Sudah Tidak P*rawan, Apakah Wajib Memberitahu Pada Calon Suami?

424 views


Sudah Tidak Perawan, Apakah Wajib Memberitahu Pada Calon Suami?

Pertanyaan:
Jika ada seorang wanita yang akan menikah, namun sudah tidak perawan lagi dikarenakan pernah, apakah wajib hukumnya dalam Islam bagi dia memberitahukan hal tersebut kepada calon suaminya?

Jawaban:
Dikutip dari islamqa.ca., fitnah syahwat yang paling besar adalah laki-laki yang terkena fitnah wanita dan wanita yang terkena fitnah laki-laki.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiah, rahimahullah, berkata, “Bercampurnya dua jenis manusia ini merupakan sebab fitnah. Seorang laki-laki yang bercampur baur dengan wanita, ibarat bercampurnya api dengan kayu bakar.”

Demikianlah halnya api, dia membuat keduanya menyala, kemudian sang laki-laki meninggalkan setelah merenggutnya dan mencari wanita selainnya.

Kejadian yang selalu berulang-ulang. Sang laki-laki menariknya pelan-pelan, kemudian merenggut kegadisannya, setelah itu dia tinggalkan dan mencari wanita lain sebagai isteri dan keluarganya yang dia merasa aman kepadanya.

Akan tetapi siapa yang menyadari pelajaran ini dan mengetahui hakikat tipu daya sebelum segala sesuatunya terlambat. Sebelum menyesal dan sebelum tidak berguna lagi penyesalan.

Kami mohon kepada Allah agar dia bertaubat dan bagi siapa saja yang telah bermaksiat, serta dapat belajar dari pelajaran yang keras dan pahit tersebut. Bagaimana jika Allah menghendaki hamba-Nya mendapatkan petunjuk dan istiqomah, sedangkan setan dan para pendukungnya menghendaki kesesatan dan penyimpangan.

Allah Ta’ala berfirman,

يُرِيدُ اللَّهُ لِيُبَيِّنَ لَكُمْ وَيَهْدِيَكُمْ سُنَنَ الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ وَيَتُوبَ عَلَيْكُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ () وَاللَّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَن تَمِيلُوا مَيْلًا عَظِيمًا

“Allah hendak menerangkan (hukum syari’at-Nya) kepadamu, dan menunjukimu kepada jalan-jalan orang yang sebelum kamu (para Nabi dan shalihin) dan (hendak) menerima taubatmu. Dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. dan Allah hendak menerima taubatmu, sedang orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya bermaksud supaya kamu berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran),” (QS. An-Nisa: 26-27).

Sekarang, yang terjadi telah terjadi. Maka kewajiban yang paling utama bagi wanita pelaku ini adalah bertaubat dengan sebenarnya (taubatan nasuha) serta menyesali apa yang telah dilakukan dan menyadari bagaimana pengaruh setan dalam menyesatkannya. Semoga Allah menerima taubatnya dan menutup aibnya dengan serapat-serapatnya.

Adapun mengenai lamarannya, hendaknya dia meneruskannya selama yang dia harap adalah pemuda yang baik dan saleh. Dia tidak perlu menjahit selaput daranya yang hilang akibat perbuatan zina, karena itu termasuk penipuan.

Tapi juga dia tidak perlu membuka aib dirinya. Tetapi tetap saja meneruskan rencana tersebut sesuai kehendak Allah. Semoga Allah menutup aib yang ada padanya.

Jika sang suami tidak menyadari hal tersebut setelah pernikahan dan Allah menutup semua rahasia itu, maka teruskan pernikahan apa adanya.

Tapi jika ternyata sang suami mengetahui permasalahan tersebut, maka mungkin pihak istri memberikan isyarat bahwa kegadisannya hilang akibat kecelakaan, atau semacamnya dengan bahasa isyarat.

Karena sering terjadi kegadisan seseorang dapat hilang dengan kejadian semacam itu. Semoga, jika dia telah berusaha, sang suami menutup aibnya.

Apabila hal tersebut tidak mungkin dan sang suami telah mengetahui bahwa kegadisannya telah hilang, maka sang suami boleh membatalkan pernikahannya jika dia menginginkan hal tersebut serta minta dikembalikan apa yang telah dia berikan kepada isterinya tersebut, baik mahar atau biaya perkawinan.

Semoga dengan dibatalkannya pernikahan tersebut, walau seteleh pernikahan yang sesaat, lebih baik baginya dan lebih menutup aibnya. Sebab setelah itu, dia akan tergolong sebagai janda. Dan jika dia menikah lagi setelah itu, dia dapat menikah sebagaimana seorang janda.

Semoga Allah memberi taufik dan hidayah ke jalan yang lurus.

======

4 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Daun pegagan memang dikenal sebagai bahan alami untuk mengobati luka atau penyakit pada kulit. Namun, manfaat daun pegagan tidak hanya sekadar untuk kesehatan kulit, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, apa saja manfaat daun ini?

