Wahai Istri, Ketahuilah Dosa dan Hukuman Istri Yang Tidak Ingin Berkunjung ke Mertuanya


Waktu seorang wanita telah resmi untuk bersanding dengan seorang lelaki, karena itu statusnya beralih menjadi seorang istri. Dan keharusan selaku seorang istri ialah mematuhi suaminya.

Termasuk untuk tinggal dan turuti semua ketentuannya, segali itu masihlah ada dalam bimbingan syariat Islam.
Bukan hanya berlaku baik pada suami, si istri harus juga berperangai baik pada keluarga suami, termasuk kedua orang tuanya, sebagai mertua untuk istri.

Terkadang ada istri yang tidak demikian senang pada mertuanya sendiri. Hal seperti ini berlangsung karena beberapa faktor yang lain. Tapi yang jelas, hal ini juga sebagai penghambat jalinan silahturahmi untuk berjalan dengan baik.

Lantas, bagaimana hukumnya istri yang tidak ingin bertandang ke rumah mertuanya? Dan apa hak mertua atas istri? Seorang istri harus mematuhi suami dalam kasus-perkara yang tidak memiliki kandungan maksiat pada Allah.

Syariat telah memberikan dorongan yang kuat pada istri untuk mematuhi suami, dan mengingatkannya dari tidak mentaatinya dalam kasus-perkara yang dia dapat taat padanya.

Dalam Al-Musnad dan Shahih Ibnu Hibban diterangkan jika Nabi SAW bersabda,

“Bila seorang wanita telah kerjakan shalat lima waktu, berpuasa satu bulan, jaga kehormatannya dan mematuhi suaminya, jadi akan disebut padanya, ‘Masuklah kamu di dalam surga dari pintu-pintu surga mana saja yang kamu kehendaki’. “

Dalam Al-Musnad, Shahih Ibnu Hibban dan Al-Mustadrak diterangkan jika Nabi bersabda,

“Andaikan saya dapat memerintah seorang untuk bersujud pada seseorang (kecuali Allah), benar-benar saya akan memerintah seorang istri untuk bersujud ke suaminya. “

Dalam kitab Ash-Shahih diriwayatkan jika Nabi SAW bersabda, “Maukah kalian saya kabarkan berkenaan dosa yang terbesar?

Yaitu, menyekutukan Allah dan mendurhakai kedua orang-tua. ” Lantas beliau duduk sebelumnya setelah bertumpu dan bersabda, “Kenalilah, pengucapan percuma. ”

Beliau terus-terusan mengulangnya sampai kami bergumam, “Kira-kira antara sempurnanya ketaatan istri pada suami ialah sebaiknya dia melakukan perbuatan baik pada kedua orang-tua suami, berbakti pada ke-2 nya, tidak berlaku buruk pada ke-2 nya, dan bersabar dari sesuatu yang muncuk dari ke-2 nya. Semuanya ditangani untuk raih ridha suami supaya dengan itu dia dapatkan pahala dari Allah.

Jika ibu Anda geram pada istri Anda sebab suau karena yang tiba dari istri Anda, jadi seyogyanya istri Anda mohon maaf darinya awalnya dia wafat, agar dia wafat pada keadaan ridha pada istri Anda.

Tapi, jika ibu Anda telah wafat sedang istri Anda belum kerjakan hal seperti itu karena itu istri Anda harus banyak doakannya agar mendapatkan ampunan.

Demikian juga seorang anak harus banyak doakan kedua orangtuanya waktu ke-2 nya masih hidup atau sesudah wafat. Allah berfirman, “Dan rendahkanlah diri kamu pada mereka berdua dengan penuh yang paling dicintai dan ucapkanlah, ‘Wahai Rabbku, sayangilah mereka seperti mereka berdua telah mendidikku waktu kecil’, ” (QS. Al-Isra’ : 24).

Adapun mengenai hal seperti itu dipandang seperti kedurhakaan seorang anak pada ibunya atau mungkin tidak,
karena itu jawabnya yakni bila istri sakiti ibunya sebentar dia tidak menghindarinya, melarang dan memberi hukuman tindakan istri itu menjadi hal seperti itu terhitung wujud kedurhakaan.

Sampai, dia harus banyak beristighfar dan memperbanyak amal shaleh.

Sebenarnya Allah Mahamulia dan Mahamenerima taubat kembali Maha Pengasih, Bila Ia mengenali dari hamba-Nya kejujuran taubatnya jadi Ia akan terima taubatnya.

Allah berfirman, “Ucapkanlah, ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melebihi batasan pada diri sendiri, jangan sampai kamu berputus harapan dari karunia Allah. Sesungguhnya Allah memaafkan dosa-dosa semua. Sebenarnya Dia yang Maha Pemberi ampun kembali Maha Penyayang’, ” (QS. Az-Zumar : 53).

======

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Garam sering kali dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit. Padahal, manfaat garam bagi kesehatan tubuh sangatlah baik bila tidak dikonsumsi secara berlebihan, mulai dari memelihara fungsi organ tubuh hingga mencegah hipotensi.

