Tak Mampu Biayai Hidup, Angelina Sondakh Lakukan Hal Ini Sendiri, Janda Adjie Massaid: Hemat


10 tahun mendekam di penjara membuat kehidupan Angelina Sondakh begitu berubah.

Dulunya hidup Angelina Sondakh bergelimangan harta, kini dirinya harus pasrah ketika keluar penjara harus menikmati hidup tak seperti dulu.

Ibu Kuanu Massaid ini pun mengakui bahwa hidupnya saat ini lebih sederhana dibandingkan yang dulu.

Bahkan dirinya pun berusaha mengerjakan segala sesuatu sendiri agar tak keluar biaya.

“Enggak kayak dulu memang (hidup saat ini),” ujar Angelina Sondakh saat ditemui di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).

“Dahulu pesan bunga tinggal telepon, kalau sekarang saya yang beli ke Rawabelong, merangkai sendiri. Cari yang paling murah,” lanjutnya.

Walaupun hidup dengan sangat sederhana pasca keluar dari penjara Angelina Sondakh pun tak masalah.

Lantaran hidup susah dan mengerjakan semuanya sendiri sudah dilakukannya saat berada di penjara.

Ia pun berharap dengan kehidupan yang sekarang dijalaninya semoga semuanya berkah.

“Mudah-mudahan barakah. Kami sederhana masih bisa hemat,” kata Angelina Sondakh.

Sementara itu, bebas dari penjara Angelina Sondakh mengaku ingin memulai kehidupan dari nol kembali.

Ia tak ingin salah langkah lagi sehingga menyebabkan dirinya harus masuk penjara kembali.

Lucky Sondakh ayahnya meminta Angelina Sondakh menjadi seorang pebisnis saja. Tak usah masuk di dunia politik lagi.

Mengingat latar belakang pendidikannya juga sangat mendukung untuk hal itu.

“Kita masih bisa hidup dengan kaki kita sendiri, kamu bisa memulai bisnis, kamu kan sarjana ekonomi, sampai S2 pula,” ucap Lucky.

“Itu dari sisi ekonomi ya. Cuma aku (Lucky) nasihatin, memang kita harus survive untuk 1 income yang pasti.

“Namun itu semua harus kita tujukan buat suatu yang luhur, bagaimana kita kontribusikan diri kita untuk masyarakat,” lanjut Lucky.

Nampaknya hal itu bakal dituruti oleh Angelina Sondakh sebab, dirinya tak ingin lagi menentang nasehat dari orang tuanya terutama sang Papa.

Lucky Sondakh lewat video yang diunggah di kanal YouTube Keema Entertainment pada Senin (7/3/2022) menitipkan pesan menyentuh untuk anaknya itu.

Lucky Sondakh, sebagai ayah pun menyemangati putrinya agar bisa lekas bangkit usai keluar dari penjara.

“Sebelum Angie melangkahkan kaki untuk mencari lagi pekerjaan, karier.

“Angie meminta daddy untuk memberikan nasihat kepada Angie, agar Angie tidak salah langkah lagi, tidak kepeleset lagi,” ujar Angie panggilan akrab Angelina Sondakh.

Kemudian, Lucky Sondakh pun berikan beberapa nasihat, mulai dari karier hingga bagaimana Angie ini harus bersosialisasi dengan sesama manusia.

“Angie harus bisa berdiri di atas kaki sendiri dan jangan mengandalkan hidup kepada orang lain, serta tidak perlu pesimis,” ucap Lucky.

Selain itu, Lucky pun ingatkan Angie untuk selalu junjung tinggi 2 aset yang utama, yaitu kepercayaan dan kapasitas diri.

Hal ini pun dibuktikan ketika Angie ini bebas dari penjara banyak masyarakat Indonesia yang berikan dukungan.

“Saya kagum juga dalam 2 hari, video sebelumnya ditonton 1.4 juta kali.

