Sangat Diharamkan Bau Surga Atas Istri yang Suka Bilang Cerai Pada Suaminya


Sangat Diharamkan Bau Surga Atas Istri yang Suka Bilang Cerai Pada Suaminya

Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan suci. Allah SWT mengibaratkan pernikahan dengan mitsaqan ghalizhan (perjanjian yang kuat). Di dalam Alquran, mitsaqan ghalizhan merupakan frase yang hanya dapat digunakan tiga kali.

Pertama, saat Allah SWT mengadakan perjanjian suci dan kuat dengan Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa untuk menyampaikan agamanya kepada umatnya. Di dalam Alquran, Allah SWT berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ib rahim, Musa, dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.”(QS al-Ahzab: 7).

Kedua, perjanjian ini juga digunakan Allah SWT saat mengadakan perjanjian dengan Bani Israil, seperti yang tertulis dalam Alquran, “Dan telah Kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk (menerima) perjanjian (yang telah Kami ambil dari) mereka. Dan kami perintahkan kepada mereka, ‘Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud,’ dan Kami perintahkan (pula) kepada mereka, ‘Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari Sabtu,’ dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh.” (QS an-Nisa:154).

Ketiga, perjanjian ini digunakan untuk membicarakan tentang masalah pernikahan. Seperti yang dijelaskan dalam surah an-Nisa ayat 21, “Bagai mana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur)de ngan yang lain sebagai suami-istri. Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu perjan- jian yang kuat.”

Karena perjanjian pernikahan termasuk sebagai perjanjian yang kuat dan kokoh, tak heran jika membatalkan perjanjian dengan cara talak menjadi perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT.Sebagaimana yang dikatakan Rasulullah, “Perbuat an halal yang sangat dibenci oleh Allah adalah talak (perceraian).” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Hakim).

Dalam Islam, terdapat dua bentuk hukum dari perceraian, yaitu boleh dan haram. Diperbolehkannya mengucap talak adalah di saat kedua belah pihak (istri dan suami) memandang bahwa perce raian merupakan cara terbaik untuk mengakhiri permasalahan rumah tangganya.

Hal ini berdasarkan pada kisah Jamilah, istri Tsabit bin Qais yang mengadukan permasalahan rumah tangganya kepada Rasulullah SAW. Jamilah berkata, “Wahai Rasulullah, saya tidak meragukan suamiku, baik dalam masalah agama mau pun akhlaknya. Namun, saya sangat menyayangkan ia berlaku kufur sesudah memeluk Islam.”

Mendengar keluhan Jamilah tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kamu mengembalikan pemberiannya (kebun) sebagai maharmu dahulu kepadanya?” Lalu, Jamilah menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Kemudian, Rasul pun memanggil Tsabit dan memberikan kebun tersebut. Setelah itu, beliau meminta Tsabit untuk menceraikan istrinya, Jamilah.” (HR Bukhari).

Namun, bila perceraian didasari karena istri atau suami tertarik dengan orang lain, lalu ingin menceraikan pasangannya, padahal dia tidak memiliki kekurangan apa pun maka ini termasuk jenis perceraian yang dipaksakan dan hukumnya haram.

Hal ini berdasar pada sabda Rasulullah, “Wanita yang meminta cerai suaminya tanpa ada sebab (kesalahan) apa pun maka akan diharamkan baginya bau surga.” (HR Abu Dawud).

=======

Alami Penyumbatan Arteri? Ternyata Puasa Dapat Mengatasinya Lho!

Puasa nampaknya dapat memberikan beberapa manfaat yang sungguh baik bagi kesehatan.

Secara harfiah, puasa didefinisikan sebagai pantangan untuk makan dan minum selama periode tertentu.

Orang yang berpuasa juga memiliki beberapa alasan untuk melakukannya.

Misalnya untuk alasan praktik keagamaan, menurunkan berat badan, membersihkan racun, atau mengobati kondisi medis tertentu.

