Viral Nenek Berkumis dan Penuh Jenggot Layaknya Laki-Laki, Begini Kondisinya


Viral Nenek Berkumis dan Penuh Jenggot Layaknya Laki-Laki, Begini Kondisinya

Belum lama ini viral di lini masa seorang nenek miliki kumis dan jenggot. Sosok bernama Halimah tersebut mengidap stroke dan tidak dapat bekerja. Alhasil, ia sulit bercukur sampai terlihat seperti laki-laki.

Melansir dari Harian Metro, Kamis (2/9/2021) Che Halimah Che Mood (62) adalah lansia berkumis dan berjenggot. Ia mengatakan bahwa dirinya adalah wanita tulen yang hanya mengalami kelainan pada fisik.

” Saya bukanlah seorang laki-laki, saya adalah wanita tulen,” katanya pada Harian Metro, dikutip Diadona.id, Kamis (2/9/2021). Halimah telah mengidap stroke sejak delapan tahun terakhir.

Kelainan ini ia miliki semenjak berusia 20 tahun, karena pada usia tersebut wajahnya mulai tumbuh jenggot dan kumis. Saking lebatnya kumis dan jenggot, ia harus bercukur dua hingga tiga kali dalam seminggu agar bulu pada wajahnya hilang.

Halimah juga telah bertemu dengan dokter serta menjelaskan permasalahnya. Tim medis mengatakan ia mengalami masalah pada hormon tertosteron yang tinggi.

” Selama berpuluh-puluh tahun saya bercukur agar tidak dilihat aneh oleh orang sekeliling. Namun karena keadaan semakin lemah, sehingga sulit untuk bercukur setelah setengah badan lumpur (stroke),” paparnya.

Halimah tidak memiliki anak, selama ini ia menumpang nasib pada adik kandungnya bersama istri. Ia mendapat bantuan dari Dinas Kesejahteraan Sosial (JKM) yang biasanya digunakan untuk membeli popok sekali pakai.

” Sebelumnya, saya tidak terbuka untuk menceritakan masalah saya kepada orang lain kecuali kepada keluarga dekat saya, karena itu membuat saya kurang percaya diri,” katanya.

Mengutip dari Kompas.com hiperandrogen alias hormon androgen yang berlebihan bisa mengakibatkan banyak keluhan pada wanita, terutama terkait penampilan. Misalnya saja kulit berminyak, jerawat, hingga tumbuhnya rambut di area yang tidak biasa.

Gejala hiperandrogen pada wanita dapat terlihat antara lain pada kulit, yakni kulit berminyak, terutama pada bagian wajah hingga munculnya jerawat yang berlebihan.

Gejala lainnya adalah adanya hirsutisme, yakni pertumbuhan rambut tidak normal pada wanita yang menyerupai pola pertumbuhan rambut pria. Rambut ini kemungkinan akan tumbuh pada daerah atas bibir, dagu, sekitar jambang, dada, perut, lengan atas serta paha, dan daerah kemaluan (pubis).

======

Segudang Manfaat Bawang Hitam bagi Kesehatan

Kebanyakan dari kita mungkin masih asing dengan bawang hitam, padahal ada beragam manfaatnya yang sayang untuk dilewatkan. Selain dari warnanya yang hitam, bawang ini juga memiliki ciri khas lain, yakni teksturnya yang lembut dan kenyal, juga rasanya yang manis dan asam.

Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60–70 derajat Celsius selama 30–40 hari. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini.

Manfaat bawang hitam paling banyak didapatkan dari berbagai senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).

Selain itu, bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6.

Manfaat Bawang Hitam

Berikut ini adalah beragam manfaat bawang hitam yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sama dengan bawang putih, bawang hitam juga memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan hipertensi.

Selain itu, bawang hitam diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga mengurangi risiko Anda menderita penyakit jantung koroner.

2. Mencegah penyakit kanker

Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, bawang hitam juga diduga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah manfaat bawang hitam pada kanker kolorektal.

Aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif ini mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan berkembangnya sel kanker.

3. Menjaga fungsi otak

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam bawang hitam juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Khasiat ini diduga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, yakni kemampuan Anda dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan juga mampu mencegah Anda mengalami berbagai penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang hitam dapat menjaga sel-sel imunitas Anda dari kerusakan akibat radikal bebas berlebih. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh Anda akan mampu melawan berbagai miikroorganisme penyebab penyakit dengan lebih efektif.

5. Menjaga kadar gula darah

Kandungan senyawa polifenol, flavonoid, dan antosianin dalam bawang hitam bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sifat antioksidan dari senyawa-senyawa ini juga mampu mencegah berbagai komplikasi akibat penyakit diabetes.

