Untukmu yang Bertahan Demi Anak dan Untukmu Yang Berpura2x Tegar Padahal Hatimu Rapuh


Untukmu yang bertahan Demi anak dan untukmu Yang berpura-pura Tegar padahal hatimu Rapuh,

SEMOGA ALLAH MEMBERIMU KEKUATAN DAN PERTOLONGAN-NYA AAMIIN. (foto cover: ilustrasi)

Istri adalah seorang wanita yang menjadi pendamping bagi suami yang sebelumnya telah di sahkan dalam sebuah ikatan pernikahan. Seorang istri erat dengan kewajibannya sebagai seseorang yang mengabdi, yakni yang melayani suami dalam segala keperluannya, menyediakan makanan untuk suami, serta menuruti perintah suami selama suami memerintah suatu urusan yang sesuai dengan syariat islam. Istri selalu berada pada peringkat kedua atau di bawah suami karena memang sudah menjadi kodratnya.

Dalam perjalanan rumah tangga terkadang ada suatu hal yang menguji keimanan dan kesabaran istri, misalnya tentang karakter atau perangai suami yang terkadang membuat dirinya merasa sakit hati atau merasa tidak mendapat hak sepenuhnya sebagai seseorang yang dihidupi dan dilindungi. Lantas apakah yang harus dilakukan istri dalam kondisi demikian?

Tentu saja istri harus bersabar dan menerima suaminya apa adanya sebab itulah yang menjadi niat awalnya ketika menikah yakni menjadi seseorang yang taat sehingga dapat menjadikan pernikahannya sebagai jalan menuju surga. Hal tersebut memiliki keistimewaan yang luar biasa yang penulis bahas pada artikel kali ini mengenai keutamaan istri yang sabar, yuk simak uraiannya.

1. Mendapat Pahala Seperti Asiyah (Istri Fir’aun)

Pada jaman dahulu Asiyah yang merupakan istri Fir’aun pernah dipaksa oleh suaminya untuk menyembahnya karena ia mengaku bahwa ia adalah Tuhan, Asiyah yang tidak mau melakukannya karena meyakini Tuhan semesta alam hanyalah Allah semata lalu mendapatkan perlakuan dan siksa bertubi tubi hingga kepalanya pernah dijatuhi sebuah batu yang sangat besar. Hingga akhirnya Asiyah meninggal dunia dan oleh Allah disebut sebagai salah satu wanita mulia yang dijamin surga baginya.

“Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun”. (HR Muslim). seorang istri yang sabar dalam menghadapinya suaminya akan mendapatkan pahala seperti Asiyah yakni memiliki derajat yang mulia di mata Allah. Keutamaan Asiyah istri Fir’aun wajib dipelajari.

2. Jalan Masuk Surga

“Dan seorang istri yang taat pada suami nya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya”. (Hadist Hasan Shahih no.1296). istri yang sabar tentu selalu mentaati perintah suaminya dan tidak pernah menyakiti atau melawan suaminya. Hal tersebut akan menimbulkan keberkahan dan menjadikan sepanjang kehidupannya menjadi jalan ibadah hingga di akherat nanti ia diperbolehkan masuk surga dari pintu manapun yang ia sukai. keutamaan Khadijah istri Rasulullah juga menjadikan jalan masuk surga karena kesabarannya.

3. Merupakan Amalan yang Utama

“Seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya”. (Al Mawaarid no. 1290). Sebgai seorang istri yang menjadi pahala terbesarnya ialah cinta dan pengabdiannya pada suami. Hal itu adalah amalan yang utama bahkan lebih tinggi dari amalan sunnah atau amalan yang berhubungan dengan hak Allah. Sehingga istri yang sabar benar benar memilki amalan terbaik di seluruh jagad raya. keutamaan istri melayani suami ialah bagian dari kesabaran tersebut.

