Turun Berok atau Peranakan Pada Wanita? Intip Cara Mengatasinya Tanpa Harus Operasi


Moms mengalami turun berok tapi takut operasi? Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Moms lakukan untuk mengatasi turun berok. Yuk, kita simak.

Seputar Turun Berok atau Turun Peranakan

Turun berok atau turun peranakan (prolaps uteri) adalah suatu kondisi ketika otot dasar dan jaringan ikat (ligamen) dari pelvis melemah dan meregang sehingga tidak bisa menyangga rahim. Akibatnya, rahim menjadi turun atau menonjol ke vagina.

Pelvis adalah rongga tubuh di area tulang panggul yang berisi kandung kemih, uretra, usus, dan rektum . Rahim menempati posisi di dalam tulang panggul yang disangga berbagai otot dan ligamen. Saat otot atau ligamen tulang panggul melemah dan merenggang, rahim keluar dari posisi seharusnya dan turun hingga menonjol ke vagina.

Turun peranakan dapat terjadi pada wanita segala usia, tapi biasanya memengaruhi wanita setelah menopause dan yang pernah melahirkan normal setidaknya satu kali. Umumnya, turun peranakan hanya ringan dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi jika kondisi ini mengganggu aktivitas sehari-hari, maka diperlukan pengobatan, antara lain dengan pemasangan cincin penyangga vagina atau tindakan operasi.

Cara Mengobati Turun Berok Tanpa Operasi

Gejala umum terjadinya turun berok atau turun anakan adalah Moms merasa seperti ada tonjolan atau sensasi mengganjal dalam vagina. Bila Moms mengalaminya, jangan buru-buru ke dokter dulu. Pasalnya, ada beragam cara mengatasi turun peranakan yang bisa Moms lakukan dengan mudah di rumah. Apa saja itu?

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih bisa menjadi salah satu cara mengatasi turun berok yang paling mudah, murah, dan efektif. Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu mencegah sembelit. Saat terkena sembelit, Moms biasanya akan lebih susah mengejan saat buang air besar. Tekanan dari proses mengejan inilah yang bisa melemahkan otot panggul dan memperburuk gejala turun peranakan.

Dengan banyak minum, feses akan menjadi lebih lunak dan lebih mudah turun ke saluran pembuangan. Buang air besar menjadi lebih lancar dan membantu meringankan gejala turun peranakan.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung tinggi serat dapat membantu mengatasi turun peranakan. Sama seperti air, serat dapat membantu mencegah sembelit yang dapat memperparah gejala turun peranakan.

Contoh makanan tinggi serat yang bisa Moms konsumsi di antaranya kacang-kacangan, sereal gandum, biji-bijian, sayur, dan buah-buahan. Sebaiknya hindari makanan yang rendah serat, contohnya keju, es krim, daging, dan makanan cepat saji.

Hindari Mengangkat Benda Berat

Jika Moms mengalami turun berok, hindari mengangkat beban berat, seperti menggendong anak atau memindahkan atau mengangkat barang berat sendirian, karena ini akan dapat menekan otot-otot dasar panggul Moms. Tidak hanya dari benda yang berat, Anda juga tidak dianjurkan untuk berdiri terlalu lama. Sebagian wanita cenderung merasakan lebih banyak tekanan pada otot panggulnya saat ia berdiri terlalu lama.

Berhenti Merokok

Kalau Moms memiliki kebiasaan merokok, hentikan sesegera mungkin. Pasalnya, merokok dapat melemahkan jaringan-jaringan di sekitar otot panggul. Akibatnya, rahim jadi lebih mudah turun dan memperparah gejalanya.

Menjaga Berat Badan

Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas cenderung berisiko mengalami turun berok daripada wanita yang berat badannya normal. Maka itu, sebaiknya jaga berat badan Moms tetap ideal dengan mengatur pola makan dan olahraga. Ini bertujuan untuk mengurangi gejala turun peranakan yang dirasakan.