Cara Mudah Mendapatkan Manfaat Bawang Hitam

Memperoleh bawang hitam mungkin tidak akan semudah mendapatkan bawang putih segar di pasaran. Namun, jangan khawatir. Anda bisa membuat bawang hitam sendiri di rumah hanya dengan menggunakan rice cooker. Berikut ini adalah beberapa langkahnya:

  1. Siapkan rice cooker dan masukkan beberapa siung bawang putih ke dalamnya.
  2. Atur tombol rice cooker ke setelan untuk menghangatkan (bukan untuk memasak).
  3. Diamkan selama 2 minggu dengan suhu hangat yang terus menyala.
  4. Setelah 2 minggu, keluarkan bawang yang sudah menghitam dari rice cooker.

Manfaat bawang hitam bisa Anda dapatkan dengan risiko efek samping yang tergolong minimal. Setelah melewati proses fermentasi, bawang hitam sudah bisa langsung Anda konsumsi, atau bisa juga Anda tambahkan ke dalam hidangan lainnya sebagai pengganti bawang putih segar.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika masih ragu untuk menambahkan bawang hitam ke dalam hidangan sehari-hari, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dengan begitu, dokter bisa menyarankan asupan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

======

Ini Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal

Memiliki ukuran lingkar perut normal biasanya dikaitkan dengan penampilan tubuh yang ideal. Padahal tidak hanya itu, menjaga lingkar perut normal juga penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Mari ketahui batas lingkar perut normal dan cara menjaganya tetap ideal.

Lingkar perut normal menggambarkan kadar lemak perut yang normal. Lemak perut terdiri dari lemak subkutaneus (lemak yang terletak di bawah kulit) dan lemak visceral (lemak yang mengelilingi hati dan organ perut lainnya). Kedua jenis lemak ini, terutama lemak viseral, perlu dikurangi karena dapat menjadi awal dari banyak penyakit.

Cara Mengukur Lingkar Perut Normal

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas aman lingkar perut normal bagi pria adalah 90 cm dan untuk wanita adalah 80 cm. Lingkar perut yang melebihi batas ini menandakan bahwa Anda memiliki lemak perut yang berlebih.

Untuk mengukur lingkar perut, Anda hanya memerlukan pita pengukur. Kemudian ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini:

  1. Singkapkan atau lepaskan pakaian Anda terlebih dahulu agar tidak menghalangi pita pengukur.
  2. Lingkarkan pita pengukur pada perut sejajar dengan pusar. Tempatkan titik 0 di pusar.
  3. Pastikan pita pengukur tidak terlalu kencang dan tidak juga terlalu longgar.
  4. Jangan menahan napas saat mengukur lingkar perut.
  5. Lihat angka pada pita pengukur yang bertemu dengan titik 0.
  6. Angka yang bertemu dengan titik 0 saat Anda mengembuskan napas adalah ukuran lingkar perut Anda.

Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Menjaga lingkar perut tetap normal adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan juga akan terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lingkar perut normal:

1. Olahraga

Salah satu cara untuk menjaga lingkar perut normal adalah dengan rutin berolahraga setiap hari. Cobalah untuk melakukan latihan aerobik sedang, seperti senam aerobik atau jalan cepat, setidaknya 30 menit per hari. Anda juga bisa melakukan latihan aerobik berat, seperti berlari, setidaknya 15 menit per hari.

Jika menggunakan perhitungan langkah, Anda membutuhkan rata-rata 10.000–15.000 langkah/hari untuk mencegah penambahan berat badan berlebih. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan kekuatan, seperti pull up, sit up, atau plank setidaknya 2 kali per minggu.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Konsumsi makanan bergizi seimbang juga efektif untuk menjaga lingkar perut normal. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat. Protein dan lemak sehat, misalnya dari kacang-kacangan dan ikan, juga tak kalah penting untuk mendapatkan lingkar perut normal.

Sebisa mungkin batasi konsumsi lemak jenuh dan gula tambahan yang banyak ditemukan dalam beragam camilan tidak sehat. Selain itu, perhatikan juga porsi makanan yang Anda konsumsi, karena makanan sehat sekalipun bila dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menjadi tumpukan lemak pada perut.

3. Minum banyak air sebelum makan

Minum air putih sebelum makan dapat membantu Anda menjaga lingkar perut normal.

Cobalah untuk minum 500 ml atau sekitar 2 gelas air putih, 30 menit sebelum makan. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih kenyang sehingga cenderung tidak akan makan berlebihan setelahnya.

Menjaga lingkar perut normal sangat penting dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit.

Lemak viseral adalah lemak yang sangat aktif secara metabolik. Jika menumpuk, lemak ini dapat melepaskan asam lemak, sel radang, dan hormon yang meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung koroner.

Terapkan cara untuk menjaga lingkar perut normal di atas secara rutin, terlebih jika lingkar perut Anda sudah melebihi batas aman. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait lingkar perut normal dan cara menjaganya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #manfaat bawang hitam bagi kesehatan #mengukur dan menjaga lingkar perut normal #nenek berkumis dan berjenggot