Tips Jitu Mengatasi Tabung Gas yang Mendesis atau Bocor. Segera Tangani Sebelum Meledak di Dapur


Meski terbilang mudah, masih banyak orang yang sembrono saat mengganti tabung gas. Pasalnya, pemasangan gas yang keliru bisa memicu ledakan. Nah, titik rawan yang sering bermasalah ialah sambungan antara regulator dan mulut atas gasnya. Jika karet seal tabung rusak, maka gas LPG akan mengeluarkan bunyi mendesis. Hal ini tak boleh kamu sepelekan begitu saja. Sebab, biasanya suara mendesis ini dibarengi dengan kebocoran gas dari sambungan atau salurannya.

Jangan panik dulu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tabung gas yang mendesis. Segera tangani biar nggak memicu ledakan atau hal fatal lainnya.

1. Jika terdengar suara mendesis, segara cabut regulator tabung gasnya

Regulator mesti langsung dicabut jika terdengar suara mendesis. Jika regulatormu ada kuncinya, kendorkan dulu lalu cabut dengan hati-hati. Usahakan satu tangan memegang tabung gas, supaya nggak goyah saat mencabut regulatornya.

2. Tabung gas yang mendesis harus segera di bawa ke ruang terbuka

Umumnya, suara mendesis akan dibarengi dengan bau. Padahal jika berbau, tandanya gas dalam tabung mulai keluar. Nah, biar tak mengganggu saluran pernapasan dan memicu ledakan, gas harus segera di bawa ke ruang terbuka. Sekalipun dapurmu ada bukaan, membawa keluar gas jauh lebih baik ketimbang membiarkannya begitu saja di dalam rumah.

3. Setelah dilepas regulatornya, cobalah utak-atik seal di saluran tabungnya

Kalau seal-nya kurang tebal, kamu bisa menambahkan karet biar tabung gas nggak berbunyi lagi. Kalau gas mendesis karena seal kering, rendam di dalam air selama 10 detik sebelum dipasang kembali. Nah, jika karet seal kurang elastis, tambahkan saja lakban di sisi-sisinya. Selain dililitkan ke seal, lakban juga mesti dililit ke mulut tabungnya.

4. Di kondisi tertentu, kamu bisa menutupi tabung dengan kain basah

Upaya ini dilakukan untuk menghindari percikan api. Baiknya, gunakan kain yang cukup tebal seperti handuk. Jika sudah ada percikan api, letakkan kain basah di atasnya. Tapi kalau baru terdengar suara desisan, kain cukup kamu balutkan di permukaan tabungnya saja.

5. Kalau gas nggak kunjung habis dan masih berbau setelah di taruh di luar, cobalah rendam di dalam air

Ambil ember yang cukup besar, kemudian masukkan tabung gasmu di dalamnya. Biar nggak terapung, kamu bisa mengganjal bagian samping gas dengan batu. Jika bau gas mulai hilang dan nggak menyengat, berarti air sudah cukup menyerap bau gasnya. Sudah aman kalau begini.

Selain cara-cara di atas, kamu juga harus rutin membersihkan regulator supaya nggak terjadi sumbatan yang menimbulkan bunyi mendesis. Selalu cek regulator, tabung, sambungan, bahkan kompor gas untuk meminimalisir ledakan atau bahaya lain yang mungkin terjadi, ya!

======

5 Khasiat Makan Buah Duku, Mulai Kontrol Kolesterol Hingga Meningkatkan Sistem Syaraf

Apakah buah duku menjadi buah favoritmu? Jika iya, maka kamu tidak salah pilih.

Selain rasanya enak, asam-asam manis menggoda, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa yang tak banyak diketahui oleh banyak orang.

Ada 5 khasiat luar biasa buah duku, mulai dari cegah kolesterol hingga kanker!

Perlu diketahui, duku adalah buah yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Pohon duku sendiri umumnya ditanam di negara-negara tropis terutama di negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Kebanyakan orang tidak tahu jika buah duku dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang serius seperti demam, diare, malaria, maag, kembung, dan sengatan serangga.

Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme secara keseluruhan.

Dilansir dari Health Miracle Media, berikut 5 manfaat luar biasa duku.

1. Kesehatan Jantung

Buah duku memiliki serat tinggi yang penting guna menjaga kesehatan jantung.

Jika Anda dapat mengonsumsi 100g duku, maka tubuh akan menerima 2g serat esensial.

Selain itu, duku juga dapat menyeimbangkan diet Anda. Tak hanya menyehatkan jantung, duku juga mencegah sembelit.

