Sifat-Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami, Pantesan Banyak yang Belum Tau

849 views


Tahukah Bun bahwa ada sifat-sifat istri yang menghambat rezeki suami? Yuk cari tahu di bawah ini.

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, suami dan istri haruslah saling melengkapi satu sama lain. Suami adalah kepala keluarga yang wajib untuk menafkahi keluarganya, sedangkan peran istri di dalam rumah tangga adalah mengurusi kebutuhan suami dan anak-anaknya.

Menurut Studi dari Harvard University, salah satu kekuatan pernikahan tergantung pada status pekerjaan suami. Jika sering didorakan oleh istri, pekerjaan suami akan semakin stabil. Begitu pun sebaliknya.

Setiap keluarga pasti menginginkan rezeki yang lancar, apalagi semakin hari kebutuhan dan biaya hidup terus meningkat. Inilah yang sering menjadi ujian dalam sebuah rumah tangga. Kadang ada istri yang marah kepada suami saat pemasukan berkurang, hal itu memang wajar dan sering terjadi.

Namun, daripada menyalahkan suami tidak ada salahnya juga untuk introspeksi diri sendiri. Siapa tahu ada sifat istri yang menghambat rezeki suami. Sebab, sifat istri sebagai pembuka rezeki dalam rumah tangga bisa saja dilakukan bahkan saat tidak disadari.

Apa Saja Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami?

Disadari atau tidak, sifat istri yang menghambat rezeki suami kadang pernah dilakukan. Oleh karena itu, hindari beberapa sifat berikut agar rezeki suami kembali lancar.

1. Kurang Bersyukur

Kurang bersyukur adalah salah satu penghambat rezeki. Padahal, Allah SWT yang memberi jaminan rezeki yang akan diberikan jika seseorang bersyukur. Berapapun dan dalam bentuk apapun rezeki yang diberikan oleh suami, sejatinya itu adalah pemberian Allah SWT yang harus disyukuri.

Allah berfirman: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7).

2. Mengabaikan Kewajiban dalam Beribadah

Salah satu sifat istri yang menghambat rezeki suami adalah melalaikan ibadah kepada Allah SWT. Akan tetapi, bagaimana Allah SWT mau memberikan rezeki yang cukup ketika seseorang jauh dari-Nya? Padahal, makin khusyuk beribadah, maka keimanan pun akan semakin bertambah.

Salah satu bentuk keimanan adalah mempercayai takdir yang Allah beri, dan rezeki bagian dari takdir. Oleh karena itu, jika rezeki suami terasa seret, maka cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pemberi Rezeki, yaitu Allah SWT dengan lebih rajin dalam beribadah dan berdzikir.

3. Berat untuk Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu jalan pembuka rezeki. Meski secara logika seseorang mengeluarkan uang saat bersedekah, dengan izin Allah SWT pemberian tersebut akan kembali dengan berlipat. Sedekah tidak akan mengurangi harta karena Allah akan memberikan keberkahan. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS Al-Hadid: 18).

4. Durhaka kepada Suami

Ternyata, durhaka kepada suami bukan hanya akan berimbas pada hubungan suami istri, tetapi juga menjadi sifat istri yang menghambat rezeki suami. Ada beberapa hal yang bisa termasuk sifat durhaka kepada suami, yakni tidak melayani suami, serta membicarakan keburukan suami kepada orang lain.

Selain itu, durhaka terhadap suami juga merupakan salah satu perbuatan dosa yang ancamannya tidaklah ringan. Sering disebut juga dengan nusyuz, Allah memiliki aturan tertentu saat istri berbuat nusyuz kepada suami.

5. Tidak Suka Bersilaturahmi

Keutamaan bersilaturahmi adalah salah satunya bisa memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan tetangga adalah salah satu bentuk silaturahmi. Sifat istri yang menghambat rezeki suami selanjutnya adalah tidak suka bersilaturahmi dan sering menutup diri.

Padahal, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang, maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR Bukhari).

Ketika sudah bersuami istri, maka ibadah di antara kalian akan dicatat Allah SWT sebagai amalan suami-istri. Makanya, apa yang dilakukan suami akan berdampak juga ke istri pun sebaliknya. Salah satunya terkait rezeki.

6. Istri yang Kikir

Sebagian orang menganggap bahwa sedekah akan mengurangi harta. Padahal, sedekah bisa menambah rezeki dan menyisipkan keberkahan di dalamnya. Buktinya, tidak ada istilah orang jatuh miskin karena rajin memberi dan bersedeka.

Orang yang kikir itu tidak mau tahu bahwasannya dari rezeki yang didapatkannya ada yang harus diberikan kepada orang yang membutuhkan. Karena kikir adalah sifat istri yang menghambat rezeki suami, segeralah berintrospeksi dan memperbaiki diri agak rezeki suami kembali mengalir.

7. Istri yang Boros

Tak peduli seberapa besar penghasilan suami, jika istrinya terlalu boros, maka penghasilan tersebut akan terasa kecil dan tidak mencukupi. Sifat boros hanya akan menjatuhkan diri ke dalam jurang kesengsaraan.

Oleh karena itu, hempaskan jauh-jauh sifat istri yang menghambat rezeki suami ini dan mulailah berhemat. Sesuaikan saja pengeluaran diri dan rumah tangga dengan kemampuan suami, sehingga rezeki tersebut akan menjadi lebih berkah.

======

Sering Muncul Saat Musim Hujan dan Merusak Perabotan Rumah Jika Dibiarkan, Begini Cara Mudah Membasmi Laron di Rumah

Indonesia mulai memasuki musim hujan sejak bulan September hingga November 2021.

