Ustaz Abdul Somad Dikarunia Putra Pertama dari Fatimah Az Zahra, Siapa Namanya?


Ustaz Abdul Somad alias UAS membawa kabar gembira. Ya! Istri UAS, Fatimah Az Zahra Barabud baru saja melahirkan anak pertama mereka pada hari ini, Kamis, 17 Februari 2022.

Kabar bahagia itu disampaikan langsung oleh UAS sendiri di Instagram pribadinya @ustadzabdulsomad_official.

Dia mengunggah foto memperlihatkan bayi mungilnya kepada para penguna Instagram. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Istri UAS melahirkan

Lewat laman depan akun Instagram pribadinya, Ustaz Abdul Somad alias UAS mengunggah foto sedang menggendong seorang bayi laki-laki.

Dalam keterangan, UAS mengucap rasa syukur atas kelahiran buah cintanya ke dunia. Namun, ustaz 44 tahun tersebut tak menyebutkan siapa nama buah hatinya.

“Alhamdulillah telah lahir anak laki-laki kami pada pukul 19.15 tadi hari Kamis malam Jumat 17 Rajab 1443 – 17 Februari 2022 berat 3,5 kg panjang 52 cm. Mohon doa semoga menjadi anak solih,” tulis UAS di Instagram dilansir Hops.ID pada Kamis, 17 Februari 2022.

Unggahan itu pun menuai banyak ucapan selamat dan rasa syukur dari warganet dalam kolom komentar.

“Alhamdulillah,” kata Putra Siregar.

“Alhamdulillah, selaat ustaz atas kelahiran putranya,” ujar warganet.

“Semoga kan menjadi penerus dakwah tuan guru,” ucap lainnya.

“Ma Sya Allah Tabaarakallah, barakallah tuan Guru. Semoga anaknya jadi anak saleh, penghapal Alquran, dan berbakti kepada kedua orang tua,” ujar Taqy Malik.

UAS menikah lagi
Diketahui, ini merupakan anak pertama UAS dari pernikahannya dengan Fatimah Az Zahra Barabud. Keduanya resmi menikah pada April 2021 lalu.

Pernikahan UAS dan perempuan berusia 19 tahun saat itu diselenggarakan di kediaman Fatimah, di Jombang, Jawa Timur.

Pertemuan UAS dan Fatimah berawal dari K.H Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, yang juga merupakan kiai di tempat Fatimah Az Zahra menimba ilmu.

Dalam sebuah kesempatan, K.H. Hasan Abdullah menjelaskan awal mula pertemuan antara UAS dengan sang istri.

Kiai Hasan mengatakan, mantan suami Mellya Juniarti itu awalnya menyampaikan takziyah anaknya yang meninggal, kemudian membicarakan soal pernikahan.

“Saat itu UAS menyampaikan takziyah meninggalnya anak saya lewat WhatsApp, lalu obrolan berlanjut soal pernikahan,” ungkap K.H Hasan Abdullah Sahal pada April 2021 lalu di YouTube Kupas Kupas Channel.

Kepada Kiai Hasan Abdullah, UAS minta dicarikan perempuan penghapal Alquan. Kata UAS, dirinya ingin menikah dengan hafizah karena sedang merintis pesantren tahfiz Alquran.

“UAS minta tolong agar dicarikan jodoh yang hafidzoh (penghafal Quran). Insya Allah ini pasangan yang baik yang siap berdakwah meninggikan kalimatullah,” tuturnya.

Sebagai informasi, UAS pertama kali menikah dengan Mellya Juniarti pada 2012 lalu dan dikaruniai seorang anak bernama Mizyan Hadziq Abdillah. Namun, pernikahan itu berakhir di meja perceraian pada 2019 lalu.

Setelah UAS menikah dengan Faitmah, Mellya sempat mengucapkan selamat dan membuat pengakuan kalau UAS sudah menikah tiga kali.

“Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan. Semoga pernikahan ketiga ini langgeng. Bahagia dunia akhirat,” pungkas Mellya Juniarti.

Ustaz Abdul Somad Dikarunia Putra Pertama dari Fatimah Az Zahra, Siapa Namanya?

Kabar bahagia datang dari Ustaz Abdul Somad atau akrab disapa UAS.

UAS bersama sang istri Fatimah Az Zahra baru saja dikarunia anak laki-laki.

Kabar bahagia itu disampaikan oleh UAS melalui akun pribadinya di Instagram.

Dalam unggahan terbarunya, Ustaz Abdul Somad terlihat tengah menggendong bayi di ruang perawatan.

Di foto tersebut, UAS tampaknya masih berada di rumah sakit pasca-istrinya bersalin.

“Alhamdulillah telah lahir anak laki-laki kami pada pukul 19.15 tadi, hari Kamis malam Jumat, 17 Rajab 1443 – 17 Februari 2022,” tulis Ustaz Abdul Somad melalui akunnya di Instagram, Kamis (17/2).

Dia mengatakan bahwa bayi laki-lakinya itu memiliki bobot tubuh seberat 3,5 kioogram.

“Beratnya 3,5 kilogram, panjang 53 sentimeter. Mohon doa untuk menjadi anak saleh,” tutur UAS.

Unggahannya itu lantas mendapat banyak ucapan selamat dari warganet dan publik figur.

Salah satunya adalah pesinetron Adrian Maulana.

Dia turut mengucap syukur atas kelahiran anak laki-laki UAS dengan Fatimah Az Zahra.

Adrian Maulana juga mendoakan agar kelak putra UAS menjadi anak yang saleh dan pemberani.

“Alhamdulillah Ustaz. Semoga menjadi anak saleh yang gagah, cerdas, berani, dan dicintai orang banyak kelak. Amin,” kata Adrian Maulana dalam kolom komentar.

