Sudah Menikah Tapi Masih Kangen Mantan Pacar, Begini Hukumnya

352 views


Sudah Menikah Tapi Masih Kangen Mantan Pacar, Begini Hukumnya

Berbagai sumber telah menjelaskan bahwa amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan (pahala) sesuai niatnya. Namun, bagaimana jika sudah menikah tetapi masih niat atau berminat ke mantan pacar?

Hal tersebut juga dibahas di media resmi Pusat Studi al-Qur’an (PSQ), Alifmagz.com, Kamis (3/9/2015). Dijelaskan Dewan Pakar PSQ, M Quraish Shihab, atas pertanyaan netizen berikut ini.

Pertanyaan:

Sebelum menikah dengan suami saya, dulu saya memang memiliki hubungan pacaran dengan seorang teman lama. Kami tidak meneruskan hubungan kami karena berbeda keyakinan.

Saya sudah menikah selama 5 tahun dan masih sering memikirkan mantan saya itu. Terkadang saya merasa bersalah, tapi saya tidak bisa membohongi perasaan saya.

Apakah hukumnya bagi perempuan yang tidak bisa sepenuhnya memberikan hatinya pada suaminya yang sah? Apakah ini berarti petunjuk Allah bahwa mantan saya itu adalah jodoh saya? [Herlina – via surel]

Jawaban Quraish Shihab:

Allah tidak menuntut tanggung jawab seseorang menyangkut apa yang tidak mampu dilakukan.

Namun demikian, kendati hati berada di “Tangan Tuhan” sehingga seseorang tidak dituntut menyangkut detak-detik yang di luar kemampuan manusia.

Tetapi dalam saat yang sama, manusia -sedikit atau banyak- dapat mengendalikan dorongan hatinya agar tidak larut menurutkannya.

Hati bisa mendapat bisikan dari setan. Di sini manusia harus bisa mengupayakan untuk mengenyahkannya.

Al-Qur’an mengingatkan bahwa, yang artinya:

إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طَائِفٌ مِّنَ الشَّيْطَانِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُم مُّبْصِرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila ditimpa dorongan melakukan keburukan dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka sadar.” (QS. Al- A’raf [7]: 201)

Kalau memang Anda tidak bisa mengendalikan hati Anda dan mengenyahkan bisikan setan -setelah berusaha sekuat kemampuan- maka saya berharap kiranya Allah mengampuni Anda,

tetapi kalau itu sejak semua dalam kemampuan Anda, lalu Anda memperturutkan sehingga menjadi berat Anda kendalikan, maka saya khawatir itu akan dinilai dosa.

Saya yakin sekali bahwa sikap Anda masih mengingat mantan pacar itu bukan berarti petunjuk Allah bahwa mantan itu adalah jodoh Anda.

Allah tidak mungkin memberi petunjuk kepada hamba-Nya menyangkut semua yang buruk, dalam hal ini menjodohkan seorang Muslimah dengan non-Muslim.

Saya khawatir itu adalah bisikan setan ke dalam hati Anda untuk menjadikan Anda larut dalam perasaan Anda.

Demikian, wallahu a’lam.

======

Terkesan Sederhana, Ini Manfaat Stretching bagi Tubuh

Stretching atau peregangan otot tidak hanya berguna jika dilakukan sebelum olahraga. Manfaat stretching bagi kesehatan tubuh juga bisa diperoleh apabila Anda rutin melakukannya di sela kegiatan sehari-hari atau ketika sedang bekerja di kantor.

Stretching atau peregangan merupakan gerakan pemanasan yang umumnya dilakukan sebelum olahraga. Gerakan ini bertujuan untuk mempersiapkan otot tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih intens agar tidak mengalami cedera. Nah, apa saja manfaat stretching bagi kesehatan tubuh?

Berbagai Manfaat Stretching

Tak hanya ketika hendak berolahraga, banyak orang juga melakukan stretching atau peregangan otot ketika tubuhnya mulai terasa kaku dan pegal. Bahkan, gerakan ‘ngulet’ saat bangun tidur dengan cara meregangkan tangan ke atas juga termasuk salah satu gerakan stretching. Gerakan stretching juga baik dilakukan oleh ibu hamil.

