Sangat Diharamkan Bau Surga Atas Istri yang Suka Bilang Cerai Pada Suaminya, Ini Penjelasannya


Sangat Diharamkan Bau Surga Atas Istri yang Suka Bilang Cerai Pada Suaminya

Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan suci. Allah SWT mengibaratkan pernikahan dengan mitsaqan ghalizhan (perjanjian yang kuat). Di dalam Alquran, mitsaqan ghalizhan merupakan frase yang hanya dapat digunakan tiga kali.

Pertama, saat Allah SWT mengadakan perjanjian suci dan kuat dengan Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa untuk menyampaikan agamanya kepada umatnya. Di dalam Alquran, Allah SWT berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ib rahim, Musa, dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.”(QS al-Ahzab: 7).

Kedua, perjanjian ini juga digunakan Allah SWT saat mengadakan perjanjian dengan Bani Israil, seperti yang tertulis dalam Alquran, “Dan telah Kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk (menerima) perjanjian (yang telah Kami ambil dari) mereka. Dan kami perintahkan kepada mereka, ‘Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud,’ dan Kami perintahkan (pula) kepada mereka, ‘Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari Sabtu,’ dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh.” (QS an-Nisa:154).

Ketiga, perjanjian ini digunakan untuk membicarakan tentang masalah pernikahan. Seperti yang dijelaskan dalam surah an-Nisa ayat 21, “Bagai mana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur)de ngan yang lain sebagai suami-istri. Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu perjan- jian yang kuat.”

Karena perjanjian pernikahan termasuk sebagai perjanjian yang kuat dan kokoh, tak heran jika membatalkan perjanjian dengan cara talak menjadi perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT.Sebagaimana yang dikatakan Rasulullah, “Perbuat an halal yang sangat dibenci oleh Allah adalah talak (perceraian).” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Hakim).

Dalam Islam, terdapat dua bentuk hukum dari perceraian, yaitu boleh dan haram. Diperbolehkannya mengucap talak adalah di saat kedua belah pihak (istri dan suami) memandang bahwa perce raian merupakan cara terbaik untuk mengakhiri permasalahan rumah tangganya.

Hal ini berdasarkan pada kisah Jamilah, istri Tsabit bin Qais yang mengadukan permasalahan rumah tangganya kepada Rasulullah SAW. Jamilah berkata, “Wahai Rasulullah, saya tidak meragukan suamiku, baik dalam masalah agama mau pun akhlaknya. Namun, saya sangat menyayangkan ia berlaku kufur sesudah memeluk Islam.”

Mendengar keluhan Jamilah tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kamu mengembalikan pemberiannya (kebun) sebagai maharmu dahulu kepadanya?” Lalu, Jamilah menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Kemudian, Rasul pun memanggil Tsabit dan memberikan kebun tersebut. Setelah itu, beliau meminta Tsabit untuk menceraikan istrinya, Jamilah.” (HR Bukhari).

Namun, bila perceraian didasari karena istri atau suami tertarik dengan orang lain, lalu ingin menceraikan pasangannya, padahal dia tidak memiliki kekurangan apa pun maka ini termasuk jenis perceraian yang dipaksakan dan hukumnya haram.

Hal ini berdasar pada sabda Rasulullah, “Wanita yang meminta cerai suaminya tanpa ada sebab (kesalahan) apa pun maka akan diharamkan baginya bau surga.” (HR Abu Dawud).

======

Kepala Sering Nyut-nyutan, Ternyata Inilah Beberapa Hal yang Memicu Terjadinya Migrain

Sampai saat ini, banyak orang yang masih bingung dengan hal yang memicu terjadinya migrain.

Tidak ada yang tahu mengapa migrain terjadi, tetapi ada beberapa pemicu dan faktor risiko yang umum.

Misalnya, seseorang dengan riwayat keluarga migrain lebih mungkin terkena migrain.

Beberapa orang dapat mengidentifikasi hal-hal yang memicu migrain.

Melansir healthline.com, inilah beberapa diantaranya:

Kafein

Beberapa orang mengalami migrain ketika kadar kafein dalam darah mereka turun.

Ini lebih mungkin terjadi jika Anda biasanya mengonsumsi banyak kafein atau sangat sensitif terhadap bahan kimia tersebut.

Pada orang lain, kafein membantu meringankan rasa sakit akibat migrain. Kafein adalah bahan dalam beberapa obat migrain.

Jika kafein adalah salah satu pemicu Anda, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk memastikan obat Anda tidak mengandung kafein.

Pengawet

Pengawet makanan dan minuman seperti monosodium glutamat (MSG) atau nitrat dapat memicu migrain.

Baca label makanan dengan cermat.

