Raffi Ahmad Alami Gejala Nyeri Usai Gendong Rafathar, Langsung Operasi

90 views


Raffi Ahmad sempat dilarikan ke rumah sakit usai menggendong Rafathar. Suami Nagita Slavina itu mengeluh nyeri pinggang hebat disertai dengan kesemutan.
Setelah melakukan pemeriksaan, Raffi ternyata mengidap saraf kejepit. Ia pun harus segera mendapatkan penanganan medis, yaitu endoskopi di Klinik Pusat Nyeri Saraf dan Tulang Belakang, Lamina Pain and Spine Center.

Raffi mengaku kepada Kepala Dokter Spesialis Bedah Saraf Klinik Nyeri Tulang Belakang Lamina, dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS yang menanganinya, sudah cukup lama merasakan keluhan nyeri pinggang. Kemudian, keluhan tersebut kambuh kembali saat ia menggendong putranya, Rafathar Malik Ahmad.

“Saya selalu bermasalah di sini (pinggang) dok. Kemarin mungkin karena Rafathar sudah semakin berat, terus saya gendong-gendong langsung kena (pinggang), sakit ya dok,” cerita Raffi Ahmad baru baru ini.

Sementara itu, menurut dr Mahdian Nur Nasution, Sp.BS berdasarkan pemeriksaan dan hasil MRI, Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit. Hal itu disebabkan oleh bantalan menonjol yang menjadi penyebab saraf terjepit.

“Ini sarafnya mas Raffi, memang ada bantalan yang menonjol yang menekan saraf. Jadi yang bikin sakit bantalan ini karena sarafnya tertekan,” ujar dr Mahdian.

Raffi pun disarankan melakukan tindakan endoskopi untuk mengatasi masalah saraf kejepit tersebut. Dokter pun langsung menyarankan untuk segera melakukan tindakan.

Ayah dari Rafathar dan Rayyanza Malik Ahmad itu sempat takut ketika mendengar jika harus operasi. Namun oleh sang dokter operasi endoskopi itu aman karena hanya membutuhkan goresan kecil, sehingga Raffi bisa langsung pulang tak perlu rawat inap.

“Tenang, sekarang teknologi sudah bagus pakai endoskopi. Prinsip endoskopi itu hanya membutuhkan sayatan yang sangat kecil, yaitu 7mm kurang dari 1cm. Lukanya tidak besar, sehingga nanti mas Raffi setelah tindakan bisa langsung pulang tidak perlu rawat inap,” papar sang dokter.

Tindakan endoskopi ini hanya menggunakan bius lokal. Sehingga pasien tidak perlu rawat inap karena bisa dilakukan dengan one day care. Waktu tindakan 30-45 menit yang terbilang cukup cepat.

Alat endoskopi di klinik Lamina berasal dari Jerman dan hanya satu-satunya di Indonesia. Lebih lanjut, tindakan endoskopi tulang belakang di klinik Lamina Pain and Spine Center, dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf berpengalaman dengan jam terbang lebih dari 1600 tindakan.

Kondisi Raffi Ahmad Usai Dilarikan ke RS Gegara Gendong Rafathar

Raffi Ahmad harus dilarikan ke rumah sakit setelah bermain dan menggendong anak pertamanya, Rafathar Malik Ahmad. Ia merasakan sakit di bagian pinggang.
Nagita Slavina bereaksi cepat atas keluhan suaminya tersebut. Raffi Ahmad menduga sakit itu ada karena dirinya mengangkat beban berat.

“Kayaknya kemarin aku sudah lama nggak gendong-gendong berat, terus ngangkat Rafathar, Rafathar kan sudah tambah besar, jadinya ken ini kecetit. Lumayan banget ini sayang sakitnya. Kayak kesemutan gitu lo,” ungkap Raffi Ahmad dalam Channel YouTubenya.

Karena sakit yang luar biasa, Raffi Ahmad akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Nagita Slavina langsung menghubungi dokter andalan Raffi Ahmad yang biasa menangani suaminya itu.

Sesampainya di rumah sakit, Raffi Ahmad langsung menceritakan apa yang terjadi padanya. Tak beberapa lama dirinya langsung menjalani pemeriksaan.

Ternyata dari hasil pemeriksaan Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit.

“Tadi sudah saya lihat MRI-nya. Ini sarafnya mas Raffi memang ada bantalan yang menonjol. Ini lah yang menekan saraf mas Raffi, jadi yang bikin sakit ya memang bantalan ini,” ucap dokter tersebut.

Tak lama kemudian dokter memberikan saran kepada Raffi Ahmad untuk segera dilakukan tindakan medis.

“Tenang, sekarang teknologi sudah bagus, pakai endoskopi. Prinsipnya kita tidak perlu melakukan sayatan bedah lagi,” beber dokter tersebut.

Raffi Ahmad yang mendengar hal tersebut langsung tenang. Dirinya langsung menjalani proses tersebut. Setelah menjalani proses itu, ayah dua anak tersebut langsung dibolehkan pulang.

