Tak Perlu Diperdebatkan Lagi, Mi Instan Memang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini 3 Alasan Utamanya


Siapa sih yang tidak suka makan mi instan? Rasanya hampir setiap orang menyukainya, bahkan anak-anak kecil pun demikian.

Mayoritas penduduk dunia menganggap mi instan bahkan sebagai makanan pokok, seperti nasi yang sangat disukai di negara-negara Asia.

Bagi kebanyakan orang di luar sana, menyiapkan mi instan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu atau dua menit, sehingga memudahkan siswa, orang tua, dan pekerja penuh waktu untuk membuat makanan yang tidak memerlukan banyak usaha.

Namun, tanpa disadari yang terjadi adalah memakan mi instan adalah risiko yang mengancam jiwa.

Meskipun ada mitos umum seperti menambahkan sayuran ke dalam semangkuk mi instan untuk meningkatkan nilai gizi, masalah yang ditimbulkan adalah sesuatu yang tidak hanya bisa diatasi dengan makanan mentah tersebut.

Konon, seperti dilansir dari Medical Daily, berikut ini beberapa alasan mengapa makan mi instan bisa berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Kesulitan Dalam Mencernanya

Mi instan dapat menyaring sistem pencernaan, mendorongnya untuk memecah mi olahan selama berjam-jam.

Ini dapat mengganggu kadar gula darah seseorang dan pelepasan insulin jika dikonsumsi terlalu cepat.

Mi instan mendorong pencernaan menjadi lambat, karena sering mengonsumsi pengawet dan bahan kimia beracun lainnya.

Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan paparan berlebih dari butiran hidroksanisol dan t-butil hidrokuinon, dua bahan kimia yang biasa digunakan dalam produk untuk memperpanjang umur simpan. Keduanya dapat menyebabkan kecemasan, asma dan diare.

Risiko Penyakit Jantung

Orang-orang yang selalu merencanakan cenderung makan mi instan beberapa kali seminggu.

Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Journal of Nutrition, terungkap bahwa orang yang mengonsumsi mi instan dalam jumlah yang tidak moderat memiliki risiko lebih tinggi mengalami sindrom metabolik, serangkaian gejala termasuk memiliki tekanan darah tinggi, kadar kolesterol HDL yang rendah, dan peluang lebih tinggi penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Mengandung Banyak Garam

Tidak mengherankan jika mi instan mengandung banyak garam, yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension pada tahun 2014, ditemukan bahwa konsumsi natrium makanan tinggi diakui sebagai salah satu faktor utama dalam tingkat kematian yang tinggi dalam 23 studi kasus terakhir.

Natrium tambahan ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

======

Cara Ampuh Bebas Kolesterol Walau Hobi Konsumsi Makanan Bersantan

Bagi orang Indonesia godaan makanan bersantan seperti nasi padang, opor, dan soto betawi memang sangat sulit untuk ditolak. Namun, jika dikonsumsi secara rutin dan berlebih, bahaya kolesterol jahat tentu dapat mengancam.

Kalau sudah begitu, tak perlu khawatir dan berhenti mengkonsumsi santan seumur hidup. Itu karena dengan menerapkan beberapa langkah saja, kesehatan akan tetap aman dan terjaga walaupun tetap memakan hidangan bersantan. Hal-hal yang perlu dilakukan misalnya saja:

Cara Memasak Santan yang Benar

Santan ternyata kaya akan serat, vitamin, E, B1, B3, B5, B6, besi, selenium, sodium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Namun, karena dimasak hingga mendidih kandungan asam lemak di dalamnya berubah menjadi lemak jenuh sehingga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Sebaiknya hindari masak santan hingga mendidih, dan hindari pula memanaskan makanan bersantan berulang kali karena dapat menciptakan lapisan minyak yang menyebabkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi.

Selain cara memasak yang benar, para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi santan seminggu sekali saja.

Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Selain memasak dan mengkonsumsi santan secara benar, untuk menurunkan kolesterol jahat dianjurkan juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Tinggi serat, dua jenis makanan ini akan mengikat kolesterol di dalam usus sehingga mengurangi jumlah yang masuk ke dalam darah.

Selain itu, serat yang ada pada sayur dan buah juga membuat rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Agar lebih optimal kedua asupan serat tersebut setidaknya dikonsumsi sebanyak 400 gram per hari.

Contoh 400 gram serat ini seperti satu buah apel, satu buah jeruk, satu jagung rebus, satu buah tomat, dan satu ikat bayam yang sudah dimasak.

Selain buah-buahan dan sayuran di atas, serat tinggi juga ditemukan pada wortel yang kaya vitamin A dan terong yang punya kandungan antosianin tinggi untuk menjaga kesehatan jantung.

Berolahraga

Walaupun terkesan simpel, melakukan aktivitas olahraga ternyata sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Dilansir dari Kompas.com, menurut dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, penelitian mengungkapkan jika olahraga dapat meningkat kadar kolesterol baik (HDL) 3-6 persen dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sampai 10 persen, bahkan menurunkan kadar trigliserida.

Ia menjelaskan semua olahraga sebenarnya bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, namun olahraga yang bersifat aerobik dan melibatkan otot-otot besar seperti berlari, jalan cepat, bersepeda, renang atau senam dinilai paling efektif.

“Lakukan 5 kali dalam seminggu, dimulai dengan 3 kali per minggu lalu meningkat secara bertahap,” ujarnya.

Berhenti Merokok

Dalam rokok banyak sekali kandungan berbahaya, salah satunya nikotin yang ternyata dapat membuat kadar kolesterol baik atau HDL menurun drastis, dan menjadi awal mula penyakit jantung coroner. Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol baik sebesar 5-10 persen.