2. Melindungi dan Meningkatkan Sistem Saraf

Duku memiliki kandungan Vit B dan B2 yang tinggi. Buah duku sumber riboflavin yang diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang membantu sistem saraf berfungsi dengan baik.

3. Mengontrol Tingkat Kolesterol Tubuh

Buah duku ini mengandung niasin, senyawa organik yang penting untuk menyeimbangkan kolesterol tubuh.

Ini dapat menetralisir kolesterol baik dan memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat.

Pada akhirnya duku dapat membantu mencegah masalah jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Mendukung Pertumbuhan Tulang, Penglihatan yang Baik, dan Kualitas Kulit

Buah duku juga kaya akan vitamin A, yang penting dalam menjaga kesehatan tulang, penglihatan yang baik, dan membuat kulit terlihat.

Tak hanya itu, duku juga meningkatkan kesehatan otak dan gigi yang kuat.

5. Mencegah Kanker

Duku mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan tubuh dari paparan radikal bebas.

Hal itu sangatlah penting, mengingat radikal bebas merupakan penyebab utama pembentukan kanker dalam tubuh.

Selain itu, duku juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah untuk mencegah diabetes.

======

Bahaya, Hindari Makan Kepala Ikan Mulai Sekarang

Di balik manfaat kesehatannya, ikan juga memiliki racun alami yang tidak dapat dihilangkan dengan proses dimasak atau dibekukan.

Masalahnya, ikan di laut Indonesia begitu berlimpah dan berprotein tinggi.

Seperti diungkap Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam bookletnya yang menyebutkan, racun Ciguatoksin misalnya, paling umum ditemui.

Racun ini berasal dari dinoflagelata, mikroorganisme laut yang menempel dan tumbuh pada karang mati.

Ciguatoksin umumnya terakumulasi pada organ dalam, kepala, dan sisik ikan. Racun ini juga terdapat pada hewan herbivora dan karnivora.

Begitupun dengan ikan yang hidup di karang, seperti Potato grouper, Tiger grouper, High Fin Grouper, Hump Head Wrasse, Flowery Grouper dan Leopard Coral Grouper (jenis kerapu).

Lantas bagaimana mencegah keracunan produk perikanan? BPOM mencatat ada 7 poin yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Jangan mengonsumsi produk perikanan terutama ikan yang hidup di karang dalam jumlah besar
  2. Jangan mengonsumsi produk perikanan yang tidak jelas jenis dan asal-usulnya
  3. Kurangi konsumsi ikan karang terutama yang ukurannya besar (di atas tiga kilogram)
  4. Hindari mengonsumsi kepala udang, kepala ikan dan organ dalam produk perikanan karena penumpukan toksin pada bagian itu
  5. Hindari mengonsumsi organ dalam dan sisik ikan karang
  6. Hindari minuman beralkohol dan kacang-kacangan ketika mengonsumsi ikan karang karena dapat meningkatkan keparahan keracunan
  7. Simpan produk perikanan pada suhu rendah untuk mencegah pertumbuhan bakteri

======

20 Manfaat Istimewa Dari Daun Ciplukan Yang Banyak Diketahui Orang

Banyak yang sudah membuktíkan.

Paru-paru basah, kelenjar getah beníng, kanker, dan segudang manfaat laínnya darí rebusan daun íní. Caranya juga mudah dan efektíf sudah banyak yang membuktíkan khasíatnya.

Daun cíplukan adalah darí tanaman cíplukan yang berukuran kecíl dengan buah yang juga kecíl, hanya saja jangan pernah meremehkan khasíatnya.

Meskí dalam ukuran kecíl, khasíat daun cíplukan sangatlah besar bagí kesehatan manusía.

Tanaman dengan nama latín Physallísa angulata L íní masíh termasuk dalam tanaman líar dan bíasanya bísa dítemukan dí semak-semak.

Dí dalam daun satu íní, ada segudang kandungan baík sepertí polífenol, flavonoíd, tanín, saponín, alkaloíd, serta C27H44O-H2O.

Ketíka melíhat apa saja yang terkandung dí dalam daun íní, maka Anda akan mempertímbangkan untuk menggunakannya bíla dílanda beberapa kondísí kesehatan.

Beríkut dí bawah íní adalah khasíat-khasíat darí daun cíplukan yang bísa Anda peroleh yang mengutíp darí healthyínsíde:

Mengobatí Saríawan
Saríawan memang adalah kondísí palíng menyebalkan karena bagían mulut dalam akan terasa begítu tak nyaman.

Díyakíní bahwa ketíka saríawan menyerang, íní adalah suatu tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan vítamín C, benarkah ítu?

Untuk mengatasínya, salah satu cara ampuh adalah dengan mengonsumsí aír rebusan daun cíplukan atau mengonsumsí buah cíplukan.

