Rumah Tanggaku Hancur Karena FB dan WA, Pelajaran Bagi yang Sudah Menikah

1032 views


Awalnya kami cuma saling like status lama kelamaan beralih saling berkirim pesan. Dalam pesan-pesan yang singkat kami pun saling rinci keadaan. Meski dia tahu aku istri dan ibu dari anak 4 thn, dia tetap manis menanggapinya. (foto cover: sekedar ilustrasi)

Dari situ, kami teruskan kirim pesan dengan saling berikan Nomor Wa. Kirim foto dan berujung pada janjian adakan pertemuan. aku benar-benar khilaf dan terbuai suasana.

Dia memang lebih ganteng dari suamiku dan tak segan-segan memberikan sepatu, seragam sekolah, seragam olahraga dan tas mahal untuk anakku. Bayangkan untuk membeli barang tersebut dia rela merogoh ATM nya.

Aku begitu terharu. Itulah awal pertemuanku. Hari berikut koment-komentnya mulai sedikit ge nit dan na kal. Dan anehnya aku makin terhibur dengan inbok-inbok na kalnya. Mulailah setan merayapiku. aku tak segan-segan memberi foto tak berbusana permintaannya. Malam-malam yang ada penuh bunga-bunga bertebaran. Invite WA, FB dan mention twitter begitu berani dan menantang bi r 4hi.

Aku gak menyangka, meski sudah beranak satu tapi masih ada perjaka yang menyukai. Belum lagi, di profilnya dia merupakan mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi di jogjakarta. Minggu itu, di pertemuan kedua, kami sudah langsung cek in hotel di kotaku jakarta.

Sebulan dia di jakarta membuat kami sering adakan pertemuan hingga sampai pertemuan ke delapan. 3 bulan berlalu, aku mulai hamil. aku merasa biasa saja. Tapi kedua orang tuaku bingung dan mempermasalahkan. Pasalnya, sudah setahun suamiku kerja di pengeboran lepas pantai luar jawa. Dan sudah pasti tak pernah menyentuhku setahun ini. aku tetap bilang pada mereka, bahwa ini adalah janin suamiku. Tapi kedua orang tuaku tetap menuduhku melakukan serong.

Akhirnya, suamiku pun dituntut pulang. Tanpa basa-basi, suamiku pun cek Wa dan FB ku. aku demikian bingung dan panik. Masih ada pesan-pesan nakal ku di situ. aku menangis sejadi-jadinya.

Menyembah-nyembaah, bertekuk lutut di hadapan suami dan kedua orang tua kandungku.

“Menantuku, cepat ceraikan dia, biarlah aku kehilangan anak gadis dari pada kehilangan menantu dan cucu sebaik kamu.” kata ibuku “Dan kamu..!” ibu menudingku dengan mata berair. “Pergilah kemana kau mau, sekarang juga. Dan jangan pernah kau tampakkan wajah menjijikkanmu di hadapanku dan keluargaku.” aku keluar rumah dengan tangisan anakku.

Bahkan untuk memelukpun aku tak diizinkan. Ku coba minta pertanggung jawaban dari lelaki itu, namun WA FB nya sudah tak aktif lagi. Ku beranikan diri datang ke jogja kampus dimana dia kuliah. Di KABAG kemahasiswaan, ternyata tak menemukan nama yang ku maksud.

Aku tunjukkan foto wajahnya, dan ternyata tiada ditemui wajah yang seperti itu. aku menangis sejadi-jadinya. Kandunganku sudah hampir 6 bulan. Uang sangu pun menipis. Tak tahu kemana arah diuntung. Tak tahu Kemana nasib akan menuntun. WA dan FB benar-benar memporak -porandakan rumah tanggaku.

ibu-ibu, bapak-bapak dan sahabat-sahabat ku yang baik, gunakan Wa FB sesuai kebutuhan dan kemanfaatannya, bila tak ada manfaaatnya jangan malah menjerumuskan kita kedalam kemaksiatan, maka demi keutuhan dan kebahagiaan rumah tangga, berhati-hatilah main FB, chating dan invite WA.

Silahkan share demi kebahagiaan rumah tangga orang-orang terdekat kita. Wallahu’alam bishshawab.

======

Jangan Sampai Kelebihan atau Kekurangan Hormon Tiroid

Hormon tiroid merupakan salah satu hormon penting dalam tubuh. Karena perannya yang begitu penting bagi tubuh, produksi hormon tiroid yang berlebihan maupun terlalu sedikit akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh secara umum.

Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid, yaitu kelenjar berbentuk menyerupai kupu-kupu yang terletak di tengah leher bagian depan. Ada tiga hormon yang diproduksi dan dilepaskan oleh kelenjar tiroid, yaitu tiroksin (T4), triiodothyronine (T3), dan kalsitonin.

Hormon tiroid berperan dalam proses metabolisme dan keberadaannya memengaruhi setiap sel serta jaringan tubuh. Oleh karena itu, produksinya harus selalu dijaga dan jangan sampai kelebihan atau bahkan kekurangan, sebab dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Fungsi Hormon Tiroid

Sebelumnya telah disebutkan bahwa hormon tiroid berperan dalam proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, hormon ini juga memliki beragam fungsi lain, yaitu:

  • Mengontrol kecepatan tubuh saat mengolah makanan dalam sistem pencernaan
  • Mengatur irama dan detak jantung serta tekanan darah
  • Menaikkan atau menurunkan suhu tubuh
  • Mengontrol kecepatan tubuh dalam melakukan reproduksi sel
  • Membantu pertumbuhan pada anak-anak
  • Mengoptimalkan pertumbuhan otak, terutama pada anak-anak
  • Mengaktifkan sistem saraf untuk meningkatkan daya fokus dan kecepatan refleks tubuh

Umumnya, produksi hormon tiroid yang berlebihan akan membuat segala sesuatu di dalam tubuh berjalan lebih cepat dari seharusnya. Begitu pula jika hormon tiroid diproduksi dalam jumlah yang terlalu sedikit. Akibatnya, proses metabolisme akan berlangsung lambat dan berdampak pada terganggunya berbagai fungsi tubuh.

Untuk bisa bekerja secara optimal, hormon tiroid memerlukan stimulus dari kelenjar hipofisis atau pituitari. Kelenjar yang berada di otak ini akan memproduksi, menyimpan, dan melepaskan thyroid stimulating hormone (TSH) atau pemicu produksi hormon tiroid.

Jumlah TSH inilah yang menjadi salah satu penanda tinggi atau rendahnya hormon tiroid dalam tubuh.

Dampak Kelebihan Hormon Tiroid

Karena peran hormon tiroid amat penting bagi tubuh, menjaga produksi dan keseimbangan jumlahnya sangat penting dilakukan. Salah satu kondisi yang dapat memengaruhi hormon tiroid adalah hipertiroidisme.

Hipertiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormon, sehingga kadar hormon tiroid di dalam darah menjadi sangat tinggi. Kondisi ini menyebabkan proses metabolisme tubuh berlangsung lebih cepat dan menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Penurunan berat badan
  • Gemetar atau tremor
  • Kerontokan rambut
  • Gugup atau gelisah
  • Sulit konsentrasi
  • Tubuh mengeluarkan keringat berlebih
  • Sensitif atau tidak tahan dengan suhu panas
  • Gelisah dan susah tidur
  • Mudah lelah
  • Detak jantung menjadi cepat

Dampak Kekurangan Hormon Tiroid

Sebaliknya, jumlah hormon tiroid yang terlalu sedikit juga tidak baik bagi tubuh. Kondisi ini dikenal juga dengan hipotiroidisme. Hipotiroidisme merupakan kondisi ketika kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup.

Selain mengganggu proses metabolisme, kondisi ini juga berdampak pada terganggunya suhu tubuh dan detak jantung. Penderitanya juga akan mengalami gejala yang meliputi:

  • Metabolisme tubuh yang lambat
  • Mudah mengalami kenaikan berat badan
  • Mudah lelah
  • Gangguan memori
  • Susah buang air besar atau konstipasi
  • Peka atau tidak tahan terhadap udara dingin
  • Detak jantung lebih lambat dibandingkan kondisi normal
  • Kulit terasa kering
  • Suara serak
  • Rambut kering dan mudah patah
  • Depresi

Gejala gangguan tiroid ini dapat menyerupai penyakit lain. Pada wanita, kondisi kelebihan atau kekurangan hormon tiroid juga dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Jika Anda mengalami gejala kelebihan atau kekurangan hormon tiroid yang telah disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk menjalani pemeriksaan tiroid. Mengingat fungsinya yang begitu vital bagi tubuh, gangguan hormon tiroid tidak bisa dianggap remeh dan perlu segera diatasi.

Tags: #dampak kekurangan hormon tiroid #dampak kelebihan hormon tiroid #rumah tangga hancur karena wa dan fb