Mengkonsumsi Plant Stanol Ester (PSE)

Bagi yang belum tahu, Plant Stanol Ester (PSE) adalah senyawa yang terdapat pada biji gandum, sayuran dan buah yang menurut penelitian mampu menurunkan kolesterol jahat hingga sebelas persen selama dua minggu.

Strukturnya yang mirip dengan kolesterol membuatnya dapat menghambat penerapan kolesterol pada makanan dengan cara mengikat gram empedu pada saluran pencernaan.

Hebatnya lagi menurut Helena Gylling MD PHD, peneliti senior dari University of Kuopio, Finlandia, lewat 60 penelitian yang diuji sejak tahun 1995, PSE dapat menurunkan kolesterol tanpa efek samping sehingga bisa dipastikan PSE sangatlah aman dikonsumsi.

Tubuh manusia pun sebenarnya bisa memproduksi secara alami namun jumlahnya sangatlah kecil. Sedangkan pada sayur dan buah, kadarnya hanya 100 miligram saja. Maka dari itulah mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung PSE seperti Nutrive Benecol sangatlah dianjurkan.

Disertai diet rendah lemak dan kolesterol, mengkonsumsi Nutrive Benecol dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk efek yang maksimal minuman dengan PSE dan rasa buah segar (Blackcurrant, Lychee, Strawberry, dan Orange) ini bisa dikonsumsi selama dua selama 2-3 minggu, sebanyak 2 kali sehari segera setelah makan.

Dengan niat serius dan menerapkan langkah-langkah di atas, tentu keinginan bisa mengkonsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol tinggi bisa jadi kenyataan.

Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa untuk selalu share di media sosial anda. Jazakumullahu khair.

======

Manfaat Jahe, Kunyit, Serai, Jeruk Nipis, dan Madu dari Ramuan

Jahe, kunyit, serai, jeruk nipis, dan madu tidak diragukan lagi adalah makanan alami penyembuh yang paling populer saat ini, terlepas dari apakah mereka sudah ada lebih lama dari yang kita miliki!

Salah satu alasan mereka begitu luar biasa adalah karena masing-masing dari mereka datang dengan berbagai manfaat yang dapat digunakan dalam berbagai cara untuk memberi manfaat bagi otak dan tubuh.

Mereka juga mudah diakses di supermarket mana pun dan banyak yang lebih terjangkau dan efektif daripada produk kesehatan yang paling mahal di luar sana untuk kondisi yang mereka janjikan untuk diringankan.

Sebagai contoh, kunyit adalah bantuan antiinflamasi hebat yang dapat bekerja lebih baik daripada banyak obat bebas dan tentu saja tidak datang dengan efek negatif pada hati dan jantung yang dilakukan oleh beberapa opsi berbasis bahan kimia.

Dan ini hanya satu contoh, tetapi ada banyak lagi! Lemon hadir dengan berton-ton manfaat untuk semua bagian tubuh Anda seperti halnya jahe, dan kunyit bahkan memiliki lebih banyak manfaat daripada sekadar sifat peradangan.

Kunyit – Anggota keluarga jahe kuning cerah ini memiliki daftar panjang manfaat kesehatan karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Tambahkan ke sup, saus, telur, saus salad, nasi dan hidangan pasta – ia memiliki warna yang kuat tetapi tidak memiliki rasa yang kuat.

Jahe – Jahe segar mengandung beberapa fitonutrien yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi terhadap kanker.

Jahe segar juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah baik karena perawatan, mabuk perjalanan atau flu.

Serai – Serai menawarkan beragam manfaat obat karena sifatnya anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-mikroba.

Serai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, hingga mencegah kanker.

Jeruk nipis – Jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat membantu melindungi terhadap berbagai penyakit. Dari penyakit mata, iritasi usus, hingga mencegah kanker.

Madu – Kandungan nutrisi dalam madu dapat mengantur tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Madu alami mengandung niasin, riboflavin, tiamin, dan asam amino. Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi hingga mencegah peradangan.

Anda bisa mencoba ramuan berikut ini.

Bahan:

  • 1 sdt bubuk kunyit bubuk (atau 1 sdt kunyit segar parut)
  • 1 sendok makan jahe segar parut
  • Lada hitam yang baru ditumbuk, beberapa gilingan
  • 4 gelas air

Untuk setiap 1 cangkir sajian, tambahkan:

  • jus setengah lemon
  • ½ sdt madu mentah, kurang lebih secukupnya

Bahan opsional

  • Tambahkan kayu manis, kapulaga dan/atau cengkeh sambil dididihkan untuk teh seperti chai

Cara membuat:

  • Campurkan kunyit, jahe, merica dan air dalam panci di atas kompor. Didihkan dengan lembut.
  • Kurangi panas, tutup dan biarkan didihkan perlahan selama 10-15 menit.
  • Biarkan agak dingin (tertutup) dan saring melalui saringan fine-mesh.
  • Untuk setiap 1 cangkir sajian, tambahkan jus lemon dan sedikit madu mentah sebelum minum.
  • Nikmati sebagai teh panas yang menenangkan atau sebagai teh dingin yang menyegarkan (tuangkan di atas es batu dalam gelas dan hiasi dengan irisan lemon dan batang kayu manis)
  • Simpan barang ekstra dalam botol kaca tertutup di lemari es.

Susu Kunyit Emas

Di tempat semua atau sebagian air, gunakan susu atau susu alternatif untuk membuat susu kunyit hangat yang menenangkan. (Tinggalkan jus lemon.)

Tags: #bahaya mie instan bagi kesehatan #cara ampuh bebas kolesterol walau hobi makan santan #kunyit #manfaat jahe #serai dan jeruk nipis