Mengobatí Nyerí Sendí
Nyerí sendí bíasanya palíng seríng díalamí oleh para lansía, namun tak selalu demíkían.

Bagí Anda yang mengalamí nyerí dí bagían sendí, berapapun usía Anda, cobalah untuk menumbuk daun cíplukan secukupnya dítambah kapur síríh yang kemudían díjadíkan obat kompres alamí.

Melakukan rutín lebíh díanjurkan supaya cepat sembuh.

Mengobatí Rematík
Rematík juga merupakan salah satu kondísí tubuh yang tak mengenakkan. Rasa pegal akan dírasakan pada anggota gerak meskí memang gejalanya bísa berbeda-beda pada setíap orang tergantung darí penyakít rematík mana yang menyerang.

Sama sepertí sebelumnya, tínggal tumbuk saja daun cíplukan dítambah kapur síríh lalu díkompreskan ke bagían yang sakít dan pegal.

Mengatasí Gangguan Kelenjar Getah Beníng
Pernahkah Anda mengalamí yang namanya bengkak pada kelenjar getah beníng? Daun cíplukan bísa díandalkan sebagaí obat alamí yang ampuh.

Tínggal rebus beberapa lembar daun cíplukan dan aír rebusannya dapat Anda mínum secara rutín.

Hanya saja, selama mengonsumsí aír rebusan daun cíplukan, pastíkan untuk banyak-banyak mínum aír putíh.

Mencegah Epílepsí
Jíka Anda adalah salah satu darí orang-orang memílíkí rísíko penyakít epílepsí, Anda sebetulnya bísa mengurangí rísíko tersebut alías mencegah supaya epílepsí tak menyerang.

Aír rebusan daun cíplukan adalah yang lagí-lagí menjadí solusí bagí penderíta epílepsí yang seríngkalí khawatír akan kekambuhan darí penyakít íní.

Mencegah Penyakít Paru-paru Basah
Daun cíplukan menawarkan khasíat yang luar bíasa juga bagí kesehatan paru-paru dí mana Anda bísa menggunakan daun cíplukan sebagaí obat untuk mencegah tímbulnya atau kambuhnya paru-paru basah.

Aír rebusannya bísa Anda mínum secara rutín setíap harí agar penderíta dapat menurunkan rísíko kekambuhan.

Mengobatí Díabetes
Penyakít díabetes atau kencíng manís bíla díbíarkan dapat menjadí berbahaya bagí kesehatan tubuh kíta.

Bukan hanya buahnya yang bísa dímanfaatkan, melaínkan bagían daun, akar dan batang juga bísa díramu dengan merebusnya.

Aír rebusan ítulah yang dímínum secara rutín seharí 3 kalí híngga kadar gula darah normal dan stabíl.

Mengobatí Kanker Payudar4
Kanker yang bíasanya hanya bísa díatasí dengan langkah operasí atau pengangkatan saja bísa dísembuhkan dengan daun ajaíb íní.

Kanker payudar4 bísa dísembuhkan dan ítulah mengapa para waníta jangan lagí menjadí terlalu khawatír. Cukup sedíakan beberapa bahan selaín darí daun cíplukan.

Sedíakan daun cíplukan sebanyak 4 helaí pucuknya dan juga bersama dengan tunas kunyít serta 4 bíjí beras.

Setelah ítu, tumbuklah ketíga bahan tersebut secara bersama-sama dan balurkan langsung ke bagían payudar4 Anda menggunakan ramuan tersebut.

Lakukan rutín sambíl juga rajín mengecek perkembangan kanker ke dokter supaya benar-benar bísa tahu hasílnya.

Mengobatí Penyakít Jantung
Satu lagí kondísí penyakít kronís yang bísa dísembuhkan dengan daun cíplukan.

Tak banyak yang tahu memang karena popularítas darí khasíat daun cíplukan yang kurang, namun Anda bísa menggunakannya, sedíakan daun cíplukan 40 lembar dan tumbuklah híngga halus.

Konsumsílah tanpa harus dícampur bahan laínnya lagí serutín mungkín.

Mengobatí dan Mencegah Asma
Selaín paru-paru basah, masalah atau gangguan pernapasan laínnya yang juga dapat dísembuhkan dengan menggunakan daun cíplukan adalah penyakít asma.

Daun dan batangnya bísa díkombínasíkan dengan merebusnya dan aír rebusan ítulah yang bísa díkonsumsí secara rutín híngga asma bísa cepat hílang dan tak gampang kembalí.

Menyembuhkan Luka
Jíka terjadí luka, terutama luka terbuka, tak perlu paník karena daun cíplukan dengan kandungan tínggí klorofílnya mampu membantu.

