Wanita ini Kehilangan Empat Giginya Usai 4 Tahun Pakai Behel, Kisahnya Miris Menggelitik


Kisah miris yang agak menggelitik datang dari wanita cantik pengguna TikTok. Memakai behel selama empat tahun dengan tujuan bisa cantik justru gigi ompong yang didapat.

Cerita wanita berbehel ini melintas di liminasa FYP TikTok. Ia menceritakan pengalamannya memakai behel sampai akhirnya ia harus kehilangan empat giginya.

Mendapatkan gigi yang cantik sesuai harapan kini tak menjadi kenyataan. Wanita malang ini terpakssa harus merelakan empat giginya hilang begitu saja setelah mengalami kecelakaan. Padahal, selama memasang behel di giginya, ia selalu menjaga dan merawat giginya dengan baik.

Empat tahun memakai behel, pemilik akun TikTok @tarilesputri menceritakan pengalamannya selama makai kawat gigi. Mulai dari menjaga kebersihan giginya hingga menunggu lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Melalui unggahan video di TikTok, wanita malang tersebut berhasil menarik perhatian warganet karena ceritanya yang relate dengan kehidupan netizen.

Dalam video tersebut, sang pemilik akun menuliskan bahwa dirinya sudah memakai behel sejak tahun 2017 dengan alasan memiliki gigi tidak rapi dan sering berbunyi. Alhasil, ia memutuskan untuk menggunakan behel sekitar 4 tahun lalu.

Setelah empat tahun berjuang dengan behel yang terpasang di giginya, wanita itu menceritakan detik-detik terakhirnya akan segera melapas breketnya pada 22 Juni 2021.

Bukannya setelah melepas behel mendapatkan hasil akhir yang memuaskan, pemiliki akun TikTok itu justru menunjukkan hasil yang mengecewakan.

“ antara pengen ketawa dan nangis????????????????.” Tulis sang pemilik akun.

Alih-alih mendapatkan gigi yang cantik dan rapi, pamilik akun TikTok itu justru memperlihatkan kondisi giginya yang sudah habis sebagian. Ya, empat giginya lepas karena terkena benturan keras.

Video singkat itu pun langsung dibanjiri komentar warganet. Bahkan tak sedikit yang membubuhkan komentar karena merasa takut untuk menggunakan behel.

Kembali mengungah video, pemilik akun TikTok itu menuturkan bahwa giginya ompong di detik-detik saat ia akan melepas behel.

Wanita malang itu mengalami kecelakaan yang menyebabkan tiga giginya lepas seketika. Sebelumnya, satu gigi telah dilepas selama melakukan perawatan gigi pada dokter ahli.

Video yang diunggah pada 4 Agustus 2021 ini sudah ditonton lebih 5 juta kali. Video tersebut sudah dibagikan lebih dari dua ribu kali. Video tersebut mendapatkan likes 353 ribu likes dari para pengguna TikTok dan ada sekitar 9 ribu komentar yang dibubuhkan warganet pada kolom komentar.

“ Gw yg awalnya mau behelan jd takut.” Tulis imbadgirl_ disertai emot nangis.

Sering Kelaparan, Nenek Sunimah sampai Pernah Minum Air Teh Sedikit-Sedikit selama 4 Hari Biar Awet
“ YaAllah perjuangan dari thn 2017.” Kata @tantaniatv disertai emot nangis.

“ Maap gue ngkak pas mbaknya bilang TARAA.” Imbuh cheon seo jin disertai emot nangis.

“ Jadi mengagalkan niat pgn make behel.” Timpal T disertai emot kaget.

======

Coba Iseng-iseng Merendam Kaki dengan Baking Soda Selama 10 Menit, Kamu Bakal Kaget Saat Rasakan Manfaatnya

Seperti yang kita tahu, baking soda merupakan bahan untuk membuat kue.

Peran baking soda dalam kue pun sangat penting lataran bisa membuat kue semakin empuk dan mengembang.

Selain bisa dimanfaatkan untuk membuat kue, ternyata baking soda juga memiliki banyak manfaat.

Mulai untuk kesehatan tubuh, kulit, hingga baking soda bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di rumah.

Bahkan lebih mengejutkan lagi baking soda bisa digunakan untuk merendam kaki.

Merendam kaki dengan baking soda mungkin bukan sesuatu yang umum.

Namun bahan alami yang satu ini bisa bantu mengatasi masalah-masalah yang ada pada kaki.

Salah satu masalah yang ada pada kaki adalah penumpukan sel-sel kulit mati di bagian telapak.

Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk begitu saja bisa membuat telapak kaki pecah-pecah.

Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut kita bisa merendam kaki dengan baking soda.

Sehingga bagian kulit di telapak kaki menjadi lebih halus dan sehat.

