Rezeki Pria Itu Sedikit, yang Banyak Milik Anak dan Istri

204 views


Ingin bukti?? Banding saja waktu anda masihlah sendiri belum berkeluarga.

Jika pun banyak bakal habis-habis di jalan saja. tidak sama waktu sudah ada berkeluarga. Karena harga diri lelaki adalah bekerja.

Lelaki adalah yang dapat mengubah dunia meski sebatas depa, menyembunyikan deritanya untuk menafkahi keluarganya, bukan yang cengeng berpangkutangan. Insya Allah bernilai ibadah serta sebagai penghapus dosa.

”Bukanlah orang yang paling baik diantara kalian orang yang rajin melaksanakan ibadah mencari pahala akhirat dengan meninggalkan kesibukan bekerja untuk kebutuhan kehidupan dunia, dan bukan juga orang yang paling baik diantara kalian orang yang rajin bekerja dengan meninggalkan kesibukan beribadah. Orang yang paling baik diantara kalian adalah yang melakukan keduanya: rajin bekerja serta rajin juga beribadah. Sebab kekayaan bisa jadikan fasilitas mencapai kebahagiaan akhirat. Karena itu, jangan sampai kalian jadi manusia pemalas. ” (HR. Ibnu Asakir dari Anas).

“Barangsiapa di sore hari merasa kecapaian, lantaran sepanjang hari bekerja meraih kecukupan keluarga, jadi pada sore hari itu juga dia memperoleh curahan ampunan dosa.” (HR. Thabrani dari Ibnu Abbas).

Semoga keluarga kita dijaga Allah hingga akhir hayat. Amiin…

Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang dilimpahi dengan rezeki. Namun, rezeki yang paling baik adalah rezeki yang diberkahiNya, rezeki yang membawa kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga.

Membahagiakan istri bisa menjadi salah satu pembuka pintu rezeki yang paling lebar untuk keluarga, benarkah?

Apa hubungannya kelancaran rezeki dengan kebahagiaan istri? Ternyata, ini rahasianya:

1. Mood baik istri dapat menular pada seluruh anggota keluarga. Jadi ketika istri bahagia, maka semua anggota keluarga akan bahagia.

Ketika istri menjalani hidup dengan positif, maka semua anggota keluarga juga menjalani hidup dengan positif.

2. Istri yang bahagia dan bersyukur akan menarik hal-hal positif ke dalam keluarga, karena sesungguhnya Tuhan memberi lebih banyak pada mereka yang bersyukur..

3. Istri yang bahagia akan menjadi partner yang baik untuk suami mencari rezeki maupun menjadi tempat pulang yang menenangkan setelah suami mencari rezeki.

Hasilnya, suami akan kembali semangat mencari rezeki keesokan harinya.

4. Istri yang bahagia dengan suaminya akan selalu mendukung suaminya dalam keadaan apapun, sehingga suami tidak pernah kehilangan dukungan meski di saat paling sulit sekalipun.

Dengan begini, suami bisa punya semangat untuk selalu bangkit lagi setiap menghadapi kesulitan.

5. Istri yang bahagia dapat diandalkan untuk mendidik anak-anak menjadi anak yang bahagia dan berguna. Rezeki bisa datang darimana saja, termasuk dari anak.

Rezeki juga bukan hanya berupa uang, tapi juga berupa anak-anak sholeh yang menemui orangtuanya dengan wajah bahagia setiap hari.

Nah, itulah alasannya kenapa istri yang bahagia bisa berpengaruh pada kelancaran rezeki.

Kebahagiaan istri bisa menular pada kebahagiaan suami dan seluruh keluarga, sehingga suami bisa memiliki energi positif untuk bekerja lebih baik lagi dalam mencari rezeki.

Semoga kita selalu menjadi orang-orang yang diberkahiNya

======

Manfaat Sabun Pepaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit beragam, mulai dari mencerahkan hingga mengurangi kerutan di wajah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya.

Manfaat pepaya tidak hanya dapat diperoleh dari buahnya secara langsung, tetapi juga dapat diambil dari ekstraknya yang telah terkemas dalam sabun pepaya. Selama ini, banyak orang sudah menggunakan sabun pepaya untuk membersihkan badan atau menjadikannya sebagai sabun pembersih wajah.

Ini Manfaat Sabun Pepaya

Manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit cukup banyak, di antaranya:

1. Mengangkat sel kulit mati

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah terlihat lebih bersih dan sehat. Dengan menggunakan sabun pepaya secara teratur, kulit akan tampak lebih cerah dan halus.

2. Mencerahkan kulit

Karena mampu mengangkat sel kulit mati, penggunaan sabun pepaya secara rutin juga dapat mencerahkan kulit. Tak hanya itu, sabun pepaya juga dapat mengatasi bercak-bercak gelap akibat hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit yang belang.

3. Mengatasi kulit berjerawat dan beruntusan

Manfaat sabun pepaya selanjutnya adalah mengurangi beruntusan dan jerawat pada kulit. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan enzim papain. Papain terbukti efektif dalam menghancurkan tumpukan keratin yang muncul sebagai beruntusan di wajah.

