Rezeki Mengalir Terus Ucap Syekh Ali Jaber, Ini 5 Kunci yang Harus Dilakukan


Sebelum manusia diturunkan ke bumi, segala hal termasuk rezeki sudah ditentukan oleh Allah untuk kehidupan manusia nantinya.

Meski rezeki sudah ditentukan, kita juga disarankan untuk tetap berusaha jika ingin merubah nasib atau menambah rezeki yang kita miliki.

Hal ini jelas dalam Al Quran Surah Ar Rad ayat 11 yang mengatakan jika Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri.

Jadi jika ingin lebih baik dalam contohnya rezeki, haruslah kita juga berusaha untuk menjemput rezeki tersebut dengan berikhtiar.

Namun ada juga yang masih menginginkan rezeki yang berlimpah meskipun sudah memiliki sesuatu yang cukup.

Dalam Islam berharap mendapat rezeki melimpah bukanlah hal yang dilarang. Tentu sepanjang diimbangi dengan upaya-upaya yang tidak melanggar syariat dan disertai dengan selalu berdoa kepada Allah Swt. Selain itu, ada amalan-amalan lain yang bisa dilakukan seseorang agar mendapat rezeki berlimpah.

Menurut keterangan almarhum Syekh Ali Jaber dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kompilasi Taushiyah pada 24 Agustus 2021, setidak-tidaknya ada lima kunci agar rezeki terus mengalir, antara lain:

1. Niat

Semua amalan tergantung dengan niatnya. Jika ingin rezeki mengalir deras, maka niatkan rezeki yang didapatkan sebagai jembatan untuk menuju surga Allah seperti yang dikutip dari Jatim Network dengan artikel yang berjudul “5 Kunci Utama Agar Rezeki Terus Mengalir Menurut Syekh Ali Jaber, Hindari Cara-Cara di Luar Syariat”.

2. Memperbanyak Istighfar

Almarhum Syekh Ali Jaber menyebutkan bahwa istighfar merupakan kunci mendatangkan rezeki. Jadi, memperbanyak istighfar adalah kunci agar rezeki mengalir deras.

3. Hindari Kufur Nikmat

Jika ingin ditambah rezeki, jadilah hamba Allah yang selalu bersyukur. Karena nikmat Allah memang tidak bisa terhitung.

Nikmat yang diberikan Allah memang sangat banyak, lahir dan batin. Oleh karena itu jangan menjadi orang-orang yang mengkufuri nikmat. Selain itu, juga niatkan untuk memenuhi hak istri, anak dan keluarga.

4. Muhasabah Diri

Jika rezeki tidak lancar, jangan berkata mengapa Allah tidak melancarkan rezeki dan usaha yang dilakukan. Tetapi, harus bertanya kepada diri sendiri apa salah dan kekurangan atau yang disebut dengan muhasabah diri.

5. Berdoa

Kunci agar rezeki mengalir deras yang terakhir adalah jangan lupa berdoa. Karena doa merupakan senjata orang mukmin untuk membuka pintu langit. Selama seseorang masih berdoa dan memohon kepada Allah, doa tersebut akan senantiasa di dengar oleh Allah.

Itu tadi 5 kunci agar rezeki mengalir deras menurut almarhum Syekh Ali Jaber. Semoga bermanfaat (Aly Reza/Jatim Network).

======

Mengenal Lebih Jauh BPPV, Penyebab Vertigo Kambuh

BPPV adalah salah satu penyebab paling umum vertigo kambuh. Kondisi ini sering kali menyerang secara tiba-tiba dan membuat penderitanya merasa seolah-olah ruangan di sekitarnya berputar.

BPPV atau benign paroxysmal positional vertigo adalah kelainan pada telinga dalam. Kondisi ini biasanya dipicu oleh perubahan posisi kepala yang spesifik pada setiap orang.

Meski umumnya tidak berbahaya dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, BPPV bersifat kambuhan. Pada beberapa orang, hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kenali Gejala BPPV

Saat vertigo yang disebabkan oleh BPPV menyerang, gejala yang ditimbulkan bisa berbeda-beda setiap orang. Meski begitu, ada beberapa gejala yang umum terjadi, di antaranya:

  • Pusing
  • Ruangan di sekitar terasa seperti berputar atau bergerak
  • Kehilangan keseimbangan
  • Mual
  • Muntah

Selain gejala-gejala di atas, terkadang serangan BPPV juga disertai dengan gerakan bola mata yang tidak normal (nistagmus).

