Sering Gatal Di Pangkal P*ha? Jangan Digaruk, Begini Cara Mudah Mengatasinya


Apakah anda alami gatal di bagian selakangan atau pangkal paha yang umum di sebabkan oleh alergi, maupun karena jamur yang muncul karena kurangnya melindungi kebersihan badan dan baju.

Dan pada keadaan yang telah lumayan parah akan menyebabkan sisa luka garukan berwarna hitam dan kulit akan menebal hingga sulit untuk di obati, sangat dianjurkan untuk segera lakukan penangnan karena bila telah menjadi gatal menahun akan semakinsulit untuk di sembuhkan.

Tinea cruris atau yang biasa dimaksud dengan jock itch yaitu infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit dibagian paha dalam, dan bokong sebagai penyebabnya timbulnya ruam berwarna merah yang umumnya berupa lingkaran dan terasa gatal.

Tinea cruris biasa menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, seperti atlet, tetapi banyak terkena juga oleh orang-orang yang alami obesitas. Penyakit ini tidaklah penyakit yang serius, tetapi sering menyebabkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tak nyaman.

Penyembuhan tinea cruris sebenarnya sangat mudah, yakni cukup dengan memoleskan salep atau obat antijamur dan menjaga sisi pangkal paha untuk tetap dalam keadaan yang kering dan bersih.

Tanda-tanda Penyakit Gatal Selangkangan

Biasanya diawali dengan ruang kulit memerah yang menebar keluar dari lipatan di pangkal paha berbentuk setengah bln. ke paha atas. Batas ruam bisa terbagi dalam garis kecil, mengangkat lecet. Ruam sering gatal terkadang perih, dan kulit mungkin saja bersisik atau menebal.

Penyebab Penyakit Gatal Selangkangan

Gatal diselakangandisebabkan oleh semacam jamur yang bisa menebar dari orang ke orang atau dari pemakaian bersama handuk atau baju yang terkontaminasi. Biasanya infeksi menyebar dari kaki ke pangkal paha, karena jamur bisa menyebar lewat tangan atau handuk.

Diluar itu, menjaga keadaan fisik tetaplah bersih dan sehat, yaitu salah satu langkah untuk mencegah munculnya gatal-gatal pada selangkangan ataupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah mempermudah penyakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.

Bila memang sudah terlanjur terserang gatal memang agak sedikit susah cara penanganannya, walau tak berarti tak dapat sembuh. Dibawah ini ada cara-cara yang dapat anda coba :

Tips Menangani Gatal Pada Selangkangan

1. Pastikan daerah selangkangan selalu bersih dan kering

Berikan perhatian khusus pada kebersihan daerah selangkangananda. Setelah mandi, keringkan daerah selangkangan dengan menggunakan handuk. Lakukan secara lembut hingga selangkangan benar-benar kering.

Begitu juga ketika cebok sehabis buang air kecil atau buang air kecil. Setelah bersuci dengan menggunakan air dan sabun, gunakan tisu lembut untuk menyeka daerah selangkangan sampai kering benar.

2. Gunakan krim, salep atau bedak anti-jamur

Kalau sudah terlanjur menderita gatal pada selangkangan, oleskan salep atau krim yang mengandung hidrokortison pada daerah selangkangan anda, setidaknya 2 kali sehari. Yang bagus adalah setelah mandi. Krim atau anti jamur ini bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa resep dokter. Terapkan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

3. Jangan menggaruk kulit yang gatal

Tahan keinginan anda untuk menggaruk selangkangan yang gatal. Menggaruk sembarangan akan menyebabkan iritasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jika bisa, untuk meringankan rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruk tanpa sadar ketika tidur.

4. Tidurlah tanpa memakai celana dalam

Tidur dengan menggunakan celana dalam dapat memperparah iritasi dan ruam di daerah selangkangan. Sebaliknya, tidur tanpa celana dalam memiliki manfaat yang tak sedikit. Yang tidak kalah penting, gunakan pakaian yang longgar untuk menghindari iritasi dan lecet. Sebab, pakaian yang ketat dan sempit membuat selangkangan menjadi panas dan lembab, sehingga jamur semakin berkembang. Ganti jua celana dalam setiap hari agar daerah selangkangan bersih.

Cara lain :

Untuk menangani perkembangan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda dapat juga mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimum 2 kali sehari dengan memakai sabun antiseptik untuk kurangi perkembangan bakteri maupun jamur pada selangkangan. Perhatikan selama sistem penyembuhan, pakai celana dalam yang mudah menyerap keringat supaya kulit pada pangkal paha tak lembab.

Pakai baju bersih dan selalu ganti baju dalam terutama bila pakaian itu dalam kondisi lembab oleh keringat.

Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat melawan semua mikroorganisme yang bisa merusak kesehatan kulit kita. Jauhi makanan atau pantangan yang dapat membuat gatal-gatal pada selangkangan muncul.

Jangan memakai celana dalam ketat atau sempit, karena hanya akan buat kulit lipatan paha anda panas dan keluarkan keringat Menjaga kebersihan kulit terlebih pada selangkangan dan daerah lipatan yang lain.

Sembuhkan segera penyakit gatal anda, anda akan semaki percaya diri, karena semua penyakit pasti ada obatnya.

Kapan harus ke dokter?

