Wahai Suami!! Masih Kah Mengutamakan Istri daripada Ibumu? Coba Baca Kisah Nyata ini..


Kisah nyata datang dari zaman Nabi, dimana ada seorang pemuda yang bernama Alqomah yang selalu rajin beribadah. Ia rajin sholat, puasa, sedekah, dan melakukan sholat-sholat sunnah. Ia tak pernah meninggalkan sholatnya, dalam keadaa apa pun.

Suatu hari, Alqomah jatuh sakit parah, lalu menurut salah satu sahabatnya, Alqomah sedang menghadapi sakaratul maut. Namun, para sahabatnya heran kenapa Alqomah tidak bisa mengucapkan lafadz syahadat saat akan menjelang kematiannya. Sepertinya lidah Alqomah telah terkunci untuk mengatakan lafadz syahadat.

Kemudian, sang istri meminta sahabat Alqomah untuk menemui Rasul dan mengabarkan keadaan Alqomah. Kemudian, sahabat Alqomah yaitu Bilal, Ali dan Ammar menemui Rasulullah dan menanyakan kenapa Alqomah yang rajin beribadah sulit mengucapkan lafadz, “laa illaha ilallah…”

Lalu Rasul pun bertanya, apakah Alqomah masih memiliki orangtua ? Bilal pun menjawab “ayahnya sudah meninggal, tapi ibunya masih hidup namun sudah tua renta”

Rasulullah pun meminta Bilal untuk menemui ibu Alqomah, dan menyampaikan salam dari Rasul. Jika ibu Alqomah bisa berjalan, maka suruhlah ia menemuiku, jika ia tidka bisa berjalan, maka aku yang akan menemuinya.

Bilal pun segera ke rumah ibu Alqomah dan menyampaikan salam Rasul. Ibu Alqomah pun memutuskan untuk menemui Rasul dengan dibantu tongkatnya itu untuk berjalan.

Sesampai didepan Rasul, Rasul pun langsung bertanya “Bisakah kau menceritakan keadaan Alqomah yang sebenarnya ? Kenapa ia kesulitan sekali mengucapkan Laa illaha Ilallah … Setahu saya Alqomah adalah hamba yang rajin beribadah.

Ibu Alqomah pun menjawab dengan tegas, “Itu karena saya murka kepadanya wahai Rasul.. ”

“Kenapa engkau murka kepadanya ? Rasulullah pu menjawab dengan penuh penasaran.

“Ini karena Alqomah lebih mementingkan istrinya dari pada aku yang menjadi ibu kandungnya. Alqomah telah menyakitiku, ia berani menentangku demi untuk mengikuti keinginan istrinya.”

Rasulullah pun menganggukan kepalanya yang berarti ia mengerti kenapa Alqomah sulit mengucapkan “Laa illaha ilallah… Kemudian, Rasul pun menyuruh Bilal untuk mengumpulkan kayu api.

Namun, ibu Bilal mencegahnya dengan berkata, “Ya Rasulullah, kenapa engkau mau membakar anakku didepan mataku sendiri ??. Bagaimana perasaanku nanti melihatnya ?? Ibu yang mana tega melihat anaknya dibakar hidup-hidup didepan mata.

Rasulullah menjawab,” Wahai ibunda Alqomah, sejatinya siksa dari Allah di akhirat sangatlah pedih. Amal Alqomah yang sudah ia kerjakan tidak akan mampu mengalahkan murka yang engkau berikan. Kebaikan yang dilakukan oleh Alqomah tidak akan mampu menahan sakitnya siksa neraka !

“Jika engkau ingin Alqomah selamat dari api neraka, maka maafkan lah kesalahannya”

Ibu Alqomah pun memaafkan kesalahan Alqomah, karena ia tidak ingin anaknya masuk api neraka. Mendengar hal itu, Rasulullah pun meminta Bilal untuk melihat kondisi Alqomah.

Saat sampai didepan pintu, Bilal mendengar Alqomah mengucapkan Laa illaha ilallah .. dengan lancar. Bilal pun segera masuk dan menceritakan apa yang telah terjadi.

Setelah itu, jenazah Alqomah langsung dimandikan dan disholatkan. Sebelum dimakamkan, Nabi Muhammad SAW menitipkan pesan :

“Wahai sahabat Muhajirin dan Anshar. Siapa saja yang lebih mengutamakan istrinya dari pada ibunya, maka ia akan dilaknat Allah. Kecuali ia benar-benar bertaubat dan berbuat baik kepada ibunya dan meminta ridho dari ibunya.”

Masihkah kamu mendahulukan istri dari pada ibu, setelah mendengar kisah nyata dari zaman Rasulullah ini ?? Naudzubillahh

======

Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan

Salah satu manfaat bunga teratai yang paling umum adalah untuk mengobati diare. Di samping itu, masih ada berbagai manfaat bunga teratai lainnya yang perlu Anda ketahui.

Sebagian dari manfaat bunga teratai diketahui melalui praktik pengobatan tradisional yang sudah berlangsung sejak lama. Namun, ada juga manfaat yang ditemukan melalui studi terbaru tentang nutrisi dan senyawa bioaktif yang terkandung dalam bunga ini.

Berbagai Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga teratai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi diare

Pada bagian tengah bunga teratai, terdapat kumpulan biji teratai. Biji ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, lalu meminumnya selagi hangat. Tambahkan gula sesuai selera untuk menyedapkan rasa.

