Sosok Gerald Bastian, Suami Stafsus Jokowi Ayu Kartika Dewi, Nikah Beda Agama


Staf khusus Presiden Jokowi, Ayu Kartika Dewi, jadi perbincangan publik. Hal ini dikarenakan ia melangsungkan akad nikah dan pemberkatan dengan Gerald Bastian yang beda agama.
Diketahui pada Jumat (18/3/2022), Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian menjalani akad nikah yang disiarkan secara langsung lewat akun YouTube. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberkatan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Suami Ayu Kartika Dewi pun ikut jadi sorotan. Banyak netizen penasaran siapakah sosok Gerald Bastian.

Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian menikah setelah menjalani hubungan sebagai kekasih selama dua tahun. Menurut Ayu, Gerald memenuhi 97 dari 100 kriteria pasangan yang diidamkannya sejak dulu.

Siapakah sosok Gerald Bastian?
Dilihat dari LinkedIn, Gerald Bastian merupakan salah satu pendiri dan direktur bisnis Kok-Bisa?, sebuah platform media yang bergerak di bidang edukasi. Kok-Bisa? menyampaikan edukasi dengan cara yang ringan lewat video cerita animasi.

Pria yang mengemban misi memajukan dunia edukasi di Indonesia ini adalah alumni Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Komunikasi. Ia lulus dengan predikat cum laude.

Dalam sebuah wawancara di channel YouTube Toleransi.id, Gerald Bastian mengaku mengidolakan Ki Hajar Dewantara. Ada beberapa alasan yang membuatnya kagum kepada tokoh pahlawan pendidikan itu.

Salah satunya karena ia rela menanggalkan gelar keningratannya demi bisa berjuang bersama rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Sebelum dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia ini bernama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

“Dia ingin benar-benar berjuang, jadi dia ingin menghilangkan dia punya status sebagai salah satu orang yang tinggi waktu itu. Dia berjuang dan akhirnya ganti nama jadi Ki Hajar Dewantara,” cerita Gerald Bastian.

Mendirikan Kok-Bisa? Sejak 2015
Gerald Bastian memulai channel YouTube Kok-Bisa? pada 2015 bersama dua rekannya. Channel bertema edukasi ini terinspirasi dari beberapa platform di YouTube luar negeri yang fokus membahas pengetahuan dan pendidikan.

Kok-Bisa sendiri menyajikan pembahasan terkini dengan animasi lucu sehingga lebih mudah dipahami. Lewat channel tersebut, Gerald Bastian berharap bisa memberi pengaruh besar dalam dunia pendidikan dan pembelajaran jangka panjang.

Aktivis Sosial dan Menguasai Tiga Bahasa Asing
Selain berkecimpung di dunia pendidikan, Gerald Bastian juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Dia pernah jadi relawan di komunitas Earth Hour Global pada 2011 dan YouTube Creator for Change sejak 2018 hingga sekarang.

Gerald Bastian juga mempelajari beberapa bahasa. Ia diketahui menguasai tiga bahasa asing yakni Inggris, China dan Belanda.

Stafsus Jokowi Nikah Beda Agama, Begini Respons Tegas MUI

Ayu Kartika Dewi, staf khusus Presiden Joko Widodo melangsungkan pernikahan beda agama dengan Gerald Sebastian.

Pasangan pengantin yang menikah pada Jumat (18/3) menggelar akad nikah dan pemberkatan sekaligus.

Setelah melakukan akad nikah secara Islam, mereka menjalani prosesi pemberkatan pernikahan di Gereja Katedral Jakarta.

Pernikahan itu pun rupanya mengundang Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk turut buka suara.

Menurut Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan, pernikahan yang sah harus sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing.

Ketentuan tersebut berdasarkan pada Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

“Dalam aturan itu disebutkan dalam satu pasal perkawinan sah itu menurut agama dan keyakinan masing-masing. Artinya perkawinan itu memang perkawinan yang dikonotasikan secara tegas dan jelas berbeda agama tidak dibolehkan, harus dengan seagama sesuai keyakinan,” kata Amirsyah seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Menurut Undang-undang itu jelas bahwa pernikahan di Indonesia, pasangan pengantin harus seagama tidak boleh berbeda agama.

“Di UU tahun 74 itu jelas bahwa itu perkawinan dalam undang-undang itu seagama, bukan berbeda agama,” tambah dia.

Namun, Amirsyah enggan berspekulasi tentang konsekuensi yuridis terhadap pernikahan beda agama Ayu dan Gerald. Ia menyerahkan ketentuan tersebut pada pihak Dukcapil dan Kementerian Agama.

Heboh Stafsus Jokowi Ayu Kartika Dewi Nikah Beda Agama

Media sosial tengah dihebohkan dengan pernikahan Ayu Kartika Dewi, staf khusus Presiden Joko Widodo, dengan Gerald Sebastian.

Ayu dan Gerald yang menikah pada Jumat (18/3) menggelar akad nikah dan pemberkatan sekaligus.

Akad nikah diadakan di Hotel Borobudur Jakarta secara Islam, mengikuti keyakinan Ayu. Selanjutnya, mereka menjalani prosesi pemberkatan pernikahan di Gereja Katedral Jakarta, sesuai dengan ajaran Katolik yang dianut Gerald.

Prosesi pernikahan dengan dua agama berbeda itu ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube milik Ayu Kartika Dewi.

Uskup Agung Jakarta Kardinal Romo Ignatius Suharyo mengakui bahwa dirinya benar memimpin pemberkatan nikah Ayu dan Gerlad.

Menurutnya, pernikahan itu adalah hak asasi manusia. Gereja pun memberikan dispensasi untuk pernikahan Ayu dan Gerald tersebut.

“Benar (saya memimpin acara pemberkatan). Menikah itu hak asasi manusia. Agama juga hak asasi, jadi gereja, dalam hal ini ordinaris wilayah, memberi dispensasi untuk nikah beda agama,” kata Romo Ignatius Suharyo dikutip dari detikcom.

Lewat unggahan Instagram Stories miliknya, Ayu Kartika Dewi menegaskan tidak menerima karangan bunga dan uang dari tamu yang diundang. Ia justru mengarahkan para tamu untuk menyumbang dana untuk aktivitas sosial.