4. Ciri Istri yang Bertanggung Jawab

“Dan wanita adalah pelayan untuk suaminya, ia akan dimintai pertanggungjawaban”. (HR Bukhari Muslim). istri memang sudah kodratnya menjadi pelayan dan menurut pada suami, istri yang sabar ialah ciri istri yang bertanggung jawab sebagaimana ia berjanji pada dirinya dengan saksi agaa ketika pernikahan bahwa ia akan mengabdi pada suaminya. cara menyikapi cinta dalam islam akan menjadikan istri seorang yang bertanggung jawab.

5. Mendapat Ridho Allah

Istri yang sabar jelas akan mendapat ridho Allah, setiap detik kesabaran yang dilaluinya menjadi sebuah pahala besar yang membawanya kepada surga, ia akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan hidup di akherat nanti pada kehidupan yang kekal. “Istri yang meninggal dunia dan suaminya ridho terhadapnya maka ia masuk surga”. (HR Tirmidzi). tips menjadi orang sabar dalam islam wajib dipelajari dalam kehidupan rumah tangga agar dapat bersikap sabar pada suami.

6. Pahalanya Lebih Tingi dari Amalan Sunnah

“Hak suami merupakan kewajiban bagi istri. Melaksanakan kewajiban harus didahulukan daripada melaksanakan amalan sunnah”. (Fathul Baari). Sabar yang dilakukan istri dalam menghadapi suami memiliki pahala tinggi yang jauh lebih besar dari amalam sunnah sebab merupakan ciri wanita yang berhati sangat mulia.

7. Membahagiakan Suami

“Suami memiliki hak untuk bersenang senang dengan istrinya setiap hari sekaligus merupakan kewajiban seorang istri untuk melayani suaminya setiap saat”. (Syarah Shahih Muslim). suami tentu bahagia jika memiliki istri yang sabar dan penurut, suami yang bahagia akan memberikan ridho dan ketenangan hati pada istrinya karena suaminya merasa bahagia dan bersyukur memiliki istri sebaik dirinya.

8. Jauh dari Laknat Allah

Istri yang sabar tidak akan mendapat laknat Allah, contohnya ialah istri yang bersedia melayani suami kapan saja suaminya menghendaki maka ia akan jauh dari laknat Allah. “Apabila seorang suami mengajak istrinya untuk bersetubuh dan istri menolaknya hingga suaminya murka, maka si istri akan dilaknat oleh malaikat hingga waktu subuh”. (HR Muslim no.1436)

9. Mendapat kebahagiaan di Akherat

“Perhatikan bagaimana hubunganmu dengannya karena suami merupakan surgamu dan nerakamu”. (HR Ahmad). Istri yang baik pada suami kelak akan bahagia di akherat dan juga sebaliknya sebab itu dapat dilihat bagaimana gambaran kehidupan seorang istri di akherat adalah sesuai dengan gambaran perbuatan yang dilakukan pada suaminya.

10. Ciri Wanita Penyayang

“Wanita yang menjadi penghuni surga ialah yang penuh kasih sayang, banyak kembali kepada suaminya yang apabila suaminya marah ia mendatanginya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya dan berkata : aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha”. (Mu’jamul Ausath no.5644). jelas dari hadist tersebut bahwa istri yang sabar ialah seorang wanita yang mulia karena memiliki sifat penyayang.

11. Ciri Wanita Mulia

“Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya”. (HR Timidzi no. 1159). Wanita yang mulia dapat dilihat dari sikapnya terhadap suami, jika ia bersabar maka jelas bahwa ia memiliki hati yang mulia karena istri memang sudah kodratnya tunduk pada suami.

12. Menyempurnakan Hak Suami

“Suami itu pelindung bagi wanita (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki laki) di atas sebagian yang lain (wanita)”. (QS An Nisa : 34). Hak suami yang sempurna akan tercapai jika memiliki istri yang baik yang mau menuruti perintahnya, istri yang sabar merupakan cermin dari hal tersebut sehingga suami memiliki hak yang sempurna.