Bila tanda-tanda tak membaik setelah dua minggu perawatan, anda harus kontrol lagi ke dokter. Siapa tahu ada infeksi sekunder yang membuat penyakit jadi lebih jelek hingga membutuhkan pengobatan tambahan.

Bila diperlukan dokter akan meresepkan obat antijamur yang lebih kuat, seperti :

Obat antijamur oral bisa mengakibatkan efek samping yg tidak menyenangkan, seperti sakit perut dan sakit kepala. Oleh karenanya, jika anda alami efek samping ini, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter supaya diberikan solusi yang tepat

======

Inilah 10 Cara Mer*ngsang Bayi Agar Cepat Lahiran Dengan Normal Dan Lancar, No 5 Sangat Mempengaruhi

Perburuhan memang sesuatu yang setiap orang tua telah menunggu. Dan ketika sampai pada persalinan, ada kasus dimana bayi tidak menunjukkan tanda-tanda persalinan. Hal ini tentu menjadi sangat mendebarkan bagi sang ibu. Karena itu, perlu dilakukan beberapa hal agar merangsang bayi agar terlahir dengan cepat.

Berikut beberapa tips dan cara menstimulasi bayi cepat lahir pada usia kehamilan tua.

1. Lakukan aktivitas berjalan dengan mudah

Cara termudah dan termurah untuk merangsang bayi dilahirkan dengan cepat adalah dengan berjalan teratur saat mendekati persalinan.

Bila cara untuk mengatur posisi tubuh dengan benar, bodi masih tegak lurus, dan tidak terlalu condong ke belakang. Berjalan adalah cara yang paling umum dan alami untuk membantu mendorong tenaga kerja.

2. Konjugasi suami bersamaan

Cairan yang diproduksi oleh seorang pria mengandung prostaglandin yang dapat membantu serviks yang begitu lembut juga siap terbuka segera. Kandungan yang terkandung dalam sperma juga bisa membantu menstimulasi awalan kohesi di dalam rahim dan buat leher mulut basah.

3. Lakukan stimulasi puting susu

Jangan terburu-buru memilih operasi caesar, coba fetus “batuk” untuk menjadi normal.

Lakukan aktivitas stimulasi pada puting payudara yang bisa disebutkan bisa melepaskan oksitosin yang bisa menstimulasi rahim untuk mengkontraksi Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan dari suami. Tapi ada baiknya tidak melakukan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kontraksi yang lama, kuat dan mengganggu aliran darah pada janin. Lakukan aktivitas ini dengan konsentrasi pada salah satu payudara pertama sekitar lima menit.

4. Apakah Birthing Balls

Bola Birthing sangat berguna untuk membantu bayi dalam gerakan rahim. Anda bisa melakukan ini dengan duduk di atas bola yang begitu lentur dan lembut saat Anda menggerakkan tubuh Anda. Gerakan tubuh Anda bisa mendorong bayi untuk bergerak dalam posisi yang bagus.

5. Menghilangkan perasaan cemas di dalam diri Anda

Kecemasan yang lebih besar menjelang persalinan menjadi alami. Untuk mengurangi kekhawatiran yang Anda rasakan, Anda dapat membagikannya dengan mendiskusikan kekhawatiran Anda di samping suami, atau dokter Anda. Rancang beberapa aktivitas yang bisa membuat Anda lebih rileks.

6. Ikuti senam hamil

Lakukan secara teratur dengan latihan hamil yang dipandu oleh instruktur terampil. Manfaat latihan kehamilan itu sendiri adalah membantu bersantai daerah di jalan lahir bayi, untuk memperlancar bagian bawah bayi ke jalan lahir, untuk membantu agar lebih efektif dan membantu sistem persalinan menjadi lebih mulus dan mudah.

7. Lakukan refleksologi

Pijat refleksologi ini dapat menyeimbangkan sistem di tubuh Anda, dapat merangsang masuk ke sistem kelahiran. Sebaiknya tindakan semacam ini dilakukan pada pengawasan dokter pribadi Anda yang tahu tentang teknik refleksi.

8. Konsumsi air yang cukup

Air putih kembali menjadi solusi untuk beberapa masalah. Tak heran, karena tubuh manusia dipenuhi oleh sebagian besar cairan. Karena itu, jika Anda menginginkan metabolisme dengan lancar, air putih perlu dikonsumsi secara teratur dan cukup setiap hari. Air juga bisa membantu kelancaran kerja.

Dengan itu bagi anda yang ingin menstimulasi janin lahir dengan cara alami bisa mengatur dirinya sendiri dalam mempersiapkan persalinan, baik secara fisik maupun mental.

9. Makan daun teh frambosen

Daun Frambosen adalah salah satu bahan herbal yang bisa dijadikan minuman teh. Minuman ini memiliki senyawa yang memiliki khasiat untuk menguatkan dinding rahim pada ibu hamil. Konsumsi minuman ini juga bisa mempercepat rangsangan untuk pengiriman cepat.

10. Hubungan dengan suami

Saat kehamilan mendekati HPL, suami dan istri disarankan untuk berhubungan. Hubungan ini akan membantu merangsang pelepasan hormon oksitosin. Seperti dijelaskan di atas, hormon oksitosin adalah hormon yang bisa membantu mempercepat kelahiran.

Sampai sistem pengiriman bisa berjalan lancar, terutama bagi anda yang ingin melahirkan dengan cara biasa.

Tags: #cara mengatasi gatal dekat paha #cara merangsang bayi agar cepat lahir #sering gatal dekat paha