Puasa Intermiten

Puasa intermiten merupakan pengaturan pola makan yang menerapkan siklus puasa, alias makan hanya di jangka waktu tertentu dalam sehari.

Beberapa metode puasa intermiten yang umum adalah sebagai berikut:

1. Metode 16/8

Ini adalah metode puasa selama 16 jam setiap hari.

Metode ini melibatkan puasa setiap hari selama 14-16 jam.

2. Makan-Berhenti-Makan

Ini melibatkan puasa 24 jam, baik sekali atau dua kali per minggu.

Misalnya, Anda dapat berpuasa untuk tidak makan malam pada suatu hari dan malam berikutnya Anda makan malam.

3. Diet Prajurit

Metode ini melibatkan makan sedikit buah-buahan dan sayuran mentah di siang hari dan kemudian sekali makan besar di malam hari.

4. Diet 5:2

Metode ini memiliki pola untuk berpuasa selama 2 hari per minggu.

Metode ini melibatkan makan secara normal 5 hari dalam seminggu sambil membatasi kalori pada dua hari sisanya.

Kalori yang dibutuhkan adalah 500 kalori untuk wanita dan 600 kalori untuk pria.

Puasa Untuk Mengobati Arteri yang Tersumbat

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang berpuasa selama satu hari setiap bulan dapat mengurangi risiko tersumbatnya arteri hingga 40 persen.

Para peneliti dari Pusat Medis Intermountain dan Universitas Utah melakukan survei terhadap 515 orang di mana 92 ​​persen di antaranya adalah penderita penyumbatan pembuluh darah.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, hasil mengungkapkan bahwa ketaatan puasa bulanan ada kaitannya dengan kesehatan kondisi jantung.

Bahkan jika para peneliti telah menyesuaikan beberapa faktor seperti berat badan, usia, dan status kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes masih ada perbedaan antara mereka yang puasa dan yang tidak.

Hal ini karena saat puasa tubuh berhenti mengonsumsi makanan dan gula.

Akibatnya adalah tubuh juga berhenti memproduksi insulin, yang dapat mengarah pada pencegahan perkembangan sensitivitas insulin yang terkait dengan diabetes Tipe 2 (faktor risiko penyakit jantung).

  1. Manfaat Puasa yang Didukung Ilmu Pengetahuan
  2. Dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh
  3. Menginduksi berbagai proses perbaikan sel
  4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
  5. Dapat membantu mencegah kanker
  6. Bagus untuk otak
  7. Dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer
  8. Membantu Anda untuk dapat hidup lebih lama

======

Tanpa Kita Sadari, Inilah Beberapa Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal. Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat

Salah satu cara untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan melihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. Pengelolaan gejala yang muncul pada tahap awal bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit kronis yang telah melewati beberapa tahap tertentu. Pada tahap awal biasanya gagal ginjal dimulai dengan kurangnya fungsi ginjal.

Mungkin ginjal hanya berkurang fungsinya sekitar 20 persen saja. Namun karena tidak diperhatikan maka ginjal yang kurang berfungsi bisa menyebabkan kerusakan hingga mencapai 80 persen.

Kondisi inilah yang disebut dengan masalah gagal ginjal. Gagal ginjal berarti juga bahwa ginjal sudah tidak mampu bekerja untuk menyaring semua cairan atau racun di dalam tubuh. Bahkan kondisi gagal ginjal bisa sangat parah karena terjadi akumulasi pada sistem peredaran darah.

Berikut ini ciri-ciri gagal ginjal yang perlu diperhatikan :

1. Perubahan warna dan pola air kencing

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring semua cairan dalam tubuh dan kemudian akan mengeluarkan lewat saluran kencing. Air kencing adalah zat buangan yang berasal dari tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah maka ada beberapa perubahan pola dan warna air kencing, seperti berikut ini.

