Rindukan Ameer Azzikra, Nadzira Shafa: Kehilangan Kamu Tersulit dalam Hidupku


Nadzira Shafa, istri Ameer Azzikra mengungkapkan perasaan setelah ditinggal suaminya untuk selama-lamanya, dua hari lalu. Ia menuliskan perasaannya melalui unggahan-unggahan di halaman Instagram dan IG Storiesnya sejak suaminya dimakamkan hingga saat ini.

Di halaman Instagramnya, Selasa, 30 November 2021, Nadzira mengunggah sepuluh foto mesranya dengan sang suami. Terlihat tatapan mata mesra mendiang suaminya memandang wajahnya. “Dari segala kehilangan yang telah kudapan…Kamu adalah yang paling meninggalkan banyak jejak…Sangat sulit untuk kurapihkan,” tulisnya pada keterangan unggahan itu.

Ameer Azzikra, putra kedua mendiang pendakwah, Arifin Ilham meninggal dalam usia 20 tahun karena mengalami infeksi paru dan liver. Ia meninggalkan seorang istri, Nadzira Shafa yang baru dinikahinya pada 10 Juni 2021. Adik selebgram, Alvin Faiz ini selama ini meneruskan pengelolaan Pondok Pesantren Azzikra bersama kakaknya sepeninggal ayah mereka pada 22 Mei 2019.

Nadzira menuturkan, kenangan bersama suaminya terus mengendap dan seperti film yang diputar di benak dan pikirannya. “Kamu bagian terbaik dalam hidupku, sekaligus rasa kehilangan tersulit,” tulisnya menambahkan.

Perempuan berusia 20 tahun ini sebelumnya menuliskan, selama 172 hari menjadi istri Ameer Azzikra, ia merasa sangat bahagia. Terima kasih telah meminangku menjadi Khadijahmu…Aku bahagia. Love you @ameer_azzikra,” tulisnya di atas foto siluet yang diunggah di Instagram Storynya saat menuliskan kalimat perpisahan di hari suaminya meninggal. “Hidupku indah karenamu …Terima kasih Muhammadku.”

Nadzira mendapatkan penguatan setelah membuat unggahan ini. Dua di antaranya dari Syakir Daulay, penyanyi dan aktor sekaligus sahabat dekat Ameer, serta Wirda Mansur, putri sulung pendakwah, Yusuf Mansur.

“Aku tidak bisa membayangkan kehilangan yang kamu lalui, tapi kita tahu kamu kuat dan kamu akan menjadi yang terkuat. Salam kenal ya cantik, kirim peluk dan doa untukmu,” tulis Wirda Mansur. “Semangat Zir, lu anugrah terindah pasti di akhir hidup Ameer, lu udah jadi penyempurna separuh agama Ameer sebelum dia ketemu Tuhannya,” tulis Syakir Daulay.

Ameer Azzikra meninggal pada Senin dinihari, 29 November 2021. Ia sempat koma karena infeksi lever dan paru yang dideritanya. Jenazah Ameer dimakamkan bersebelahan dengan makam ayahnya, Arifin Ilham.

Pesan Terakhir Ameer Azzikra, Minta Alvin Faiz Bahagiakan Ibunda

Alvin Faiz mengenang sosok mendiang adiknya Ameer Azzikra yang telah pergi lebih dulu meninggalkannya. Kepada Alvin, Ameer menitipkan pesan untuk membahagiakan ibunya. Alvin tidak pernah menyangka kalau percakapannya dengan Ameer seminggu lalu menjadi sebuah pesan terakhir.

“Pesan terakhir? Ngobrol seminggu lalu, enggak ngeh kalau pesan terakhir, pesan Ameer itu, senengin mama, sering-sering ke rumah mama. Itu benar-benar yang ngobrol berdua, ngobrol panjang, kayak pesan terakhir,” ujar Alvin usai memakamkan Ameer, seperti dilansir dari kanal YouTube KH Infotainment, Senin, 29 November 2021.

Pesan tersebut disampaikan Ameer, karena usai menikah, Ameer masih tinggal dengan ibunya. Kini Ameer sudah tidak ada, kata Alvin, ibunya kembali tinggal sendiri di rumah. “Ameer satu rumah sama mamah, sementara waktu sama mamah,” ujar Alvin.

Ameer yang memiliki pribadi yang ceria, menurut Alvin, pernah diberitahu oleh guru mengajinya. Sang guru mengatakan pada Ameer kalau ia akan lebih dulu meninggal daripada sang istri Nadzira Shafa. “Sebulan lalu, gurunya Ameer bilang, katanya Ameer akan wafat duluan daripada Nadzira. Dia siapin semuanya, tapi kita berpikirnya iya wafat duluan, tapi masih lama,” ujar Alvin.

Ameer Azzikra, putra kedua pendakwah, Arifin Ilham meninggal pada Senin, 29 November 2021 dalam usia 20 tahun karena sakit. Ia sempat mengalami koma karena penyakit infeksi liver dan paru-paru yang dideritanya, sejak beberapa hari sebelumnya.

Alvin mengakui, penanganan pengobatan untuk Ameer dinilai telat. Keluarga sendiri baru mengetahui kalau ada infeksi paru-paru yang menyebabkan komplikasi saat Ameer dirawat untuk kedua kalinya. “Penyakitnya infeksi paru ada flek di paru-paru, komplikasi dari situ, dadakan. Diagnosa ketahuan beberapa hari yang lalu, enggak ada yang tahu. Kita ngira kelelahan biasa, ada flek paru dan liver juga,” ujar suami Henny Rahman ini.

Melalui status di Instagram Storynya, Alvin terus menuliskan rasa kehilangan adiknya. Ameer yang disebut Alvin selalu membelanya saat Alvin tertimpa masalah. “Mer kalu ga ada lu, siapa lagi yang belain gw, kuatin gw, ingetin gw kaya gini mer, bener-bener rapuh gw mer, hadapain semua ini tanpa lu mer,” tulis Alvin.

Kepergian Ameer disebut Alvin masih terasa seperti mimpi. Alvin mengenang kebersamaan mereka sejak masih kecil hingga dewasa. “Ngaji bareng, dihukum sama abi karena nakal, bareng, disuruh tampil di depan umum bareng, sampe nikahpun bebarengan juga. Gw ikhlas mer ridho demi Allah, yakin Allah sayang sama lu, tapi gw masih kangen mer, mau bareng-bareng lagi,” tulis putra sulung Arifin Ilham ini.

Kabar meninggalnya Ammer disampaikan oleh Alvin Faiz sendiri di halaman Instagramnya Senin dinihari. Ameer dimakamkan di Pondok Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor, bersebelahan dengan makam ayahnya, ulama, Arifin Ilham yang berpulang dua tahun lalu.