Kambuhnya gejala BPPV dipicu oleh perubahan posisi kepala. Contoh gerakan posisi kepala yang bisa menyebabkan serangan BPPV adalah:

  • Membaringkan tubuh
  • Membalikkan posisi tubuh
  • Berguling di tempat tidur
  • Gerakan mengangkat, menurunkan, atau memiringkan kepala
  • Gerakan kepala yang cepat
  • Berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama, seperti di kantor atau saat tiduran di salon
  • Gerakan olahraga aerobik dengan intensitas yang tinggi
  • Guncangan kepala saat mengendarai sepeda di jalur yang kasar

BPPV juga bisa terjadi saat sedang berdiri atau berjalan dan menyebabkan hilangnya keseimbangan. Hal ini dapat meningkatkan risiko penderitanya untuk jatuh, yang bisa berbahaya bila terjadi saat melakukan aktivitas tertentu. Orang yang memiliki riwayat BPPV juga mungkin bisa lebih rentan mengalami mabuk perjalanan.

Berbagai Penyebab BPPV

Pada dasarnya, BPPV terjadi karena adanya kelainan struktur pada telinga bagian dalam. Penyebab kelainan ini belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa kasus melaporkan bahwa BPPV bisa terjadi setelah adanya pukulan ringan hingga keras di bagian kepala.

Meski jarang terjadi, BPPV juga bisa disebabkan oleh cedera pada operasi telinga. Selain itu, beberapa faktor berikut juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami BPPV:

  • Berusia 50 tahun ke atas
  • Pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan cedera kepala
  • Mengalami jenis migrain tertentu
  • Memiliki gangguan telinga bagian dalam, seperti penyakit Meniere

Beberapa Pemeriksaan untuk Mendiagnosis BPPV

Untuk mendiagnosis kondisi BPPV, diperlukan sejumlah pemeriksaan oleh dokter. Sebelum melakukan pemeriksaan, dokter akan menanyakan mengenai kesehatan Anda secara umum dan gejala yang Anda alami.

Pada pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk melakukan beberapa gerakan yang mengubah posisi kepala. Setelah itu, dokter akan mengamati reaksi yang Anda rasakan, baik itu dalam bentuk nistagmus atau rasa berputar. Hal ini akan membantu dokter untuk menentukan diagnosis BPPV.

Beberapa pemeriksaan tambahan mungkin juga perlu dilakukan jika pemeriksaan fisik belum cukup. Pemeriksaan tersebut meliputi:

  • Magnetic resonance imaging (MRI), untuk membantu menyingkirkan kemungkinan adanya penyebab lain yang juga bisa menyebabkan vertigo
  • Electronystagmography (ENG) atau videonystagmography (VNG), untuk melihat reaksi mata terhadap hal-hal yang mungkin memicu gejala vertigo

Cara Mencegah dan Mengatasi BPPV

Setelah menjalani pemeriksaan dokter, Anda tetap perlu melakukan beberapa hal untuk mencegah atau mengurangi serangan BPPV. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  • Selalu berhati-hati saat berjalan. Berhentilah jika Anda merasa kehilangan keseimbangan agar tidak terjatuh.
  • Segera duduk jika Anda merasa kepala Anda berputar.
  • Gunakan pencahayaan yang baik untuk berjaga-jaga jika Anda bangun di malam hari.

Jika BPPV kambuh, Anda bisa mengambil langkah-langkah berikut sebelum memeriksakan diri ke dokter:

  • Hindari tidur pada sisi yang sering menyebabkan pusing.
  • Tidur dengan 2 bantal atau lebih di bawah kepala.
  • Angkat kepala perlahan saat bangun di pagi hari dan duduklah di sisi tempat tidur sejenak sebelum berdiri.
  • Hindari membungkuk untuk mengambil sesuatu.

Meski BPPV termasuk kondisi yang tidak berbahaya dan sering hilang dengan sendirinya, segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami pusing yang parah, berulang-ulang selama lebih dari seminggu, atau disertai demam, penglihatan ganda, kehilangan pendengaran, kesulitan berbicara, kesulitan berjalan, atau bahkan pingsan.

======

Ketahui Bahaya dan Cara Mengusir Kecoa 

Kecoa dikenal sebagai serangga yang bisa mendatangkan banyak penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai cara mengusir kecoa agar kebersihan rumah tetap terjaga dan Anda beserta keluarga terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan serangga ini.

Kecoa menyukai tempat yang gelap dan lembap, seperti di dekat tempat cuci piring, kamar mandi, belakang kompor, bagian bawah lemari es, saluran pembuangan, atau lemari pakaian.

Kecoa hidup dengan makan sisa makanan manusia, serat kayu atau papan, kulit mereka yang terlepas, kuku jari manusia, hingga kotoran. Serangga ini bahkan dapat bertahan hidup hingga berbulan-bulan tanpa makanan dan air.