Senam Kegel

Senam Kegel menjadi salah satu cara mengatasi turun peranakan yang bisa Moms lakukan di rumah untuk membantu menguatkan otot-otot panggul yang lemah.

Semakin kuat otot panggul Moms, semakin Moms terhindar dari kemungkinan rahim makin turun. Gejala turun berok yang mengganggu pun juga dapat berkurang secara perlahan. Alhasil, Moms dapat beraktivitas dengan lebih nyaman seperti sebelumnya.

Sebagai permulaan, coba kencangkan otot-otot dasar panggul Moms seperti saat menahan buang air kecil. Tahan posisi ini selama 5 detik, lalu rilekskan kembali otot-otot panggul Moms selama lima detik. Jika sudah mulai terbiasa, Moms bisa melakukan senam Kegel selama 10 detik saat mengencangkan dan merilekskan otot-otot panggul. Ulangi cara ini sebanyak tiga set supaya kekuatan otot panggul Moms semakin optimal.

======

Orang yang Dulunya Merokok Sebaiknya Rajin Makan Ini Agar Paru-paru Kembali Bersih

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mantan perokok yang rajin makan tomat dan buah-buahan segar memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan fungsi paru-paru, menyiratkan bahwa makanan tersebut mungkin membantu memperbaiki kerusakan paru-paru akibat merokok.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang-orang dewasa, termasuk mereka yang belum pernah atau sudah berhenti merokok, yang rutin mengonsumsi tomat memiliki penurunan fungsi paru-paru paling rendah—artinya, manfaat mengonsumsi tomat tak hanya berlaku bagi perokok.

Penelitian ini menawarkan bukti penting soal dampak pola makan ini terhadap fungsi paru-paru.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa pola makan tersebut bisa membantu memperbaiki paru-paru mantan perokok. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa pola makan kaya buah-buahan bisa memperlambat proses penuaan alami paru-paru, bahkan kalau kamu tidak merokok,” ujar Vanessa Garcia-Larsen, asisten profesor di departemen kesehatan internasional, Bloomberg School, dan peneliti utama riset tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Fungsi paru-paru memiliki kaitan dengan risiko kematian akibat sejumlah penyakit, termasuk chronic obstructive pulmonary disease (COPD), penyakit jantung, dan kanker paru-paru.

Pola makan sehat, menurut penelitian tersebut, bisa membantu memperlambat penurunan alami fungsi paru-paru, dan menyehatkan orang-orang dalam jangka panjang.

“Temuan-temuan ini mendukung keperluan untuk rekomendasi pola makan,” ujar Garcia-Larsen, “terutama bagi orang-orang yang menghadapi risiko mengidap penyakit pernapasan seperti COPD.”

Demi mencapai kesimpulan tersebut, peneliti di John Hopkins Bloomberg School of Public Health menyelidiki fungsi paru-paru lebih dari 650 orang selama periode lebih dari 10 tahun, sejak 2002.

Pesertanya (dari Jerman, Norwegia, dan Inggris Raya) mengisi kuesioner tentang pola makan mereka dan asupan nutrisi keseluruhan, serta menjalankan tes paru-paru: salah satu tesnya mengukur udara yang dapat dikeluarkan dalam satu detik, sedangkan tes lainnya memperkirakan berapa banyak udara yang dapat dihirup dalam enam detik.

Para peneliti mengontrol faktor-faktor seperti usia, tinggi, jenis kelamin, dan indeks masa tubuh, status sosio-ekonomi, aktivitas fisik, dan asupan energi. Lalu mereka mengulang tes tersebut sepuluh tahun kemudian.

Mereka menemukan bahwa orang dewasa yang rata-rata mengonsumsi lebih dari dua tomat atau tiga porsi buah-buahan segar setiap hari menunjukkan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsinya—makanan diproses seperti saus tomat tidak menunjukkan kaitan yang sama.

