Sebelum Terjadi di Masa Tua, Ikuti 5 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Osteoporosis, Salah Satunya Rutin Lakukan Latihan Fisik


Siapa pun tentunya menginginkan hidup bahagia di masa tua, tanda memiliki penyakit apa pun alias sehat.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa semakin bertambahnya usia, maka sel-sel organ atau sistem tubuh juga mengalami penuaan.

Faktor usia inilah yang tidak dapat dihindari dan ini semakin meningkatkan risiko terkena penyakit degeratif, salah satunya osteoporosis.

International Osteoporosis Foundation (IOF) menjelaskan bahwa osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit dengan kondisi kepadatan dan kualitas tulang menurun, sehingga lebih rapuh dan risiko patah tulang pun meningkat.

Penyakit tulang keropos ini tidak hanya bisa menjangkit para lansia, melainkan juga mereka yang masih muda.

Hanya saja mereka yang berusia di atas 50 tahun, berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena osteoporosis.

Mulai dari faktor genetik, gaya hidup, radikal bebas, hingga faktor usia dan perubahan hormonal seperti menopause pada wanita.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menghindarinya. Untuk itu, berikut cara mencegah penyakit osteoporosis.

Berjemur sinar matahari

Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat baik untuk tubuh dan memberikan banyak manfaat termasuk dalam meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, meningkatkan pertumbuhan sel tulang, dan mengurangi peradangan.

Dengan berjemur sekitar 15-20 menit, tubuh bisa menyerap vitamin D dari sinar matahari pagi sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis.

Rutin melakukan aktivitas fisik

Berdasarkan sejumlah penelitian, gaya hidup sedentari atau kurang melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko pengeroposan tulang.

Untuk itu, para peneliti menyarankan untuk rutin berolahraga sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti berjalan santai, menahan beban, dan latihan kekuatan keseimbangan dapat mendukung kesehatan tulang.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengalami patah tulang, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang berat.

Bila perlu, konsultasikan dahulu dengan dokter, olahraga apa yang baik untuk Anda.

Deteksi jika terjadi gejala

Melansir dari healthline.com, pada kebanyakan kasus, orang dengan osteoporosis tidak menyadari bahwa mereka mengidap kondisi tersebut sampai mereka mengalami patah tulang.

Karena cenderung terjadi secara bertahap dalam beberapa tahun dan tanpa terdapat gejala yang jelas, perlu untuk mendeteksinya sedini mungkin.

Beberapa gejala yang mungkin bisa membantu Anda mendeteksi osteoporosis di antaranya mengalami sakit punggung berkepanjangan, kuku yang rapuh, serta melemahnya kekuatan menggenggam atau mencengkeram.

Selain itu, jika keluarga memiliki riwayat osteoporosis, Anda juga bisa menginformasikan hal tersebut kepada dokter saat melakukan pemeriksaan osteoporosis.

Hindari risiko terjatuh

Seiring pertambahan usia, kepadatan tulang yang berkurang dan kehilangan kontrol keseimbangan meningkatkan risiko pada lansia untuk mengalami patah tulang apabila terjatuh.

Mengutip dari Klikdokter.com, Anda bisa menyiasati risiko terjatuh tersebut dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur, memasang pegangan di kamar mandi, memastikan berada pada ruang yang cukup cahaya, serta tak lupa untuk melakukan aktivitas fisik yang membantu keseimbangan.

Memenuhi asupan kalsium

Disamping vitamin D, kalsium juga merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot, jantung, serta saraf.

Untuk mencegah osteoporosis, usia dewasa (19-50 tahun) dan orang tua (51-70 tahun) membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium/hari. Sementara itu, untuk orang yang berusia 71 tahun ke atas membutuhkan asupan kalsium yang lebih besar, yaitu sekitar 1.200 mg/hari.

======

Jangan Sampai Salah! Beberapa Kebiasaan Ini Buat Wajahmu Cepat Tua, Salah Satunya Menggunakan Handuk

Setiap wanita takut jika wajahnya tampak lebih tua. Terutama apabila masih memiliki umur yang muda, namun wajah tampak jauh lebih tua. Beberapa hal dapat sebabkan muka kamu tampak lebih tua.

Dikutip dari faktazodiakmu.id, beberapa hal ini dapat sebabkan mukamu jauh lebih tua. Terlalu Banyak Gunakan ScrubPenggunaan scrub memang baik untuk kesehatan. Namun menggunakan scrub baiknya dengan aturan.

