Rutin Minum Air Rebusan Kunyit Tiap Pagi, 6 Perubahan Ini yang akan Dirasakan Tubuh


Kunyit dikenal punya banyak khasiat untuk kesehatan. Bumbu dapur ini tak hanya dapat melezatkan berbagai masakan, namun juga bermanfaat bagi tubuh. Salah satu cara mengonsumsinya yaitu dengan minum air rebusan kunyit.

Namun tak banyak yang tahu kalau di pagi hari, minum air rebusan kunyit ternyata juga sangat disarankan. Pasalnya kunyit memang sejak lama dikenal memiliki manfaat luar biasa, terutama untuk kesehatan.

Jika Moms rutin minum air rebusan kunyit di pagi hari, ada 6 manfaat yang akan Moms rasakan terjadi pada tubuh.

1. Kadar kolesterol dan gula dalam darah turun

Kadar kolesterol dalam darah juga bisa diturunkan jika kita rutin minum air rebusan kunyit di pagi hari. Sehingga turut menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Selain itu kandungan kunyit bisa juga membantu proses gula yang masuk ke dalam tubuh sehingga mencegah lonjakan gula darah tinggi.

Pun kunyit mampu meningkatkan aliran empedu yang membantu tubuh mencerna makanan dengan baik, serta dapat membantu memecah lemak dari makanan yang dikonsumsi.

2. Meningkatkan fungsi otak

Sifat anti-inflamasi dalam kunyit akan melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan gangguan otak lainnya. Jangan takut jadi pelupa karena usia, sebab kunyit dapat meningkatkan daya ingat sehingga membuat Moms lebih pintar!

3. Sistem kekebalan tubuh semakin kuat

Kandungan lipopoliskarida dalam kunyit akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menurunkan risiko Moms terkena flu dan infeksi lainnya.

Kunyit juga memiliki anti-bakteri yang akan membantu dalam proses penyembuhan ketika kita luka atau tergores benda tajam.

4. Meningkatkan fungsi hati

Fungsi hati dapat meningkat dengan bantuan air rebusan kunyit. Dengan begitu dapat mengurangi racun dalam tubuh yang masuk melalui lingkungan atau makanan.

5. Nyeri sendi terobati

Nyeri otot dan sendi mungkin terjadi sehabis berolahraga atau saat kita mulai berusia lanjut. Ternyata kunyit terbukti ampuh untuk menghentikan peradangan tersebut.

6. Menurunkan risiko kanker

Berbagai studi menunjukkan kunyit dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah tumor yang diakibatkan paparan radiasi. Bahkan peneliti menyebutkan kunyit memiliki manfaat pengobatan yang berpotensi lebih baik daripada kemoterapi.

Jadi apakah Moms mau mencoba konsumsi air rebusan kunyit setiap pagi?

======

Tips Penting Untuk Mengatasi Ketagihan Dari Mie Instant

Rasa yang khas dan cara memasak yang praktis jadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta mie instan. Akan tetapi, hati-hati kalau Anda sudah ketagihan mie instan. Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebihan, mie instan sangat berisiko bagi kesehatan.

Masalahnya banyak orang kesulitan melepaskan diri dari mie instan. Eits, bukan berarti mustahil dilakukan, lho. Berikut adalah enam kiat mengatasi kecanduan terhadap mie instan yang bisa Anda terapkan.

Ciri-ciri Anda sudah ketagihan mie instan

Sebelum mengatasi akar masalahnya, coba cek tanda-tanda di bawah ini. Jika kondisi-kondisi berikut sesuai dengan keadaan Anda, itu berarti Anda sudah ketagihan mie instan.

