Sayangilah Menantumu, Dia Rela Meninggalkan Rumahnya yang Nyaman Juga Demi Anakmu


Sayangilah menantumu seperti anakmu sendiri, dia rela meninggalkan keluarganya yang nyaman juga demi anakmu… Curhatan ini adalah sebuah kisah nyata. Sempat dibagikan dalam akun instagram cermindramatis dengan judul “Nerakanya dunia?”. Mengapa kisah ini kami angkat? Karena masih banyak di luar sana, para mertua membenci menantunya dan bahkan menzoliminya. Semoga menjadi pembelajaran kita bersama. (foto cover: ilustrasi)

Bismillah…Saya beranikan untuk curhat agar semua masalah hilang sejenak. saya mengetik ini sambil berlinang air mata. Saya seorang ibu dan seorang istri 26th.Satu tahun menikah, saya dibawa keluar daerah untuk tinggal di rumah mertua mengikuti suami. Hubungan saya dan suami baik-baik saja, permasalahannya adalah di mertua dan adik ipar. suami anak kedua dari 4 saudara, adik suami laki-laki dan baru saja menikah

Setelah adik ipar menikah, saya merasa hantaman semakin banyak yang saya rasakan… Berikut kisah selengkapnya yang kami bagikan dalam bentuk capture:

Kisah ini kemudian menjadi viral. Ternyata masih banyak orang yang mengalami hal serupa di luaran sana. Banyak pula netizen yang kemudian menceritakan pengalam mereka yang serupa. Tidak semua mertua itu jahat, namun dari sini kita semua bisa belajar, bawasanya diluar sana juga banyak yang seperti diatas.

Sekali lagi, menantu juga manusia biasa. Sama seperti anak kita, sedari kecil ia juga dibesarkan penuh kasih sayang oleh orang tuanya. Kenapa iya mau meninggalkan rumahnya yang nyaman? Ya karena SUAMINYA yang merupakan anak mertuanya yang dicintainya. Sumber

Tips menjaga hubungan harmonis dengan mertua yang dapat kamu terapkan berikut ini:

1. Sayangi dan perlakukanlah mereka sebagaimana orangtua kandung

Hal pertama yang harus kamu setel di pikiranmu adalah menyayangi dan memperlakukan mertua sebagaimana orangtua kandung sendiri.

Dimana saat bersama orangtua kita akan menjadi diri sendiri apa adanya dan menyayangi serta mengasihi keduanya.

Ciptakanlah keakraban dengan banyak berdiskusi ataupun mengobrol dan jalan-jalan santai.

Kegiatan semacam itu dapat menghindarkan kita dari ketegangan dan konflik bersama mertua.

2. Memiliki empati

Memiliki empati sangat penting dalam menjaga keharmonisanmu dengan mertua.

Cobalah untuk melihat segala sesuatu tidak hanya dari kacamatamu sendiri, tetapi lihatlah dari sudut pandang orang lain khususnya mertuamu.

Dengan mencoba menempatkan diri pada posisi mereka maka kita akan lebih memahami sudut pandang dan jalan pikirannya.

Apabila kita sudah dapat memahami perasaannya, maka kita mampu berempati dan tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan cara pikir dan sudut pandang.

Karena bagaimanapun sudut pandang merupakan pengalaman hidup seseorang dari waktu ke waktu yang bisa berbeda antara yang satu dengan yang lain.

3. Bangun komunikasi yang baik

Di era modern seperti sekarang ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa saja, termasuk mertua.

Kamu bisa menghubunginya melalui telepon maupun pesan. Banyak sosial media yang bisa menjadi penghubungmu.

Bila tidak ya komunikasi mereka hanya saat bertemu langsung.

4. Berkunjung sesekali

Kalau kamu dan suami menetap di kota yang berbeda dengan mertua, jangan lupa untuk sesekali berkunjung ke rumahnya.

Kamu dapat memanfaatkan hari-hari libur nasional dan hari besar keagamaan. Kamu harus pintar membagi waktu antara berkunjung ke otangtua dan mertua agar tidak ada yang merasa kurang diperhatikan.

Ingatlah bahwa setiap orangtua menyimpan kerinduan untuk bertemu dengan anak-anaknya.

Apabila kamu telah memiliki anak, mereka juga pasti merindukan cucu-cucunya.

5. Tunjukkan perhatian

Berikan perhatian yang tulus pada mereka misalnya dengan mengucapkan selamat ulang tahun dan beri hadiah kecil.

Kamu juga dapat mengajak mereka untuk makan di tempat favoritnya dan membantunya saat sedang kesusahan.

6. Jaga sopan santun

Jagalah sopan santun dan ucapanmu pada mertua. Bagaimanapun mereka orangtuamu sendiri yang sudah merawat dan membesarkan suamimu.

Saat suamimu sudah bekerja dan belum lagi sempat membahagiakan kedua orangtuanya, ia sudah menikahimu.

Pengorbanan yang mereka lakukan untuk merelakan anaknya menempuh masa depan bersamamu dan merestui pernikahan kalian harus selalu diingat dan dihargai.

Salah satunya dengan cara memperlakukan mereka sebaik-baiknya.

Jangan pernah membandingkan gaya pengasuhan mereka dengan orangtuamu ya!

7. Hormati dan minta pendapatnya

Hormati mertuamu sebagaimana orangtuamu sendiri. Kamu pun bisa meminta pendapat dan nasehat dari mereka untuk keharmonisan rumah tanggamu.

