Sesibuk Apapun Kamu, Inget yang Ngasih Rejeki Itu Allah. Jadi Jangan Pernah Meninggalkan-Nya!


Siapapun kamu, apapun profesimu inget kalau kita ini makhluk-Nya, jadi jangan sampai melalaikan perintah-perintahnya, terutama adalah shalat karena shalat adalah tiang dari ibadah-ibadah yang lainnya.

Jadi, sesibuk aapapun kamu, ingetlah bahwa yang ngasik rejeki itu adalah Allah. Maka jangan pernah meninggalkan-Nya!

Jangan Hanya Mengejar Rejekinya, apalagi Sampai Lupa Kepada Yang Memberi Rejeki (Allah)

Jangan sampai kamu hanya mengejar rejekinya, apalagi sampai lupa kepada yang memberi rejeki (Allah).

Karena sebanyak apapun rejeki yang kamu peroleh, harta yang kamu miliki, atau jabatan yang kamu banggakan saat ini bila tak menyadari bahwa semua itu adalah pemberian Allah, tentu semuanya tidak akan pernah membuatmu benar-benar bahagia.

Tapi Dekatilah Allah Sambil Ikhtiar Semaksimal Mungkin Untuk Mendapatkan Rejeki

Tapi saat kamu pandai mendakti Allah sembari ikhtiar semaksimal mungkin untuk mendapatkannya (rejeki), tentu Akan selalu menyandingkanmu dengan kebaikan-Nya.

Sehingga, apapun yang kamu peroleh, ntah itu rejeki yang sedikit ataupun yang banyak maka pasti kamu tidak akan pernah mengeluhkannya, karena yang jelas semuanya akan senantiasa kamu terima dengan ikhlas dan penuh rasa syukur.

Jangan Hanya Pandai Mencari Rejeki, Tapi Pandailah Pula Memilah Mana Yang Haram Dan Mana Yang Halal

Namun ingat, jangan hanya pandai mencari rejeki, jangan hanya pandai mengumpulkan banyak harta, tapi pandailah pula memilih mana yang haram dan mana yang halal.

Karena rejeki yang baik itu adalah rejeki yang sudah jelas kehalalannya, jadi tak mengapa sedikit asal kehahalalannya terjamin, agar membawa diri kita pada keberkahan.

Rejeki Itu Syarat Ibadah, Maka Carilah Yang Halal Agar Ibadah Kita Senantiasa Diterima-Nya

Karena rejeki itu syarat ibadah, maka carilah yang halal agar ibadah kita senantiasa diterima-Nya.

Karena untuk apa harta berlimpah bila hanya menjadi penghambat kita dalam menunaikan ibadah pada-Nya? Maka pastikan kita tak hanya mencari, tapi juga memilih rejeki yang mana yang akan membawa kita hidup berkah.

Tidak Usah Keburu Ingin Kaya, Tapi Pastikan Rejeki Yang Diingini Selalu Diperoleh Dengan Cara Halal Dan Selalu Dalam Ridha-Nya

Dan satu lagi yang paling penting, tidak usah keburu ingin kaya, tapi pastikan rejeki yang diingini selalu diperoleh dengan cara halal dan selalu dalam ridha-Nya.

Karena bila sifat demikian menjadi niat utama dalam hati, kadang kita malas untuk berhati-hati dalam mencarinya, karena yang terpenting biasanya hasilnya banyak. Na’udzubillah

======

8 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Sebagai sumber energi

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Menjaga kesehatan saluran cerna

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.

Di samping menyehatkan saluran pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.

7. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

8. Meredakan tukak lambung

Pisang dapat memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga dapat meredakan atau mencegah tukak lambung. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mangatasi nyeri akibat maag.

Cara Sehat dan Tepat Mengonsumsi Pisang

Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan atau camilan manis yang rendah kalori dan bergizi. Namun, batasi konsumsi pisang yang diolah dengan cara digoreng, seperti menjadikannya pisang goreng atau pisang molen.

Menggoreng bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalam pisang dan justru meningkatkan kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat pisang secara maksimal, Anda dapat mengolahnya dengan cara berikut ini:

  • Untuk mengolahnya menjadi jus atau smoothie, Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
  • Bila ingin mencampurnya dengan sereal atau oatmeal, Anda bisa menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.
  • Pisang yang dihaluskan juga bisa dicampur ke adonan untuk membuat kue bolu.
  • Pisang juga dapat digunakan sebagai pengganti selai pada roti.