Daun pegagan (Centella asiatica) merupakan salah satu tanaman herba yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Meski lebih dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit, daun pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun pegagan mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Protein
  • Mineral

Selain itu, daun pegagan juga mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Selain kesehatan kulit, daun pegagan juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun pegagan yang penting untuk diketahui:

1. Melancarkan peredaran darah

Suplemen herba yang mengandung ekstrak daun pegagan diketahui dapat melancarkan aliran darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa daun pegagan efektif untuk mencegah dan mengatasi pembekuan darah serta mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah atau aterosklerosis.

2. Menjaga fungsi otak

Daun pegagan mengandung antioksidan dan bersifat antiradang, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, termasuk otak. Sebuah riset juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen daun pegagan, dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya pikun atau demensia.

3. Meredakan nyeri sendi

Daun pegagan telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada sendi.

Studi menunjukkan bahwa kandungan zat yang bersifat antiradang pada daun pegagan, dapat meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita radang sendi atau osteoarthritis.

4. Mengatasi sulit tidur

Sulit tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gaya hidup tidak sehat, rasa cemas, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Jika dibiarkan tanpa penanganan, insomnia bisa menyebabkan penderitanya mengalami stres. Untuk mengatasi gangguan tidur tersebut, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun pegagan.

Umumnya, daun pegagan disarankan untuk tidak digunakan hingga lebih dari 6 minggu. Selain itu, berbagai klaim manfaat daun pegagan di atas, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen atau obat yang mengandung ekstrak daun pegagan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Daun Pegagan

Meski memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, daun pegagan juga bisa menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat muncul:

  • Sakit kepala
  • Nyeri perut
  • Mual
  • Pusing
  • Muncul rasa kantuk
  • Perih atau iritasi di kulit
  • Reaksi alergi

Selain itu, hingga saat ini, belum ada cukup riset yang dapat memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan daun pegagan pada ibu hamil dan ibu menyusui. Oleh karena itu, ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan daun pegagan, baik dalam bentuk obat oles maupun suplemen yang diminum.

Daun pegagan juga sebaiknya tidak digunakan oleh penderita penyakit tertentu, seperti gangguan fungsi hati dan hepatitis, karena bisa memperparah kondisi tersebut. Agar lebih aman, konsultasikan dulu ke dokter jika ingin menggunakan daun pegagan untuk mengobati penyakit yang Anda alami.

======

Kenali 5 Manfaat Air Nabeez bagi Kesehatan

Air nabeez adalah minuman dari campuran air putih dan buah kurma yang telah direndam semalaman. Selain kurma, minuman ini juga bisa dibuat dari kismis atau campuran kismis dan kurma. Air nabeez sudah dikonsumsi sejak lama dan diklaim memiliki beragam khasiat bagi kesehatan.

Pada dasarnya, air nabeez adalah sejenis infused water karena menggunakan buah-buahan yang direndam air untuk memberikan rasa dan aroma pada air putih.

Manfaat air nabeez berasal dari nutrisi yang terkandung di dalam kurma. Buah ini dikenal kaya akan beragam nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, gula, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, dan antioksidan.

Beragam Manfaat Air Nabeez

Tak hanya menyegarkan, air nabeez juga menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat air nabeez untuk kesehatan tubuh:

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Selain air putih, air nabeez dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, air nabeez juga lebih menyehatkan daripada jenis minuman manis lainnya, seperti teh manis, soda, atau jus kemasan.

2. Meningkatkan energi

Kurma mengandung karbohidrat dan gula yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Hal ini menjadikan air nabeez baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah, baik setelah berolahraga atau menderita kondisi tertentu yang membuat Anda membutuhkan asupan energi lebih banyak.

3. Melancarkan pencernaan

Saat tubuh kekurangan cairan, kotoran akan menjadi lebih keras dan lebih sulit dikeluarkan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa dehidrasi bisa menyebabkan sembelit.

Air nabeez bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan sembelit yang Anda alami. Minuman ini bekerja dengan dua cara, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan memberikan asupan serat yang dapat melancarkan pencernaan.

4. Mengontrol gula darah

Meski memiliki rasa yang manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Buah ini justru dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Hal tersebut menjadikan air nabeez baik dikonsumsi sebagai altenatif bagi Anda yang ingin membatasi asupan gula. Namun, agar tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.

5. Mencegah penyakit

Selain menjaga kadar gula darah tetap normal, kurma diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Tak hanya itu, kurma juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Kandungan tersebut juga bisa mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari diabetes, degenerasi makula, hingga kanker.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat air nabeez. Hindari merendam kurma di suhu ruangan, karena bisa membuat air hasil rendaman kurma sebagai media pertumbuhan kuman.

Di samping itu, Anda juga disarankan untuk tidak merendamnya lebih dari 1 hari, karena kurma yang direndam terlalu lama dapat mengalami pembusukan.

Air nabeez merupakan minuman yang menyehatkan, asalkan dibuat dengan cara yang benar dan higienis. Jika Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengonsumsi air nabeez, seperti diare, mulas, atau sakit perut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Tags: #apakah harus beritahu suami #istri tidak perawan saat nikah #manfaat air nabeez bagi kesehatan #manfaat daun pegagan bagi kesehatan