit Ini Penyebabnya


Kesemutan pada tangan adalah salah satu keluhan yang kerap dialami dan seringnya dianggap sebagai gangguan yang sepele. Tapi jika kesemutan berlangsung secara terus menerus dan terasa sangat mengganggu, moms perlu waspada karena dikhawatirkan kesemutan itu adalah tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Sepertinya setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan, terutama pada tangan. Kesemutan merupakan sensasi tidak nyaman seperti tersengat, kebas, atau bahkan mati rasa. Kesemutan bisa menyerang bagian tubuh manapun, tapi biasanya kesemutan yang terjadi pada tangan disebabkan siku terbentur atau tangan dibiarkan pada posisi tertentu dalam waktu yang lama. Kondisi ini umumnya bersifat sementara dan umumnya tidak memerlukan pengobatan, karena sensasi kesemutan dapat hilang dengan sendirinya.

Penyebab Tangan Kesemutan

Meskipun tampak sepele, ternyata kesemutan yang terjadi di tangan bisa menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya. Hal ini bisa disimpulkan apabila keluhan kesemutan pada tangan terjadi berulang dan menetap (kronis), disertai bengkak atau nyeri yang sampai mengganggu kualitas aktivitas. Untuk mengobati keluhan kesemutan di tangan yang berulang ini terlebih dulu harus diketahui penyebabnya, jika penyebab utama kesemutan sudah diketahui maka gangguan ini dapat dihilangkan.

Diabetes

Kesemutan kronis terjadi bisa disebabkan karena pembuluh darah kecil terganggu. Jika pembuluh darah yang rusak atau terganggu adalah pembuluh darah yang memasok saraf di jari tangan maka sensasi kesemutan, sakit, atau mati rasa bisa dirasakan. Hal ini dapat menimpa para penderita diabetes, kondisi tangan yang kesemutan dan mati rasa bisa membuat penderita diabetes tidak merasa sakit saat tangannya terluka. Hal tersebut tentu berbahaya karena luka pada penderita diabetes lebih susah sembuh dan bisa berkembang menjadi gangren.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Sindrom ini disebut juga dengan istilah sindrom terowongan kapal. CTS merupakan kondisi di mana saraf rusak yang disebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan. Salah satu ciri dari CTS yaitu tangan kesemutan terutama pada malam hari, pergelangan tangan sakit saat menggenggam barang atau adanya gangguan koordinasi tangan. CTS biasa terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus. Beberapa orang yang berisiko menderita CTS yaitu mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan seperti untuk mengetik, menulis, dan mengemas barang.

Rheumatoid Arthritis

Gejala Rheumatoid Arthritis di tangan adalah sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, bentuk sendi tampak cacat, serta nyeri atau rasa kaku pada saat bangun tidur yang terjadi selama lebih dari satu jam. Gejala Rheumatoid Arthritis mirip dengan CTS, yaitu timbulnya sensasi kesemutan pada pergelangan tangan yang sangat mengganggu, terutama terjadi pada malam hari.

Gangguan Tiroid

Disebut juga dengan hipotiroidisme, kondisi ini membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Beberapa keadaan yang dapat terjadi akibat kondisi ini adalah tangan kesemutan, kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, hingga rambut rontok.

Kekurangan Vitamin B

Vitamin B memiliki peranan untuk menjaga sistem saraf dalam tubuh. Oleh karena itu kekurangan vitamin B dapat menyebabkan beberapa gangguan tubuh yang berhubungan dengan saraf, salah satu yang sering terjadi adalah kondisi kesemutan yang terjadi pada tangan.

Tags: #kesemutan #kesemutan tangan #penyakit penyerta tangan kesemutan #pertolongan pertama ketulangan #tulang ikan nyangkut #tulang ikan nyangkut ditenggorokan