Selain itu, baking soda juga berguna untuk mengatasi masalah bau kaki.

Sebagian besar orang sering kali merasa tidak percaya diri ketika harus melepas sepatu di tempat umum karena masalah bau kaki tersebut.

Bau kaki bukan hanya membuat tidak nyaman namun orang-orang di sekitar kita juga bisa terganggu dengan aroma bau kaki tersebut.

Maka dari itu solusi terbaik untuk mengatasi bau kaki adalah merendam kaki dengan baking soda.

Nah berikut caranya melansir dari Tribunnews.com:

1. Caranya cukup mudah yakni dengan menambahkan dua sampai tiga sendok baking soda ke dalam baskom berisi air hangat.

2. Rendam kaki selama 10-20 menit untuk hasil maksimal

3. Gosok kaki pakai batu atau alat

4. Setelah itu, gunakan pelembab agar tidak terjadi iritasi.

Merendam kaki dengan baking soda akan melembutkan kulit kaki dan menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

Namun bagi yang memiliki kulit sensitif lebih baik tidak mencoba tips di atas.

Karena baking soda berpotensi menimbulkan reaksi iritasi.
Hal tersebut lantaran baking soda dapat mengganggu kesimbangan pH kulit.

Akibatnya kulit bisa berubah kemerahan dan menjadi kering.

Nah itu dia manfaat merendam kaki dengan baking soda, jangan lupa mencoba ya.

======

Ketahui Operasi Fistulotomi Sebagai Penanganan Fistula Ani

Fistulotomi adalah salah satu prosedur operasi yang digunakan untuk menangani fistula. Fistula yang ditangani dengan fistulotomi memiliki persentase kesembuhan yang sangat tinggi, bahkan mendekati 100%.

Fistula adalah saluran yang terhubung secara tidak normal di antara dua organ. Salah satu contoh fistula yang umum ditemui adalah fistula ani, yaitu terbentuknya saluran tidak normal di antara anus dan kulit sekitar anus.

Fistula ani dapat disebabkan oleh beberapa hal, tetapi biasanya terjadi karena adanya infeksi yang berkembang menjadi benjolan berisi nanah di jaringan sekitar anus.

Fistula ani tidak akan sembuh dengan sendirinya. Maka dari itu, diperlukan penanganan oleh dokter. Jika fistula ani tidak diobati dengan tepat, dapat terjadi sejumlah komplikasi jangka panjang yang bahkan berpotensi mengancam nyawa, seperti infeksi seluruh tubuh (sepsis) dan kanker anus.

Untuk menangani fistula ani, salah satu metode pengobatan yang dapat dokter lakukan adalah fistulotomi.

Tujuan Operasi Fistulotomi

Tujuan dari operasi fistulotomi adalah untuk mengeluarkan nanah dan cairan dari fistula ani. Dalam operasi ini, kulit dan otot saluran fistula ani yang telah dibedah juga akan dibiarkan terbuka agar terjadi penyembuhan alami dari dalam.

Dibandingkan dengan beberapa prosedur operasi penanganan fistula ani lainnya, fistulotomi tergolong prosedur yang cukup sederhana dan berisiko rendah menyebabkan cedera otot di sekitar dubur (sfingter ani), sehingga otot-otot tersebut tetap bisa berfungsi dengan baik setelah operasi.

Fistulotomi juga dapat digunakan untuk menangani berbagai jenis fistula, selain fistula ani. Bahkan, bila digunakan pada indikasi yang tepat, fistulotomi dapat memberikan angka kesembuhan mendekati 100%.

Indikasi Operasi Fistulotomi

Operasi fistulotomi utamanya digunakan untuk menangani fistula ani yang sederhana atau ringan, yaitu fistula ani yang letaknya rendah (dekat dengan otot sfingter ani) dan memiliki lubang tunggal di kulit sekitar anus.

Operasi fistulotomi tidak dilakukan pada kondisi fistula ani yang kompleks atau berat. Fistula ani tergolong kompleks jika:

  • Fistula ani terletak di atas otot sfingter ani (di mana terdapat lebih banyak otot)
  • Fistula ani memiliki banyak lubang di kulit sekitar dubur
  • Fistula ani timbul karena terapi radiasi atau penyakit radang usus
  • Fistula ani terhubung dengan jaringan kemaluan wanita
  • Selain fistula ani kompleks, fistulotomi juga tidak dilakukan pada kondisi fistula ani yang kambuh.

