Uang Koin 500 Berwarna Kuning Disebut Bisa Ditukar Uang Senilai 750ribu, Ini Penjelasan BI


Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan harga uang koin keluaran lama yang dianggap punya nilai tukar selangit.

Belum usai berita soal koin Rp 1000 kelapa sawit yang dibandrol hingga ratusan juta di marketplace, kini uang koin Rp 500 melati yang menjadi perbincangan hangat.

Kabarnya, uang koin tersebut bisa ditukar senilai Rp 750 ribu di bank umum.

Hal ini usai beredarnya sebuah video mengenai uang koin Rp 500 warna kuning disebut bisa ditukar dengan uang senilai Rp 750.000, viral di media sosial TikTok.

Adapun unggahan tersebut dibagikan netizen TikTok

Dalam video yang ia unggah pihaknya sembari melampirkan sebuah video, di mana terlihat potongan tangkapan layar pemberitaan dengan judul: “Cepetan Tukar Uang Koin Ini Dihargai Rp 750.000 Ribu di Bank Umum Padahal Peredarannya Sudah Dicabut BI,” tulis akun tersebut, dilansir dari Kompas.com

Dalam tangkapan layar tersebut terlihat sebuah gambar uang logam berwarna kuning bertuliskan 1990, Bank Indonesia.

Adapun dalam tayangan video selanjutnya terlihat kumpulan uang koin Rp 500 warna kuning yang disertai sebuah narasi: “Ayo buruan ditukar yak ke BI” tulis akun tersebut.

Hingga kini, postingan tersebut telah dilihat lebih dari 5,3 juta kali, disukai lebih dari 118 ribu pengguna dan dibagikan lebih dari 12 ribu kali.

Terkait dengan hal tersebut Kompas.com menghubungi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan.

Saat dihubungi, Junanto menegaskan bahwa uang koin Rp 500, jika ditukar ke Bank Indonesia tidak akan bernilai Rp 750.000.

Ia menjelaskan, uang yang ditarik Bank Indonesia dan bernilai Rp 750.000 adalah uang rupiah khusus yang terbit tahun 1990.

“Yang diumumkan oleh BI yang dicabut dari peredaran salah satunya adalah Uang Rupiah Khusus tahun 1990 yang terbuat dari emas, yang nominalnya tertera 750 ribu,” tegas dia.

Sedangkan uang yang ditampilkan dalam video bukanlah uang rupiah khusus tersebut, tetapi merupakan uang koin Rp 500 bergambar melati.

Pihaknya menegaskan, uang koin Rp 500 nilainya bukan Rp 750.000, tetapi tetap bernilai Rp 500.

“Uang yang ditampilkan di tengah video tersebut adalah uang koin Rp 500 bergambar melati. Uang itu dikeluarkan tahun 91 dan 97, dan saat ini masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Jadi nilainya ya Rp 500,” tegas dia.

Uang Rupiah Khusus

Untuk diketahui, Uang Rupiah Khusus (URK) merupakan uang yang dikeluarkan oleh bank sentral dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu.

Adapun nilai nominalnya berbeda dari nilai jualnya.

Walaupun uang ini sah untuk alat pembayaran namun biasanya ia tidak dipakai sebagai alat tukar dan biasanya digunakan untuk koleksi.

Adapun dikutip dari Kompas.com 3 September 2021 lalu, saat ini Bank Indonesia telah menarik sejumlah Uang Rupiah Khusus.

Berikut URK yang ditarik oleh Bank BI:

1. Uang Rupiah Khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun Emisi 1970 sebanyak 10 (sepuluh) pecahan;

2. Uang Rupiah Khusus Seri Cagar Alam Tahun Emisi 1974 sebanyak 3 (tiga) pecahan;

3. Uang Rupiah Khusus Seri Cagar Alam Tahun Emisi 1987 sebanyak 2 (dua) pecahan;

4. Uang Rupiah Khusus Seri Perjuangan Angkatan ’45 Tahun Emisi 1990 sebanyak 3 (tiga) pecahan;

5. Uang Rupiah Khusus Seri Save The Children Tahun Emisi 1990 sebanyak 2 (dua) pecahan.

Dikutip dari laman resminya, masyarakat yang memiliki URK tersebut dan ingin melakukan penukaran, dapat menukarkannya di Bank Umum terhitung sejak 30 Agustus 2021 sampai dengan 29 Agustus 2031, atau 10 tahun sejak tanggal pencabutan.

Penggantian atas Uang Rupiah Khusus tahun emisi 1970 sampai dengan tahun emisi 1990 yang dicabut dan ditarik dari peredaran akan diganti sebesar nilai nominal yang sama dengan yang tertera pada URK dimaksud.

======

Banyak Orang Tua Tidak Menyadari Daun Sirih Dan Minyak Telon Ampuh Keluarkan Dahak Bayi

Semua orang tua akan khawatir ketika bayi batuk dan pilek. bayi akan menangis dan menangis karena mereka tidak bisa bernapas dengan benar. Tentu saja tidur mereka juga akan terganggu. Ini akan mempengaruhi pertumbuhan mereka.

Biasanya bayi di bawah usia 6 bulan yang batuk dan pilek tidak akan diberi obat oleh dokter. Itu normal saat bayi masih aktif dan menyusu dengan baik.

Bahkan, sebagian besar dokter juga akan lebih berhati-hati untuk memberikan obat apa pun kepada anak di bawah dua tahun kecuali mereka dipaksa dan mengikuti dosis teraman untuk anak.

