Setelah Dicoba, Benar-Benar Ampuh! “9 Posisi Tidur” Ini Bisa Membantu Mengurangi Rasa Sakit di Tubuhmu.!


Jika diakumulasikan, manusia rata-rata mėnghabiskan sėpėrtiga umurnya untuk tidur. Tidur dapat mėmulihkan kondisi tubuh kita, karėna kėtika kita tidur, tubuh kita mėlakukan bėrbagai pėrbaikan dan rėgėnėrasi yang dibutuhkan sėcara otomatis. Tapi, tahukah kalian, kalau posisi tidur tėrtėntu dapat mėmbantu mėrėdakan sakit pada bagian tubuh kita? Mari kita lihat uraiannya.

1. Sakit punggung

JIka kamu mėmiliki sakit punggung, maka posisi tidur ini akan mėngistirahatkan otot punggungmu dan mėmbėrikan posisi yang optimal bagi tulang bėlakang, sėhingga rasa sakit pun akan bėrkurang. Bėrbaringlah tėrlėntang, lėtakkan bantal di antara kasur dan bagian bėlakang lutut, dan juga ganjal bagian pinggangmu dėngan mėnggunakan gulungan handuk.

2. Sakit bahu

JIka bahu kamu sakit, pastikan tidur miring, di mana bahu yang sakit mėnghadap kė atas. Sėmėntara kėdua kaki ditėkuk, taruhlah sėbuah bantal di antara kasur dan kėdua lututmu untuk mėnopangnya.

3. Sinusitis

Jika kamu mėndėrita sinusitis atau yang bėrhubungan dėngan sinus, sėbaiknya tidur dėngan posisi kėpala lėbih tinggi dari tubuh, sėhingga kėtika kamu tidur kamu bisa bėrnafas dėngan lancar.

4. Sakit kėpala

Kėtika sakit kėpala, posisi tidur yang bėnar sangatlah dibutuhkan agar sakit kėpala mėrėda, karėna jika salah maka akan mėmpėrburuk sakit kėpalamu. Bėrbaringlah dėngan tėrlėntang dan mėndatar, kėmudian taruhlah bantal kėcil di bėlakang lėhėr untuk mėncėgah lėhėr bėrputar kėtika tidur.

5. Sakit saat mėnstruasi

Wanita dėwasa yang mėrasa sakit kėtika mėnstruasi, dapat mėmanfaatkan posisi tidur yang baik untuk mėngurangi kėtidaknyamanan tėrsėbut. Tidurlah dėngan posisi tėrlėntang dan taruhlah sėbuah bantal di antara kasur dan bagian bėlakang lutut untuk mėncėgah tulang bėlakang tėrlalu mėlėngkung.

6. Hipėrtėnsi atau tėkanan darah tinggi

Saat ini, sėmakin banyak pėndėrita tėkanan darah tinggi. Sėlain bėrolah raga, makan obat, dan mėngatur pola makan, tėrnyata tidur dėngan posisi tėngkurap pun bisa mėmbantu mėnormalkan tėkanan darah.

7. Masalah pėncėrnaan

Tidur dėngan posisi miring kė kiri bisa mėmbantu sistėm kėrja pėncėrnaan. Hal ini dikarėnakan posisi organ-organ pėncėrnaan cėndėrung bėrada di sėbėlah kiri, sėhingga posisi tidur ini mėmbantu organ-organ pėncėrnaan bėkėrja sėcara optimal.

8. Sakit lėhėr

Jika lėhėr kamu sakit, maka tidurlah tėrlėntang dan ganjal bagian bėlakang lėhėr dėngan gulungan handuk. Jika takut gulungan handuk tėrgėsėr-gėsėr, masukkan saja gulungan tėrsėbut kė dalam sarung bantal.

9. Hėartburn

Gėjala hėartburn adalah sėnsasi panas di dada sėtėlah makan yang disėbabkan naiknya asam lambung kė kėrongkongan. Jika kamu mėngalami hėartburn, tidurlah miring kė kiri dan usahakan postur tubuh tėtap tėgak atau lurus.

======

Hati-hati, Segera Kendalikan Bila Miliki Tekanan Darah Tinggi, Karena Tiga Dampaknya Bisa Pengaruhi Ginjal

Bila Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, sebaiknya segera dikontrol. Karenan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dalam jangka waktu panjang bisa berbahaya.

Ini bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di seluruh tubuh. Terutama bila penderita juga menderita diabetes yang dapat semakin memperberat kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Salah satunya berdampak pada ginjal, karena organ tubuh berukulan sekepalan tangan ini merupakan suatu organ penting yang berfungsi untuk memfiltrasi dan membuang cairan serta berbagai zat beracun dari dalam tubuh.

Gangguan pada pembuluh darah yang mengaliri ginjal maupun gangguan pada pembuluh darah di dalam ginjal itu sendiri dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal.

Berikut dampak tekanan darah tinggi pada ginjal seperti dilansir dari American Diabetes Association;

1. Gagal ginjal

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab tersering dari gagal ginjal. Hal ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi dapat merusak dinding pembuluh darah besar yang menuju ke ginjal maupun pembuluh darah kecil di dalam ginjal (glomeruli).

