Pilu, Pengen Mancung Malah Kena Apes, Sisi Gelap Operasi Plastik Jadikan Pelajaran Bagi Semua Orang


Tren kekinian untuk menilai seseorang lewat penampilan, membuat semakin banyak orang terobsesi untuk selalu tampil sempurna.

Keinginan untuk ‘dilihat’ lebih cantik atau tampan pun makin ekstrem setelah kemajuan teknologi operasi plastik yang mampu mengubah atau ‘menyempurnakan’ wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Sayangnya usaha untuk memperbaiki penampilan sering menyisakan cerita miris dibaliknya. Kegagalan operasi dan perubahan wajah, kesalahan medis, dan akibat fatal sering didapat oleh mereka yang kurang beruntung ketika mengharapkan untung.

Seorang wanita di Thailand baru-baru ini bahkan mengejutkan dunia maya dengan penampakan silikon hidungnya akibat kesalahan operasi plastik. Selalu ada yang bisa kita jadikan pelajaran dari sebuah kisah, simak pemaparan Hipwee News & Feature berikut!

Berharap memperbaiki bentuk hidung di klinik murah, hasilnya bikin ‘bangkrut’

Seorang wanita Hat Yai Thailand membagikan fotonya usai mengalami kegagalan operasi di salah satu klinik Thailand. Dilansir melalui Daily Mail, wanitaini begitu berani membagikan fotonya agar dijadikan pelajaran untuk banyak orang. Awalnya ia berharap memperbaiki bentuk hidungnya dengan melakukan serangkaian operasi plastik di salah satu klinik yang tergolong murah di Thailand.

Namun setelah melakukan prosedur yang sesuai, justru yang ia dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Silikon yang seharusnya tertanam dalam hidung dan menjadikan bentuk hidungnya lebih mancung justru menyeruak keluar kulit di batang hidungnya.

Kondisi hidungnya pun tampak mengerikan setelah sebelumnya ia juga menderita inflamasi pada hidungnya.
Pihak klinik menolak bertanggung jawab, wanita Hat Yai ini justru dapat bantuan dari RS Bangkok

Kegagalan operasinya ini justru membuat pihak rumah sakit tidak bisa berbuat apa-apa. Belum ada informasi pasti apakah wanita Hat Yai yang tak ingin disebutkan namanya itu akan mengambil langkah hukum pada kasus malpraktik ini, namun ia justru dapat bantuan dari rumah sakit lain di Bangkok.

RS Bangkok bersedia membantu wanita ini untuk mengangkat implan hidungnya dan memperbaiki kesalahan akibat hasil operasi. Sebuah foto memperlihatkan wanita sudah ditolong dan meninggalkan bekas lubang pada batang hidung diantara kedua matanya. Perawatan berlanjut yang jelas masih sangat diperlukan.

Ada sisi gelap dibalik operasi plastik murah di Thailand. Kasus ini bahkan bukan pertama yang viral di media Thailand termasyhur sebagai negara dengan ‘surga’ klinik kecantikan.

Hampir di setiap jalanan Thailand ditemui klinik yang bisa membantumu memperbaiki penampilan. Dengan fasilitas bintang lima dan dokter professional, kebanyakan klinik di Thailand pun menawarkan harga yang sangat menggiurkan.

Wajar saja banyak orang yang rela menyeberangi pulau dan samudra demi dapat perbaikan diri di Thailand. Dibandingkan dengan harga sekali operasi plastik di AS dan Eropa, melakukan perjalanan ke Thailand dan menjalani operasi plastik hitungannya lebih murah. Ditambah pengalaman tenaga medis Thailand yang nggak bisa bohong.

======

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu

Banyak orang meyakini waktu terbaik untuk minum susu adalah di pagi hari. Tetapi tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa minum susu lebih tepat dilakukan saat malam hari. Bagaimana faktanya?

Susu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain kaya akan kalsium dan mineral yang baik bagi kesehatan tulang, susu juga mengandung protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot dan menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, susu tak hanya harus dikonsumsi dalam jumlah tepat, tapi juga perlu diminum di waktu yang tepat. Sebuah penelitian menyatakan, minum susu bebas lemak di pagi hari dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda tidak akan makan berlebihan di siang harinya.

