Untukmu Para Wanita yang Menjadi Tu lang Pung gung Keluarga, Semoga Le lahmu Berbuah Surga


Mungkin ada perasaan tidak adil saat melihat teman-temanmu dengan mudah meminta ini dan itu pada orangtuanya, uang jajan, uang jalan, uang makan, uang ke kampus, bahkan uang pulsa.

Sementara dirimu harus berjibaku menghadapi kerasnya dunia kerja, lalu gaji yang diterima menguap begitu saja untuk bayar listrik, kontrakan, dan belanja bulanan.

Mungkin ada perasaan sedih menghampiri tatkala teman-temanmu pamer baju baru, sepatu baru, tas baru, handphone baru, sementara dirimu harus bersabar dengan semua yang serba lama dan usang.

Mungkin ada setitik penasaran di hatimu… kapankah semua perjuangan ini kan berakhir?

Adakah seseorang yang akan menjadikanmu tulang rusuknya, tidak lagi sebagai tulang punggung keluarga?

Namun ketahuilah, bahwa balasan pahala yang telah Allah siapkan begitu besar, dan akan membuat teman-temanmu berbalik iri padamu suatu hari nanti.

Mereka akan merasakan iri bukan kepalang, karena mereka tak pernah merasakan bagaimana rasanya punya orang-orang yang menjadi tanggungan.

Dari setiap butiran nasi yang masuk ke mulut orangtuamu atau adik-adikmu, akan terhitung pahala berkali lipat. Belum lagi lauk pauknya.

Juga dari setiap pakaian dan apapun yang kau belikan untuk mereka. Dari sanalah keberkahan hidupmu berawal.

Mungkin seharusnya kau sudah sakit, karena kerasnya kerja yang kau lakukan. Namun kau tetap sehat dan kuat, karena Allah menguatkanmu untuk keluargamu.

Maka bersyukurlah atas nikmat keluarga yang masih kau punya. Jangan sampai menyesalinya baru ketika mereka telah tiada.

Jangan malu menjadi tulang punggung keluarga, jangan malu karena tak punya tabungan seperti teman sebayamu lainnya, tak juga perlu bertanya-tanya kapan ini semua akan berakhir.

Nikmati sajalah prosesnya, nikmati kesempatan luar biasa yang Allah beri untukmu. Maka kau akan menjadi sosok yang kuat melebihi teman sebayamu.

Akan tiba saatnya nanti, tulang punggungmu akan datang… ia yang akan melayanimu dan keluargamu. Maka berharaplah hanya pada Allah, agar waktunya segera tiba. Sumber: ummi-online.com

Alasan Pentingnya Perempuan Bekerja dan Memiliki Penghasilan Sendiri

1. Untuk mempersiapkan diri dalam keadaan darurat

Keadaan darurat bisa menimpa siapa saja, entah itu keluarga atau individu yang belum berkeluarga. Oleh sebabnya semua orang perlu mempersiapkannya, termasuk para kaum perempuan.

Perempuan bekerja dan menghasilkan pendapatannya sendiri tentu akan lebih siap menghadapi situasi-situasi mendesak, seperti misalnya, rumah orang tuanya diterjang bencana, atau tiba-tiba anaknya sakit keras dan uang suami tidak mencukupi, dan kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya.

Jadi jangan memilih untuk tidak bekerja dan hanya mengandalkan pendapatan suami atau orangtua saja. Kalau tiba-tiba mereka gak bisa lagi cari nafkah, gimana?

2. Untuk menghadapi biaya hidup yang terus melambung

Tak bisa dipungkiri, biaya hidup di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Itu baru biaya hidup, belum biaya pendidikan anak yang juga semakin melonjak. Kalau keterima negeri sih mungkin sedikit lebih murah, tapi bagaimana kalau di swasta? Wah kudu rogoh kocek lebih dalam tuh.

Artinya biaya hidup bakalan terus naik ke depannya. Jadi penting bagi setiap perempuan untuk berkontribusi terhadap pengeluaran keluarga dengan bekerja dan tak hanya mengandalkan orangtua atau pasangannya saja.

3. Terhindar dari ketergantungan

Perempuan juga perlu menjunjung tinggi independensinya di dalam bermasyarakat. Hal ini untuk menghadapi perlakuan sewenang-wenangan terhadapnya. Contohnya yang paling sering terjadi adalah kekerasan fisik di dalam rumah tangga.