13. Menjadi Wanita Terbaik di Mata Allah

“Wanita terbaik yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelesihi sesuai pada diri dan hartanya. Serta melayani suami sebaik mungkin dan menjauhkan suami dari benci”. (HR Ahmad). Alalh sangat memuliakan istri yang sabar pada suaminya sehingga Allah memberi imbalan berupa surga.

14. Dikabulkan Doanya

“Wahai Tuhan bangunkanlah untukku sebuah rumah di surga di sisiMu dalam surga dan selamatkan daku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan daku dari kaum yang zalim”. (QS At Tahrim : 11). Doa tersebut ialah doa yang diucapkan Aisyah ketika menghadapi kemarahan dan siksa dari suaminya, Allah pun mengabulkan doanya untuk mendapat rumah di surga di sisi Allah dan Allah menjadikannya sebagai salah satu wanita paling mulia di dunia.

======

8 Manfaat Buah Bit, Si Merah dengan Segudang Nutrisi

Di balik rasanya yang terbilang unik, ada beragam manfaat buah bit bagi kesehatan. Tanaman berwarna merah keungunan ini mengandung berbagai nutrisi yang diketahui baik untuk menjaga tekanan darah hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Bit sebenarnya bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi. Namun, karena bentuk dan warnanya, bit sering kali disangka sebagai buah-buahan.

Bit sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung beragam nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi.

Selain itu, bit juga rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, serta kaya akan antioksidan.

Beragam Manfaat Buah Bit
Berkat kandungan beragam nutrisi di dalamnya, bit dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah

Bit kaya akan kandungan nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Bahkan, ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah meski hanya sedikit. Manfaat ini diduga berasal dari pigmen merah betalain dan antioksidan di dalam bit.

2. Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk otak. Tak hanya itu, bit juga baik untuk mencegah berkembangnya gejala pikun. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bit baik dikonsumsi untuk lansia..

3. Mengendalikan kadar gula darah

Buah bit juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, sebab mengandung senyawa kimia yang dapat mengendalikan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

Selain itu, bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga dapat mencegah kerusakan sel dan memperbaiki saraf yang rusak pada penderita diabetes.

4. Meningkatkan kinerja fisik

Mengonsumsi jus bit diketahui dapat menambah stamina, sehingga Anda pun bisa lebih semangat saat berolahraga. Manfaat ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan nitrat dalam bit diduga mampu meningkatkan kinerja fisik dan stamina tubuh.

5. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Peradangan merupakan respons alami tubuh untuk melawan benda asing. Namun, peradangan yang berlangsung lama atau kronis bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan jaringan tubuh.

Nah, untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi buah bit secara rutin. Berbagai kandungan nutrisi di dalam buah bit diketahui dapat mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi.

6. Mencegah kanker

Bit juga dipercaya dapat mencegah kanker. Klaim ini didasarkan pada hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstrak bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Efek tersebut berasal dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit.

7. Mendukung kerja saraf dan otot

Bit kaya akan kalium yang dapat membantu saraf dan otot tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, bit juga diketahui dapat mencegah kram otot dan kelelahan.

8. Memelihara kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam bit bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa serat bermanfaat untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna akibat peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Selain itu, senyawa betaine dalam buah bit juga dapat mengurangi kembung, mencegah intoleransi makanan, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Selain berbagai manfaat di atas, bit juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tanaman umbi ini kaya akan folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi bit pada ibu hamil sebaiknya tetap dibatasi.

Manfaat buah bit bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun, berbagai manfaat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Selain itu, meski buah bit memiliki segudang khasiat, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan mengganggu fungsi ginjal.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menambahkan bit ke dalam menu makan sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, terutama bila Anda menderita penyakit tertentu. Dengan demikian, Anda pun bisa memperoleh manfaat buah bit secara maksimal.

Tags: #manfaat buat bit #simerah dengan segudang manfaat #untuk yang bertahan demi anak dan berpura-pura tegar