Persiapan Operasi Fistulotomi

Untuk menentukan apakah operasi fistulotomi merupakan penanganan yang tepat bagi fistula ani yang Anda alami, dokter terlebih dulu akan melakukan pemeriksaan colok dubur untuk memperkirakan ukuran dan lokasi fistula ani. Agar hasil pemeriksaan lebih akurat, dokter juga dapat menjalankan tes lain, seperti:

Magnetic resonance imaging (MRI)

Tes pencitraan ini menggunakan gelombang radio dan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar saluran fistula, otot sfingter ani, dan struktur dasar panggul lainnya secara detail.

Ultrasonografi endoskopik

Pemeriksaan ini menggunakan alat penghasil gelombang suara frekuensi tinggi yang dimasukkan ke dalam anus untuk menghasilkan gambar fistula, otot sfingter ani, dan jaringan di sekitarnya secara jelas dan mendetail.

Fistulografi

Dalam fistulografi, cairan pewarna (kontras) dimasukkan melalui lubang fistula yang ada di kulit sekitar anus, kemudian dilakukan foto dengan sinar-X untuk mengidentifikasi bentuk dan ukuran saluran fistula.

Dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan tersebut, dokter akan memutuskan apakah fistulotomi merupakan metode pengobatan yang paling tepat untuk kondisi fistula ani Anda.

Dalam hal persiapan sebelum operasi, umumnya dokter tidak akan memberikan obat pencahar untuk membersihkan usus dari sisa kotoran. Namun, jika diperlukan, dokter biasanya memberikan obat pencahar lewat dubur (enema) sekali di pagi hari sebelum operasi.

Dokter juga akan menyarankan Anda untuk berhenti makan pada tengah malam sebelum operasi. Namun, Anda tetap diperbolehkan minum sedikit air hingga 4 jam sebelum operasi. Setelah itu, Anda disarankan tidak makan dan minum sama sekali.

Prosedur Operasi Fistulotomi

Jika fistula ani Anda kecil dan posisinya rendah, dokter mungkin akan melakukan prosedur operasi hanya menggunakan pembiusan lokal. Tetapi jika ukuran fistula besar, Anda mungkin perlu menjalani operasi dengan pembiusan umum atau bius total.

Saat operasi, dokter akan memposisikan tubuh Anda berdasarkan lokasi fistula. Dokter dapat memposisikan Anda tengkurap, tengkurap dengan badan bagian tengah menekuk hingga membentuk huruf “V” terbalik, atau terlentang dengan kedua tungkai ditekuk pada sendi panggul dan lutut membentuk sudut 90 derajat.

Ketika operasi berlangsung, dokter akan membuat sayatan dari lubang fistula. Anus akan dibuka dengan alat khusus, kemudian saluran fistula dibuka dengan pisau bedah. Prosedur dilakukan dengan sangat berhati-hati untuk menghindari kerusakan pada otot sfingter ani.

Setelah saluran fistula terbuka, dasar fistula dikuret (dikerok), kemudian luka dibiarkan terbuka agar sembuh dengan sendirinya.

Jika diperlukan, dokter akan melakukan prosedur marsupialisasi, yaitu tepi luka dijahit ke jaringan sekitarnya supaya luka tetap terbuka dan bisa meningkatkan aliran cairan yang keluar, mengurangi perdarahan, serta mengurangi nyeri yang mungkin timbul.

Ketika operasi selesai, luka ditutup dan dibalut dengan kain kasa agar tetap bersih. Operasi fistulotomi dapat memakan waktu dari 30 menit hingga 1 jam, tergantung pada ukuran dan lokasi fistula ani.

Komplikasi Operasi Fistulotomi

Seperti prosedur operasi pada umumnya, fistulotomi juga dapat menimbulkan komplikasi. Beberapa komplikasi dapat terjadi segera setelah operasi, sementara yang lain baru muncul dalam beberapa minggu atau beberapa bulan setelah operasi.

Komplikasi yang dapat muncul usai operasi antara lain:

  • Perdarahan hebat atau keluarnya cairan berlebih dari luka operasi
  • Kesulitan buang air kecil
  • Kesulitan buang air besar

Komplikasi yang lebih jarang terjadi dan umumnya muncul beberapa minggu atau beberapa bulan setelah operasi antara lain:

Kekambuhan fistula ani

  • Tidak bisa menahan buang air besar
  • Penyempitan anus, sehingga buang air besar perlu mengejan cukup kuat
  • Luka tidak kunjung sembuh (setelah 12 minggu)

Penting untuk diingat, fistula ani tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala fistula ani, seperti anus terasa nyeri, kulit anus iritasi, atau keluar darah saat buang air besar, konsultasikan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Apabila Anda didiagnosis menderita fistula ani, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memutuskan apakah kondisi Anda dapat ditangani dengan prosedur fistulotomi.

Tags: #kehilangan gigi karena pakai behel #manfaat merendam kaki dengan baking soda #operasi fistulotomi