Ustaz Yusuf Mansur Tak Terima Dituduh Utamakan Duniawi, Begini Pembelaannya


Ustaz Yusuf Mansur angkat bicara usai ditudung lebih mengutamakan dunia ketimbang akhirat. Hal itu terlihat dalam unggahannya di Instagram pada Kamis (28/4/2022).

Di situ, Ustaz Yusuf Mansur membagikan salah satu komentar dari netizen yang menyebut dirinya lebih prioritaskan duniawi.

“Kan banyak sekali keterangan-keterangan bahwa akhirat itu utama sementara dunia itu hina. Tapi kenapa Ustaz selalu prioritas dunia dunia dunia mulu,” kata si netizen.

Menanggapi itu, Ustaz Yusuf Mansur membantahnya. Dia bilang kalu menganggap sama antara dunia dan akhirat.

“Saya termasuk yang tidak membedakan perkara-perkara dunia dengan akhirat. Tidak ada dikotomi,” jawab Ustaz Yusuf Mansur.

Menurutnya semua saling berkaitan. Apa yang dilakukan di dunia juga akan dibawa ke akhirat.

“Selama dijalankan beriringan dan justru semuanya terkait. Dan tidak ada perkara dunia, selama ia dibawa ke akhirat,” imbuh Ustaz Yusuf Mansur.

Tidak menunggu lama, postingan ini pun langsung ramai dikomentari para netizen.

“Nggak ngaruh pak Mansur mau pakai timer atau nggak. Kan emang poinnya sesuai yang Anda katakan itu. Sudah akui aja emang yang Anda sampaikan itu SALAH. Karena Rasulullah pun tak pernah mengajarkan sedakah seprti yang Anda sampaikan itu,” tulis @fatih.fathiya2616.

“Ceramahnya cuma cuan-cuan mulu,” timpal @wawan_anakbangsa.

“Kalo mind setnya dah dunia. Urusan akherat pun dibawa ke bisnis duniawi,” sambung @heruwahyu_mojo.

‘Akan Belajar dari Beliau-beliau’ Ustaz Yusuf Mansur Dibully, Dibandingkan dengan Pendakwah Lain

Ustaz Yusuf Mansur kembali jadi sorotan.

Sebelumnya, video marah-marahnya tersebar di sosial media.

Sejak itu, Ustaz Yusuf Mansur jadi sorotan, pun dengan Wirda Mansur.

Hal itu membuatnya bulan-bulanan netizen. Ia dibully.

Dan belum lama ini, muncul rekaman percakapan telepon diduga antara Ustaz Yusuf Mansur dengan seorang perempuan yang menagih utang padanya.

Rekaman percakapan telepon itu pun viral di media sosial.

Dalam percakapan itu, orang diduga Yusuf Mansur sempat memaki lawan bicaranya dengan ucapan “gobl*k.”

Sontak rekaman itu menuai sorotan netizen.

Tak sedikit yang kemudian membandingkan Ustaz Yusuf Mansur dengan pendakwah lainnya.

Bahkan Ustaz Yusuf Mansur sendiri membagikan komentar tersebut melalui Instagram Story-nya.

“Mendingan gausah ceramah sekalian!!!

Mendingan modelan Gus Baha, Gus Novel, Buya Yahya, Ust Adi Hidayat aja yang ceramah, ustadz yang beneran ilmunya, paham kitabnya, ga abal-abal, beneran mengenyam madrasah dari kecil, ga bahas duit mulu,” tulis netizen dengan nama akun yiyomannn, Kamis (28/4/2022).

Selanjutnya, Ustaz Yusuf Mansur menanggapi komentar pedas tersebut.

“Insya Allah saya akan belajar dari beliau-beliau dan darimana-mana.

Mohon doanya,” jelas Yusuf Mansur.

Menilik kolom komentar di postingan Instagram milik Yusuf Mansur, banyak warganet yang menghujatnya.

Tapi, ada juga yang membelanya.

Dipaksa Berhenti Ceramah Gegara Sering Bahas Duit, Ustaz Yusuf Mansur Malah Minta Doa: Bismillah

Ustaz Yusuf Mansur merespons masyarakat yang memintanya untuk berhenti ceramah.

Diketahui, nama Ustaz Yusuf Mansur kerap menjadi sorotan usai videonya marah-marah membahas Paytren viral di media sosial.

Dalam video itu, ia tampak ngamuk hingga menggebrak meja karena butuh uang Rp 1 triliun.

Kehebohan yang disorot dari ustaz Yusuf Mansur tak sampai di situ.

Ia juga ramai dituding telah melakukan penipuan terkait dana investasi uang patungan usaha hotel serta apartemen haji dan umrah.