Jika kekerasan dalam rumah tangga terjadi, dan korban telah independen secara finansial, ia bisa melakukan hal semaunya dan terbebas dari tindak kekerasan itu. Misalnya memutuskan untuk berpisah dengan pasangan dan menjalani hidup sendiri. Hal itu bukanlah masalah, karena dia memiliki penghasilan sendiri dan kehidupannya tidak bergantung dari pasangan.

======

Kenali 6 Jenis Penyakit Lidah

Penyakit lidah dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tidak menjaga kebersihan lidah hingga daya tahan tubuh yang lemah. Kenali apa saja macam-macam penyakit lidah agar Anda dapat melakukan langkah pencegahan dan perawatan yang tepat.

Lidah merupakan organ dengan jaringan otot yang memungkinkan manusia untuk mengecap, menelan, dan berbicara. Lidah dilapisi oleh selaput merah muda (mukosa) dan tonjolan-tonjolan kecil (papila) yang memberikan tekstur kasar sebagai tempat berkumpulnya ribuan saraf pengecap berbagai rasa.

Lalai dalam merawat kebersihan lidah, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, serta kebiasaan merokok, dapat memicu masalah pada lidah sehingga mengganggu fungsi lidah.

Berbagai Jenis Penyakit Lidah

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa terjadi pada lidah beserta langkah perawatan yang bisa dilakukan.

1. Leukoplakia

Leukoplakia adalah bercak putih yang dapat timbul di permukaan lidah, gusi, maupun dinding bagian dalam pipi. Penyakit lidah ini berkaitan dengan kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Pada umumnya, leukoplakia akan sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan tertentu. Namun, jika bercak putih bertahan lebih dari 2 minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Hal ini karena beberapa kasus leukopakia berisiko menjadi kanker lidah.

2. Kandidiasis

Kandidiasis terjadi ketika jamur Candida albicans berkembang di lapisan lidah. Penyakit lidah ini biasanya lebih berisiko terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh yang lemah atau sedang menjalani pengobatan dengan kortikosteroid.

Kandidiasis ini juga lebih berisiko dialami oleh orang tua, anak kecil, dan bayi. Dokter akan memberikan penanganan berupa pemberian obat antijamur untuk mengobati kandidiasis.

3. Kanker mulut

Anda perlu waspada bila terdapat benjolan yang terus tumbuh atau membesar di area lidah, karena hal tersebut bisa menjadi pertanda kanker mulut.

Penyakit lidah ini lebih berisiko dialami oleh perokok aktif dan orang yang mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Pada stadium awal, benjolan yang muncul biasanya tidak terasa sakit, tetapi Anda disarankan untuk tidak mengabaikan kondisi ini.

4. Sindrom lidah perih

Lidah terasa seperti tersiram air panas merupakan masalah yang cukup umum terjadi. Kondisi ini juga dapat dialami oleh sebagian wanita yang telah mengalami menopause. Sindrom lidah perih umumnya tidak berbahaya dan biasanya hanya disebabkan oleh masalah saraf ringan.

5. Lidah hitam dan berbulu

Lidah bisa mengalami penumpukan bakteri pada papila. Bakteri inilah yang membuat lidah terlihat berbulu dan berwarna hitam. Pada umumnya, kondisi ini tidak tergolong serius. Meski demikian, Anda disarankan untuk lebih menjaga kebersihan mulut dan merawat lidah.

Orang yang sedang menjalani kemoterapi atau sering mengonsumsi antibiotik, lebih berisiko mengalami kondisi semacam ini.

6. Glositis atrofi

Glositis atrofi atau radang pada lidah ditandai dengan lidah yang membengkak dan kemerahan serta tekstur lidah menjadi licin dan halus. Penyakit lidah ini bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B12, asam folat, atau zat besi.

Gejala glossitis atrofi dapat ditangani dan dicegah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, serta mengonsumsi obat antibiotik secukupnya.

Sebagian besar penyakit lidah umunya tidak serius dan dapat ditangani dengan cepat. Namun, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter apabila ada masalah pada lidah atau mulut Anda.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lidah dengan rutin menggosok gigi dan menyikat lidah dengan lembut, berhenti merokok, serta membatasi konsumsi minuman beralkohol agar terhindar dari penyakit lidah.

======

8 Manfaat Jamur Portobello bagi Kesehatan

Pernah mencicipi jamur portobello? Selain memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, jamur ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Beragam manfaat jamur portobello ada berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Jamur portobello merupakan jamur kancing putih yang dibiarkan terus tumbuh hingga matang. Jamur ini memiliki ukuran yang besar, warna kecokelatan, serta teksturnya tebal dan juicy menyerupai daging. Jamur portobello kerap kali menjadi alternatif pengganti daging bagi kaum vegan dan vegetarian.

