Rupanya Kalau Kita Suka Sedekah Pada Kakak Adik, Hidup Lebih Kaya Raya….Aamiin..


Pertanyaan ini mungkin dirasa sepele, namun kenyataannya kebanyakan muslim yang belum tahu lebih memilih untuk bersedekah pada fakir miskin daripada bersedekah terhadap keluarga atau kerabatnya sendiri. Mungkin jika ditelisik lebih lanjut, kerabat yang mungkin belum mampu akan terlihat setiap hari dan bisa memberi bantuan kalau memang sudah terlihat sangat membutuhkan sekali, atau dalam hal kasarnya membiarkan mereka meminta tolong terlebih dahulu. Padahal, setiap perintah sedekah dan infak di dalam al Qur’an, selalu yang pertama kali disebutkan adalah untuk karib kerabat. (foto cover: ilustrasi terharu diberi hadiah: sumber)

Seperti yang termaktub dalam ayat berikut ini:

“… dan memberikan harta yang ia cintai kepada karib-kerabat …” (QS. Al Baqarah : 177)

“Dan berikanlah kepada karib-kerabat akan haknya dan orang miskin …” (QS. Al-Isra : 26)

Dan banyak lagi ayat lain yang senada dengan itu. Jika kita cermati, ada satu pesan yang sangat penting untuk kita amalkan. Yaitu mendahulukan karib kerabat atau orang terdekat untuk menerima infak atau apapun bentuk kebaikan. Sebelum kita memberi kepada orang lain, kita harus perhatikan apakah ada di antara orang terdekat yang masih membutuhkan atau semua sudah makmur, tidak perlu disantuni lagi.

Amat disayangkan bila seseorang memiliki kekayaan yang membuat ia mampu menyantuni orang lain, dan ia sangat peduli dengan dengan masalah sosial di lingkungannya, mudah memberi kepada fakir miskin, anak yatim dan berbagai bentuk amal sosial lainnya.

Namun sayang beribu sayang ia sangat cuek dan pelit kepada saudara kandungnya sendiri. Barangkali ia merasa pemberian kepada keluarga terdekat tidak mendapatkan pahala. Padahal justru itulah yang lebih besar pahalanya di sisi Allah. Oleh karena itu pemahaman yang salah ini perdu diluruskan.

Tidakkah memilukan, bila seseorang tinggal di rumah yang bagaikan istana, sementara saudara kandungnya tinggal di rumah RSSS (rumah sangat sederhana sekali).

Tidakkah kita mengangkat alis bila seseorang mempunyai kekayaan besar, turun dari satu mobil mewah dengan dibukakan pintu oleh para ajudan, berpindah dari satu gedung mewah ke gedung mewah berikutnya.

Namun saudara kandungnya menjadi kuli atau babu yang siap diperintah-perintah dengan suara tinggi sambil diacungi telunjuk kiri, wajahnya penuh ketakutan dengan kepala tertunduk serta badan yang membungkuk.

Ingatlah, Rasulullah SAW bersabda:

“…. wahai umat Muhammad, demi Allah yang telah mengutusku dengan kebenaran, Allah tidak akan menerima sedekah seseorang yang mempunyai kerabat yang membutuhkan bantuannya, sementara ia memberikan sedekah atau bantuan itu kepada orang lain. Dan demi Allah yang jiwaku berada dalam genggamannya, Allah tidak akan memandangnya di hari kiamat nanti”. (HR. Thabrani)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

“Sedekah kepada orang miskin dinilai satu sedekah, sedangkan kepada karib (saudara dekat) nilainya sama dengan dua, nilai sedekah dan nilai menghubungkan persaudaraan”.

Ada pesan penting yang sangat jelas disini:

“Jika anda menjadi orang yang kaya, jadikanlah orang terdekat anda yang pertama sekali merasakan kekayaan itu. Ibu-bapak, anak-istri, saudara kandung, baru yang lainnya. Jangan sampai masyarakat anda memuji kedermawanan anda, sementara orang terdekat mengurut dada karena kebakhilan anda, padahal mereka dianggap kaya oleh orang lain karena anda sebagai saudaranya”.

Jadi kesimpulannya adalah, jelas anjuran Rasullulah SAW bahwa bersedekah kepada keluarga dan kerabat karib terdekat kita justru mendapat lebih besar pahala di sisi Allah SWT.

Namun jangan sampai menjadikan apa yang sudah disedehkan kepada mereka malah menjadikan kerabat lebih rendah derajatnya. Sayangi saudaramu dan bantulah mereka yang membutuhkan agar terjalin rasa kasih sayang, dan hal itulah yang menjadikan Allah SWT selalu memberikan kelancaran rezeki untuk kita semua.

======

Jangan Dilewatkan, Ini 6 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Air tebu kerap dikonsumsi sebagai minuman untuk mengusir rasa haus di tengah cuaca panas. Tak hanya nikmat dan menyegarkan, manfaat air tebu bagi kesehatan juga tidaklah sedikit. Mau tahu apa saja manfaatnya? Baca artikel berikut.

Air tebu merupakan minuman yang diperoleh dari perasan batang tebu. Pengolahan umumnya dilakukan dengan cara yang sederhana, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Saat mengonsumsi air tebu, Anda juga bisa menambahkan perasan lemon agar terasa lebih segar.

