Urusan harta warisan belum usai, keluarga Dorce dan anak angkat ribut di makam


Pada Minggu 27 Maret 2022 tepat 40 hari Dorce Gamalama meninggalkan kita semua. Pihak keluarga pun mengadakan tahlilan dan mengunjungi makam.

Melansir status Selebriti, terlihat anak angkat Dorce menggelar tahlilan di Panti Asuhan miliknya untuk memperingati 40 hari kepergian bunda Dorce Gamalama. Bukan hanya anggota panti asuhan saja, tahlilan juga diikuti para tetangga di sekitar panti.

Namun di satu sisi, hubungan antara anak angkat dan juga keluarga mendiang Dorce Gamalama dikabarkan tidak harmonis.

Dalam suasana duka bahkan terlihat insiden saling usir dan saling sindir antara kakak almarhum Dorce dan anak angkatnya.

Pihak anak angkat buru-buru meninggalkan makam setelah didatangi oleh kakak dan keponakan Dorce hingga sempat rebut di pemakaman tersebut.

Terdengar perintah jangan mengambil barang dan mengaku tidak ikhlas dari Elita yang merupakan kakak kandung Dorce Gamalama.

Keributan ini diduga terkait bagi-bagi warisan yang hingga saat ini belum selesai dan masih menggantung.

Pihak keluarga menantikan pembacaan surat wasiat yang dijadwalkan akan dibaca setelah 40 hari kepergian Dorce.

Namun, jelang pembacaan wasiat tersebut, cekcok antara kakak kandung dan anak-anak angkat Dorce lebih dulu terjadi pada saat kedua kubu bertemu secara tidak sengaja di makam.

“Masalah barang-barang itu tolong jangan dikeluarin dulu, jangan ingin bertindak sendiri,” kata Elita almarhum Dorce dikutip HOPS.ID melalui Status Selebritis di kanal Youtube SCTV.

Dari pihak keluarga menilai bahwa anak angkat Dorce terlihat ingin menguasai dan keukeuh menggunakan nama Dorce yang tercatat di negara dibanding nama pemberian keluarga pada batu nisan.

“Aku enggak serakah, tapi tolong hargai aku kakak kandung Dorce,” tutur Elita.

Pada dasarnya pihak keluarga ingin surat wasiat dari mendiang Dorce dapat dibacakan segera.

Keluarga juga berharap agar pihak anak-anak angkat Dorce pun mau merundingkan secara kekeluargaan untuk menyelesaikan masalah harta warisan tersebut.***

Harta warisan Dorce Gamalama disebut jadi rebutan, ini tata cara anak angkat berhak dapat bagian

Beredar informasi bahwa harta warisan Dorce Gamalama menjadi rebutan antar keluarganya dan anak angkat almarhum.

Mimi keponakan Dorce Gamalama sempat buka suara dan membantah hal itu terjadi. “Untuk rebutan enggak, untuk apa sih rebutan. Kita enggak rebutan karena harta enggak dibawa mati. Paling kita bicarakan baik-baik,” kata Mimi Artati dikutip Hops.ID dari akun YouTube Cumicumi yang diunggah Selasa 22 Februari 2022 lalu.

Dorce Gamalama sendiri sudah membuat wasiat mengenai harta peninggalannya ke notaris. Dalam wasiatnya itu, keempat anak angkatnya menerima rumah masing-masing.

Namun, yang jadi pertanyaan apakah boleh anak angkat menerima warisan dari orangtua bukan kandungnya?

Dikutip Hops.ID dari situs pa-jakartatimur.go.id, dalam hukum kewarisan anak angkat tidak termasuk ahli waris. Karena secara biologis tidak ada hubungan kekeluargaan antara anak angkat dengan orangtua angkatnya. Kecuali anak angkat itu diambil dari keluarga orangtua angkatnya.

Karena bukan ahli waris, maka anak angkat tidak mendapatkan bagian sebagai ahli waris dari warisan orangtua angkatnya. Walaupun tidak mendapat warisan dari orangtua angkatnya, akan tetapi anak angkat mendapat wasiat wajibat untuk mendapatkan harta warisan orangtua angkatnya.

Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh KHI dalam pasal 209 ayat (a): “Terhadap anak angkat yang tidak menerima wasiat diberi wasiat wajibah sebanyak 1/3 dari harta warisan orangtua angkatnya.”

Di situs itu juga menyebut jika pengangkatan anak itu dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka tidak akan menimbulkan sengketa kewarisan.

Masih ada ahli waris sedarah, pengacara keluarga Dorce Gamalama: Wasiat itu kan hanya sepertiga

Belum genap satu bulan artis Dorce Gamalama meninggal. Kini muncul polemik baru tentang harta warisan miliknya yang diperebutkan oleh anak angkat dan keluarga kandung si artis.

Baru-baru ini tersiar kabar jika anak angkat dan keluarga kandung Dorce Gamalama berseteru karena memperebutkan harta warisan.

Kabar yang beredar mengatakan jika harta benda atau warisan dari Dorce Gamalama akan jatuh ke tangan ke empat anak angkatnya.

Tak hanya itu saja, rumornya Dorce Gamalama telah memberikan keempat anak angkatnya sebuah rumah untuk masing-masing orang.

Namun pihak keluarga kandung Dorce akhirnya bersuara mendengar polemik harta warisan tersebut.

Pengacara keluarga Dorce mangatakan jika pada dasarnya Dorce tidak memiliki anak, oleh sebab itu persoalan harta waris seharusnya mengikuti hukum yaitu memprioritaskan ahli waris sedarah.

“Persoalan peninggalan harta almarhum Dorce, dia ini kan tidak mempunyai anak, hanya anak angkat. Jadi kita harus mengikuti hukum, bahwasannya ahli waris yang ditinggalkan itu adalah sedarah dulu,” ungkap pengacara keluarga Dorce.

Menurut pengacara, perseteruan tentang harta waris ini seharusnya tidak perlu terjadi karena sebenarnya ahli waris sedarah masih ada.

“Rupanya ada yang sedarah, jadi saya melihat ada persinggungan anak angkat dan ahli waris sedarah mau saya luruskan, agar harta-harta peninggalan ini menjadi amal ibadah baik yang meninggalkan maupun yang ditinggalkan,” terang pengacara keluarga Dorce.

Sang pengacara juga mengatakan jika anak angkat Dorce Gamalama hanya akan mendapatkan harta warisan Dorce tak lebih dari sepertiganya.

“Saya tengok ada pertentangan dari anak angkat dengan ahli waris sedarah, jadi secara hukum hak anak angkat mendapatkan harta warisan pada prinsipnya tidak. Dia akan mendapatkan harta wasiat, dan tidak lebih dari sepertiga dari total harta setelah dihitung dengan utang,” ujarnya.

Ia juga mengomentari tentang wasiat Dorce yang dibuat ketika masih ada ahli waris sedarah. Menurutnya jika sudah ada ahli waris sedarah yang masih hidup, surat wasiat tersebut tidak diperlukan.

“Sekarang kan sudah ada ahli warisnya nih, kenapa harus wasiat lagi? Kalau wasiat itu kan hanya sepertiga,” tuturnya seperti dikutip Hops.ID dari Pikiran Rakyat pada Rabu, 9 Maret 2022.

Pengacara keluarga Dorce juga tengah berupaya berkomunikasi dengan mantan pengacara almarhum terkait harta warisan Dorce.

“Sehingga saya tadi sudah berupaya untuk melakukan validasi kepada mantan pengacara almarhum mengapa pada saat meninggal beliau memberikan statement soal harta benda Ibu Dorce,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat tidak mengambil persepsi yang keliru tentang pembagian harta waris Dorce terutama ketika ahli waris sedarah masih hidup.

“Karena ada toh ahli waris yang sedarah, jadi kita juga jangan mengambil persepsi yang keliru. Saat ini ahli warisnya masih ada dan masih hidup,” terangnya lagi.***