“Itu artinya kamu masih populer dan masih banyak yang suka kamu, sampai orang bilang ‘masuk politik lagi, kamu pasti banyak yang milih’,” kata Lucky.

Ia pun menyarankan kalau Angie memulai bisnis demi cukupi kebutuhan hidup anak semata wayangnya, Keanu Massaid.

Angelina Sondakh Sedih Keanu Massaid Masih Berjarak Dengannya

Angelina Sondakh bertekad ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama anaknya, Keanu Massaid. Banyak momen yang dilewatkan wanita yang akrab disapa Angie itu akibat mendekam di penjara selama 10 tahun.

Angie masuk penjara ketika Keanu masih berusia 2,5 tahun. Jauhnya jarak berpisah itu membuat Angie dan Keanu butuh waktu lagi untuk mengenal satu sama lain. Fakta itu terkadang suka membuat Angie bersedih.

“Saya masuk (penjara) Keanu 2,5 tahun sekarang Keanu usianya 12 setengah tahun. 10 tahun itu kan bikin gap seorang ibu dan anak, jadinya sangat jauh. Keanu belum mengenal saya, dan itu yang paling saya sesali. Akhirnya bisa dibilang masih ngeraba Keanu bagaimana. Saya tahu dia masih punya jarak dengan saya yang bikin aku agak sedih,” kata Angelina Sondakh usai mendatangi makam suaminya, Adjie Massaid.

Untuk mengikis jarak itu, Angie sebisa mungkin mendekatkan diri dengan Keanu. Angie ingin ikut mendampingi sejumlah aktivitas Keanu. Meski belum sempurna, setidaknya Angie mau berupaya.

“Karena Keany sedang sekolah online, jadi saya berusaha nyiapin sarapannya, bajunya terus nyiapin keperluan sekolah. Saya sendiri belum cash up saya sendiri ketinggalan. Mungkin Keanu juga mau bicara dengan saya, dengan keterbatasan saya. Saya kurang mengetahui teknologi zaman now seperti apa, terus sekolah online seperti apa,” ucap Angie.

Terkadang, Angie suka berpikir dirinya bukan ibu yang baik untuk Keanu. Namun, Angie tak mau terus hidup dalam ratapan dan penyesalan. Hari-hari esok dia bertekad menebus kesalahan masa lalunya.

“Dari sudut pandang dalam hati kecil saya bukan ibu yang baik karena saya meninggalkan Keanu terlalu lama. Saya pernah berjanji sama almarhum Mas Adjie bahwa saya akan take care of the children dan ketika saya masuk ke dalam penjara kan saya kehilangan momen itu. Insyaallah mudah-mudahan, saya mohon doanya agar saya bisa menebus kesalahan saya sama anak-anak bukan cuma Keanu tapi juga Salwa dan Aaliyah,” tutup Angie.

Sebut Keanu Massaid Belum Mengenalinya, Angelina Sondakh: Itu yang Saya Sesali

Angelina Sondakh berpisah cukup lama dengan Keanu Massaid, putranya, yakni selama hampir 10 tahun.

Ia menjalani hukuman penjara saat keanu belum genap 3 tahun.

“Saya masuk (penjara) Keanu (usia) 2,5 tahun, sekarang Keanu usianya 12,5 tahun,” ungkap Angelina Sondakh di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).

“Sepuluh tahun itu kan bikin gap seorang ibu dan anak jadinya sangat jauh,” lanjutnya sembari menangis.

Angie, sapaan akrabnya, merasa sejak dirinya keluar, Keanu seperti belum mengenal dan menerima kehadiran dirinya sebagai seorang ibu.

“Keanu belum mengenal saya dan itu yang paling saya sesali,” ucap Angelina Sondakh.

“Bisa dibilang saya masih ngeraba Keanu bagaimana, saya tahu dia masih punya jarak dengan saya yang bikin aku agak sedih,” tukas Angelina Sondakh.