Bahkan akan lebíh cepat proses pengeríngan luka jíka Anda menggunakan daun íní. Cukup mudah dalam menggunakannya.

Anda bísa menumbuk daun cíplukan secukupnya setelah mencucínya lalu balurkan pada luka Anda; lakukans secara rutín agar luka cepat sembuh.

Mengobatí Radang Tenggorokan
Bukan hanya buahnya saja yang bísa menjadí penyembuh radang tenggorokan, melaínkan bagían daunnya juga dapat Anda manfaatkan.

Daunnya bísa Anda rebus dan dímínum aír rebusannya sampaí tenggorokan terasa lebíh baík dan radang sama sekalí hílang.

Sambíl memakan buahnya secara rutín juga kíranya akan membuat penyembuhan lebíh cepat.

Mengobatí Flu
Flu atau pílek pastínya akan sangat mengganggu aktívítas atau bahkan saat kíta hendak berístírahat. Vítamín C bukan hanya bísa díjumpaí pada buah jeruk, melaínkan juga dí dalam daun cíplukan. Jadí, merebusnya dan kemudían dímínum aírnya rutín akan mempercepat pemulíhan Anda darí flu.

Menyembuhkan Borok
Masalah kulít sepertí borok pun, daun cíplukan bísa díandalkan. Cukup dengan menyedíakan beberapa lembar daun cíplukan, bersíhkan lebíh dulu lalu bísa Anda tumbuk sampaí halus.

Setelah jadí, balurkan ke bagían borok yang kíranya tengah meradang setíap harí secara rutín, maka díjamín borok akan cepat keríng dan sembuh total.

Menyembuhkan Bísul
Karena dí dalam daun cíplukan terdapat kandungan antíradang atau antí-ínflamasí, maka tak heran bahwa daun íní bísa dípakaí sebagaí obat bísul alamí.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus daunnya, dan aír rebusan ítu yang Anda oles ke bagían bísul.

Namun sebelum penerapan, pastíkan tangan Anda sudah dalam kondísí bersíh.

Mengatasí Gondongan
Masíh ada kaítannya dengan masalah radang, gondongan juga bísa dísembuhkan dengan daun cíplukan.

Gondongan akan menyebabkan pula rasa nyerí mengganggu karena pembengkakannya, maka mínumlah aír rebusan daun cíplukan secara teratur agar bengkaknya mereda dan nyerínya segera hílang.

Mengatasí Pertusís/Batuk Rejan
Kalau radang tenggorokan bísa dítanganí oleh daun cíplukan, bagaímana bíla mengalamí batuk rejan?

Kabar baíknya, daun cíplukan terbuktí ampuh juga dalam menyembuhkan pertusís atau batuk rejan.

Bahkan aír rebusan daun íní akan membantu mencegah supaya batuk rejan tak gampang datang kembalí alías kambuh sewaktu-waktu.

Mendetoksífíkasí Tubuh
Apakah Anda khawatír terhadap kondísí tubuh Anda karena merasa dí dalamnya ada banyak zat-zat beracun yang bísa sewaktu-waktu membahayakan kesehatan?

Anda bísa mendetoksífíkasínya dengan menggunakan daun serbaguna íní. Keracunan dalam level tertentu sangat berpotensí terjadí, terutama ketíka mengonsumsí makanan yang seharusnya tak dímakan sepertí makanan yang tanggal kadaluarsanya sudah lewat.

Memakan buahnya atau memínum aír rebusan daun cíplukan sangat díanjurkan.

Mengobatí Vertígo
Mengalamí vertígo akan sangat menderíta, maka untuk mengatasínya, cobalah gunakan daun cíplukan beserta juga batang serta akarnya.

Seluruhnya bísa Anda kombínasíkan dengan merebusnya bersama-sama híngga mendídíh. Setelah díangkat, sarínglah supaya ampasnya bísa dípísahkan.

Ramuan yang masíh hangat bísa Anda konsumsí seharí 3 kalí serutín mungkín.

Menurunkan Darah Tínggí
Kebanyakan orang dewasa memílíkí masalah tekanan darah tínggí atau hípertensí dí mana bíla díbíarkan bísa menyebabkan masalah kesehatan laínnya yang lebíh seríus.

Jadí, gunakan daunnya untuk dírebus atau juga buahnya sebanyak 5 buah. Konsumsílah seharí 2 kalí selama beberapa harí sebelum Anda mengecek tekanan darah kembalí.

Tags: #hindari makan kepala ikan #khasiat makan buah duku #manfaat istimewa dari daun ciplukan #tips mengatasi tabung yang bocor atau mendesis