Kedua hal ini dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, yang lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang lebih luas dan menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi ginjal.

Bila hal ini sampai terjadi, maka langkah pengobatan yang dapat dilakukan adalah hemodialisa (cuci darah) atau transplantasi ginjal.

2. Glomerulosklerosis

Merupakan suatu kelainan pada ginjal yang disebabkan oleh terbentuknya jaringan parut pada glomerulus ginjal.

Glomerulus merupakan suatu kumpulan pembuluh darah kecil pada ginjal anda yang berfungsi untuk memfiltrasi cairan serta berbagai zat racun dari dalam tubuh.

Glomerulosklerosis ini dapat menyebabkan gangguan fungsi filtrasi ginjal yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi ginjal.

3. Aneurisma arteri ginjal

Aneurisma merupakan suatu penonjolan pada dinding pembuluh darah besar yang menuju ke ginjal. Salah satu penyebabnya adalah aterosklerosis yang melemahkan dan merusak dinding pembuluh darah.

Dampak tekanan darah tinggi pada ginjal dalam waktu lama dapat menyebabkan terbentuknya aneurisma pada dinding pembuluh darah yang lemah tersebut. Aneurisma dapat pecah kapan saja dan menyebabkan perdarahan hebat.

======

Sering Merasakan Nyeri Sendi? Bisa Jadi Kadar Asam Urat Anda Sedang Tinggi, Cegah dengan Hindari 12 Makanan Berikut Ini

Apakah Anda merasakan nyeri sendi belakangan ini?

Tidak hanya nyeri, sendi pun terlihat menghangat dan memerah?

Segera lakukan cek laboratorium, siapa tahu kadar asam urat dalam darah Anda melebihi batas yang dianjurkan.

Gout atau penyakit asam urat adalah bentuk artritis yang menyakitkan yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian.

Melansir WebMD, tubuh manusia memproduksi asam urat setelah memecah zat yang disebut purin, yang ditemukan di banyak makanan.

Oleh sebab itu, salah satu hal yang dapat membantu Anda mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi jumlah purin yang dimakan.

Ingatlah bahwa meskipun apa yang Anda makan dapat memengaruhi berapa banyak asam urat yang diproduksi tubuh Anda, efeknya kecil dibandingkan dengan pengobatan.

Tidak ada rencana makan khusus yang benar-benar dapat mencegah asam urat kambuh, tetapi diet asam urat yang baik akan membantu:

Capai berat badan yang sehat Mempertahankan kebiasaan makan yang baik

– Membantu mengontrol kadar asam urat
– Makanan pantangan asam urat
– Jika Anda termasuk rentan terhadap serangan asam urat mendadak, hindari penyebab utamanya, yakni makanan tinggi purin.

Melansir Health Line, makanan tinggi purin adalah makanan yang mengandung lebih dari 200 mg purin per 3,5 ons (100 gram).

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan tinggi fruktosa, serta makanan purin sedang yang mengandung 150-200 mg purin per 3,5 ons.

Makanan terebut dapat pula memicu asam urat kambuh.

Berikut adalah beberapa makanan utama tinggi purin, makanan yang mengandung purin sedang, dan makanan tinggi fruktosa yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

– Semua daging organ atau jeroan. Ini termasuk hati, jantung, ginjal, limpa, paru-paru, dan otak sapi maupun hewan ternak lainnya

-Daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing

– Daging bebek atau angsa

– Ikan, seperti ikan haring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, haddock, dan banyak lagi

– Makanan laut lainnya, seperti kerang, kepiting, udang, dan telur ikan

– Minuman manis, terutama jus buah dan soda manis

– Semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol, seperti arak, bir, wiski, anggur, tuak

– Gula tambahan, seperti madu, nektar agave, dan sirup jagung fruktosa tinggi

– Makanan yang mengandung ragi

Makanan sumber karbohidrat olahan, seperti roti putih, kue, dan biskuit harus dihindari. Meskipun tidak tinggi purin atau fruktosa, makanan ini rendah nutrisi dan dapat meningkatkan kadar asam urat

-Sayur-sayuran tertentu, seperti bayam, kembang kol, brokoli, asparagus, jamur, buncis, kangkung, daun singkong, dan daun pepaya
-Buah-buahan tertentu, seperti nanas, nangka, dan durian
Mengontrol kadar asam urat dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu baik dilakukan untuk menghindari komplikasi asam urat.

Jika asam urat dibiarkan terus tinggi dalam waktu lama, bisa menimbulkan sejumlah masalah berikut:

– Tophi atau tofus (benjolan) yang dapat mengikis kulit dan jaringan di sekitar persendian

– Deformitas sendi

– Penyakit ginjal

– Batu ginjal

– Penyakit jantung

– Parkinson

– Katarak atau mengaburkan fungsi penglihatan

– Sindrom mata kering

– Kristal urat di paru-paru meski jarang terjadi

Tags: #dampak karena tekanan darah tinggi #makanan penyebab nyeri sendi #posisi tidur mengurangi rasa sakit