Akan tetapi, ada juga penelitian lain yang menyebutkan bahwa minum susu di malam hari bisa membantu seseorang lebih tenang, sehingga tidurnya akan lebih lelap. Lalu, kapan waktu yang paling baik untuk minum susu?

Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Susu

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus atau waktu yang paling baik untuk minum susu. Susu baik untuk dikonsumsi di pagi hari maupun malam hari. Jika Anda memiliki tujuan khusus, misalnya untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan masa otot, ada dua waktu minum susu yang dianjurkan, yaitu:

Setelah makan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, minum susu setelah makan dipercaya merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, susu merupakan salah satu sumber protein. Protein dapat memperbaiki metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang setelah makan.

Setelah berolahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah olahraga baik untuk meningkatkan pembentukan masa otot dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.

Namun, perlu diingat, tetap konsumsi susu sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, ya. Jika susu dikonsumsi secara berlebihan, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan meningkat dan akhirnya justru memicu pertambahan berat badan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Minum Susu

Meski mengandung banyak manfaat, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat minum susu. Salah satunya adalah efek minum susu bersama dengan makanan tertentu, seperti pisang.

Mengonsumsi susu dan pisang bersamaan secara rutin bisa menyebabkan berat badan bertambah. Hal ini karena susu dan pisang sama-sama mengandung kalori yang cukup tinggi. Sebagai gambaran, 1 buah pisang ukuran sedang mengandung 105 kalori, sedangkan dalam 1 cangkir susu (237 ml) terkandung 149 kalori.

Susu juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap obat. Contohnya, phenytoin disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan segelas susu. Sebaliknya, antibiotik atau suplemen zat besi justru tidak disarankan untuk diminum dengan segelas susu, karena bisa menghambat penyerapan kedua obat ini.

Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi obat apa pun dengan susu secara bersamaan tanpa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Tujuannya adalah untuk menghindari efek interaksi obat.

Perlu diketahui, susu juga dapat menyebabkan efek samping tertentu pada sebagian orang. Oleh sebab itu, konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum minum susu, jika Anda menderita kondisi berikut:

1. Alergi susu

Susu merupakan asupan yang cukup sering menyebabkan timbulnya reaksi alergi pada anak-anak, bila dibandingkan makanan lain, seperti kacang atau telur.

Mengonsumsi susu pada orang yang alergi susu dapat menyebabkan reaksi kulit, seperti eksim atau gangguan pada usus, misalnya kolik, sembelit, dan diare. Pada beberapa keadaan, bahkan bisa muncul gejala yang lebih serius, seperti BAB berdarah, mengi, atau sulit bernapas.

2. Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan akibat tubuh tidak bisa mencerna laktosa atau jenis gula yang terdapat di dalam susu sapi.

Intoleransi laktosa akan menimbulkan beragam keluhan, seperti mual, kembung, sering buang angin, bahkan diare. Berat ringannya keluhan tergantung pada jumlah laktosa yang dikonsumsi.

3. Tukak lambung

Sebelum ada obat penghambat produksi asam, susu dipercaya dapat menurunkan tingkat keasaman lambung yang dapat menyebabkan tukak lambung. Tetapi faktanya, susu justru meningkatkan produksi asam lambung, sehingga memperparah gejala yang dialami penderita tukak lambung.

4. Diabetes

Jika Anda menderita diabetes, kandungan kalsium dan protein di dalam susu sangat penting bagi Anda. Namun, hindari susu dengan kandungan lemak jenuh, lemak trans, karbohidrat, dan gula yang tinggi, karena berpotensi memperburuk kondisi ini.

Nah, untuk mendapatkan manfaat susu, minumlah susu sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter agar tahu kapan waktu minum susu dan berapa takaran yang tepat bagi Anda.

======

Ini Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Asupan Nutrisi di Pagi Hari

Sengaja atau tidak sengaja, banyak orang yang melewatkan sarapan pagi, misalnya karena bangun kesiangan, malas menyiapkan makanan, atau sedang menjalani program diet. Padahal, sarapan sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi sebelum beraktivitas sepanjang hari.

