Tips Cara Mudah Agar Masakan Tetap Gurih Tanpa Gunakan Micin

449 views


Untuk makanan kita cenderung menghilangkan unsur kimiawi dari makanan untuk meminimalisir efek buruknya. Jadilah Monosodiumglutamat (Micin) dihilangkan atau diganti dengan bahan yang lainnya seperti kaldu. Selain membuat makanan bertambah gurih, kaldu juga bagus untuk kesehatan tubuh dan tak memberikan dampak buruk. Buat Moms yang tertarik untuk mengikuti cara tersebut, ada petunjuk cara memasak kaldu tulang yang mudah agar masakan tetap gurih.

Beginilah caranya Moms:

1. Rebus 1 kg tulang sapi di air hingga mendidih beberapa saat, kemudian buang air rebusan pertama agar rasa amis dan kotoran dan darah yang menempel di tulang sapi dapat keluar.

2. Selanjutnya siapkan panci besar dengan air mendidih.

3. Masukan tulang tambah sayur-sayuran, seperti daun bawang, wortel, sledri, bawang putih, bawang bombay, jahe juga daun salam.

4. Masak sambil sisihkan lemak yang mengapung di permukaan kaldu setiap 20 menit sekali aga kaldu bening.

5. Setelah kaldu menyusut hampir setengahnya, angkat dan saring.

6. Dinginkan kaldu dan siap digunakan.

7. Jika ingin disimpan lama, masukkan ke dalam kantong plastik dan bekukan.

Nah gimana tertarik memasak dengan cara alami dan mudah ini? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya Moms.

======

Resep Membuat Minuman Untuk Nyeri Otot Yang Sangat Mudah

Nyeri sendi adalah keluhan sakit fisik yang cukup umum dan bisa dialami siapa saja. Penyebab nyeri sendi dapat dipicu oleh aktivitas sehari-hari yang berat, gerakan tubuh yang canggung, cedera, hingga penyakit tertentu. Ketika kita bertambah usia pun, nyeri sendi semakin umum terjadi karena dipengaruhi proses penuaan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kebanyakan kasus nyeri sendi dapat ditangani dengan obat generik dari apotek, tapi bisa juga menggunakan obat herbal dari bahan-bahan alami. Simak Resep Mudah di bawah ini!

Minuman Nyeri Otot
( untuk merelaksasi otot yg Tegang seperti salah bantal dll )

Bahan – Bahan :

1. Susu almond
2. Pisang

Caranya :

Blender segenggam Kacang almond dengan 300 ml air lalu saring, Setelah Di saring masukan Pisang dan blender hjngga halus.
( kalo saya gak pake di saring ya, semua Di minum )
Atau bisa juga dengan berbekam

======

Hanya Dengan 2 Lembar Daun Sirih Mata Minus Bisa Kembali Normal, Begini Caranya

Mempunyai mata yang sehat tentu saja keinginan semua orang. Namun terkadang hal itu sulit di dapat bagi orang-orang yang sebagian besar waktunya dihabiskan didepan layar monitor/komputer.

Akibatnya akan menimbulan k3ru*s4kan pada mata secara perlahan. Misalnya mata menjadi rabun dan tidak dapat melihat suatu benda / objek secara jelas terutama yang jaraknya cukup jauh.

Cara mengatasi mata minus atau rabun bisa dibilang sulit, bahkan banyak orang yang lebih memilih menyerah dan menggunakan kaca mata. Padahal penyakit tersebut masih bisa diobati dengan cara medis namun sayang tidak semua orang punya banyak uang untuk biaya.

Oleh karena itu berikut tips bagaimana cara mengurangi dan menyembuhkan mata minus dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan Daun Sirih.

Sekedar informasi, ternyata manfaat daun sirih tak hanya untuk mengobati mata rabun. Tanaman herbal ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya seperti :

  • Mengatasi bau mulut
  • Menghilangkan Bau Badan
  • Mengatasi k3pu*t!han

Cara Menggunakan Daun Sirih Sebagai Obat Herbal Mata Minus

Bahan :

  • 2 Lembar daun sirih
  • 4 plester / hansaplas
  • Air

Cara membuat :

  • Pertama cuci / bersihkan wajah anda.
  • Cuci bersih daun sirih.
  • Setelah itu tempelkan daun sirih tadi pada dikedua mata anda dengan menggunakan plester / hansaplas.

Lakukan cara diatas secara rutin setiap anda tidur, dan biarkan daun sirih tersebut menempel dimata anda semalaman. Dan anda dapat melepas daun sirih tersebut esok harinya.

======

Ini 7 Bahaya Makan Pedas Bagi Kesehatan

Makanan pedas hampir selalu menggoda untuk dinikmati. Bbagi para pecinta pedas, makanan tanpa sensasi pedas bisa dianggap hambar dan membosankan.

