Waspada Ya Bun, Menyusui Sambil Lakukan Hal Ini Bisa Merusak DNA Bayi

267 views


Ibu Menyusui Sambil Main HP – Zaman sosial media seperti sekarang ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Bahkan bagi ibu yang sedang menyusui sekalipun tidak lepas dari yang namanya gadget.

Meskì dìánggáp bìsá mengátásì kejenuhán, námun ibu menyusui hárus wáspádá ákán báháyá menggunákán HP ketìká sedáng menysuì.

Menurut Káteyune Káenì, sáát menyusuì sebáìknyá ìbu meletákán HPnyá, kárená jìká sìbuk bermáìn HP ìbu tìdák ákán táhu ápákáh sì báyì másìh lápár, sudáh kenyáng, átáu susáh menelán ASI.

Oleh kárená ìtu, ìnì beberápá álásán láìn kenápá ìbu menyusuì ìtu dìláráng bermáìn HP:

1) Menghámbát Konták Mátá

Penelìtìán menunjukkán báhwá konták mátá ántárá ìbu dán ánák selámá 6 bulán pertámá sángát pentìng untuk memperkuát ìkátán. Jugá untuk mengsìnkronkán emosì ántárá ìbu dán ánák yáng bìsá menìngkátkán keterámpìlán belájár komunìkásì másá depán sáng buáh hátì.

Jìká sáng ìbu terlálu sìbuk máìn HP sáát menyusuì, máká semuá hál dìátás tìdák ákán dì dápát. Akìbátnyá berdápák buruk pádá ánák ketìk sudáh besár.

2) Báyì Tìdák Mendápátkán Perhátìán

Jìká báyì sudáh terbìásá tìdák mendápát perhátìán penuh sáát menyusui kárená ìbunyá terlálu sìbu máìn HP, máká ketìká sudáh besár nántì sì ánák ákán cenderung mencárì perhátìán pádá oráng láìn, bukán pádá ìbunyá sendìrì.

3) Rìsìko Pápárán Rádìásì

HP berbáháyá bágì báyì kárená memáncárkán rádìásì dán báyì bìsá menyeráp rádìsìánì yáng bìsá merusák DNA dán sel-sel dì otáknyá.

Akìbátnyá, báyì bìsá terkána kánker sertá penyákìt láìnnyá. Kárená menurut WHO (World Heálth Orgánìzátìon), rádìásì HP ádáláh kársìnogen kelás 2B yáng sámá dengán tìmbál, báhán bákár jet, dán DDT.

Máká dárì ìtu seoráng ìbu hárus menjáuhkán hándphonenyá selámá menyusui. Jángán korbánkán kesehátán báyì demì kebáhágìán máìn HP.

Demikian informasi ibu menyusui sambil main HP ini kami sampaikan. Kami hanya menyajikan berita dan informasi terkini yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Jangan lupa like and share. Semoga bermanfaat.

======

Bisa Bikin Satu Keluarga Keracunan, Tolong Jangan Nekat Makan Kemiri dengan Cara Ini, Efek Sampingnya Luar Biasa dalam Hitungan Menit

Kemiri merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat bumbu dasar putih masakan khas Indonesia.

Tapi bukan hanya untuk makanan, ternyata kemiri juga punya banyak manfaat kesehatan.

Mengutip Kompas.com, kemiri Indonesia atau Aleurites moluccana adalah golongan kacang macadamia.

Kemiri memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, yaitu sekitar 60 persen.

Nah, ini yang membuat kemiri bisa mengeluarkan rasa gurih.

Mengutip buku “Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia” karya Murdijati Gardjito terbitan Gramedia Pustaka Utama, ternyata kemiri mengandung gliserida 30 persen, asam linoleat, palmitat, stearat, dan mristat.

Ada juga kandungan protein, vitamin B1, asam lemak 55 – 60 persen, dan gliserin.

Berbicara mengenai kemiri, ada satu fakta yang mungkin kamu belum tahu.

Hal ini mengenai efek samping dari konsumsi kemiri.

Iya, bukan hanya jadi penyedap makanan, tapi kemiri juga jadi bahaya kalau dikonsumsi dengan cara salah.

Kemiri bisa beracun dan berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara mentah.

Adapun racun ini berasal dari kandungan asam hidrosianik dalam biji kemiri.

Nah, efek racun tersebut akan muncul jika kemiri dikonsumsi mentah.

Apalagi kalau dimakan dalam jumlah banyak.

Beberapa kondisi yang muncul seperti mual, muntah, sampai diare.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan tidak langsung mengonsumsi kemiri secara mentah, ya.

Dilansir Grid.ID dari Nakita.ID, apabila ingin menggunakan kemiri untuk rambut atau penyedap makanan, maka diwajibkan memanasi atau menyangrai biji kemiri.