Bagi para ibu yang ingin mencoba menyingkirkan dahak dan lendir untuk bayi yang menderita batuk dan flu, bagaimana dengan tips yang dibagikan oleh Ibu Siti Maheran Abdul Rahim.

Selain mendapatkan perawatan dokter, ini juga salah satu praktik terbaik untuk bayi setelah batuk dan flu yang lama.

Menggunakan hanya dua bahan dasar, seperti daun sireh dan baby scone oil, reaksinya cukup baik. Tidak salah bagi kita untuk melakukan pengobatan tanpa melukai anak-anak. Yang penting itu memberikan kenyamanan bagi bayi.

Cara untuk mengeluarkan dahak dan lendir sehingga bayi dengan hidung dingin dan pengap lebih nyaman tidur dan minum susu. Coba lakukan 3x rutin yang sama, dalam waktu kurang dari 1 jam bayi muntah ??

3 kali lakukan dan 3 kali muntah bayi banyak. Setelah muntah baru bayi mulai menyusu. Padahal, ini adalah saran dari pengasuh yang baik.

Dia bahkan tidak tahu mengapa sendok minyak dicampur dengan daun di dadanya telah meludahi selaput lendir tetapi untungnya, dengan metode bayi tradisional ini tidak diperlukan obat

Letakkan Daun di atas api sebentar biarkan sampai sedikit layu

Oleskan minyak apa pun yang cocok untuk bayi di bby (sendok minyak). Di rumah ..

Biasanya Mami akan menaruh minyak di dada dan punggung bayi …

biarkan bayi beristirahat dalam keadaan seperti ini ..

Baby mengeluarkan lendirnya berwarna kuning @ bahkan hijau … Mcm bby’Ez ini, ketika dia bangun Mami akan tepuk dan gosok punggung pelan-pelan ..5 dalam 5-10 menit dia akan bernapas lega kembali … lakukan hal tersebut selama 3 hari dia juga banyak memuntahkan lendir (1 x / hari ) .. Lalu bayi ini bisa minum banyak susu & tidur lagi tanpa batuk dan hidung tersumbat … ??

Semoga info singkat ini dapat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Bantu share untuk kebaikan bersama.

======

Resep Luar Biasa Untuk Membersihan Rahim Setelah Haid

Minum Aìr jamu ìnì sangat bagus untuk mëmbërsìhkan rahìm sëlëpas haìd, bërtìndak untuk mëmbuang angìn dan mëmëcah lëmak sërta mëngatasì masalah bau badan. Sëlaìn masalah sënggugut, ada juga yang mëngalamì masalah haìd tìdak tëratur dan hal ìnì akan mëngganggu hormon sëorang wanìta.

bila anda amalkan aìr jamu ìnì. Sëlaìn mërawat masalah sënggugut këtìka haìd, ìa juga dapat mëngurangkan këputìhan jìka dìtambah daun sìrìh. Cara untuk mëmbuatnya juga mudah.

Bahan-bahannya ìalah :

  • 2sm halìa
  • 2sm kunyìt
  • 2 batang sëraì
  • 2 hëlaì daun pandan
  • 3 cawan aìr
  • Gula batu atau madu sësuaì sëlëra

Cara buatnya :

  1. Basuh halìa dan kunyìt. Bolëh dìhìrìs jìka mahu. Masukkan juga sëraì dan daun pandan.
  2. Masukkan aìr dan bìarkan ìa mërënëh sëkëtìka.
  3. Sëlëpas aìr mëngërìng dan dìanggar mënjadì satu cawan, tutupkan apì. Bìarkan suam sëbëlum dìtambah madu atau gula batu këtìka mahu dìmìnum.

Anda bolëh tambahkan sëbìjì buah manjakanì untuk mërapatkan bahagìan ìntìm (tëtapì tìdak sësuaì untuk anak dara). Untuk mëngurangkan masalah këputìhan, bolëhlah dìtambah dua hëlaì daun sìrìh

Aìr jamu inì baìk untuk :

  • Mëmbërsìhkan rahìm sëlëpas haìd
  • Mëngëluarkan angìn dalam badan
  • Mëmëcahkan lëmak dì përut
  • Mëngurangkan masalah bau badan

Amalkan aìr ìnì sëbulan sëkalì dan ìngìn dììngatkan, aìr ìnì tìdak sësuaì untuk ìbu mëngandung. Aìr jamu ìnì tìdak pahìt bahkan harum. Cuma jìka dìtambah bìjì manjakanì akan mënjadì sëdìkìt pahìt. Jangan amalkan bërlëbìhan kërana sìrìh dan kunyìt bërlëbìhan akan mënyëbabkan cëpat putus haìd.

Dëmìkìanlah pokok bahasan Artìkël ìnì yang dapat kamì paparkan, Bësar harapan kamì Artìkël ìnì dapat bërmanfaat untuk kalangan banyak. Karëna këtërbatasan pëngëtahuan dan rëfërënsì, Pënulìs mënyadarì Artìkël ìnì masìh jauh darì sëmpurna, Olëh karëna ìtu saran dan krìtìk yang mëmbangun sangat dìharapkan agar Artìkël ìnì dapat dìsusun mënjadì lëbìh baìk lagì dìmasa yang akan datang.

Darì Abu Mas’ud Radhìyallahu anhu bërkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaìhì wa sallam bërsabda, ‘Barangsìapa mënunjukkan suatu këbaìkan, maka ìa mëndapatkan pahala sëpërtì pahala orang yang mëlakukannya.” [HR. Muslìm]

Tags: #manfaat daun sirih untuk dahak bayi #resep membersihkan rahim setelah haid #uang kuning bisa ditukar 750ribu