“Saya sarankan di rumah tetap hati-hati karena lukanya ada di tepi saraf,” beber dokter tersebut.

Tidak hanya itu, dokter juga memberikan saran agar Raffi Ahmad melakukan istirahat total.

“Saran saya beberapa hari ini nggak usah pergi-pergi dulu, (bed rest) beberapa hari sampai lukanya sembuh,” jelas sang dokter.

Di Instagram, Raffi Ahmad sudah terlihat beraktivitas. Ia menjalani kegiatan seperti biasanya, syuting dan yang lainnya.

Kekhawatiran Nagita Slavina Lihat Raffi Ahmad Kesakitan Saraf Kejepit

Raffi Ahmad kesakitan setelah menggendong Rafathar Malik Ahmad. Raffi yang tengah bermain dengan Rafathar tiba-tiba kesakitan sambil memegang punggung.
Nagita Slavina yang tak ada di lokasi saat Raffi Ahmad menggendong Rafathar langsung datang. Nagita Slavina awalnya mengira Raffi Ahmad sakit karena imbas habis bermain bola.

“Sudah tahu kayak gitu, ini pasti yang kemarin habis main bola. Aku bawa ke rumah sakit saja ya?” kata Nagita Slavina di RANS entertainment.

Raffi Ahmad sempat mengisyaratkan ingin menolak. Akan tetapi, Nagita Slavina terus memintanya ke rumah sakit.

“Ya terus emang bisa sembuh sendiri?” ucap Nagita Slavina.

Raffi Ahmad akhirnya bersedia dibawa ke rumah sakit khusus penyakit tulang dan saraf. Sesampainya di rumah sakit, dokter mengatakan Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit.

Untuk mengatasi rasa nyeri itu, Raffi Ahmad dianjurkan untuk melakuka endoskopi. Langsung mendapat tindakan, Raffi Ahmad lebih dulu minta izin kepada Nagita Slavina.

“Sayang aku sama dokter mau langsung ditindak ya operasi. Eh bukan operasi ini endoskopi,” kata Raffi Ahmad yang menelepon Nagita Slavina.

“Oke sayang, oke,” jawab Nagita Slavina.

Selesai tindakan, Raffi Ahmad tak perlu bermalam di rumah sakit dan bisa langsung pulang. Setelah berada di rumah, Nagita Slavina memastikan Raffi Ahmad sudah baik-baik saja.

“Kan dibius lokal, habis operasi ya biasa karena bius lokal kayak nge-fly, nyut-nyutan dikit, tapi nggak yang sakit gimana. Abis tindakan udah langsung pulang,” jelas Raffi Ahmad.

“Benar-benar nggak kenapa-kenapa kan nyeri gitu?” tanya Nagita Slavina yang dijawab dengan Raffi Ahmad kondisinya sudah baik-baik saja.

Dialami Raffi Ahmad, Mungkinkah Angkat Beban Berat Sebabkan Saraf Kejepit?

Artis Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluhkan rasa sakit di bagian pinggangnya. Setelah diperiksa, Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit.
Raffi Ahmad sempat menduga ini terjadi karena dirinya sudah lama tidak mengangkat beban berat, sehingga membuat penyakit lamanya kembali kambuh.

“Kayaknya kemarin aku sudah lama nggak gendong-gendong berat, terus ngangkat Rafathar, Rafathar kan sudah tambah besar, jadinya ken ini kecetit. Lumayan banget ini sayang sakitnya. Kayak kesemutan gitu lo,” ungkap Raffi Ahmad dalam Channel YouTubenya.

Benarkah mengangkat beban yang berat bisa memicu terjadinya saraf kejepit?

Dokter spesialis kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan umumnya orang yang sehat tidak ada masalah dalam melakukan aktivitas apapun. Tetapi, jika sebelumnya memiliki riwayat masalah serupa, tidak menutup kemungkinan bisa mengalami cedera saraf kejepit ini.

“Kalaupun ada, mungkin sebelumnya dia sudah mempunyai masalah terlebih dahulu. Jadi sebelumnya sudah ada problem, dengan mengangkat beban risiko itu menjadi lebih besar,” jelas dr Michael saat dihubungi detikcom, Kamis (17/3/2022).

Namun, jika orang tersebut dalam keadaan sehat dan tidak memiliki riwayat sakit apapun mungkin ada faktor lain yang mempengaruhinya. Sebab, tidak semua orang yang mengangkat beban berat bisa mengalami saraf kejepit.

Beberapa faktor yang bisa memicu kondisi ini misalnya, bebannya yang terlalu berat atau cara mengangkat bebannya yang salah.

“Kalau dia itu awam, dan sebelumnya itu belum pernah dan sehat-sehat saja (tidak ada riwayat) kemungkinannya kecil. Tapi, bukan berarti tidak ada risiko sama sekali,” kata dr Michael.

“Kecuali bebannya terlalu besar, postur dia nggak bagus, atau cara mengangkatnya salah. Jadi banyak sekali (faktornya),” pungkasnya.