Diketahui, ada total 12 orang diduga menjadi korban ingkar janji alias wanprestasi oleh Yusuf Mansur.

Akhirnya, ayah Wirda Mansur itu kini diminta untuk berhenti ceramah karena dinilai tak pantas memberikan ajaran agama.

“Gausah ceramah sekalian.” tulis akun instagram @yiyomannn yang diunggah ustaz Yusuf Mansur di Instagram pribadinya pada Kamis, 28 April 2022.

Netizen menilai jika masih banyak pemuka agama selain ustaz Yusuf Mansur yang lebih mumpuni dalam memberikan ceramah.

“Mending modelan Gus Baha, Gus Novel, Buya Yahya, Ust Adi Hidayat aja yang ceramah,” tambah akun @yiyomannn.

Pasalnya, netizen menaruh kekesalan tersendiri pada ustaz Yusuf Mansur yang dinilai selalu menyinggung urusan uang dalam setiap ceramahnya.

“Ustadz2 yang beneran ilmunya, paham kitabnya, ga abal2, beneran mengenyam madrasah dari kecil, ga bahas duwidddddd mulu,” pungkas akun @yiyomannn.

Menanggapi keluhan netizen tersebut, ustaz Yusuf Mansur memberikan jawaban bijak.

“InsysaAllah saya akan belajar dari beliau2 dan darimana2. Bismillah. Mhn doanya yaaa…” pinta ustaz Yusuf Mansur.

Masa lalu Ustaz Yusuf Mansur terkuak

Akhir-akhir ini nama Ustaz Yusuf Mansur ramai dibicarakan.

Pasalnya, beredar video saat Yusuf Mansur mengamuk lantaran membutuhkan uang triliunan rupiah demi menjalankan bisnis miliknya.

Setelah beredarnya video tersebut, kini di sosial media beredar luas video-video lawas Yusuf Mansur saat berbicara mengenai bisnis dan sedekah.

Bahkan diketahui, ayah Wirda Mansur itu pernah dibui karena bisnis yang dijalaninya.

Hal itu terungkap saat Yusuf Mansur mengenang masa-masa sulit saat dirinya pernah dibui karena sebuah kasus.

Cerita Yusuf Mansur ini sontak membuat Rhenald Kasali selaku pakar keuangan penasaran.

Dia penasaran, bagaimana bisa seorang mantan napi bisa berubah menjadi ustaz.

“Gimana ceritanya bisa jadi ustaz karena dulu ceritanya pernah masuk penjara?” tanya Rhenald Kasali saat mewawancarai Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur kemudian menjawabnya dengan mengatakan karena bersedekah ia bisa berubah.

“Giving is changing, bahwa sedekah itu ya adalah perubahan. Jadi kalau anda bersedekah maka anda akan berubah,” jawab Ustaz Yusuf Mansur.

Berawal dari keadaannya yang terpuruk pada saat itu, Ustaz Yusuf Mansur belajar tentang berkah sedekah.

“Waktu itu kan saya dipenjara Pak Rhenald Kasali,” kata Ustaz Yusuf Mansur mengawali obrolan.

Namun, mendadak Rhenald Kasali menyela, “Ntar dulu, dipenjara karena apa nih?” tanyanya.

“Karena bisnis,” sahut ayah Wirda Mansur ini.

Lantaran belum puas dengan jawaban yang diberikan oleh Ustaz Yusuf Mansur, Rhenald Kasali kembali mencecar sang dai.

“Nipu orang? Pokoknya ada masalah?” tanyanya lagi.

“Ya adalah pokoknya. Sebenarnya saya sudah pengin ngelupain nih tapi disuruh ingat-ingat lagi,” terang Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur lantas melanjutkan ceritanya soal keajaiban bersedekah.

Kala itu, ia mengaku memberikan sepotong roti kepada sekumpulan semut di penjara.

Tak hanya itu, Ustaz Yusuf Mansur juga sempat berdialog pada semut-semut tersebut.

Kebetulan saat itu para tahanan yang lain sudah terlelap.

“Semut, Tuhan lu kan sama ma gue Allah supaya gue ini ma teman-teman (tahanan) lain dapat makanan,” ujarnya mengenang.

“Kayaknya tuh semut pada mengangguk sih hahaha.

Lalu saya balik dan menghadap ke tembok, saya seperti seseorang yang lagi bagus sekali imannya saya bilang, ‘Kayaknya sebentar lagi datang nih nasi,’ eh bener pintu saya diketuk,” imbuh Ustaz Yusuf Mansur.

Rupanya yang datang adalah seorang polisi yang berjaga dan menawarkan makanan pada Ustaz Yusuf Mansur serta tahanan lainnya.

Hal itulah yang dijadikan Ustaz Yusuf Mansur pelajaran sampai saat ini.