Selain itu, kecoa betina dapat mengeluarkan sekitar 1–4 butir telur setiap 20–28 hari sekali dan masing-masing telur berisi 35–50 kecoa kecil. Jika tidak segera dibasmi, kecoa akan banyak berkembang biak dan menyebarkan berbagai penyakit.

Bahaya Kecoa bagi Kesehatan

Hidup di tempat yang kotor dan kerap mengonsumsi makanan yang tidak higienis, termasuk kotoran manusia, membuat kecoa sangat dikenal sebagai serangga penyebar kuman dan virus penyebab penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa dipicu atau ditularkan oleh kecoa, antara lain:

Asma dan alergi

Kotoran, air liur, telur, dan tubuh kecoa yang telah mati dapat menyebar di udara dan masuk ke dalam selaput lendir mata, hidung, dan paru-paru manusia.

Hal tersebut bisa memicu reaksi alergi, termasuk dermatitis, gatal, pembengkakan pada kelopak mata, dan gangguan pernapasan yang serius. Reaksi alergi tersebut lebih rentan dialami oleh penderita asma atau penyakit pernapasan lainnya.

Infeksi bakteri dan virus

Kecoa bisa membawa berbagai bakteri, termasuk Salmonella, Staphylococcus, dan Streptococcus. Kecoa juga kerap membawa banyak virus dan parasit, seperti cacing. Tak heran bila kecoak bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, disentri, kolera, cacingan, dan demam tifoid.

Selain berbagai penyakit di atas, kecoa juga bisa menggigit manusia, meski hal ini jarang terjadi. Gigitan kecoa bisa menimbulkan rasa gatal dan nyeri yang mirip dengan gejala gigitan serangga.

Tips dan Cara Mengusir Kecoa

Meski sulit dibasmi secara keseluruhan, populasi kecoa di rumah dapat dikurangi dengan beberapa cara mengusir kecoa berikut ini:

1. Menjaga kebersihan rumah

Kunci untuk mengendalikan dan mengurangi jumlah kecoa di rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengusir dan mengurangi jumlah kecoa:

  • Mencuci peralatan masak dan makan segera setelah digunakan
  • Membuang isi tempat sampah secara teratur setidaknya setiap 1–2 hari
  • Membersihkan remah-remah makanan atau tumpahan minuman
  • Membersihkan lantai rumah secara teratur dengan menyapu, mengepel, atau menggunakan vacuum cleaner
  • Membersihkan lantai di bagian bawah furnitur yang jarang dipindahkan, seperti kulkas, lemari, tempat tidur, sofa, atau kompor
  • Menghindari kebiasaan menumpuk koran, majalah, atau kotak karton
  • Membersihkan lemari penyimpanan, rak, dan laci, serta membuang barang atau benda yang tidak perlu.
  • Meletakkan kamper atau kapur barus di lantai dan tempat yang terlihat gelap dan lembap
  • Membersihkan tempat makan dan minum hewan peliharaan secara rutin

2. Menutup makanan dan minuman

Jika ada sisa makanan atau minuman, Anda disarankan untuk meletakkannya di dalam wadah kedap udara, menutupnya hingga rapat, dan menyimpannya di dalam lemari es.

Selain itu, pastikan tidak ada sumber air yang menetes atau terbuka, seperti dari keran, pipa bocor, dispenser, atau gelas. Hal ini karena kecoa membutuhkan air untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, tempat yang lembap atau basah dapat memungkinkan kecoa untuk mudah berkembang biak.

3. Menutup tempat masuk kecoa

Jika ada retakan di lantai dan dinding rumah atau celah kecil di bawah pintu, pastikan Anda menutupnya agar kecoa tidak bisa masuk ke dalam rumah. Jangan lupa pula untuk menutup lubang kamar mandi yang juga menjadi jalur masuk kecoa ke dalam rumah.

4. Menggunakan atau memanggil pembasmi hama

Selain mempratikkan berbagai langkah di atas, Anda juga bisa menggunakan perangkap kecoa dan semprotan pembasmi hama yang dijual bebas untuk mengusir kecoa. Namun, pastikan Anda meletakkan atau menggunakannya dengan hati-hati.

Jika diperlukan, Anda pun bisa menggunakan jasa ahli pembasmi hama untuk mengusir kecoa dan serangga lainnya dengan cara fogging.

Jangan anggap remeh keberadaan kecoa di rumah karena hewan kecil tersebut bisa menyebarkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mulai melakukan berbagai cara mengusir kecoa agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga.

Apabila Anda mengalami keluhan atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kecoa, konsultasikan ke dokter agar penanganan yang tepat dapat dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggal sebagai cara mengusir kecoa paling efektif.

Tags: #bahaya kecoa #cara mengusir kecoa #kunci agar rezeki mengalir terus #penyebab vertigo kambuh