  • Sering muncul keinginan makan mie instan padahal sudah makan dan tidak sedang lapar.
  • Ketika akhirnya makan mie instan, Anda makan berlebihan. Misalnya sampai dua porsi atau lebih.
  • Merasa bersalah setelah makan mie instan, tapi akan tetap makan lagi setiap ada kesempatan.
  • Mencari-cari alasan untuk makan mie instan.
  • Mencoba menutup-nutupi ketagihan ini dari orang lain, misalnya dari orangtua atau pasangan.
  • Tak mampu mengendalikan diri meskipun tahu (atau pernah merasakan) bahaya kebanyakan makan mie, misalnya berat badan bertambah.

Cara berhenti atau mengurangi makan mie instan

Bila Anda mengalami paling tidak tiga atau empat tanda ketagihan di atas, berarti Anda harus mulai mengambil langkah mengurangi konsumsi mie instan. Supaya tidak bingung mulai dari mana, perhatikan panduan berikut.

1. Jangan langsung berhenti

Anda salah kalau langsung berusaha berhenti makan mie instan sama sekali. Bukannya berhasil, cara ini justru akan bikin Anda semakin ngidam. Jadi, mulailah mengurangi frekuensi makan mie instan pelan-pelan.

Misalnya Anda hampir setiap hari makan mie. Cobalah untuk membatasi frekuensinya jadi dua kali seminggu. Setelah berhasil, kurangi lagi jadi sekali seminggu. Begitu terus sampai Anda mampu menahan diri ketika muncul keinginan makan mi.

2. Ganti bumbu mie dengan rempah alami

Yang membuat mie instan begitu nagih adalah rasa gurihnya. Lidah manusia modern memang sudah berevolusi jadi mudah ketagihan rasa makanan yang kuat, misalnya asin, manis, dan pedas. Maka salah satu cara untuk menghentikan ketagihan mi instan adalah dengan mengubah cita rasanya.

Saat makan mie, buang bumbu instan dan ganti dengan rempah alami. Bawang putih, lada, daun bawang, garam, cabai, dan ketumbar bisa jadi pilihan Anda. Semakin lama, lidah akan semakin terbiasa dengan rasa-rasa alami ini.

3. Tambahkan makanan sehat seperti sayur atau daging ayam asli

Supaya peralihan dari mie instan ke makanan sehat lainnya lebih mudah, campurkan mi instan kesukaan Anda dengan makanan sehat. Tambahkan sayur sawi, wortel, bok choy, kangkung, atau brokoli. Daripada makan mi instan dengan bakso olahan pabrik, sebaiknya tambahkan daging ayam atau sapi asli. Anda pun akan semakin terbiasa makan makanan sehat dan mulai meninggalkan mi instan yang gizinya sangat minim.

4. Jangan menyimpan mie instan di rumah

Anda akan semakin mudah tergoda makan mie kalau ada persediaannya di rumah. Maka, jangan beli lebih dari satu bungkus mie instan. Rasa ngidam biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa saat atau kalau sudah makan makanan yang lain.

Jika masih merasakan desakan makan mi, berjalan kakilah ke warung terdekat. Selain karena jalan kaki menyehatkan tubuh, trik ini juga akan mengulur waktu sehingga rasa ngidam hilang sendiri. Anda juga mungkin jadi sangat haus. Anda pun akan minum banyak air dan sudah kenyang duluan sebelum sempat beli mi.

5. Belajar masak

Beberapa orang ketagihan mie instan karena sangat mudah disiapkan. Terutama kalau Anda sedang kelaparan. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, belajarlah memasak. Mulai dari hidangan yang sederhana seperti telur dadar sampai yang cukup rumit seperti sop. Kalau bisa masak, Anda jadi lebih kreatif dan tak akan memilih mi instan saat lapar.

6. Minta bantuan orang lain

Bila segala cara sudah ditempuh tapi belum berhasil juga, Anda butuh bantuan orang lain. Mintalah orang terdekat seperti pasangan atau sahabat terdekat untuk memberikan dukungan, salah satunya dengan cara tidak makan mi instan ketika sedang bersama dengan Anda. Kalau sudah sangat parah, Anda juga bisa menemui psikolog atau terapis yang bisa membantu mengatasi kecanduan.

