Tips Cara Mudah Menyimpan Sayuran dan Rempah di Dapur Agar Lebih Awet

392 views


Bagaimana cara mudah untuk menyimpan rempah rempah di dapur agar awet? berikut ada trik penyimpanan sayuran dan rempah yang bisa kalian coba dalam menyimpan aneka bahan dapur kamu disimak artikel berikut yuk

Metode Penyimpanan Daun Beku

Serba salah urusan penyimpanan daun bawang ini. Kalo beli kebanyakan nanti keburu menguning sebelum habis dimasak. Beli nya dikurangin jadinya suka kehabisan, bolak balik beli malah bahaya keseringan keluar rumah.

Tapi tenang aja sekarang kamu bisa kok menyiasati hal tersebut dengan Metode Penyimpanan Sayuran dan Rempah berikut ini

thanks dear@mrs.prahastyo buat tipsnya

Udah coba rendem air akarnya, yang ada malah cepet layu dan kuning daunnya, gagaall. Haha. Katanya kudu dipotong trus gak boleh kebanyakan sekaligus dll dll. Ribet.

Akhirnya dikasi tau trik praktis ini. Dibekuin macam kapten america biar awet muda.

Kalo aku, caranya :

  • Daun bawang dicuci bersih batang dan daunnya.
  • Ditirisin sampai air hilang.
  • Potong potong sesuai selera ukurannya.
  • Simpan dalam wadah tertutup, lalu disimpan di freezer.
  • Tinggal dikeluarin sebelum dipakai.

Berlaku juga buat daun seledri, daun salam, daun jeruk. Tapi daun salam dan daun jeruknya gak diiris.

Kalo mau masak aku langsung cemplungin biasanya tanpa dicairin dulu. Kecuali kalo mau dicincang lebih kecil lagi, aku diemin sampe gak beku keras baru dicincang lagi.

Cara Menyimpan Rempah Rempah

Ini salah satu cara saya menyimpan rempah-rempah di dalam kulkas bagian “FREZER”. Semogaaa bisa jadi inspirasi buat bunda bunda di rumah.

Daun Salam
Untuk daun salam dan daun jeruk saya cuci terlebih dahulu, lalu saya masukin ke dalam plastik klip. Alhamdulillah bisa tahan dua bulanan, dan masih tetap seger, baik warnanya maupun aromanya.

Batang Sere
Untuk Batang sere, saya potong-potong terlebih dahulu, lalu saya cuci bersih kemudian saya masukan ke dalam plastik klip. Nah untuk bagian atas batang sere saya gak buang ya, tetap saya ambil lalu saya masukan juga ke dalam plastic klip.

Laos
Untuk laos, saya sudah kupas, cuci bersih, lalu saya potong-potong ukuran 2 ruas jari kemudian saya masukan ke dalam plastik klip.

Jahe
Khusus untuk jahe, saya kupas dulu, kemudian saya potong-potong ukuran 1 ruas jari, lalu saya cuci dan saya masukan ke dalam kotak lock and lock.

Alhamdulillah, sejauh ini cara ini sangat memudahkan saya dalam memasak sehari-sehari. Karena pengalaman saya, saya beli banyak-banyak daun jeruk dan salam, baru seminggu udah layu dan menguning. Begitupun jahe, kalau kelamaan dia akan menyusut menjadi kecil, batang sere pun baru 3 hari udah menguning. Jadilah saya kepikiran buat seperti ini.

Itu daun jeruk saya dan laos udah hampir dua bulan loh 🤗

Lebih bagus lagi jika langsung dimasukkan ke freezer tapi gunakan box makanan ya, atau kamu juga bisa gunakan botol bekas agar sayuran awet lebih lama.

Simak juga Tips Menyimpan Bahan Dapur agar Awet

Cara Lain yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan sayuran dan rempah yang segar adalah dengan menanamnya sendiri, simak aneka tips dan trik seputar menanam sayuran di rumah disini ya..

Buktikan 5 Khasiat Minum Air Biji Ketumbar Bagi Kesehatan

Rempah atau bumbu dapur sudah sejak dulu dipercaya sebagai obat herbal yang alami. Salah satunya adalah biji ketumbar yang memberikan khasiat sehat jika dikonsumsi rutin.

Selain sebagai bumbu pada masakan, ketumbar juga bisa diolah menjadi air seduhan atau rendaman yang bisa dikonsumsi.

Berbagai masalah kesehatan bisa berkurang dan dicegah dengan meminum air rebusan biji ketumbar, seperti dilansir dari Style Craze.

1. Pencernaan

Biji ketumbar dan daunnya akan membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Cukup siapkan biji ketumbar dan air.

Lalu rendam segenggam biji ketumbar di dalam air selama sehari. Kemudian saring bijinya dan minum airnya saat perut kosong.

Minumlah setiap hari untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus.

Biji ketumbar membantu produksi enzim pencernaan. Jika menderita gangguan pencernaan dan perut kembung, masukkan biji ketumbar dalam makanan.

2. Obat Pilek dan Flu

Menu yang memiliki kandungan biji meningkatkan produksi kolagen yang sehat dan menjaga elastisitas kulit. Lalu juga akan menyembuhkan flu.

Vitamin C dalam ketumbar adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk tubuh. Ketumbar memiliki banyak vitamin esensial seperti asam folat, vitamin A, dan beta-karoten, dan yang paling penting vitamin C.

3. Antidiabetes

Siapkan biji ketumbar dan air. Rendam segenggam biji ketumbar semalaman. Pagi berikutnya, saring airnya dan minumlah. Jika menderita diabetes dan kolesterol, maka harus minum air ketumbar setiap hari.

Cara itu menurunkan glukosa darah. Sehingga menjaga kadar gula darah yang sehat. Langkah tersebut mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Mereka yang menderita diabetes dan kolesterol tinggi harus minum air ketumbar setiap hari.

4. Mencegah Menstruasi Tak Teratur

Jika menderita aliran menstruasi yang berat, maka sertakan biji ketumbar dalam makanan sehari-hari. Siapkan 6 gram biji ketumbar, 1 sendok teh gula, 1 liter air.

Rebus 6 gram biji ketumbar dalam setengah liter air. Tambahkan satu sendok teh gula saat air berkurang menjadi setengahnya. Minumlah campuran ini selagi masih hangat.

Campuran ini harus dikonsumsi tiga kali sehari setiap hari. Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Sehingga memastikan rasa sakit akan berkurang dan siklus haid lebih teratur.

5. Cegah Anemia

Tahukah bahwa biji ketumbar dapat membantu mencegah anemia juga? Anemia terjadi akibat defisiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah.

Biji ketumbar mengatasi defisit zat besi. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi yang mencegah anemia.

Peringatan

Mereka yang menderita diabetes dan hipertensi harus memantau kesehatan mereka dengan ketat ketika mengonsumsi ketumbar.

Sebab berpotensi menyebabkan penurunan drastis kadar gula dan tekanan darah jika berlebihan.

Mereka yang rentan terhadap alergi juga harus waspada terhadap penggunaan ketumbar karena dapat memperburuk reaksi alergi.

Tags: #khasiat minum air biji ketumbar #menyimpan sayuran dan rempah #menyimpan sayuran dan rempah agar awet #tips menyimpan sayuran dan rempah agar awet