Apabila sedang menghadapi masalah dengan suamimu, jangan menceritakannya pada orangtuamu atau pada mertuamu.

Dengan begitu mereka akan tambah menyayangimu karena tidak membagikan masalah rumah tangga pada orangtuamu.

======

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun

Ada banyak cara menghilangkan kutu rambut yang mudah dilakukan, termasuk dengan memanfaatkan minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun dapat membantu memerangkap kutu rambut sehingga lebih mudah untuk diambil.

Berkat kandungan gizinya yang cukup beragam, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Namun, selain untuk kesehatan tubuh secara umum, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, termasuk untuk membantu membasmi kutu rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun

Berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun yang bisa Anda coba di rumah:

Gunakan sisir serit bersama minyak zaitun

Sisir serit umum digunakan untuk membasmi kutu rambut. Untuk mendukung metode ini, Anda bisa coba menambahkan minyak zaitun yang berfungsi untuk menghambat pergerakan kutu dan membantu melepaskan telur kutu dari batang rambut sehingga lebih mudah tersaring sisir serit.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan kutu rambut:

  • Lapisi sisir serit atau rambut dengan minyak zaitun. Anda juga bisa mencampur minyak zaitun dengan kondisioner rambut.
  • Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan jepit rambut, agar rambut lebih mudah disisir.
  • Sisir rambut dari kulit kepala dan akar rambut hingga bagian ujung rambut. Setiap selesai menyisir rambut, segera bersihkan sisir dengan air hangat.
  • Setelah seluruh rambut dan kulit kepala disisir, Anda bisa langsung keramas dan mengeringkan rambut seperti biasa.
  • Ulangi seluruh langkah di atas setiap 3–4 kali selama beberapa minggu hingga tidak ada lagi kutu rambut yang tertinggal di sisir.

Campurkan minyak zaitun dengan minyak esensial

Untuk membasmi kutu rambut, Anda juga menggunakan campuran minyak zaitun dengan beberapa macam minyak esensial, seperti minyak kayu putih, tea tree oil, serta minyak yang mengandung ekstrak lavender, cengkeh, eucalyptus, kenanga, adas, peppermint, atau pala.

Campuran minyak ini bisa Anda oleskan ke kulit kepala dan rambut sebelum menyisirnya dengan sisir serit.

Jika ingin menggunakan cara ini untuk membasmi kutu rambut, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Campurkan sekitar 50–60 ml minyak zaitun atau minyak kelapa dengan 15–20 tetes minyak esensial.
  • Oleskan ke kulit kepala dan rambut menggunakan bola kapas.
  • Biarkan semalaman atau setidaknya selama 12 jam.
  • Setelah itu, sisir rambut dengan sisir serit, keramas, lalu bilas rambut hingga bersih.
  • Ulangi cara ini selama beberapa minggu hingga kutu benar-benar hilang.

Namun, sebelum Anda menggunakan minyak esensial untuk membasmi kutu rambut, sebaiknya coba oleskan minyak tersebut terlebih dahulu di tangan dan perhatikan apakah terdapat reaksi alergi berupa ruam, bentol, atau gatal-gatal. Jika tidak, Anda bisa lanjut menggunakannya.

Namun, jika muncul reaksi alergi, Anda sebaiknya menggunakan minyak esensial jenis lain atau membersihkan rambut hanya dengan minyak zaitun agar tidak terjadi reaksi alergi.

Tips Mencegah Kutu Rambut dan Penyebarannya

Tak cukup hanya mengandalkan penggunaan minyak zaitun, Anda juga perlu melakukan berbagai cara untuk mencegah munculnya kutu rambut kembali dan menghentikan penyebarannya. Ini penting dilakukan karena kutu rambut bisa mudah menular ke orang lain.

Untuk mencegah penularan kutu rambut dan mengurangi risiko Anda untuk terkena kutu rambut berulang, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Bersihkan atau cuci barang-barang pribadi yang bersentuhan dengan rambut dan kulit kepala, misalnya topi, kerudung, sarung bantal, selimut, dan pakaian. Kemudian, keringkan di bawah sinar matahari yang terik.
  • Vakum debu di lantai, karpet, sofa, dan furnitur lain yang mungkin menjadi tempat kutu berjatuhan.
  • Rendam berbagai peralatan untuk menata dan merawat rambut, seperti sisir, ikat rambut, dan jepit rambut, di dalam air panas selama 5–10 menit.
  • Hindari penggunaan semprotan insektisida untuk membasmi kutu rambut di rumah karena bisa berisiko menyebabkan keracunan.

Jika Anda atau anggota keluarga di rumah terkena kutu rambut, berbagai cara di atas bisa Anda lakukan untuk membasmi parasit tersebut. Penting untuk diingat, tak hanya orang yang terkena kutu rambut, orang di sekitarnya juga perlu membersihkan rambut dengan baik guna mencegah penularan kutu rambut.

Walau cara-cara di atas tergolong mudah dilakukan dan cukup efektif, hingga saat ini belum ada riset yang dapat memastikan efektivitas cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun. Jadi, jika cara tersebut tidak berhasil, Anda tetap perlu menggunakan obat pembasmi kutu rambut.

Oleh karena itu, jika Anda atau keluarga di rumah masih mengalami kutu rambut setelah menerapkan cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tags: #cara menghilangkan kutu rambut #sayangilah menantumu #tips menjaga hubungan harmonis mertua dengan menantu