Rasa lezat pada makanan tidak terlepas dari penggunaan garam di dalamnya. Namun, konsumsi garam sering kali dikaitkan dengan hipertensi, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Meski demikian, hal ini dapat terjadi bila garam dikonsumsi secara berlebihan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang dianjurkan, beragam manfaat garam justru dapat Anda peroleh.

Jumlah Asupan Garam Harian

Jumlah asupan garam per hari perlu disesuaikan dengan usia. Semakin muda usia Anda, semakin sedikit asupan garam yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini adalah jumlah konsumsi garam yang direkomendasikan berdasarkan kriteria usia:

  • Bayi usia di bawah 1 tahun: kurang dari 1 gram sehari
  • Anak usia 1–3 tahun: tidak lebih dari 2 gram per hari atau setara dengan 0,8 gram natrium
  • Anak usia 4–6 tahun: tidak lebih dari 3 gram per hari atau setara dengan 1,2 gram natrium
  • Anak usia 7–10 tahun: tidak lebih dari 5 gram per hari atau setara dengan 2 gram natrium
  • Anak usia 11 tahun ke atas dan orang dewasa: tidak lebih dari 6 gram per hari atau setara dengan 1 sendok teh
  • Penderita gangguan jantung: tidak lebih dari 1,5 gram per hari

Manfaat Mengonsumsi Garam

Garam mengandung mineral yodium yang memiliki peran penting dalam menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Beberapa manfaat garam bagi kesehatan tubuh meliputi:

1. Menjaga produksi hormon tiroid

Kekurangan yodium yang terkandung dalam garam membuat tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan pembesaran tiroid, konstipasi, kelelahan, hingga sulit berkonsentrasi.

2. Mencegah tekanan darah rendah

Mengonsumsi garam dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tekanan darah rendah atau hipotensi. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa pusing, mual, pandangan kabur, hingga pingsan. Namun, selalu ingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi garam setiap harinya.

3. Memelihara keseimbangan cairan tubuh

Garam mengandung natrium yang berfungsi untuk menahan cairan dalam sel-sel tubuh. Dengan mencukupi konsumsi garam setiap harinya, Anda pun akan terhindar dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

4. Meredakan gejala cystic fibrosis

Kadar garam dan air dalam tubuh penderita cystic fibrosis akan lebih cepat hilang melalui keringat. Oleh karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak asupan air dan garam untuk mencegah dehidrasi.

5. Memelihara fungsi organ tubuh

Kandungan sodium pada garam berperan dalam menjaga fungsi saraf dan otot tubuh. Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa garam berperan penting dalam mencegah gangguan pada saraf dan otot.

6. Mencegah gangguan perkembangan otak

Kekurangan yodium dalam garam selama masa kehamilan bisa mengakibatkan gangguan perkembangan otak pada janin. Selain itu, kekurangan asupan garam pada bayi dan anak juga bisa membuat mereka memiliki IQ yang lebih rendah.

Manfaat garam di atas hanya akan Anda peroleh bila dikonsumsi secara tidak berlebihan. Konsumsi garam berlebih justu bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh, serta meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Bila Anda ingin tahu lebih jauh tentang manfaat garam dan jumlah asupan garam yang sesuai kondisi tubuh dan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

======

7 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang untuk Dilewatkan

Ada beragam keunggulan dan manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang murah hingga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat. Selain itu, kacang hijau juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung beragam nutrisi, seperti:

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K

Nutrisi lain yang ada dalam kacang hijau adalah mangan dan selenium yang tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Ada beragam manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang dapat diperoleh dan sayang jika dilewatkan, yaitu:

1. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau dianggap baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, berat badan lahir rendah, atau lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

2. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau dikenal kaya akan serat dan pati. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang bersifat antiradang.

4. Menjaga berat badan

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat di dalam kacang hijau juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan dan mencegah Anda makan secara berlebihan. Hal inilah yang menjadikan kacang hijau baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Di dalam 100 gram kacang hijau, hanya terdapat sekitar 0,1 gram lemak.

Dengan kandungan lemak yang rendah serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

6. Menambah stamina tubuh

Kacang hijau juga dikenal sebagai sumber energi. Ini berkat kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya. Selain itu, jenis karbohidrat ini juga dapat mengatasi rasa lelah dan bisa membuat Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

7. Menurunkan risiko terkena osteoporosis

Kacang hijau juga mengandung magnesium dalam jumlah yang tidak sedikit. Di dalam 100 gram kacang hijau, setidaknya terdapat 97 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kondisi kekurangan magnesium atau hipomagnesemia.

Menurut penelitian, meningkatkan asupan magnesium dari makanan atau suplemen dapat menambah kepadatan mineral tulang pascamenopause pada wanita dan lansia.

Dengan mengonsumsi cukup magnesium, risiko terkena osteoporosis pun menurun. Selain itu, magnesium juga diduga mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan migrain.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, Anda bisa mulai memasukkan kacang hijau ke dalam menu makanan sehari-hari. Namun, batasi penambahan gula ke dalamnya.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat kacang hijau tetapi masih ragu karena memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Tags: #dosa dan hukuman istri tak berkunjung ke mertua #manfaat garam untuk kesehatan #manfaat kacang hijau untuk kesehatan