Segera Minta Bantuan Bila Rumah Anda Dimasuki Cacing Jenis Ini!

597 views


Berbicara soal binatang yang membahayakan tentunya kita berpikir itu hanya ada di hutan belantara saja, tapi itu salah.

Ternyata binatang berbahaya sekalipun bisa mengancam kita di dalam rumah sendiri.

Sudah banyak kejadian yang memperlihatkan binatang bisa masuk ke dalam rumah, seperti halnya cacing.

Hewan seperti cacing selalu diremehkan karena banyak beranggapan bahwa cacing itu aman-aman saja.

Tapi, tahukah anda bahwa sebenarnya di muka bumi ini ada jenis cacing yang sangat berbahaya bahkan bisa mengancam hidup manusia.

Hal ini telah terjadi di beberapa negara terutama di Amerika Serikat.

Menurut para ahli satwa liar, cacing berbahaya ini memiliki nama New Guinea Flatworm yaitu spesies cacing asing paling terkenal yang pernah menghantam Amerika Serikat dalam beberapa waktu.

Cacing jenis ini memiliki dampak berbahaya terhadap keanekaragaman hayati yang digolongkan sebagai salah satu spesies invasif yang paling dikenal dan sangat berbahaya bagi siput tanah.

Itu bisa terbukti menjadi ancaman serius bagi manusia juga.

Para ahli satwa liar menuduh bahwa cacing gelang karnivora ini membawa racun mematikan bersama dengan parasit yang dapat berakibat fatal bagi manusia.

Ketika dimakan oleh hewan pengerat, maka gas dari kotoran mereka dapat menyebabkan meningitis.

Dr. Piero Genovesi mengatakan bahwa dampak New Guinea Flatworm terhadap keanekaragaman hayati tidak boleh diremehkan.

Seperti siput tanah, kelompok yang sangat penting secara global dengan jumlah spesies yang sangat tinggi dan sangat rentan, seperti dilansir dari iflscience (25/4/18).

Cacing berbahaya ini dapat dengan mudah ditularkan ke manusia dan menyebabkan penyakit mematikan yang dapat menyebabkan pembengkakan otak dan sumsum tulang belakang.

Maka dari itu jangan sesekali meremehkan binatang kecil ini, jika anda menemukannya di rumah, segeralah meminta bantuan untuk membasminya.

======

6 Manfaat Rebung dan Cara Mengolahnya

Penggemar lumpia mungkin tidak asing dengan jenis sayuran yang satu ini. Tak hanya rasanya yang lezat, manfaat rebung bagi kesehatan juga tidaklah sedikit. Manfaat ini berkat beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Rebung atau tunas bambu merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, rebung juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Rebung dapat diolah menjadi aneka hidangan, mulai dari tumis rebung, semur, sup, hingga campuran dalam sayur lodeh. Rebung juga sering kali digunakan sebagai bahan utama isi lumpia.

Beragam Nutrisi yang Terkandung di Dalam Rebung

Dalam seporsi rebung, atau sekitar 100 gram, terkandung sekitar 25 kalori dan aneka nutrisi berikut ini:

  • 2–2,5 gram protein
  • 4–5 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 2 gram gula
  • 60 miligram fosfor
  • 500 miligram kalium
  • 1,1 miligram zinc
  • 13 miligram kalsium
  • 4 miligram vitamin C

Rebung juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, serta beragam mineral, seperti magnesium, selenium, mangan, dan zat besi. Tak hanya beragam nutrisi di atas, rebung juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Beragam Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Rebung merupakan salah satu jenis sayuran yang bernilai gizi tinggi. Berkat kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat rebung untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menyehatkan dan melancarkan pencernaan

Rebung adalah salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat yang tinggi pada rebung diketahui bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Rebung juga diketahui memiliki efek prebiotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada rebung tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Manfaat rebung ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Rebung mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta kalium. Berkat kandungan berbagai macam nutrisi tersebut, rebung baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak. Salah satu jenis makanan tersebut adalah rebung.

Tak hanya baik untuk menjaga berat badan tetap ideal, rebung juga baik dikonsumsi saat diet. Hal ini dikarenakan rebung rendah kalori dan lemak, tetapi banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Beberapa riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak rebung dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada rebung.

Untuk memaksimalkan manfaat rebung yang satu ini, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, misalnya dengan tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, serta mengurangi stres.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah Anda dari serangan penyakit, khususnya penyakit infeksi virus, seperti flu dan COVID-19.