“Itu pelajaran pertama, gara-gara semut mendoakan itu.

Baru kasih roti sepotong apalagi satu, bisa dapat restorannya itu,” terangnya.

Pun setelah bebas dari penjara, Ustaz Yusuf Mansur berjanji kepada kedua orangtuanya untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Bermodalkan pelajaran yang selama ini didapatnya dari penjara.

“Tiga hari setelah keluar dari penjara, saya mencoba menunjukkan sama orangtua saya kalau saya akan menjadi The New Yusuf Mansur.

Saya tidak mau lagi main proyek, main harta yang haram. Saya coba dagang di Terminal Kalideres,” pungkas Yusuf Mansur.

Seperti diketahui. belakangan ini nama Ustaz Yusuf Mansur ramai dibicarakan.

Pasalnya, beredar video saat Yusuf mengamuk lantaran membutuhkan uang triliunan rupiah demi menjalankan bisnis miliknya.

Lantaran viral videonya yang marah-marah, Ustaz Yusuf Mansur pun mengklarifikasinya melalui postingan akun Instagram pribadinya.

Melalui unggahan Instagramnya terlihat ia mengunggah tangkapan layar pernyataannya.

Ustaz Yusuf Mansur pun akhirnya mengakui kesalahan yang ia perbuat.

“Termasuk kesalahan juga adalah merasa sabar. Merasa udah bersabar. Sungguh ini juga jadi kesalahan,” tulis Ustaz Yusuf Mansur, Jumat (8/4/2022)

“Buat kwn2 yg kemudian bersalah, Jatuh pd kesalahan, itu manusiawi banget2. Bangkit aja lagi. Bangun aja lagi. Belajar lagi aja terus. Perbaiki diri. Perbaiki semua2,”

Kemudian Ustaz Yusuf Mansur pun mengingatkan bahwa perjalanan seorang manusia adalah belajar.

“Perjalanan seorang anak manusia adalah perjalanan belajar… Belajar bener dari semua episode kehidupan,” lanjutnya.

Ia pun mengharapkan untuk bisa saling mendoakan.

“Saling doa yaaa… Salam sama keluarga semua… Yusuf Mansur yang banyak salahnya, minta didoakan gitu… Bismillaah walhamdulillaah,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya beberapa waktu yang lalu beredar sebuah video beberapa orang yang merasa ditipu oleh ustaz Yusuf Mansur.

Dalam video tersebut juga tertulis bahwa banyak korban yang sudah terlanjur menginvestasikan uangnya dengan jaminan yang menggiurkan.

Namun sampai sekarang jaminan tersebut belum diterima oleh orang-orang tersebut.

Ustaz Yusuf Mansur yang dituduh seperti itu akhirnya buka suara melalui akun instagram pribadinya @yusufmansurnew.

Melalui postingannya ia meminta untuk rekan media tidak usah konfirmasi mengenai hal tersebut kepadanya.

Ustaz Yusuf Mansur pun mempersilakan untuk orang-orang yang merasa ditipu segera ke kantor polisi.

“Buat kwn2 media… Ga usah konfirmasi ke saya… Hehehe.

Lsg aja muat apa adanya menurut versi beliau2 dan mereka2.

Kalau perlu, wawancara beliau2 dan mereka2 saja. Demikian ya. Biar saya ga jawab wa satu demi satu.

Dan saya udah persilahkan jauh2 hari, ke polisi aja. Ke hukum. Biar tau siapa sih yang nipu… Siapa sih yang sbnrnya bermain.

Mangga. Adapun saya mah lah, siapa sih… Masih untung cuma disebut penipu. Alhamdulillaah,” tulis Ustaz Yusuf Mansur

Ia pun ikhlas jika disebut dengan kata-kata penipu dan meminta doa kepada seluruhnya

“Sebab saya udah nerima disebut penipu. Tinggal minta didoain ajah.,” lanjutnya.

Ustaz Yusuf Mansur juga menjelaskan bahwa ia tidak akan lari dari hukum yang berlaku.

Ia akan ikuti seluruh proses hukum yang ada.

“Buat yang merasa ditipu, baiknya bener-bener ke polisi aja. Seperti selama ini, bertahun2.

Dan saya sebagai warga negara yang mencoba taat hukum, ga akan menghindar, ga akan lari, ga akan meninggalkan pesantren saya, kampung saya, kota saya, negeri saya.

“Mangga… Saya akan ikutin seluruh proses hukum. Sekali lagi.

“Seperti yang udah2 bertahun2. Semoga mereka dan beliau2 mendapatkan apa yang mereka dan beliau2 cari, dan yang mereka dan beliau2 mau…,” jelas Ustadz Yusuf Mansur.