======

7 Cara Mudah Membersihkan Tubuh Dari Racun

Detokfikasi tubuh adalah salah satu cara efektif untuk membersihkan tubuh dari racun. Upaya ini juga akan mempercepat metabolisme serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Matt Dower, Direktur Spa di Mirbeau Inn & di Skaneateles, New York menganjurkan untuk mengurangi jumlah konsumsi gula, termasuk madu, sirup gula, dan jenis pemanis buatan sebagai salah satu cara detoksifikasi.

Jika Anda makan lebih banyak gula, imbuh Dower, tubuh dipaksa untuk memproduksi lebih banyak insulin dan meregangkan pankreas.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa membuat Anda kelelahan, diabetes, terkena kanker, dan kelebihan berat badan. Berikut macam-macam cara mendetoksifikasi tubuh.

Gerakkan Tubuh

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah dan sistem getah bening. Berolahraga juga akan meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan menguatkan tubuh.

“Orang yang berolahraga secara teratur memiliki racun total yang jauh lebih sedikit di sistem mereka,” jelas Dower.

Mulailah Dengan Meminum Air

Dower menyarankan agar meminum segelas air dengan perasan air lemon di pagi hari.

“Lemon membantu mengembalikan sistem dan meningkatkan pencernaan, yang mana ini akan melancarkan aliran pencernaan di tubuh Anda,” katanya.

Minum Lebih Banyak Teh

Tidak hanya karena teh mengandung banyak antioksidan, teh juga bisa menghidrasi dan membuat diri menjadi lebih bugar, kata Ashley Karr, seorang peneliti psikologis dan ahli kesehatan.

Makan Makanan Organik

Chad Sarno, peneliti dan development chef untuk inisiatif makan sehat di Amerika menyarankan agar mengatur ulang pola diet.

“Beragam buah dan sayuran seharusnya menjadi fokus utama dalam diet Anda. Tambahkan dengan konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong dan lain sebagainya,” katanya.

Makanlah semua jenis makanan nabati utuh untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda. Sayuran hijau, contohnya, mengandung mikronutisi dan rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Perlu diingat, tambahnya, kandungan kafein dalam teh berbeda dengan kafein yang terdapat dalam kopi, kafein pada teh akan bersifat lebih lembut dan mudah diterima oleh sistem tubuh Anda. Hal ini juga mengurangi rasa gugup Anda.

Hindari Polusi Lingkungan

Jangan lupa bahwa polusi dan alergen ada di sekitar Anda. Tersebar di udara, dan ini dapat memicu gejala alergi seperti bengkak dan mata memerah.

Dr. Travis Stork, pembawa acara program talkshow The Doctors menganjurkan untuk membersihkan saluran hidung dengan Neti Pot.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terhindar dari efek samping dari polusi udara dan memperlancar pernapasan secara alami.

Jika Anda juga menggunakan Neti Pot sebelum tidur, ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Berkeringat Dengan Sauna

Forbes Riley, pencipta produk kebugaran SpinGym, adalah penggemar berat detoksifikasi. Forbes menyarankan agar bersauna secara teratur, begitulah cara dia mengurangi berat badan pascamelahirkan anak kembarnya di usia 42 tahun.

“Tidak ada cara yang lebih mendetoksifikasi dari pada berkeringat,” lanjutnya.

Pengelupasan Kulit

“Menggosok-gosok kulit dan memijatnya dengan minyak akan membantu mengangkat racun dari kulit Anda serta melancarkan peredarannya,” kata Christina Chodos, seorang konselor kesehatan bersertifikat dan pendidik dari Chicago, IL.

Tags: #cara mudah membersihkan tubuh dari racun #manfaat minum air rebusan kunyit setiap hari #mengatasi ketagihan mie instant