Penting untuk dicatat bahwa ini adalah penelitian berdasarkan pengamatan. Artinya, kemungkinan ada faktor-faktor rumit yang tersembunyi dalam data.

Tetapi, para peneliti menyimpulkan ia menawarkan bukti untuk pendekatan lainnya untuk menjaga kesehatan paru-paru.

“Fungsi paru-paru mulai menurun sekitar usia 30 tergantung pada kesehatan umum dan spesifik tiap-tiap individu,” ujar Garcia-Larsen. “Penelitian kami menyimpulkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dalam sehari-hari bisa memperlambat penurunan fungsi paru-paru seiring bertambahnya usia seseorang, dan mungkin bahkan bisa membantu memperbaiki kerusakan akibat merokok. Pola makan ini bisa menjadi salah satu cara melawan tingginya diagnosis COPD di seluruh dunia.”

======

Rutin Minum Air Rebusan Kunyit Tiap Pagi, 6 Perubahan Ini yang akan Dirasakan Tubuh

Kunyit dikenal punya banyak khasiat untuk kesehatan. Bumbu dapur ini tak hanya dapat melezatkan berbagai masakan, namun juga bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu cara mengonsumsinya yaitu dengan minum air rebusan kunyit. Namun tak banyak yang tahu kalau di pagi hari, minum air rebusan kunyit ternyata juga sangat disarankan. Pasalnya kunyit memang sejak lama dikenal memiliki manfaat luar biasa, terutama untuk kesehatan.

Jika Moms rutin minum air rebusan kunyit di pagi hari, ada 6 manfaat yang akan Moms rasakan terjadi pada tubuh.

1. Kadar kolesterol dan gula dalam darah turun

Kadar kolesterol dalam darah juga bisa diturunkan jika kita rutin minum air rebusan kunyit di pagi hari. Sehingga turut menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Selain itu kandungan kunyit bisa juga membantu proses gula yang masuk ke dalam tubuh sehingga mencegah lonjakan gula darah tinggi. Pun kunyit mampu meningkatkan aliran empedu yang membantu tubuh mencerna makanan dengan baik, serta dapat membantu memecah lemak dari makanan yang dikonsumsi.

2. Meningkatkan fungsi otak

Sifat anti-inflamasi dalam kunyit akan melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan gangguan otak lainnya. Jangan takut jadi pelupa karena usia, sebab kunyit dapat meningkatkan daya ingat sehingga membuat Moms lebih pintar!

3. Sistem kekebalan tubuh semakin kuat

Kandungan lipopoliskarida dalam kunyit akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menurunkan risiko Moms terkena flu dan infeksi lainnya. Kunyit juga memiliki anti-bakteri yang akan membantu dalam proses penyembuhan ketika kita luka atau tergores benda tajam.

4. Meningkatkan fungsi hati

Fungsi hati dapat meningkat dengan bantuan air rebusan kunyit. Dengan begitu dapat mengurangi racun dalam tubuh yang masuk melalui lingkungan atau makanan.

5. Nyeri sendi terobati

Nyeri otot dan sendi mungkin terjadi sehabis berolahraga atau saat kita mulai berusia lanjut. Ternyata kunyit terbukti ampuh untuk menghentikan peradangan tersebut.

6. Menurunkan risiko kanker

Berbagai studi menunjukkan kunyit dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah tumor yang diakibatkan paparan radiasi.

Bahkan peneliti menyebutkan kunyit memiliki manfaat pengobatan yang berpotensi lebih baik daripada kemoterapi.

Jadi apakah Moms mau mencoba konsumsi air rebusan kunyit setiap pagi?

Tags: #makanan bikin paru paru bersih setelah merokok #mengatasi tanpa operasi #mengatasi turun berok pada wanita #mengatasi turun peranakan pada wanita #yang dirasakan tubuh setelah rutin minum kunyit