Tangis Rekan Tahanan Jelang Angelina Sondakh Bebas, Tabiat Dibongkar, Bocorkan yang akan Dilakukan


Tabiat dan perubahan Angelina Sondakh di dalam penjara dibongkar oleh rekan sesama tahanan.

Tak lama lagi Angelina Sondakh akan segera menghirup udara bebas.

Sebagai informasi, Angelina Sondakh sudah 10 tahun mendekam di balik jeruji besi.

Selama dibui, mantan istri mendiang Adjie Massaid ini dikenal sebagai sosok berpengaruh dan membawa perubahan positif.

Penuturan akan peran Angelina Sondakh ini diungkapkan teman sesama tahanan yang sudah bebas.

Saat diwawancarai untuk konten kanal YouTube Keema Entertainment milik adik mendiang Adjie Masaid, Iyos dan Bella, dua teman Angelina Sondakh selama di terungku membeberkan perilaku mantan Puteri Indonesia 2001 itu.

Iyos mengatakan telah mengenal Angelina Sondakh selama 10 bulan.

Selama itu, Iyos mengaku mendapat banyak pengetahuan dari Angelina Sondakh, termasuk akting, mengaji dan merawat tanaman.

Pada perangainya sehari-hari, Angelina Sondakh adalah sosok yang sangat disiplin dan tegas.

“Disiplin kerja, ‘Enggak ada yang namanya gak bisa’,” kata Iyos menirukan Angelina Sondakh.

Senada dengan Iyos, Bella juga merasakan pengaruh Angelina Sondakh dalam dirinya.

“Diajak ke Sapu Jagat, beliau ngajarin semuanya, benar-benar diajarin, dia pepohonan (menunjuk ke arah Iyos), ngurus ayam, burung,” kata Bella.

“Diajarin ngaji, dikasih Alqur’an. Beliau selalu tanya gimana ngajinya uda belum, itu Alqur’an harus dituntasin supaya ada pahalanya,” cerita Bella.

Menurut Iyos dan Bella, Angelina Sondakh mendirikan sebuah organisasi Sapu Jagat di dalam penjara.

Organisasi itu melakukan banyak hal positif.

Tidak hanya mengajak teman-temannya untuk aktif berkegiatan positif, Angelina Sondakh bahkan mencarikan pekerjaan untuk teman-temannya yang akan bebas.

“‘Mau enggak nanti kerja sama ibuk’, maksudnya beliau baik, supaya kita enggak terjerumus lagi. Apalagi cari kerja sekarang susah banget. Kita keluar langsung dipercaya, beliau cuma bicara di dalam doang, ada orang kepercayaannya cari saya menawari ‘mau gak kerja di Keema ini’,” cerita Bella.

“Saya pikir enggak ketemu lagi sama ibuk (saat sudah bebas), eh dia cari saya ngajak kerja bareng,” sergah Iyos tidak menyangka.

Angelina Sondakh dikabarkan bebas pada April 2022 mendatang.

Kabar kepulangan politikus Partai Demokrat itu membuat teman-temannya di lapas merasa sedih.

“Ketika mereka dengar angie mau bebas, mereka pada sedih. Karena angie cukup lama di sana,” kata Krisna Murti, Kuasa Hukum Angelina Sondakh.

Menurut Krisna, secara fisik Angie dulu dan sekarang jauh berbeda.

“Netizen terkejut melihat Angie sekarang dan dulu. Sekarang lebih ramping, lebih cantik.

Menurut saya aura masih ada sebagai eks puteri indonesia,” katanya.

Krisna juga melihat saat ini Angie sangat natural dalam berbicara, agak teliti terutama ketika membaca surat, serta banyak bertanya.

Terkait kegiatan menjelang bebas, menurut Krisna, Angie sibuk beternak ayam, berkebun dan memberikan konseling untuk tahanan lainnya.

“Setelah angie mualaf, ibadahnya luar biasa. Istiqomah. Baca quran. Anak-anak didik diajari ngaji,” ujarnya.

Krisna yang terakhir bertemu 10 hari yang lalu ini juga menguraikan kondisi orangtua Angie dan anak semata wayangnya, Keanu Massaid.

Menurutnya, mereka sangat senang sekali menyambut kebebasan Angie.

Angie pun bertekat akan menghabiskan waktunya untuk orangtua dan anaknya, sebagai pengganti waktu 10 tahun yang hilang di dalam sel.

“Mereka senang sekali. Satu dekade keanu dari kecil umur 2 tahun. Enggak kebayanglah kita.”

“Dia ingin menebus waktu yang banyak terbuang untuk keanu dan oma opanya,” katanya.

Kapok Berpolitik: Trauma!

Pada kesempatan yang sama, kuasa hukum Angelina Sondakh, Krishna Mukti mengatakan kliennya akan segera bebas tak lama lagi,mengutip dari kanal YouTube Populer Seleb, Sabtu (26/2/2022).

Angelina Sondakh sebelumnya terseret kasus korupsi yang mengakibatkan pidana penjara selama 10 tahun.

“Dari bulan Juni 2021 kemarin saya mendapatkan kuasa dari mba Angelina Sondakh terutama menjelang kebebasannya,” ucap Krishna Murti.

