Sempat Gaduh Soal Spirit Doll Kini Ivan Gunawan Hibahkan Boneka Bayi Miliknya


Akhir-akhir ini heboh soal Spirit Doll atau boneka arwah.

Tak sedikit yang menyoroti maraknya publik figur yang memiliki boneka arwah.

Hal itu bermula saat Ivan Gunawan menyampaikan hobi barunya yaitu mengadopsi boneka bayi.

Namun, Ivan Gunawan malah dituding membuat kegaduhan.

Hobi baru Ivan Gunawan memelihara boneka yang dianggap seperti bayi menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Sebagian mengatakan bahwa hal tersebut tak baik, namun ada pula yang mengatakan bahwa mengadopsi boneka ini bisa membantu seseorang dengan masalah psikologi.

Mengenai hal itu, Ivan Gunawan tampak kesal saat hobinya dituding bikin gaduh.

Hingga akhirnya, Ivan Gunawan memutuskan untuk menghibahkan boneka bayi tersebut kepada orang lain.

Ivan Gunawan hibahkan boneka bayi miliknya. (Instagram Ivan Gunawan)

“Alhamdulillah karena saya merasa bahwa saya juga milik masyarakat jadi saya sudah tidak memelihara lagi.

Sudah saya kasih ke orang,” ujar Ivan Gunawan dikutip TribunStyle.com dari kanal YouTube NIT NOT, Minggu, 9 Januari 2022.

Menanggapi hobi yang dilakoninya terkesan membuat onar, pria yang akrab disapa Igun itu mengaku sangat sedih harus kehilangan sosok boneka yang dicintainya.

Dia juga menegaskan dirinya bukanlah pemuja roh.

“Sedih ya pasti karena jujur saya jadi tidak punya ruang privasi buat saya.

Karena saya hidup bukan buat orang ya.

Saya juga bukan pemuja roh, saya juga bukan tukang mandiin kembang,” katanya.

Igun pun sangat menyayangkan sikap dan respon warganet yang mencibir bahkan mengusik dirinya secara berlebihan.

“Buat saya sangat disayangkan saja apa yang saya suka kok orang jadi terlalu mengurusi gitu.

Aku paling tidak suka dikomentari sama siapa yang tidak kenal siapa aku,” curhatnya.

Meski kini boneka miliknya telah dihibahkan, namun sayangnya, desainer kondang itu enggan memberikan tanggapan lebih lanjut terkait kepada siapa boneka miliknya dihibahkan.

“Nanti kalau gua kasih tahu, nanti orangnya lu cari lagi,” pungkas Ivan Gunawan.

Sempat Sewa Baby Sitter

Sebelumnya pria yang mengaku sangat menyukai Ayu Ting Ting itu sempat mencuri perhatian karena mempekerjakan dua baby sitter untuk mengurus dua boneka bayi miliknya.

Seperti diketahui, Ivan Gunawan sudah berkali-kali mengatakan jika dirinya telah menganggap dua boneka miliknya seperti anak sendiri.

Hal ini tentu menjadi alasan kenapa dirinya mempekerjaan baby sitter untuk dua boneka bayinya.

Aksi Ivan Gunawan itu kemudian mengundang komentar dari rekannya sendiri, yakni Ruben Onsu.

Sebagai informasi, Ruben juga memiliki boneka namun dirinya tidak sampai seheboh Ivan Gunawan yang sampai memperkejakan baby sitter.

Ivan Gunawan pekerjaan baby sitter untuk rawat baby doll miliknya. (YouTube Boy William)

“Gue mah gue taruh aja di bangku, nggak gue taruh di tempat tidur.

Lo (Ivan Gunawan) ngapain sampai dibawa-bawa ke mall, ada baby sitter, nggak cape itu baby sitter,” kata Ruben Onsu dikutip TribunStyle.com dari kanal YouTube Trans TV, Jumat, 7 Januari 2022.

Mendengar ucapan Ruben, Ivan Gunawan kemudian membenarkan jika dirinya memperkejaan baby sitter demi merawat baby doll miliknya.

Baby sitter anak-anak Ivan bernama Agung dan Aldi.

“Beneran. Masing-masing (menjaga) satu (boneka).

Pagi dilap pakai tisu basah, ganti baju. (Baju) siang sama (baju) tidur beda,” ujar Ivan.

Bahkan, pria yang akrab disapa Igun itu rela merogoh kocek Rp 7,5 juta per untuk menggaji baby sitternya.

Nominal Rp 7,5 juta tentu jauh di atas UMR Jakarta yang saat ini menyentuh di angka Rp 4.416.186.

“Tujuh setengah juta gue bayar setiap bulan.

Pokoknya kalau anak gue lagi main, dia nggak boleh ganggu.

Berdiri, sampai anak gue manggil,” pungkas Ivan Gunawan.

Heboh spirit doll, ini kata Muhammadiyah: Kenapa nggak adopsi ini saja

Menanggapi fenomena boneka arwah atau spirit dolls yang belakangan ini ramai, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dadang Kahmad mengungkapkan sesuai kaidah ilmu sains, mustahil boneka itu dimasuki oleh arwah.

Karena itu, kiai Muhammadiyah itu menganggap spirit dolls tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan dan ilmu agama.

“Soal arwah menurut ajaran Islam, keyakinan saya, itu sudah disimpan oleh Allah di alam barzah, jadi tidak bisa dipanggil-panggil atau tidak bisa dimintai pertolongan karena mereka sedang istirahat baik orang baik atau orang buruk,” kata Dadang, dalam keterangannya dikutip dari laman Muhammadiyah, Jumat 7 Januari 2022.

Boleh untuk kesukaan saja

Dadang Kahmad menilai ajaran Islam tidak memperbolehkan mengangkat boneka sebagai anak. Kecuali, boneka tersebut sekadar sebagai mainan semata.

“Mengangkat anak pada boneka juga tidak boleh. Kecuali boneka biasa untuk kesukaan,” jelasnya.

Bagi kalangan umat Islam, Dadang berpesan agar segala sesuatu disandarkan kepada tauhid, yakni menyembah dan meminta kepada Allah semata.

“Tidak boleh meminta kepada selain Allah dalam hal kekayaan atau apapun,” tegas Dadang.

Daripada spirit doll kenapa nggak adopsi anak yatim piatu

Sementara itu Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah, Faozan Amar menilai hukum spirit dolls yang kini tengah dimiliki oleh beberapa selebritis itu hukumnya bisa beragam.

Jika boneka disimpan sekadar untuk koleksi dan bermain saja maka hal ini dinilai boleh (mubah).

“Bisa boleh, jika hanya sekadar hobi untuk kesenangan saja, bukan ada maksud yang lain,” ujarnya.

Sebaliknya, jika pemilik spirit dolls adalah umat Islam dan menganggap boneka itu bisa membawa madarat atau keberuntungan, maka hal demikian menurutnya bisa masuk dalam kategori menciderai akidah tauhid.

“(Syirik) karena memercayai ada ruh dalam boneka yang membawa keberuntungan,” ujar Faozan Amar.

Karena mengancam akidah, maka hukum mubah menyimpan boneka berubah menjadi makruh dan bahkan berdosa untuk kasus umat Islam yang merawat spirit dolls.
Daripada mengadopsi boneka arwah, Faozan menilai lebih baik mengadopsi anak yatim piatu atau menyalurkan dana ke panti asuhan guna membantu anak-anak yang membutuhkan.