2. Mengatasi kulit berminyak dan mencegah jerawat

Kelopak bunga teratai dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengolesi wajah dengan ekstrak kelopak bunga teratai dan teh hijau dapat secara signifikan mengurangi produksi minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Hal ini akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Menyehatkan jantung

Akar bunga teratai mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Selain itu, akar bunga teratai juga mengandung cukup banyak kalium yang diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Khasiat-khasiat tersebut dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, misalnya penyakit jantung koroner atau gagal jantung. Untuk mendapatkan manfaat bunga teratai yang satu ini, Anda bisa merebus akarnya selama 10 menit dan mengonsumsinya dengan bumbu maupun tanpa bumbu.

4. Mengurangi peradangan

Biji bunga teratai dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan biji bunga teratai mengandung senyawa polisakarida yang memiliki efek antiradang serta antioksidan.

Manfaat bunga teratai ini sangat penting, karena adanya peradangan dalam tubuh diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

5. Mengatasi perdarahan berlebih saat haid

Ekstrak daun dan akar bunga teratai juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk melancarkan siklus haid serta menghentikan perdarahan berlebih saat haid.

Selain itu, beberapa ahli juga menyarankan untuk minum jus bunga teratai untuk mencegah anemia setelah menstruasi. Sayangnya, belum ada penelitian medis yang mendukung klaim ini.

6. Melawan pertumbuhan sel kanker paru-paru

Sebuah penelitian menyatakan bahwa biji bunga teratai berpotensi menjadi obat kanker paru-paru. Potensi ini datang dari neferine, yaitu senyawa organik di dalam biji bunga teratai. Pada penelitian tersebut, senyawa ini terbukti dapat membunuh serta menghambat penyebaran sel kanker paru-paru.

Selain beragam manfaat di atas, masih ada beberapa manfaat bunga teratai lainnya bagi kesehatan. Bunga ini dipercaya dapat membantu meredakan batuk, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, mencegah penyakit diabetes, serta mencegah risiko penyakit jantung.

Meski sebagian besar manfaat bunga teratai masih perlu dipastikan dengan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan bunga ini sebagai salah satu pilihan menu sehat.

Di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara, bunga teratai sudah lama dijadikan makanan, misalnya sup bunga teratai. Namun, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau mencampurkannya ke dalam salad sayur.

Bila Anda ingin mengambil manfaat bunga teratai sebagai obat herbal untuk keperluan medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini penting agar dokter bisa memberikan saran mengenai penggunaan bunga teratai yang aman untuk kondisi Anda.

======

Ini Manfaat Temu Kunci untuk Kesehatan

Manfaat temu kunci yang selama ini diketahui hanyalah sebagai bumbu penyedap makanan. Padahal tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa temu kunci diduga bisa bermanfaat untuk terapi COVID-19.

Temu kunci atau Boesenbergia pandurata merupakan tanaman rempah yang banyak ditemukan di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Meski tidak banyak mengandung nutrisi, manfaat temu kunci bagi kesehatan bisa kita dapatkan berkat beragam senyawa bioaktif yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah flavonoid.

Manfaat Temu Kunci untuk Kesehatan

Di balik cita rasanya yang pedas, temu kunci membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah di antaranya:

1. Meredakan batuk kering

Temu kunci telah dijadikan sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk kering. Hal ini karena temu kunci memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan radang dan bengkak pada tenggorokan.

Selain itu, kandungan antioksidan pada temu kunci juga dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat membantu proses pemulihan.

2. Meningkatkan kualitas sperma

Meski masih harus dikaji lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa temu kunci terbukti berkhasiat dalam meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Hal ini diperoleh karena kandungan antioksidan pada temu kunci berperan dalam melindungi kerusakan jaringan testis yang merupakan tempat memproduksi sperma.

3. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel tubuh. Jika kadar radikal bebas dalam tubuh berlebih, kerusakan yang diakibatkannya bisa memicu terjadinya berbagai penyakit kronis.

Manfaat temu kunci dalam menangkal radikal bebas berasal dari kandungan senyawa flavonoid-nya. Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan yang kuat sehingga dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mencegah kanker payudara

Manfaat temu kunci selanjutnya adalah mencegah atau mengurangi risiko terkena kanker payudara. Manfaat ini memang perlu diuji lebih lanjut, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa panduratin A pada temu kunci mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk sel kanker payudara.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Konsumsi temu kunci diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasalnya, kandungan senyawa polifenol pada temu kunci bermanfaat dalam mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di usus.

Selain polifenol, kandungan minyak atsiri pada temu kunci juga diyakini memiliki sifat antibakteri sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Escherichia coli (E. coli), yaitu salah satu bakteri penyebab diare. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

6. Berpotensi mencegah dan menyembuhkan COVID-19

Sama halnya dengan bawang putih dan jahe, temu kunci juga diyakini bisa mencegah COVID-19. Manfaat temu kunci dalam mencegah dan menghambat perkembangan virus Corona sudah pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Thailand. Meski begitu, penelitian ini berskala kecil sehingga masih diperlukan penelitian lain untuk memastikannya.

Manfaat-manfaat temu kunci di atas menunjukkan bahwa rempah ini memiliki banyak potensi baik yang berguna untuk kesehatan. Bahkan selain yang telah disebutkan, masih banyak kondisi yang diyakini bisa diatasi dengan temu kunci, misalnya sariawan, diare, dan penyakit kulit.

Meski begitu, perlu diingat bahwa semua manfaat temu kunci ini masih perlu melalui penelitian dan uji klinis lebih lanjut. Jadi, Anda tidak disarankan untuk menjadikan temu kunci sebagai satu-satunya obat untuk penyakit yang Anda miliki. Jika ada keluhan kesehatan, tetap konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tags: #manfaat bunga teratai untuk kesehatan #manfaat temu kunci untuk kesehatan #suami lebih mengutamakan istri daripada ibunya