Pemakaian scrub terlalu banyak akan membuat kulit mudah kering dan memerah.

Jangan lupa gunakan scrub yang disesuaikan dengan kulitmu.Untuk kulit yang normal, penggunaan scrub dibatasi tiga kali dalam seminggu. Namun untuk kulit berminyak, penggunaan scrub dibatasi lima kali dalam seminggu.

Kulit sensitif hanya dua atau satu kali dalam seminggu.

Mengabaikan Pemakaian Clay MaskClay Mask atau masker tanah liat memiliki banyak khasiat. Clay Mask memiliki khasiat dapat mengurangi noda dan peradangan pada wajah. Masker ini juga dapat mengencangkan kulitmu dan bisa men-detoksifikasi wajahmu.

Hati-hati Penggunaan Handuk Setelah Cuci MukaBersihkan wajahmu secara lembut menggunakan handuk.

Biarkan mengering dengan sendirinya. Penggunaan handuk untuk muka dibedakan dengan handuk untuk mandi.
Pilihlah handuk yang menggunakan bahan katun organik khusus untuk wajahmu.

Jangan lupa mengganti handuk secara teratur.

Konsumi Makanan yang Membuat Kulitmu Lebih SehatMengonsumsi makanan yang sehat cara yang paling aman untuk membuat tubuhmu sehat dibandingkan mengkonsumsi obat ataupun suplemen.

Konsumsilah makanan yang sehat agar wajahmu lebih baik.

Tidak Memperhatikan Sarung BantalDirektur dan penemu pusat Dermatologi kosmetik dan operasi laser, Dr. David E. Bank mengemukakan bahwa mekanika jerawat adalah tipe jerawat yang akan muncul ketika suatu benda menyentuh wajahmu.

Sehingga rajin-rajinlah mengganti sarung bantal kamarmu. Tiga hari sekali atau satu minggu sekali.

======

Cuman Perlu Ngelakuin 4 Gerakan Wajah Ini Selama 10 Detik, Wajah Anda Bebas Dari Kerutan

Menghindari yang namanya kerutan di wajah itu adalah mimpi setiap wanita, apalagi kalau gak perlu keluar banyak uang ke dokter kulit atau buat perawatan kulit yang harganya selangit. Ternyata, kita memang cuman perlu melakukan olahraga wajah yang mudah ini saja untuk mendapatkan kulit kencang yang didambakan itu lho!

Berdasarkan informasi dari website Natural Facelift for Wrinkles and Anti Aging Skin Care Products, penyebab datangnya kerut di wajah itu ada banyak, diantaranya karena kulit jadi lebih tipis dan lemak di wajah mulai turun ke bawah. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu melakukan gerakan di sekitar mulut yang membuat otot-otot di wajah lebih kencang.

Gerakan pertama

Pertama-tama, kamu boleh duduk di kursi dan menyandar, biarkan kepalamu miring ke atas. Waktu kamu melihat ke atas ini, kamu bisa melakukan gerakan seperti mencium dan membiarkan ototmu agar tertarik ke atas. Tahan gerakan ini selama 15 detik kemudian lepaskan. Lakukan 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

Gerakan kedua

Gunakan kedua jari telunjukmu dan taruh di kedua samping mulutmu. Tarik ke arah luar sepanjang kurang lebih 0,25 cm dan tahan gerakan itu. Setelah

menghitung mundur dari 10, kamu bisa mengembalikan bibir ke posisi semula dengan tangan masih menekan di sampingnya. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 sampai 20 kali.

Gerakan ketiga

Gunakan kedua jari telunjuk dan taruh di samping bibirmu, kemudian tarik titik itu ke arah telinga, tahan selama kurang lebih 15 menit dan ulangi selama 10 kali.

Gerakan keempat

Tutup erat kedua bibir dan gigi. Kemudian tiupkan angin ke dalam bibir atas selama kurang lebih 10 detik. Gerakan angin ini ke bagian kiri dan kanan masing-masing 10 detik. Terakhir, biarkan angin ini berada di bagian bawah bibir selama 10 detik juga. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Nah udah tau kan gerakan simpel dan mudah ini. Langsung aja coba sekarang! Kalau udah berhasil mengurangi kerutan, share juga sama mimin yah!

Tags: #gerakan bikin wajah bebas kerutan #kebiasaan bikin wajah lebih tua #langkah mudah mencegah osteoporosis