Selain itu, kemampuan enzim papain dalam mengangkat sel kulit mati juga mencegah penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

4. Mengurangi kerutan di wajah

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada sabun pepaya mampu merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapan dan elastisitasnya. Kadar kolagen yang cukup pada kulit dapat membuat kulit tampak lebih segar dan kencang.

Meski manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit ada beragam, Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, pada sebagian orang, reaksi alergi berupa gatal, kemerahan, maupun pembengkakan dapat muncul setelah menggunakan sabun pepaya.

Risiko alergi kulit terhadap sabun pepaya biasanya muncul pada orang yang memiliki alergi terhadap buah pepaya atau lateks. Jadi, jika muncul reaksi alergi, segera hentikan penggunaan dan bilas segera dengan air bersih.

Selain memperhatikan reaksi alergi, pastikan pula bahwa sabun pepaya yang Anda beli telah mengantongi izin BPOM. Sabun yang belum memiliki izin BPOM sebaiknya tidak Anda gunakan karena belum terbukti keamanannya.

Langkah Merawat Kulit Wajah

Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit wajah dapat diperoleh dengan optimal jika Anda juga melakukan perawatan kulit dengan benar. Untuk itu, pastikan Anda telah menerapkan langkah berikut saat merawat kulit wajah:

  • Bersihkan wajah secara rutin menggunakan sabun pepaya setidaknya dua kali sehari.
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut dengan menepuk wajah secara perlahan setelah dibersihkan.
  • Oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV.
  • Terapkan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Itulah manfaat sabun pepaya dan cara menjaga kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui. Jika sudah menggunakan sabun pepaya, tetapi hasil yang didapat tidak memuaskan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

======

Intip Beragam Manfaat Kentang untuk Anak di Sini

Kentang kerap dipilih sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Umbi berwarna kuning ini banyak disukai orang, termasuk anak-anak. Namun, tahukah Bunda? Selain mengenyangkan, ada banyak manfaat kentang untuk anak, lho.

Kentang mengandung nutrisi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein, serat, gula, vitamin C, asam folat, vitamin B6, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan antioksidan alami, seperti flavonoid dan karotenoid. Semua gizi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil guna mendukung proses tumbuh kembangnya.

5 Manfaat Kentang untuk Anak

Bila Si Kecil sangat suka makan kentang, Bunda patut bersyukur. Selain mudah ditemukan dan memiliki harga yang relatif murah, kentang bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari direbus hingga dipanggang. Jadi, akan mudah bagi Bunda untuk berkreasi menciptakan beragam menu kentang yang disukainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kentang untuk anak:

1. Merupakan sumber energi yang baik

Kentang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini bisa dibilang lebih baik bila dibandingkan dengan nasi putih, yang merupakan karbohidrat sederhana. Selain bisa menjadi sumber energi, karbohidrat kompleks juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan Si Kecil.

2. Menyehatkan pencernaan

Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan serat dan pati pada kentang mampu meningkatkan bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan anak jadi lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti sembelit dan peradangan usus besar.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan alami pada kentang membuatnya memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi.

Sementara itu, antioksidan sudah lama diketahui dapat melawan radikal bebas yang dapat melemahkan imunitas. Di tengah pandemi seperti saat ini, imunitas tubuh Si Kecil perlu dijaga agar ia tetap kuat menghalau infeksi virus Corona.

4. Membuat perut kenyang lebih lama

Dibandingkan sumber karbohidrat lainnya, kentang bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama. Khasiat ini dapat mengurangi keinginannya untuk makan camilan tidak sehat, seperti permen, biskuit, atau es krim.

Hal ini diduga berkat kandungan proteinase inhibitor 2 (PI2) yang dapat menekan nafsu makan. Selain itu, serat dan pati kentang juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga memberikan efek rasa kenyang.

5. Meningkatkan fungsi otot dan saraf

Kentang merupakan sumber kalium yang sangat baik untuk anak. Kalium merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga fungsi otot dan saraf. Manfaat ini sangat dibutuhkan agar Si Kecil bisa selalu aktif. Selain itu, kalium juga dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuhnya.

Itulah informasi mengenai manfaat kentang untuk anak yang sayang bila dilewatkan. Dengan mengetahui informasi di atas, kini Bunda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan kentang ke dalam menu makannya setiap hari.

Perlu Bunda ketahui bahwa kandungan serat, vitamin C, dan asam folat pada kentang akan lebih tinggi jika diolah bersama dengan kulitnya. Jadi, untuk mendapatkan manfaat nutrisi-nutrisi ini dengan optimal, Bunda dianjurkan untuk membersihkan dan tidak membuang kulit kentang ketika mengolahnya.

Kentang juga bisa mengandung acrylamide dan solanine, senyawa yang diduga akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Untuk mengurangi risiko ini, Bunda disarankan untuk menghindari kentang yang berwarna hijau, tidak memasak kentang terlalu lama, dan tidak menyimpan kentang di dalam kulkas.

Selain itu, perhatikan reaksi buah hati ketika pertama kali mengonsumsi kentang, karena pada sebagian anak kentang juga bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti bersin, tenggorokan sakit dan gatal, mata berair, bibir bengkak, dan sesak napas.

Jika Si Kecil mengalami gejala tersebut setelah makan kentang, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya, Bun.

Tags: #manfaat kentang untuk anak #manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit wajah #rezeki milik anak dan istri