Ada pula Sandiaga Uno dan Arie Untung yang mengucapkan selamat dan syukur atas kelahiran putra UAS.

Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra resmi menikah pada 28 April 2021.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad pernah menikah dengan perempuan bernama Mellya Juniarti pada Oktober 2012.

Namun, keduanya memilih berpisah dan resmi bercerai pada Desember 2019.

Perjalanan Dakwah UAS, dari Mobil Mustang hingga Helikopter

Ustaz Abdul Somad tengah ramai diberitakan punya mobil Mustang. Dalam foto-foto yang beredar, ia tengah mengendarai mobil berkelir hijau itu.

UAS kala itu tengah menjalani safar ke beberapa daerah. Ia disebut kerap mendapatkan sambutan yang beragam dari jamaahnya di setiap tempat.

Memakai mobil muscle asal Amerika Serikat itu juga jadi salah satu cara jamaah menyambut UAS. Tak cuma memakai Mustang, UAS juga disebut pernah dijemput dengan sepeda.

“Ada yang menyambut UAS dengan meminta UAS membawa Vespa, motor CB70, bahkan sepeda juga pernah,” kata Koordinator media UAS, Faiz Sumarno kepada detikcom.

Berbagai penyambutan itu juga disebutnya membuat UAS kerap terkejut. Selain disambut memakai perahu kecil saat melintasi sungai, UAS juga pernah memakai helikopter untuk mendatangi lokasi safar dakwahnya.

“Jarak perjalanan pun jamaah ukur, ada yang memang membutuhkan helikopter, pesawat capung. Bahkan ada juga pernah UAS pergi dakwah harus dengan perahu kecil di sungai,” kisahnya.

Beberapa foto juga menjadi bukti perjalanan UAS terkadang tidak mulus-mulus amat. Ia terlihat pernah terjebak lumpur saat melintasi medan berat dengan mobil.

Meski demikian, UAS disebutnya tak pernah mengeluh. Ia kerap mengikuti alur dari perjalanan tersebut.

“Dakwah menurut beliau haruslah mengikuti alurnya. Dan jamaah menyambut UAS dengan cara yang menyenangkan dengan cara masing-masing. UAS pun ikut dengan cara jamaah yang berbeda,” tukasnya.

Kata Ustaz: Haram Pindahkan Makam!

Masih terus ramai soal keinginan Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam Vanessa Angel. Berdalih karena wasiat dan didatangi Vanessa Angel lewat mimpi, Doddy Sudrajat memastikan makam sang anak benar-benar akan dipindahkan.
Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam Vanessa Angel satu liang lahad dengan almarhum mantan istrinya atau ibunda Vanessa Angel. Selain dua alasan, didatangi Vanessa Angel lewat mimpi dan ingat keinginan almarhum, Doddy khawatir pemakaman tempat Vanessa dikubur akan terkena perluasan jalan.

Kata Ustaz menyorot soal pemindahan makam. Ustaz Abdul Somad atau UAS mengambil beberapa referensi untuk menjelaskan hukum dalam Islam memindahkan makam.

Semua dalil yang dijelaskan oleh UAS semua mengharamkan adanya pemindahan makam. Akan tetapi, makam boleh dipindahkan jika darurat.

Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad kepada detikcom soal hukum memindahkan makam dalam Islam:

أما نقله بعد دفنه فحكمه ما يأتي:
قال الحنفية: يحْرُمُ إخراجه ونقله، إلا إذا كانت الأرض التي دفن فيها مغصوبة، أو أخذت بعد دفنه بالشفعة، يعني استحقها شخص آخر مجاور لها.
وقال الشافعية: يحْرُم نقله إلا لضرورة، كمن دُفن في أرض مغصوبة، فيجوز نقله إن طالب بها مالكها.
وقال الحنابلة: يجوز النقل بالشروط المذكورة في النقل قبل الدفن، فإن فقد شرط كان النقل حرامًا قبل الدفن وبعده.
وقال المالكية: يجوز نقله بالشروط الثلاثة المذكورة في النقل قبل الدفن، فإن فُقِد شرط منها حُرِّم النقل.
“انظر كتاب الفقه علىالمذاهب الأربعةـ نشر وزارة الأوقاف المصرية”.

Hukum memindahkan jenazah
Mazhab Hanafi: Haram. Kecuali jika tanah tersebut tanah rampasan.
Atau ternyata tanah itu milik orang lain.

Mazhab Syafi’i: Boleh, jika darurat tingkat tinggi. Misalnya, ternyata tanah itu dulu tanah rampasan, sekarang pemiliknya menuntut kembali.

Mazhab Hambali: Boleh. Dengan syarat tersebut di atas. Jika tidak seperti di atas, maka memindahkah jenazah yang sudah dikubur hukumnya haram.

Mazhab Maliki: Boleh. Jika cukup syarat di atas. Jika tidak cukup syarat, haram.

Sumber: Kitab Al-Fiqh ‘ala al-Maadzahib al-Arba’ah Fiqh empat mazhab. Hukum asalnya, tidak boleh dikebumikan beberapa jenazah dalam satu lobang. Kalau sudah terjadi, sudah dikebumikan, haram hukumnya dibongkar lagi. Biarkan saja.

وما دام أنه قد تم الدفن فلا ينبش إذا كان قد تغير جسد الميت، قال ابن قدامة رحمه الله: إن تغير الميت، لم ينبش بحال. وقال النووي رحمه الله تعالى: إن تغير الميت وكان في نبشه هتك لحرمته لم ينبش وإلا نبش. أي عند وجود السبب المبيح للنبش.

Kalau sudah dikebumikan, tidak boleh dibongkar. Imam ibnu qudamah. Imam Nawawi.