Anda memerlukan sarapan karena tubuh membutuhkan pasokan nutrisi kembali setelah Anda tidur dan tidak makan semalaman. Asupan nutrisi yang tepat di pagi hari tidak hanya membantu meningkatkan energi dan semangat dalam beraktivitas, tapi juga dapat mencegah kenaikan berat badan.

Alasan Pentingnya Memenuhi Asupan Nutrisi di Pagi Hari

Ada beragam alasan mengapa Anda perlu memenuhi asupan nutrisi di pagi hari melalui sarapan. Alasannya antara lain adalah:

1. Meningkatkan energi

Seperti yang telah disebutkan di atas, sarapan pagi dapat meningkatkan energi. Jika tubuh Anda berenergi sejak awal hari, Anda dapat lebih fokus dalam belajar atau bekerja sehingga tugas yang sedang dikerjakan dapat terselesaikan dengan lebih baik.

2. Meningkatkan kinerja otak

Kebutuhan nutrisi di pagi hari yang terpenuhi dengan baik melalui sarapan bergizi dapat meningkatkan kinerja otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat menunjang prestasi anak di sekolah dengan meningkatkan daya ingat, ketajaman perhatian, konsentrasi, dan kemampuan memecahkan masalah.

3. Meningkatkan mood

Penelitian juga mengungkapkan bahwa sarapan bergizi secara teratur dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Hal ini berkaitan dengan asupan nutrisi yang baik untuk otak dan penurunan kadar hormon kortisol (hormon stres).

4. Mencegah berbagai penyakit

Sarapan juga dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan sehat dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

5. Menurunkan berat badan

Sarapan pagi dengan menu yang sehat dan bernutrisi dapat membantu mengontrol dan menurunkan berat badan. Dengan sarapan, rasa lapar di siang hari bisa berkurang, sehingga keinginan untuk makan secara berlebihan bisa dihindari. Selain itu, godaan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi di siang hari juga cenderung berkurang jika Anda membiasakan diri untuk sarapan.

Berbagai Nutrisi yang Dibutuhkan di Pagi Hari

Sarapan memang penting, tapi Anda juga harus memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan atau minuman yang di konsumsi setiap paginya. Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh di pagi hari adalah:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan energi dengan cepat. Konsumsilah karbohidrat yang juga mengandung serat, seperti kentang dengan kulitnya, beras merah, serta berbagai macam buah dan sayuran, untuk menjaga berat badan ideal dan menyehatkan sistem pencernaan.

Protein

Tak hanya sebagai sumber energi, protein juga merupakan asupan nutrisi penting di pagi hari karena nutrisi ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan.

Vitamin

Pastikan sarapan Anda mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, vitamin D, kalsium, magnesium, folat, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam memproduksi energi dan mendukung aktivitas. Selain itu, pagi hari juga diyakini sebagai waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin.

Ragam nutrisi di atas dapat Anda temui pada berbagai jenis makanan, seperti sereal, oatmeal, sandwich, telur, yogurt, buah, dan kacang-kacangan. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah makanan tersebut di pagi hari, susu dapat menjadi menu sarapan alternatif yang praktis dan menyehatkan.

Namun, sebelum mengonsumsi susu, perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Pastikan susu yang Anda konsumsi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan juga mineral.

Vitamin pada susu yang sangat dianjurkan antara lain vitamin A, B2, B12, dan E. Sementara mineral penting yang sebaiknya terkandung pada susu adalah kalsium, fosfor, magnesium, zinc, selenium, dan natrium.

Cukupi asupan nutrisi di pagi hari agar kesehatan Anda tetap terjaga dan Anda siap untuk memulai aktivitas. Namun, perhatikan juga jenis nutrisi yang Anda konsumsi. Hindari makanan yang tinggi kalori tetapi memiliki nilai gizi yang rendah, seperti pancake, muffin, jus buah yang tinggi gula, roti berselai, atau kentang goreng olahan.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan saran tentang pilihan menu sarapan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Tags: #pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari #sisi gelap operasi plastik #waktu terbaik minum susu