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, termasuk rebung. Hal ini dikarenakan rebung kaya akan protein, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Resep Masakan dari Rebung

Meski mengandung segudang manfaat, Anda tetap harus memperhatikan cara pengolahan rebung yang benar. Pastikan rebung yang akan dikonsumsi telah matang sepenuhnya. Hal ini dikarenakan rebung mentah mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh.

Sebelum dimasak, rebung sebaiknya dipotong-potong dan direbus dalam air yang dicampur garam selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, Anda bisa memasaknya sesuai selera, misalnya lodeh rebung.

Berikut ini adalah resep lodeh rebung yang dapat Anda coba lakukan di rumah:

Bahan-bahan

  • 1 rebung ukuran sedang, iris tipis-tipis
  • 1 bungkus santan kental
  • 2 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 2 cabe rawit
  • 2 kemiri
  • Daun salam secukupnya
  • Lengkuas secukupnya
  • Kunyit secukupnya

Cara memasak

  • Rebus rebung yang sudah diiris tipis kurang lebih 20 menit, lalu tiriskan.
  • Tumis bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kunyit, dan kemiri yang sudah dihaluskan, kemudian
  • masukkan daun salam dan lengkuas.
  • Masukkan air secukupnya dan rebung yang telah diiris tipis.
  • Tambahkan garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya.
  • Masukkan santan dan biarkan hingga matang.
  • Angkat dan sajikan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan lain seputar manfaat rebung bagi kesehatan, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan menentukan jumlah konsumsi rebung yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

======

Mood Buruk Saat Datang Bulan, Ini Penjelasannya

Pada saat datang bulan, wanita tidak hanya mengalami gejala fisik, seperti nyeri atau kram pada perut, melainkan juga gejala emosional. Salah satu gejala emosional yang umum dirasakan oleh wanita saat datang bulan adalah mood atau suasana hati yang buruk.

Mood buruk saat datang bulan sebenarnya adalah efek dari premenstrual syndrome (PMS), yang umumnya terjadi mulai dari 1–2 minggu sebelum datang bulan.

Mood buruk biasanya sudah ada dari rentang waktu ini dan berhenti di hari ke-2 haid. Namun, saat datang bulan, mood buruk bisa jadi lebih parah karena disertai dengan gejala fisik yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Hormon Estrogen dan Kaitannya dengan Mood Buruk Saat Datang Bulan

Perubahan mood pada masa PMS disebabkan oleh naik turunnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Kadar hormon estrogen ini paling tinggi saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi.

Jika tidak terjadi pembuahan pada masa ovulasi, Anda akan masuk ke masa pramenstruasi. Pada masa inilah kadar estrogen Anda akan menurun drastis sebelum akhirnya meningkat lagi.

Estrogen memiliki banyak sekali efek pada tubuh. Berkaitan dengan suasana hati, hormon ini dapat memengaruhi produksi dan efek endorfin, yaitu unsur di otak yang mendatangkan rasa nyaman dan kesenangan. Estrogen juga akan meningkatkan kadar serotonin yang berperan dalam hal nafsu makan, mood, dan pola tidur.

Efek hormon estrogen pada tiap wanita bisa berbeda. Sebagian wanita bisa lebih sensitif terhadap perubahan kadar estrogen di masa datang bulan daripada wanita lainnya. Kelompok wanita inilah yang paling rentan mengalami mood buruk saat datang bulan.

Selain siklus menstruasi, berada dalam kondisi stres, cemas, depresi, atau sedang diet adalah beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi naik turunnya hormon estrogen.

Tips Menjaga Mood Tetap Stabil Saat Datang Bulan

Meski mungkin selalu terjadi pada Anda, perubahan mood saat datang bulan bukannya tidak dapat dikendalikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar mood lebih stabil saat datang bulan:

  • Lakukan olahraga secara rutin, terutama pada masa pramenstruasi.
  • Minum banyak air putih.
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh.
  • Konsumsi camilan sehat di sela-sela jadwal makan utama.
  • Konsumsi susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D.

Selain itu, pada masa sebelum dan saat datang bulan, sebisa mungkin batasi juga diri Anda dari perdebatan yang tidak perlu, terutama mengenai hal-hal yang sensitif seperti masalah keuangan atau hubungan personal.

Cobalah untuk menerapkan beberapa tips di atas guna mencegah mood buruk saat datang bulan, sekaligus menjaga stamina tubuh tetap prima.

Namun, jika gejala PMS Anda sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda mengonsultasikan hal ini dengan dokter, termasuk jika gejala ini tidak juga hilang hingga beberapa hari setelah datang bulan.

Tags: #cacing berbahaya bila ada dirumah #manfaat rebung dan cara mengolahnya #mood buruk saat datang bulan