Suami Prioritaskan Ibunya atau Istri?, Ini Penjelasan dalam Alquran dan Hadist


Seorang suami memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih besar, di antaranya adalah peranan dan tanggung jawabnya kepada istrinya. Karena seorang istri sepenuhnya menjadi hak dan tanggung jawab suami. Namun demikian, seorang suami juga tetap berkewajiban untuk menafkahi orangtuanya. Karena orangtua adalah tanggung jawab anak laki-laki (suami).

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah Saw., “Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita? Rasulullah menjawab: “Suaminya” (apabila sudah menikah). Kemudian Aisyah Radhiyallahu ‘anha bertanya lagi: “Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki? Rasulullah menjawab: “Ibunya,” (HR. Muslim).

Dari hadist tersebut jelas bahwa ibu adalah tanggung jawab anak laki-laki (suami). Namun yang terjadi sekarang umumnya berbeda. Seorang suami sepenuhnya dimiliki oleh istri. Padahal masih ada orangtuanya yang wajib ia nafkahi.

Lantas, siapakah yang lebih diprioritaskan oleh seorang suami, apakah bakti suami sebagai anak terhadap ibunya ataukah kewajiban suami terhadap istrinya?

Ibu ataukah istri yang harus didahulukan suami?

Ini merupakan persoalan yang sangat sulit bagi laki-laki.

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dia berkata; “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata; “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “kemudian siapa lagi?” beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” dia menjawab: “Kemudian ayahmu.” [HR. Bukhari no.5971 dan Muslim no.2548]

Maka jika Anda seorang istri dari suami yang seperti itu, hendaknya dukung dengan baik agar suaminya senantiasa melakukan berbagai ketaatan kepada Allah Azza wa Jalla. Berbakti kepada orang tua atau birrul wâlidain terutama kepada ibunya dan menyambung tali silaturahmi dengan baik pada orang tua setelah menikah merupakan suatu ketaatan kepada Allah yang amat baik.

Dari hadis tersebut, telah disebutkan bahwa yang berhak terhadap seorang laki-laki adalah ibunya. Namun bukan berarti seorang suami bebas menelantarkan istri demi seorang ibu. Itu salah, karena Ibu dan istri memiliki kedudukan yang sama pentingnya dalam islam, kedua-duanya harus diutamakan dan dimuliakan.

Tapi yang harus diingat bahwa seorang ibu yang shaleh akan melahirkan anak yang shalih hingga tumbuh jadi suami yang shalih pula. Sedangkan istri yang shalih akan menjadikan rumah tangga suaminya penuh dengan cinta dan kasih sayang, membantu suami dalam menjalankan ketaatan kepada Allah dan memenuhi kewajiban suaminya karena seorang wanita adalah milik suaminya dan seorang laki-laki adalah milik ibunya.

Seorang istri tidak perlu cemburu kepada orang tua suaminya (mertua), karena dia yang telah melahirkan suaminya. Seorang Istri yang shalihah tidak akan menghalangi bakti suami kepada orangtuanya. Karena berbakti kepada orangtua adalah kewajiban besar yang diperintahkan Allah Swt. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surah Al-Isra’ ayat 23:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkanmu supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan “ah” kepada keduanya. dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka dengan perkataan yang mulia,” (QS. Al-Isra’: 23).

Dari ayat tersebut jelas perintah Allah untuk berbakti kepada orangtua. Jadi seorang istri harusnya menyadari akan kewajiban suaminya untuk berbuat baik dan berterima kasih kepada kedua orangtuanya.

Dengan menolong suami berbuat kebaikan maka Allah akan menolong seorang istri dengan menumbuhkan cinta kasih yang mendalam di hati suaminya. Dan suami pun akan bangga mempunyai istri yang selalu mendorongnya untuk berbuat kebaikan dan menyayanginya dengan penuh kasih sayang, serta menyayangi dan menghormati kedua orangtuanya.

Sejatinya, jika seorang istri berbuat baik kepada mertua, menganggap mereka sebagai orangtuanya sendiri, maka mertua pun akan baik dengannya. Maka dari itu, seorang istri haruslah patuh dan taat kepada suaminya, karena mereka adalah imam baginya. Demikian pula dengan seorang suami, sudah semestinya menyayangi dan memuliakan istrinya.

Seperti hadits berikut,”Seandainya aku (dibolehkan) memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain maka pasti aku perintahkan seorang istri untuk sujud kepada suaminya.” (HR. Muslim)

Seorang suami harus ingat bahwa istri dan orangtuanya memiliki kedudukan yang mulia. Dengan istrinya pulalah seorang suami nantinya akan melahirkan keturunan baginya.

======

17 Manfaat Daun Balakacida/Babadotan/Merdeka Untuk Kesehatan Wanita dan Kesehatan Lainnya

Bagi sebagian besar orang termasuk anda mungkin kurang familiar dengan nama dedaunan yang satu ini berbeda jika anda melihat, terlebih ada banyak sekali nama yang diberikan untuk tanaman ini.

Daun balakacida memiliki nama ilmiah Chromolaena odorata, adapula berbagai nama lainnya seperti kirinyuh. Tanaman ini sebenarnya salah satu jenis tanaman gulma atau pengganggu yang berasal dari family asteraceae.