Padahal di balik kelezatannya, terdapat bahaya makan pedas yang mengintai Anda

Bahaya Makan Pedas
Banyak orang yang percaya bahwa makanan pedas memiliki manfaat seperti mempercepat metabolisme tubuh, antiinflamasi, melawan bakteri dan sel kanker, hingga membuat panjang umur.

Dilansir Doktersehat, hal ini bisa saja terjadi mengingat sumber makanan pedas seperti cabai dan rempah lainnya memang memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh.

Manfaatnya memang banyak, tapi konsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu sering juga bisa berbahaya bagi tubuh.

Berikut adalah bahaya sering makan pedas yang harus diwaspadai:

1. Diare

Bahaya makan pedas yang pertama adalah dapat menyebabkan diare. Toleransi setiap orang terhadap sensasi pedas berbeda-beda.

Ada yang bisa mengonsumsi makanan sangat pedas dan tidak terkena diare, namun ada juga yang mengonsumsi makanan yang sama dan dengan mudah terkena diare.

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang berpotensi untuk menimbulkan rasa terbakar. Ini lah yang menyebabkan kita merasakan sensasi panas di tangan ketika menyentuh cabai.

Sebenarnya sensasi pedas tidak melukai sistem pencernaan secara langsung, melainkan memicu serabut saraf yang pada akhirnya memicu sensasi lainnya, termasuk pergerakan usus yang menjadi semakin cepat dan menyebabkan diare.

2. Gastritis akut

Gastritis atau yang dikenal juga dengan maag adalah kondisi meradangnya mukosa lambung. Maag ditandai dengan gejala seperti sakit perut, mual, muntah, sendawa, hingga kehilangan nafsu makan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan pedas akan menicu saraf tertentu untuk bereaksi, termasuk menghasilkan rasa nyeri.

Jika makanan pedas lebih banyak dan lebih sering dikonsumsi, maka rasa nyeri akibat peradangan pada mukosa lambung juga dapat semakin memburuk.

3. Meningkatkan gejala GERD

Makan pedas pada dasarnya tidak secara langsung dapat menyebabkan GERD atau yang biasa dikenal dengan penyakti asam lambung. Bahaya makan pedas sebenarnya adalah dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam, yaitu kondisi naiknya asam lambung hingga ke esofagus. Kondisi ini merupakan salah satu gejala GERD. Refluks asam dapat menyebabkan nyeri dan sensasi panas pada dada.

4. Memperburuk tukak saluran pencernaan

Bahaya makan pedas selanjutnya adalah dapat memperburuk kondisi tukak saluran pencernaan. Tukak saluran pencernaan adalah luka yang terjadi pada lapisan usus kecil, lambung, hingga esofafus.

Penyebab tukak saluran pencernaan yang paling umum adalah karena efek samping obat atau akibat infeksi bakteri H. Pylori.

Gejala tukak lambung meliputi rasa nyeri pada perut bagian atas atau dada, gangguan pencernaan, produksi gas berlebihan, mual, dan muntah.

Penderita tukak saluran pencernaan atau yang memiliki riwayat tukak saluran pencernaan sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas.

5. Menurunkan sensitivitas lidah

Menurunnya sensitivitas lidah juga bisa merupakan bahaya sering makan pedas. Setelah mencoba makanan dengan tingkat pedas tertentu, lidah mungkin akan menginginkan makanan yang lebih pedas lagi.

Padahal, semakin pedas makanan, maka akan semakin menyebabkan luka yang lebih para di lidah.

Jika kebiasaan ini dibiarkan, bukan tidak mungkin sensitivitas lidah terhadap rasa akan berkurang. Perlu diketahui bahwa pedas bukan termasuk ke dalam rasa, melainkan sebuah sensasi.

Kerusakan lidah akibat sensasi pedas ini bisa terjadi pada seluruh lidah dan menurunkan sensitivitas kita terhadap rasa manis, asam, asin, gurih, dan pahit.

6. Menurunkan nafsu makan

Banyak yang berpendapat bahwa makanan pedas cocok untuk menurunkan berat badan. Hal ini mungkin ada benarnya karena makanan pedas memang dapat menekan nafsu makan.

Jika konsumsinya terlalu berlebihan tentunya tidak akan baik karena dapat menimbulkan hilangnya nafsu makan secara berlebihan juga.

7. Insomnia

Makanan pedas juga bisa menyababkan insomnia. Bahaya makan pedas yang satu ini sering dikaitkan dengan kemampuan makanan pedas untuk meningkatkan suhu tubuh.

Makanan pedas dapat meningkatkan waktu terjaga dan sleep onset latency yang merupakan waktu antara bangun penuh hingga tertidur

Tags: #bahaya makanan pedas untuk kesehatan #cara masakan tetap gurih tanpa micin #daun sirih untuk mata minus #masakan tetap gurih tanpa micin #membuat minuman untuk nyeri otot