Sadarilah Suami, Uangmu Milik Istrimu Tapi Uang Istrimu Bukan Milikmu

337 views


Dalam berumah tangga, seorang suami berkewajiban untuk menafkahi keluarganya. Sehingga merupakan hal yang lumrah bila suami lebih banyak yang bekerja bila dibandingkan dengan wanita. Walau demikian, tak tutup kemungkinan bila seorang wanita juga bekerja serta bahkan jadi tulang punggung keluarga. (Gambar Cover Hanya sebagai Ilustrasi)

Idealnya seorang suami serta istri saling bahu membahu penuhi kebutuhan rumah tangga. Apabila suami memberikan nafkah, jadi sang istri yang mengatur keuangan. Tetapi, terkadang nafkah yang diberikan oleh suami tidak cukup untuk penuhi kebutuhan hidup sehari-hari hingga akhirnya sang istri turut bekerja untuk membantu suami. Begitu, sang istri bakal memiliki penghasilannya sendiri.

Lalu, bagaimanakah hukum penghasilan istri? Berhakkah seorang suami untuk mengambil upah istrinya? Serta, wajibkah istri memberi sebagian penghasilannya untuk penuhi kebutuhan rumah tangganya? berikut ulasan selengkapnya.

Berdasarkan fatwa ulama, disepakati kalau bila pendapatan atau upah suami yang juga jadi hak untuk istrinya, jadi tidak sama perihal dengan upah istri dari pekerjaan yang dilakukannya yaitu punya istri serta tak ada hak untuk suaminya sedikitpun. Kecuali bila sang istri dengan ikhlas memberikannya untuk membantu atau menopang keuangan keluarga.

Jika seorang suami memakan harta punya istri tanpa ada sepengetahuannya, jadi bisa dikatakan kalau ia berdosa. Seperti firman Allah Ta’ala

“Janganlah mengonsumsi harta orang lain di antara kalian dengan cara batil” (QS. An-Nisa : 83)

Waktu seorang ajukan pertanyaan pada Syaikh ‘abdullah bin ‘Abdur Rahman al-Jibrin mengenai hukum suami yang mengambil duit punya istrinya untuk lalu dipadukan dengan uangnya. Jadi Syaikh al-Jibrin menyampaikan kalau tak disangsikan lagi kalau istri lebih memiliki hak dengan mahar serta harta yang ia punyai, baik lewat usaha yang dikerjakannya, warisan, hibah serta harta yang ia punyai. Jadi itu adalah hartanya serta jadi kepunyaannya. Hingga dialah yang paling memiliki hak untuk lakukan apa sajakah dengan hartanya itu tidak ada campur tangan dari pihak yang lain.

Seseorang wanita memiliki hak untuk keluarkan hartanya untuk kebutuhannya atau untuk sedekah, tanpa ada mesti memohon izin pada suaminya. Serta di antara dalilnya yaitu hadist dari Jabir kalau Rasulullah SAW berceramah dihadapan jamaah wanita, beliau berkata

“Wahai beberapa wanita, perbanyaklah sedekah, sebab saya lihat kalian adalah sebagian besar penghuni neraka. ” Hingga, beberapa wanita itupun berlomba menyedekahkan perhiasan mereka serta mereka melemparkannya di baju Bilal (HR. Muslim)

Hingga, jika seseorang istri menginginkan bersedekah, jadi orang yang paling penting memiliki hak terima sedekahnya itu yaitu suaminya sendiri serta bukanlah orang lain. Seperti dijelaskan dalam satu hadist dari Abu Sa’id ra.

“Dari Abu Sa’id al Khudri ra berkata kalau, “Zainab, istri Ibnu Mas’ud datang memohon izin untuk berjumpa Rasulullah. Beliau ajukan pertanyaan, “Zainab yang mana? ”. Lalu ada yang menjawab, “Istrinya Ibnus Mas’ud. ” Serta Rasulullah menyampaikan, “baik, izinkanlah dirinya”. Jadi zainab juga berkata, “Wahai nabi Allah, Hari ini engkau memerintahkan untuk bersedekah. Sedang saya mempunyai perhiasan serta menginginkan bersedekah.

Tetapi, Ibnu Mas’ud menyampaikan kalau dianya serta anaknya lebih memiliki hak terima sedekahku. ” Lalu Rasulullah bersabda, “Ibnu Mas’ud berkata benar. Suami serta anakmu lebih memiliki hak terima sedekahmu. ” (HR. Imam Bukhari)

Bahkan juga, dalan hadist yang lain dijelaskan kalau Rasulullah berkata kalau, “Benar, ia memperoleh dua pahala yakni pahala merajut tali kekerabatan serta pahala sedekah.

Tentang hadist di atas, Syaikh Abdul Qadir bin Syaibah al Hamd menyampaikan kalau pelajaran yang dapat di ambil yaitu :

#1. Seseorang wanita diijinkan untuk bersedekah pada suaminya yang miskin.

#2. Suami adalah orang yang paling penting untuk terima sedekah dari istrinya dibanding orang lain.

#3. Istri diijinkan untuk bersedekah pada anak-anaknya serta kaumkerabatnya yg tidak jadi tanggungannya.

#4. Sedekah istri yang sekian adalah bentuk sedekah yang paling penting.

Sekianlah penjelasan tentang pendapatan istri. Hingga dapat disebutkan kalau pepatah yang menyampaikan “uang suami yaitu punya istrinya, sedang duit istri yaitu punya istri” tidaklah satu kalimat kosong tanpa ada arti. Sebab, semua telah diterangkan dalam Islam kalau hal itu benar ada.