Untuk mendapatkan manfat pisang tersebut, ada baiknya bila Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar kandungan dan manfaat pisang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya. Dokter juga dapat menganjurkan jumlah konsumsi buah pisang untuk sehari-hari, sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

======

Fakta Seputar Diet Karbo yang Perlu Diketahui

Diet karbo merupakan salah satu metode untuk menurunkan berat badan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani diet ini, ada baiknya bila Anda mengetahui lebih dulu fakta seputar diet karbo agar aman dan manfaat yang Anda peroleh pun dapat maksimal.

Diet karbo dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk menurunkan berat badan. Contoh makanan berkarbohidrat adalah pasta, roti, nasi, sereal, serta buah dan sayur yang mengandung karbohidrat.

Diet karbo biasanya menekankan pada konsumsi makanan mengandung protein, misalnya telur, makanan laut, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Kelebihan Diet Karbo

Tak hanya menurunkan berat badan, ada beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh dengan menjalani diet karbo, yaitu:

1. Menurunkan gula darah

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti putih dan pasta, mengandung indeks glikemik tinggi. Artinya, makanan tersebut bisa menyebabkan peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Jika tidak digunakan, gula darah tersebut akan disimpan sebagai lemak.

Nah, dengan menjalani diet karbo, asupan makanan berkarbohidrat akan berkurang sehingga dapat menurunkan dan menjaga kestabilan gula darah, terutama bagi penderita diabetes.

2. Mempercepat pembakaran lemak

Dalam kondisi normal, tubuh menggunakan karbohidrat untuk dijadikan bahan bakar atau energi.

Ketika asupan karbohidrat berkurang secara drastis saat menjalani diet karbo, metabolisme tubuh akan memasuki proses ketosis, yaitu membakar lemak untuk mendapatkan sumber energi. Ketika lemak dibakar dan menjadi sumber energi utama, berat badan pun akan berkurang.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Diet karbo dipercaya dapat mencegah atau memperbaiki kondisi kesehatan yang serius, seperti sindrom metabolik, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, diet karbo juga bisa meningkatkan kolesterol baik atau HDL, sehingga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Namun, belum ada cukup bukti yang mendukung klaim tersebut, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kekurangan Diet Karbo

Cukup sulit menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dari asupan makanan sehari-hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi tubuh. Jika asupan karbohidrat berkurang secara drastis, berbagai efek samping seperti kelelahan, sakit kepala, sembelit, atau diare, bisa saja Anda alami.

Selain itu, dalam jangka panjang, diet karbo dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin atau mineral, menyebabkan tulang keropos, serta meningkatkan risiko gangguan pencernaan dan berbagai penyakit kronis. Diet karbo pun tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena bisa membahayakan janin.

Diet karbo diduga aman dilakukan dalam jangka pendek, tetapi tidak disarankan untuk dilakukan jangka panjang, terutama jika diet yang dilakukan menganjurkan untuk membatasi makanan sehat, seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Beberapa ahli kesehatan percaya bahwa mengganti kalori dari karbohidrat dengan asupan kalori dari lemak dan protein hewani dalam jumlah besar, justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau kanker tertentu.

Mendapatkan asupan kalori dari protein dalam jumlah tinggi juga tidak disarankan bagi penderita penyakit ginjal.

Cara Diet Karbo yang Benar

Bila Anda memutuskan untuk menjalani diet karbo, berikut ini adalah cara melakukan diet karbo yang benar:

  • Batasi asupan karbohidrat hanya15–30 gramper hari. Namun, konsumsi makanan mengandung protein dan lemak baik yang tidak mengandung kolesterol, seperti minyak zaitun dan alpukat, sebagai sumber energi bagi tubuh.
  • Kurangi konsumsi makanan manis, seperti permen, cokelat, biskuit, kue, dan minuman ringan dengan gula tambahan. Bila terlalu sering dikonsumsi, makanan serta minuman tinggi kalori dan gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan perbanyak konsumsi air mineral, setidaknya 8 gelas setiap harinya.
  • Konsumsi sumber karbohidrat yang lebih sehat dari biji-bijian utuh, kentang, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Serat dalam makanan tersebut dapat menjaga pencernaan tetap sehat dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Perlu Anda ingat bahwa kebutuhan kalori dan energi setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas sehari-hari, dan kondisi kesehatan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan diet karbo, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan apakah pola makan tersebut aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda atau tidak.

Tags: #fakta seputar diet karbo #jangan pernah meninggalkan Allah #manfaat pisang bagi kesehatan tubuh #rezeki dari Allah