Adapun ciri daunnya berbentuk oval dan bergerigi di bagian tepinya tidak hanya itu daunnya memiliki tekstur sedikit kasar berbeda dengan jenis dedaunan pada umumnya, tanaman ini juga memiliki bunga dan akan berbunga di setiap musim kemarau.

Biasanya daun balakacida banyak dijumpai pada dataran dengan ketinggian sekitar 1000 hingga 2800 mdpl, namun berbeda dengan di Indonesia justru kebanyakan dun balakacida dapat tumbuh di dataran rendah kurang dari 500 mdpl.

Pertumbuhannya yang sangat cepat terutama karena mendapatkan asupan sinar matahari cukup, akan sangat sulit tumbuh jika ditempatkan di tempat yang tidak memiliki pencahayaan cukup.

Pertumbuhannya yang sangat cepat dapat merusak tanaman budidaya, sehingga dapat merugikan para petani.

Tak heran juga bila daun balakacida sering dibuang begitu saja. Namun, ternyata tanaman balakacida memiliki manfaat yang luar biasa di dunia pertanian.

Tanaman ini dapat dijadikan sebagai pupuk organik, biopestisida, dan obat tradisional. Manfaat tersebut tentunya dikarenakan daun balakacida memiliki banyak sekalikandungan zat dan nutrisi. Adapun rincian mengenai kandungan nutrisi pada daun balakacida.

Kandungan Nutrisi Daun Balakacida

  • Fenol
  • Alkaloid
  • Triteperoid
  • Tannin
  • Flavonoid
  • Limonen

Adanya kandungan nutrisi di atas, daun balakacida tidak hanya bermanfaat di bidang pertanian saja, begitupun di bidang kesehatan. Biasanya tanaman balakacida juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional.

Ini sudah banyak digunakan sejak dulu dimana orang masih mengenal tabib dan perawat saja. Karena sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, jaman dulu banyak sekali orang menanamnya dan membudidayakannya.

======

Cara Alami Atasi Rabun dekat dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Rabun dekat atau hipermetropia yaitu type kelainan mata yang menyebabkan penderitanya bisa lihat object dari jarak jauh dengan prima, tapi pandangan jadi kabur apabila lihat object berjarak dekat. Rabun dekat disebut dengan juga mata plus atau hiperopia.Secara tehnis, hipermetropia yaitu keadaan dimana sinar-sinar sejajar yang masuk ke bolamata, dengan tanpa pengaruh akomodasi, titik fokusnya jatuh di belakang retina.

Hipermetropia adalah masalah pandangan yang lebih dikarenakan menurunnya kekuatan otot serta saraf mata.

Pasien rabun dekat biasanya yaitu orangtua yang sudah alami penurunan manfaat penglihatan. Terkecuali memanglah karena manfaat otot serta syaraf mata yang sudah turun, pasien hipermetropi juga alami sebagian keluhan yang kerap dirasa satu hari hari.

Berikut adalah keluhan yang dihadapi oleh pasien hipermetropi :

  • Pederita alami sakit kepala bila lihat dalam jarak dekat terlampau lama
  • Tak nyaman lihat dengan melakukan konsentrasi dalam waktu lama
  • Kabur lihat jarak yang dekat
  • Pandangan bakal kabur bila lihat dalam jarak dekat dengan saat yang lama
  • Bila tingkat hipermetropinya telah tinggi bakal kabur lihat jarak dekat Pencegahan

Rabun dekat berlangsung karena bola mata berupa lebih pendek daripada bolamata manusia normal.Diluar itu karena memanglah system optik yang bekerja pada mata alami kekurangan daya bias.

Hal semacam ini untuk orang yang sudah berumur lanjut adalah sistem penuaan yang berlangsung alami. Hal ini akan berlangsung saat pasien alami pergantian kekuatan dalam lihat dalam jarak dekat. Hal ini hampir dihadapi oleh semua orang diatas usia empat beberapa puluh.

Pada mata orangtua, lensa kristalin alami kukurangan daya elastisitas hingga bentuk lensa mata jadi cembung.

Pencegahan terjadinya rabun dekat memanglah cukup susah untuk dikerjakan. Mengingat hal ini yaitu sistem yang biasanya berlangsung pada manusia normal.

Terlebih untuk yang mempunyai profesi supir atau pelaut biasanya kan alami sistem hipermetropi lebih cepat biasanya.

Aksi pencegahan dari kelainan ini dapat di kerjakan dengan melindungi kesehatan mata mulai sejak awal serta konsumsi beragam nutrisi yang mendukung kesehatan mata. Diluar itu dapat juga melakukan terapi dengan bahan tradisional.

Ramuan tradisional untuk pasien rabun dekat

Rabun dekat dapat di therapy dengan memakai ramuan tradisional.Ramuan ini dapat memakai jeruk nipis serta madu.Caranya yaitu dengan dengan mengeringkan biji jeruk nipis lalu menumbuknya sampai halus.

Lalu hasil tumbukan tersebut di seduh dengan air panas serta madu.Untuk melindungi kebersihan mata pasien dapat bersihkan mata dengan memakai air melati.

Caranya dengan merendam bunga melati di dalam air semalaman.Lalu air rendaman itu di pakai untuk bersihkan mata. kerjakan satu hari sekali untuk hal semacam ini.

Tags: #cara alami atasi rabun dekat #manfaat daun balakacida bagi kesehatan wanita #suami prioritaskan ibu daripada istri