Apabila dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat stretching yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda akan menjadi kurang lentur atau fleksibel, terlebih jika Anda jarang bergerak atau berolahraga. Hal ini bisa membuat aktivitas menjadi kurang nyaman.

Untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot tubuh, Anda dapat rutin melakukan stretching. Gerakan ini bisa membuat otot tetap fleksibel, kuat, dan sehat. Selain itu, manfaat stretching juga baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan berbagai sendi tubuh.

Dengan rutin olahraga dan stretching, Anda akan tercegah dari berbagai keluhan, seperti nyeri atau kaku sendi dan tegang otot.

2. Melancarkan peredaran darah

Kebiasaan sering duduk atau menatap komputer terlalu lama bisa membuat peredaran darah di dalam tubuh, misalnya pada kaki, leher, dan bahu, menjadi kurang lancar. Hal inilah yang membuat area tubuh tersebut mudah kaku, pegal, atau nyeri.

Stretching di sela aktivitas sehari-hari berguna untuk meningkatkan aliran darah pada otot di area tersebut, sehingga membuat tubuh terasa lebih nyaman.

3. Memperbaiki postur tubuh

Ketika memakai ponsel, tubuh biasanya akan membungkuk dengan posisi kepala menunduk. Postur tubuh yang kurang baik ini lama-kelamaan bisa membuat otot leher menjadi lemah, sehingga berisiko memicu terjadinya gangguan sendi dan otot di leher, misalnya nyeri leher.

Untuk mencegahnya, lakukan stretching dengan cara mendongakkan kepala dan merenggangkan otot dada. Anda juga bisa menyertainya dengan gerakan memutar kepala.

4. Mengatasi nyeri punggung

Salah satu penyebab nyeri punggung adalah ketegangan atau kekakuan pada otot punggung. Gangguan ini bisa terjadi akibat beberapa hal, misalnya postur tubuh yang kurang baik dan kebiasaan jarang berolahraga.

Untuk meredakan gejala nyeri punggung akibat otot punggung yang kaku, Anda bisa melakukan stretching secara rutin. Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahraga tertentu, seperti yoga, pilates, atau renang.

Gerakan stretching dan olahraga tersebut juga bermanfaat untuk memperkuat otot punggung dan mencegah kambuhnya nyeri punggung di masa mendatang.

5. Meredakan stres

Saat berolahraga, termasuk olahraga sederhana seperti stretching, tubuh akan menghasilkan hormon penghilang stres alami, yaitu endorfin. Inilah sebabnya mengapa stretching dan olahraga secara rutin baik dilakukan untuk mengatasi stres dan rasa cemas.

Berbagai Cara Melakukan Gerakan Stretching

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan gerakan stretching yang bisa Anda lakukan di sela aktivitas sehari-hari:

Stretching pada punggung

Untuk melakukan gerakan peregangan pada punggung, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Berbaringlah telentang, lalu tekuk lutut Anda.
  • Letakkan tangan di betis, kemudian tarik kaki ke arah dada.
  • Tarik hingga punggung terasa meregang.
  • Tahan selama 8 hitungan. Setelah itu, kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan ini sebanyak 9 kali.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan berikut:

  • Berbaring tengkurap, lalu angkat punggung secara perlahan dan gunakan telapak tangan sebagai tumpuan.
  • Tahan selama 8 hitungan. Setelah itu, kembali ke posisi awal dan ulangi sebanyak 9 kali.

Stretching pada bahu dan lengan

Peregangan bahu dan lengan bisa dilakukan dengan gerakan mudah berikut ini:

  • Berdiri dengan posisi lengan berada di samping tubuh.
  • Ayunkan lengan ke depan, lalu angkat lengan setinggi mungkin.
  • Turunkan, lalu ulangi gerakan ini selama 1 menit.

Agar manfaat stretching bisa Anda peroleh secara optimal, luangkanlah waktu setidaknya 5–10 menit setiap hari untuk melakukan gerakan tersebut. Jika selama ini Anda jarang melakukan olahraga atau stretching, mulailah untuk membiasakan diri melakukan stretching.

Walau manfaat stretching ada banyak, Anda tetap perlu berhati-hati saat hendak melakukan gerakan tersebut, terutama bila sedang mengalami cedera atau masalah pada sendi atau otot tubuh. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan langkah stretching yang sesuai.

Tags: #manfaat stretching bagi tubuh #sudah menikah masih teringat mantan pacar