  • Urin yang keluar memiliki banyak gelembung atau busa kecil hingga berat.
  • Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan untuk buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Urin yang keluar memiliki warna yang lebih pucat dan terlihat tidak sehat.
  • Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan sering buang air kecil dan dalam volume yang kecil.
  • Ada darah yang ditemukan pada urin.
  • Anda merasa seperti tertekan ketika buang air kecil, biasanya seperti rasa ingin mengejang karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.

2. Tubuh sangat lelah

Ginjal memiliki sistem kerja yang memang sudah sangat teratur. Salah satunya adalah ginjal bisa membuat sebuah hormon yang disebut dengan nama eritropoietin.

Ini adalah hormon yang bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah. Sel darah merah bekerja untuk metabolisme.

Ketika ginjal gagal dalam membuat hormon ini maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga anda akan merasa sangat lelah akibat tidak ada sel darah merah yang cukup untuk memproduksi sel darah merah.

Sel darah merah akan menyalurkan oksigen ke beberapa bagian termasuk otot dan otak. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal

3. Tubuh bengkak

Ciri awal gagal ginjal adalah tubuh yang akan mengalami pembengkakan. Kondisi bengkak bisa terjadi pada bagian pergelangan kaki, tangan, wajah dan betis. Kondisi ini disebabkan ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk dalam tubuh.

Bersamaan dengan ciri selalu ingin buang air kecil dan volume yang sangat sedikit, maka gejala ini bisa menjadi lebih parah. Gejala ini juga sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang turun meskipun terlihat lebih gemuk.

4. Bau mulut

Ketika ada banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh maka bisa menyebabkan anda mengalami bau mulut yang tidak sedap. Kondisi inilah yang kemudian akan membuat mulut memproduksi banyak amonia dalam mulut.

Biasanya gejala ini akan menjadi lebih buruk karena bau mulut menyebabkan lidah kehilangan kemampuan untuk mengecap rasa. Kemudian anda mulai tidak menyukai beberapa makanan favorit dan bahkan berat badan akan terus menurun karena nafsu makan yang buruk.

5. Gatal dan muncul ruam kulit

Ginjal memang memiliki fungsi untuk membuang semua racun dalam tubuh. Ketika ginjal memang sudah kehilangan fungsinya maka bisa menyebabkan penumpukan limbah berlebihan dalam darah.

Kondisi ini kemudian akan menjadi lebih parah karena limbah atau racun yang menumpuk menyebabkan gatal di sekujur tubuh dan muncul ruam kemerahan.

Hal ini juga bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan mineral yang membuat jaringan kulit mengalami reaksi. Bahkan rasa gatal bisa dirasakan merasuk hingga ke bagian tulang, kulit yang mudah pecah dan luka yang terus muncul. Gejala ini membuat kondisi tubuh akan semakin melemah yang berarti sudah terlalu banyak racun dalam darah.

6. Gangguan pencernaan (mual dan muntah)

Gangguan pencernaan seperti keinginan untuk mual dan muntah memang akan sering muncul. Gejala ini biasanya disertai dengan bau mulut yang sangat kuat. Gejala bau mulut yang cukup berat bisa menyebabkan mulut menjadi tidak nyaman.

Tubuh penderita akan lebih terasa lemah karena nafsu makan juga akan menurun drastis. Bahkan keinginan muntah bisa bertahan sepanjang waktu hingga sama sekali tidak bisa makan.

7. Meriang

Tubuh yang terasa meriang akan muncul sepanjang hari pada tahap gejala awal. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen akibat tubuh yang tidak bisa memproduksi Sel darah merah dalam jumlah yang cukup.

Bagi penderita anemia maka rasa meriang bisa menjadi sangat parah. Rasa meriang bahkan bisa menyebabkan tubuh menggigil sangat kuat, meskipun tubuh sebenarnya demam atau terasa panas di luar. Meriang ini bisa terjadi pada siapa saja yang memang sudah merasakan beberapa gejala awal gagal ginjal.

Tags: #gejala awal penyakit gagal ginjal #puasa bisa atasi penyumbatan arteri #surga haram buat istri yang suka bilang cerai