Saat musim hujan, banyak orang yang mengeluhkan hewan yang masuk rumah, terutama serangga seperti laron.

Melansir Kompas.com, menurut peneliti bidang entomologi dari Museum Zoologi Bogor LIPI, Rosichon Ubaidillah, laron merupakan sejenis rayap.

Rosichon pun menjelaskan bahwa dalam satu koloni rayap terdiri dari ratu, pekerja, dan calon ratu atau laron.

Pada musim hujan, ratu cenderung lebih banyak memproduksi laron sebagai calon ratu untuk membentuk koloni baru.

Menurut Rosichon, laron memang tidak membahayakan manusia, namun bisa merugikan manusia.

Hal ini lantaran laron dapat merusak perabotan di rumah terutama yang terbuat dari kayu dengan cara menggerogotinya.

Namun jangan khawatir karena ada cara membasmi laron di rumah yang mudah seperti dikutip dari Bobo.id berikut.

Menutup celah-celah

Pertama, pastikan celah di rumahmu sudah tertutup bahkan hingga ke bagian celah terkecil sekalipun.

Pasalnya laron bisa masuk melalui lubang atau celah seperti lubang ventilasi.

Menutup jendela dan matikan lampu

Laron biasanya berkerumunan di dekat cahaya lampu karena tempat ini merupakan pertemuan calon ratu dan raja.

Untuk itu, kamu boleh mematikan semua lampu di rumah sementara untuk menghilangkan daya tarik laron.

Pastikan juga untuk menutup jendela beserta tirai atau gordennya sehingga cahaya dari luar tidak terlihat.

Ketika lampu dimatikan, laron akan berjatuhan ke lantai lalu mati dengan sendirinya.

Menggunakan air

Kamu juga bisa membuat perangkap laron dengan sebaskom air dan lampu kecil atau lampu senter.

Caranya adalah dengan menyiapkan sebaskom air dan menyalakan lampu senter di dekatnya.

Matikan seluruh lampu di rumah lalu nyalakan lampu senter sebagai daya tarik laron yang baru.

Laron yang berterbangan dan mendekat ke arah senter kemudian akan terperangkap di air dalam baskom.

======

7 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Manfaat kayu secang sebagai salah satu obat tradisional sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu ini tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kayu secang (Caesalpinia sappan) sudah lama diolah sebagai bahan minuman herbal yang dicampur aneka rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh. Batang kayu secang terlebih dahulu diserut dan dijemur agar dapat digunakan sebagai bahan minuman.

Umumnya, minuman berbahan serutan kayu secang dinikmati dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Kayu secang juga tersedia dalam bentuk ekstrak atau suplemen.

Berbagai Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Beragam senyawa yang terdapat pada kayu secang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi peradangan dan nyeri

Kayu secang memiliki kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri, misalnya karena radang sendi dan nyeri otot.

Meski demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat herba untuk mengatasi penyakit akibat peradangan masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Membasmi bakteri

Salah satu manfaat kayu secang adalah untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan senyawa antibakteri pada kayu secang diketahui dapat membasmi bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli.

3. Mengatasi jerawat

Salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes dan peradangan di kulit. Kayu secang mengandung senyawa brazilin yang bersifat antibakteri, sehingga dianggap dapat mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kayu secang juga mengandung zat yang bersifat antiinflamasi atau antiradang sehingga dapat mengobati jerawat. Untuk mendapatkan manfaat kayu secang ini, Anda bisa menggunakan rendaman air secang untuk membasuh wajah yang sedang berjerawat.

Namun, jika jerawat tidak kunjung sembuh, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan pengobatan jerawat yang tepat.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kayu secang mengandung zat yang bersifat antioksidan dan antikanker. Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang yang mengandung kedua zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker payudara.

Meski demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai pengobatan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, untuk menurunkan risiko terjadinya kanker, Anda tetap disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, mengurangi stres, dan berolahraga secara teratur.

5. Menghentikan diare

Secara tradisional, kayu secang sudah cukup banyak dimanfaatkan sebagai obat diare. Tanaman ini kerap dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menyebutkan bahwa kayu secang mengandung zat antibakteri, sehingga dapat membasmi bakteri penyebab diare.

Selain itu, orang yang sedang diare juga dapat mengonsumsi teh herbal atau jamu yang diolah dari kayu secang untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya agar terhindar dari dehidrasi.

Sayangnya, secara klinis, manfaat kayu secang sebagai obat diare masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, bila diare yang Anda alami tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

6. Mencegah kerusakan sel

Kayu secang merupakan salah satu tanaman herba yang mengandung antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan brazilin.

Kandungan antioksidan tersebut terlihat dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas. Antioksidan juga diketahui berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, misalnya diabetes tipe 2 dan kanker.

7. Menurunkan dan mengontrol gula darah

Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi air rebusan kayu secang terlihat bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Efek ini baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Namun, hingga saat ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat penurun gula darah.

Tak hanya berbagai manfaat di atas, kayu secang juga diyakini bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan fungsi hati, mengontrol tekanan darah, mengatasi radang gusi, dan mencegah kerusakan sel saraf. Meski demikian, berbagai klaim manfaat kayu secang tersebut juga masih perlu dikaji lebih lanjut.

Kayu secang secara umum dapat dikonsumsi sebagai jamu atau teh herbal, tetapi usahakan untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan guna mencegah terjadinya efek interaksi obat.

Selain itu, jika Anda hendak mengonsumsi kayu secang sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tags: #cara mudah membasmi laron di rumah #manfaat kayu secang untuk kesehatan #sifat istri yang menghambat rezeki suami