Beragam Nutrisi yang Terkandung dalam Air Tebu

Di dalam 100 ml air tebu, terkandung sekitar 80 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat
  • Gula, yaitu sukrosa dan fruktosa
  • Protein
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Zat besi

Tak hanya itu, air tebu juga mengandung natrium, zinc, mangan, serta beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan karotenoid.

Beragam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dari air tebu. Berikut ini adalah beberapa manfaat air tebu untuk kesehatan:

1. Meningkatkan energi

Air tebu merupakan salah satu sumber gula dan karbohidrat terbaik. Kandungan gula alami sukrosa dan fruktosa dalam air tebu dapat menghasilkan energi bagi tubuh, sehingga Anda bisa lebih bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu, air tebu juga dapat mencegah dehidrasi.

Oleh karena itu, air tebu cocok diminum saat sedang kelelahan atau setelah berolahraga agar tubuh bisa kembali segar.

2. Menangkal efek radikal bebas

Air tebu merupakan salah satu minuman yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini diketahui mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu beragam penyakit, misalnya kanker.

Namun, Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi air tebu, karena minuman ini mengandung banyak gula.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Tebu mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Serat pangan pada tebu diketahui baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat air tebu yang satu ini, Anda bisa menambahkan sedikit ampas tebu ke dalam air tebu ketika mengonsumsinya.

4. Memelihara kesehatan hati

Di beberapa negara, seperti India, air tebu telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gangguan fungsi hati.

Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa air tebu dapat mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh efek samping penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, misalnya pengobatan tuberkulosis.

Meski demikian, manfaat air tebu untuk mengobati penyakit hati masih perlu diteliti lebih lanjut, karena efektivitasnya belum dapat dipastikan.

5. Menjaga fungsi ginjal

Bukan hanya menjaga kesehatan hati, konsumsi air tebu secara teratur juga diyakini dapat menjaga ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Air tebu bersifat diuretik, sehingga mampu melancarkan buang air kecil dan membantu mencegah infeksi saluran kemih.

6. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air tebu mengandung antioksidan dan zat antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker prostat dan kanker payudara. Meski demikian, studi mengenai manfaat air tebu untuk mencegah kanker masih sangat terbatas.

Air tebu memang memiliki beragam manfaat, tetapi Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan. Konsumsi air tebu juga perlu dibatasi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalam air tebu cukup tinggi, sehingga bisa menaikkan kadar gula darah secara signifikan.

Konsumsi air tebu umumnya baik dan sehat bila Anda sedang membutuhkan energi tambahan, misalnya ketika berolahraga atau sedang menjalani aktivitas fisik yang berat.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat air tebu atau ingin memastikan apakah air tebu aman dikonsumsi bagi kesehatan, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air tebu.

======

5 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Memiliki aroma yang khas membuat bawang bombay kerap kali digunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan. Namun, khasiat bawang bombay nyatanya tidak hanya itu saja, lho. Bawang jenis ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombay tumbuh di bawah tanah. Bawang dengan kulit cokelat keemasan ini mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, meliputi karbohidrat, serat, garam, gula, vitamin B6, vitamin C, asam folat, kalium, dan beragam antioksidan alami.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, bawang Bombay menyimpan manfaat yang sayang untuk kamu lewatkan. Lima di antaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Bawang bombay mengandung banyak antioksidan dan senyawa antiradang. Ini penting untuk mau, karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas berlebih yang bisa memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan beragam penyakit. Antioksidan ini banyak ditemukan di lapisan terluar bawang bombay.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selain bisa menangkal radikal bebas, bawang bombay juga bisa menyehatkan sistem pencernaanmu. Hal ini karena bawang bombay merupakan sumber serat dan prebiotik yang baik untuk kelancaran buang air besar dan kesehatan usus secara menyeluruh.

Bawang ini juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti B. cereus dan S. aureus. Dengan mengonsumsi bawang bombay, risiko kamu mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare, akan menurun.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada bawang bombay juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dua kandungan ini bisa mengaktifkan dan memperkuat sel darah putih yang bertugas melindungimu dari berbagai serangan virus dan bakteri, termasuk virus Corona.

4. Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi bawang bombay juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes atau prediabetes.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi bawang bombay mentah, sekitar 100 gram per hari, terbukti mengalami perbaikan kadar gula darah.

5. Menurunkan risiko mengalami kanker

Kanker adalah penyakit yang sering kali berakibat fatal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi bawang bombay mampu menekan risiko mengalami beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Beberapa dari manfaat bawang bombay di atas memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, dengan mengetahui potensinya, kini kamu bisa lebih sering menyertakan bawang ini dalam masakan sehatmu.

Perlu kamu ketahui juga bahwa bawang bombay akan lebih berkhasiat jika dikonsumsi dalam bentuk mentah, meski ini bisa menimbulkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap.

Terlepas dari manfaatnya, bawang bombay berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan, seperti nyeri ulu hati dan perut bergas, pada orang yang memiliki irritable bowel syndrome. Menyentuh bawang bombay juga bisa menyebabkan reaksi alergi di kulit pada sebagian orang, meskipun hal ini cukup jarang terjadi.

Jika kamu mengalami keluhan setelah mengonsumsi bawang bombay atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat bawang bombay bagi kesehatanmu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #manfaat air tebu bagi kesehatan #manfaat bawang bombay bagi kesehatan #sedekah pada kakak adik hidup kaya raya