Namun terkait waktu persis Angelina Sondakh bebas, Krisna Mukti tak membeberkan lebih jauh.

Pasalnya, dia mengatakan itu wewenang Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Sebenarnya kan kapasitas ini Kemenkumham yang jawab.

Saya sih cuma kasih kisi-kisinya dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

Jika sudah bebas nanti, Angelina Sondakh mengaku tak mau lagi berurusan dengan politik.

Sebab, menurut penuturan Krishna Mukti, Angelina Sondakh sudah kapok.

“Angie bilang ‘eh bro lu jangan bicara soal politik ya, gua gak mau lagi urusan politik, gua trauma,’” kata Krishna.

Tak sampai di situ, setelah bebas nanti, Angelina Sondakh ingin lebih dekat dengan keluarga, terutama anak-anaknya.

“Angie bilang dalam waktu dekat ini pengen lebih banyak lakukan pendekatan Keanu, Umar, dan Opah,” tutur Krishna.

Itu menjadi pilihan lantaran saat di penjara, Angelina Sondakh mengaku banyak membuang waktu untuk dekat dengan keluarga.

“Karena waktu kemarin banyak terbuang gua enggak bisa dekat dengan mereka, itu dulu aja jawaban mereka,” pungkas Krishna.

SOSOK Ayah Angelina Sondakh, Sabar 10 Tahun Rawat Keanu Massaid Selama Ibunya Dipenjara

Terseret kasus korupsi, Angelina Sondakh kini masih mendekam di Lapas kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Ia terpaksa berpisah dengan sang putra, Keanu Massaid.

Disebut-sebut tinggal beberapa tahun lagi Angelina Sondakh bakal dinyatakan bebas.

Dibalik itu semua ada perjuangan dari sosok ayah Angelina Sondakh bernama Lucky Sondakh.

10 Tahun ayah Angelina Sondakh merawat sang cucu Keanu Massaid kini beranjak dewasa.

Sejak Angelina Sondakh dipenjara, otomatis Keanu Massaid harus tinggal sendiri di rumah kakek dan neneknya.

Seperti yang diketahui, kehidupan Keanu Massaid mungkin tak semulus anak lainnya.

Kepergian Adjie Massaid untuk selama-lamanya dan Angelina Sondakh yang masih harus mendekam di penjara membuat Keanu Massaid dipaksa bersabar.

Mengulik masa lalu, 11 tahun sudah aktor sekaligus politikus Adjie Massaid meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung.

Suami Angelina Sondakh itu meninggalkan 2 orang putri dari pernikahan sebelumnya bersama Reza Artamevia, Zahwa dan Aaliyah Massaid.

Ia juga meninggalkan anak laki-lakinya bersama Angelina Sondakh, Keanu Massaid yang saat itu masih berusia 1 tahun.

Satu tahun pasca sang ayah meninggal, Keanu kecil harus berpisah dari ibundanya, Angelina Sondakh yang terjerat masalah hukum.

Seperti diketahui bahwa Keanu Massaid dirawat oleh ayah Angelina Sondakh, Lucky Sondakh.

Hal tersebut awalnya ditutupi dari media, tetapi Lucky Sondakh beberapa tahun belakangan makin sering mengunggah foto sang cucu di Facebook pribadinya.

Keanu Massaid ternyata kini telah berusia 11 tahun dan tumbuh menjadi bocah tinggi nan tampan.

Dari beberapa foto, terlihat kalau ia sangat dekat dengan kakek dan nenek yang membesarkannya.

Pasalnya, sang kakek tak pernah bosan membawanya liburan menikmati kebun binatang atau sekedar berenang di air terjun.

Tak lupa, Keanu Massaid juga dikenalkan pada segala jenis olahraga sehingga tak heran darah olahragawan dari ayahnya seolah mengalir dalam dirinya.

Menariknya, ada sebuah penampakan tak biasa yang tertangkap dalam foto yang Lucky Sondakh saat momen ulang tahun sang istri 2 tahun lalu.

Dalam potret yang dilansir ulang SajianSedap pada 8 Oktober 2018 itu, tak ada perayaan besar lantaran hanya digelar pesta sederhana yang dihadiri para cucu dan keluarga dekat.

Lucky Sondakh pun tampak berpose bahagia dengan cucu-cucu dan keluarganya seraya memamerkan nasi tumpeng yang menjadi pengganti kue ulang tahun.

Menariknya, ketika diperhatikan baik-baik tampak sebuah lukisan besar yang dipanjang di dinding ruang tamunya.

Dari sekian banyak foto yang dipajang di ruang tamu, lukisan ini bisa dibilang yang paling besar dan paling mencolok.

Lukisan itu ternyata merupakan lukisan Angelina Sondakh yang tengah menggendong Keanu Massaid semasa masih kecil.

Foto pada lukisan itu tampaknya diambil sebelum Angie masuk ke penjara atau ketika Keanu Massaid masih berusia 3 tahun.

Wajah Angie terlihat dari samping, sedangkan wajah Keanu terlihat sangat jelas.

Angelina Sondakh tampak lekat-lekat memperhatikan wajah putra tercintanya.

Terlihat jelas ada binar cinta ibu di mata itu.