Dengan hal tersebut, mudah-mudahan beberapa suami dapat adil memperlakukan pendapatan istri dengan tak mengambil harta istri tanpa ada keridhoannya. Serta telah semestinya seseorang istri berlaku bijak bila mempunyai harta atau pendapatan melebihi suami.

======

Tidak Perlu Mahal, Begini Cara Hapus Bintik Hitam Di Wajahmu Selamanya Dengan Mudah Hanya Perlu Bahan Dapur ini Saja

Harí íní kíta akan menunjukkan cara mempersíapkan beberapa resep yang akan menghílangkan bíntík hítam serta noda darí wajah Anda. Penyembuhannya benar-benar alamí, jadí Anda tídaklah perlu cemas dengan resíkonya yang merugíkan.

Kentang dan Lemon Jus

Bahan-bahan :

  • 1 kentang
  • Juíce lemon (darí ½ lemon)
  • Persíapan serta pemakaían

Jus kentang lebíh dahulu, lalu peras 1/2 lemon dí dalamnya lalu aduk híngga Anda memperoleh kombínasí yang telah menyatu. Sesudah selesaí, oleskan pasta dí wajah serta píjat dalam pergerakan melíngkar, lalu bíarlah selama 20 menít sebelumnya membílasnya dengan aír. Baík kentang serta lemon yaítu pemutíh alamí yang bísa dengan mudah memutíhkan kulít Anda.

Kentang dan Bawang

Bahan-bahan:

  • ½ bawang bombay
  • 1 kentang

Persíapan dan pemakaían
Persíapan untuk masker íní mudah – cukup campur bahan dalam jus, lantas oleskan kombínasí dí wajah Anda. Bíarlah masker pemutíh ku4t bekerja selama 15 menít, lantas basuh dengan aír díngín selanjutnya.

Kentang dan Mentímun

Bahan-bahan:

  • ½ mentímun
  • 1 kentang
  • Persíapan dan pemakaían

Campur sayuran dalam jus híngga Anda memperoleh kombínasí yang telah berbentuk. Setelah ítu bersíhkan wajah Anda dengan baík serta beríkan kombínasí dí muka Anda, lalu gosok dengan gerakan melíngkar lembut. Bíarlah obatnya bekerja selama 25 menít serta basuh dengan aír díngín pada akhírnya.

Kentang dan Wortel

Bahan-bahan:

  • ½ wortel
  • 1 kentang
  • Persíapan dan pemakaían

Sepertí masker sebelumnya, cukup campur ramuannya dalam jus híngga Anda memperoleh tekstur halus yang bagus. Oleskan masker dí wajah Anda, lalu gosok perlahan-lahan serta bíarlah sampaí 20 menít sebelum dícucí dengan aír.

======

Bisa Turunkan Gula Darah dengan Salak, Intip Resepnya Di Sini

Punya Gula darah yang tinggi memang sangat mengkhawatirkan kesehatan seseorang. Gula darah tinggi atau dikenal dengan hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa di dalam darah mengalami kenaikan. Kondisi ini sering dialami oleh para penderita diabetes, termasuk diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, atau diabetes gestasional, Moms.

Hiperglikemia mungkin sering dianggap hanya dapat dialami oleh orang yang menderita diabetes. Pada kenyataannya, banyak keadaan yang dapat menyebabkan gula darah tinggi. Bahkan, pada orang yang tidak menderita diabetes sekalipun. Untuk menghindari Gula Darah semakin parah, yuk lawan penyakit ini dengan salak!

Indeks glikemik rendah menandakan bahwa setelah makan salak, kita tidak akan mudah mengalami peningkatan kadar gula darah. Selain itu, salak juga bisa memberikan sensasi kenyang. Hal ini berarti, bagi penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko terkena penyakit ini, makan salak justru bisa membantu mencegah datangnya diabetes atau komplikasi diabetes.

Selain daging buahnya, kulit salak ternyata juga bisa direbus dan dijadikan obat herbal untuk mengendalikan penyakit ini. Hal ini semakin mempertegas fakta bahwa salak memang buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Salak dapat mengontrol gula

Salak memiliki kandungan pterostilbene yang merupakan penurun secara alami glukosa darah. Ini sangat membantu untuk kendalikan diabetes. Salak juga termasuk dalam buah yang tinggi kandungan serat dan vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C di dalam satu buah salak bisa mencapai 2 mg. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa membuat pencernaan semakin sehat, berat badan mudah dikendalikan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh lho, Moms.

Dengan daging buah salak yang memiliki rasa manis yang sedikit tentunya boleh saja asal jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Nah, bagi para penderita diabetes, lebih baik sekarang segera membuat ramuan tradisional untuk menyembuhkan diabetes dengan kulit salak.

1. Siapkan kulit buah salak yang telah dibersihkan, dikira-kira saja kurang lebih 100 gr
2. Rebus dengan air sebanyak 1000ml
3. Setelah air mendidih, dan air rebusan telah berkurang setengahnya, lalu angkat-saring-dan tuang ke dalam gelas
4. Minumlah ramuan ini secara rutin agar dapat hasil yang optimal.

Nah, itulah resep ramuan buah salak untuk obat darah tinggi dan diabetes. Semua penyakit bisa hilang asalkan Moms selalu berpikir positif dan mau mengubah pola hidup sehat. Selamat mencoba!

Tags: #manfaat salak turunkan gula darah #menghapus bintik hitam dengan bahan alami #uangmu milik istrimu