Sejumlah Manfaat Jamur Portobello

Jamur portobello tidak mengandung lemak dan mengandung beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, vitamin B, vitamin D, vitamin K, folat, kolin, selenium, kalsium, fosfor, dan kalium. Dilihat dari banyaknya nutrisi di dalam jamur portobello, tak heran jika jamur ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah macam-macam manfaat jamur portobello yang perlu diketahui:

1. Mencukupi kebutuhan protein

Jamur portobello merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram jamur ini terdapat sekitar 2 gram protein.

Protein merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menghasilkan sel dan jaringan tubuh baru, meningkatkan massa dan kekuatan otot, memelihara fungsi organ tubuh, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, jamur portobello juga merupakan sumber protein yang baik untuk orang yang menjalani pola makan vegan atau vegetarian.

2. Mencukupi kebutuhan vitamin B

Vitamin B merupakan nutrisi yang memproduksi sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, menghasilkan berbagai macam hormon, serta membantu mengurangi stres. Kebutuhan vitamin ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi jamur portobello.

Di dalam jamur portobello, terkandung berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), dan vitamin B6 (piridoksin).

3. Menjaga kesehatan jantung

Dalam 100 gram jamur portabello terkandung sekitar 18,5 gram selenium, yakni salah satu mineral yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian menyatakan bahwa asupan selenium yang tercukupi dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung sebanyak 24%.

Selain itu, kandungan serat dan antioksidan pada jamur portobello diketahui dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol dan mencegah terjadinya sumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Selain menjaga kesehatan jantung, selenium dapat bertindak sebagai antioksidan untuk membantu menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam jamur portabello, seperti protein dan vitamin B, juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa lebih kuat malawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Mencegah kanker

Manfaat lain dari jamur portobello adalah mampu mencegah, menghancurkan, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini ada berkat tingginya kandungan antioksidan di dalam jamur portobello.

Riset menyebutkan bahwa pola makan tinggi serat yang meliputi buah, sayuran, serta jamur, termasuk jamur portobello, baik untuk menurunkan risiko terjadinya kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Namun, manfaat jamur portobello yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Di samping konsumsi makanan sehat, kamu juga dianjurkan untuk rutin berolahraga, berhenti merokok, melakukan vaksinasi, dan menerapkan seks aman untuk mencegah terjadinya kanker.

6. Mengontrol tekanan darah

Selain kaya akan antioksidan, jamur portobello mengandung banyak kalium. Kedua kanudngan ini bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

7. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kesehatan dan fungsi otak bisa dipelihara dengan asupan gizi yang baik. Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan otak adalah jamur, termasuk jamur portobello.

Kandungan antioksidan dan nutrisi penting lain, seperti kolin, serat, vitamin B, dan protein, diketahui dapat memperbaiki memori jangka panjang, mencegah kerusakan saraf, dan mencegah pikun.

8. Mengontrol berat badan

Berbagai riset menunjukkan bahwa asupan makanan sehat yang kaya akan sayur, buah, dan jamur, terlihat baik untuk mengontrol berat badan. Jadi, untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, jamur portobello bisa menjadi pilihan menu makanan. Manfaat jamur portobello akan lebih maksimal, apabila dibarengi dengan olahraga rutin.

Itulah beragam manfaat jamur protobello yang sayang untuk dilewatkan. Jamur ini bisa diolah menjadi beragam olahan masakan, mulai dari ditumis, dipanggang, dijadikan isian burger, atau diolah menjadi steak.

Ketika membeli jamur portobello, pilihlah yang warna kecokelatannya merata dengan tangkai jamur yang kuat, tidak menyusut atau kering. Sebelum dimasak, dicuci jamur terlebih dahulu, namun hindari mencuci langsung dengan air.

Gunakanlah lap, tisu, atau kuas kecil yang sudah dibasahi. Bersihkan seluruh permukaan jamur sampai ke sela-sela bawah payungnya hingga kotoran atau pasir terlepas.

Manfaat jamur portobello bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Selain makan jamur ini, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Bila kamu menderita suatu penyakit atau sedang menjalani pengobatan tertentu dan ingin menggunakan jamur portobello sebagai pengobatan alternatif, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Tags: #jenis penyakit lidah #manfaat jamur portobello untuk kesehatan #wanita menjadi tulang punggung keluarga