Jika Anda memesan makanan untuk dibawa pulang, tanyakan apakah makanan tersebut bebas MSG.

Hormon

Fluktuasi hormon dapat menyebabkan migrain.

Wanita mungkin mengalami migrain di sekitar periode menstruasi mereka. Jika Anda secara teratur mengalami migrain sekitar waktu periode menstruasi Anda, perubahan kadar hormon Anda mungkin memicunya.

Cuaca

Perubahan cuaca dapat menyebabkan migrain.

Perubahan tekanan barometrik, yang dapat terjadi saat hujan badai datang, atau perubahan ketinggian dapat memicu migrain.

Beberapa orang juga lebih rentan terhadap migrain dalam cuaca panas dan lembab, meskipun dehidrasi mungkin berperan dalam perkembangan migrain bagi orang-orang tersebut.

Stres dan kelelahan

Situasi sulit atau tekanan tambahan dapat menyebabkan migrain.

Kelelahan dan kurang tidur juga bisa menjadi faktor.

======

6 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Anak

Rasanya yang manis, sedikit masam, dan menyegarkan membuat buah anggur disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Namun, tahukah Bunda? Di balik rasanya yang nikmat, buah anggur kaya akan nutrisi yang dapat memberikan ragam manfaat untuk kesehatan anak, lho.

Buah anggur, baik itu yang berwarna merah, hijau, ungu, maupun hitam, bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan lezat. Buah ini juga tidak perlu dikupas atau dipotong terlebih dahulu setelah dicuci, sehingga praktis untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Nutrisi yang banyak terdapat di dalam buah anggur antara lain serat, vitamin C, vitamin K, mineral, serta sejumlah senyawa aktif yang bisa berperan sebagai antioksidan.

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Anak

Karena kandungan nutrisinya tersebut, buah anggur sangat dianjurkan untuk Bunda berikan kepada Si Kecil. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh anak dari mengonsumsi buah anggur antara lain:

1. Melindungi dari infeksi

Buah anggur kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan polifenol yang berperan penting untuk memperkuat sel imun tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan resveratrol yang diduga dapat melawan virus maupun bakteri yang mengontaminasi makanan.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin pada buah anggur memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata anak. Dari sebuah penelitian terbukti bahwa kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan jarak pandang, ketajaman penglihatan, dan kekuatan mata untuk melihat cahaya yang terang.

3. Mendukung kesehatan sistem cerna

Kandungan serat dan air pada buah anggur bisa membantu melancarkan pergerakan sistem cerna anak, sehingga buang air besar Si Kecil jadi lebih teratur.

Selain itu, antioksidan dalam anggur diketahui dapat mendukung perkembangan bakteri baik dalam usus, yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan usus Si kecil tapi juga tubuhnya secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Resveratrol pada anggur juga diketahui dapat menjaga kesehatan sel saraf pada otak anak dan melindunginya dari kerusakan otak yang mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. Fungsi ini juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, Bun.

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Anggur mengandung banyak vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Meski begitu, kandungan vitamin E ini paling banyak terdapat di bagian biji. Bila ingin memberikan anggur beserta bijinya kepada Si Kecil, Bunda bisa menyajikannya dalam bentuk yang sudah dihaluskan, misalnya dengan blender.

Anggur termasuk buah yang mengandung banyak air, sehingga konsumsi buah ini dapat membantu menghidrasi kulit. Selain itu, senyawa aktif yang terdapat pada anggur dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan cara meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

6. Mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang

Kandungan vitamin K pada buah anggur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dengan cara menunjang pertumbuhan dan kepadatan tulang. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mencukupi asupan vitamin K dapat menguatkan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Karena anggur memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak, Bunda bisa mulai memberikan buah ini kepada Si Kecil sebagai camilan sehatnya, ya. Selain enak dikonsumsi langsung, buah anggur juga lezat diolah menjadi aneka makanan, seperti kue, puding, salad buah, jus, dan es krim.

Jika Bunda memberikan Si Kecil buah anggur utuh, awasi ia saat makan. Pasalnya, bentuk buah anggur yang kecil dan bulat bisa meningkatkan risiko anak tersedak. Selain itu, walaupun jarang, anggur bisa menimbulkan reaksi alergi. Jadi, waspadai tanda-tanda alergi sewaktu pertama kali memberikan anggur kepada Si Kecil.

Bila Bunda ingin tahu buah apa lagi yang baik selain buah anggur untuk kesehatan anak, jangan ragu bertanya kepada dokter sewaktu kunjungan rutin untuk memeriksakan kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil, ya.

Tags: #diharamkan bau surga bagi istri yang suka mengucapkan kata cerai #manfaat buah anggur bagi kesehatan anak #pemicu terjadinya migrain