Menyangrainya kemiri sangat mudah karena tidak perlu menggunakan minyak ataupun air.

Cukup letakan saja kemiri pada wajan dan biarkan sampai panas.

Dengan cara ini, racun yang ada di dalam biji kemiri bisa hilang.

Setelah dipanaskan, kemiri bisa digunakan sebagai penyedap makanan ataupun menjaga kesehatan rambut.

======

Ini Penyebab Bayi Terbangun di Malam Hari

Ada masa ketika bayi sering terbangun di malam hari. Bila hal ini terjadi terus-menerus, Bunda dan Ayah pun bisa kurang tidur dan tentunya ini tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab Si Kecil terbangun di malam hari, agar Ayah dan Bunda bisa mengatasinya.

Normalnya, bayi akan tertidur lebih lama di malam hari dan terjaga ketika pagi tiba. Namun, sebagian bayi memiliki kendala untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sepanjang malam dan sering terbangun di malam hari.

Walau tidak selalu menangis, bayi yang terbangun di malam hari tetap membutuhkan perhatian Bunda, sehingga Bunda atau Ayah pun harus bergantian menemaninya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Bunda dan Ayah mengetahui penyebab Si Kecil terbangun.

5 Penyebab Bayi Sering Terbangun di Malam Hari

Ada beberapa penyebab bayi terbangun di malam hari yang perlu Bunda ketahui, di antaranya:

1. Lapar

Salah satu tanda bahwa bayi lapar adalah terbangun ketika ia sedang tidur. Malahan, menangis sebenarnya adalah tanda bahwa ia sudah sangat lapar. Ketika rasa laparnya masih ringan, bayi akan terbangun dan menunjukkan tanda lain, misalnya mengisap tangannya atau mencoba meraih payudara Bunda.

Umumnya, bayi yang hanya diberikan ASI memang akan lebih mudah lapar dibandingkan bayi yang minum susu formula. Alasannya, karena ASI lebih mudah dicerna, sehingga lambung bayi akan cepat kosong dan “minta” diisi kembali.

Agar tidak sering terbangun di malam hari karena lapar, Bunda perlu mencatat kebiasaan waktu menyusu buah hati, khususnya di malam hari. Tujuannya supaya Bunda bisa memberikan susu sebelum Si Kecil mulai terbangun karena lapar.

2. Kedinginan

Saat merasa kedinginan, bayi yang terlelap tidur di malam hari bisa saja terbangun dan sulit untuk tidur kembali. Oleh karena itu, Bunda perlu untuk memperhatikan pengaturan suhu kamar agar Si Kecil tidak merasa kedinginan. Jika ia menangis, Bunda bisa melakukan metode kangguru untuk menenangkannya.

Jika kamar Si Kecil menggunakan AC, aturlah suhu AC sekitar 23–25o Celsius. Setelah itu, pakaikan Si Kecil baju berbahan katun. Bila dibutuhkan, Bunda bisa menambahkan selimut tipis untuknya. Bunda juga bisa menggunakan fitur pengatur waktu (timer) agar AC bisa menyala atau mati secara otomatis pada jam tertentu.

3. Popok penuh

Jangankan bayi, kita tentu tidak akan merasa nyaman jika harus tidur dengan keadaan basah. Jadi, wajar jika bayi terbangun dan menangis saat popoknya penuh, apalagi jika sprei kasurnya juga menjadi basah.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengecek popok Si Kecil secara berkala, khususnya jika ia sering menyusu tiap 2–3 jam sekali.

4. Siklus tidur yang belum teratur

Tidak semua bayi memiliki siklus tidur yang teratur, terutama yang baru lahir. Bayi baru lahir umumnya belum bisa mengenal perbedaan pagi dan malam, sehingga mereka bisa saja terbangun di malam hari tanpa alasan tertentu dan baru terlelap lagi di pagi hari.

Hal ini tentu bisa membuat Bunda kewalahan, karena jam tidur Si Kecil dengan Bunda menjadi bertolak belakang. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengenalkan perbedaan waktu padanya dengan melakukan beberapa aktivitas rutin sebelum tidur, misalnya mematikan lampu, menyusui, atau menyanyikan lagu.

5. Sakit

Ketika merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya, misalnya karena sedang sakit, tumbuh gigi, atau demam setelah imunisasi, bayi bisa saja terbangun di malam hari dan menjadi rewel. Ini adalah hal yang normal terjadi pada bayi.

Namun, penting bagi Bunda untuk mengetahui penyebab sakit yang dialami Si Kecil, agar ia bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa penyebab bayi sering terbangun di malam hari. Dengan mengetahui informasi di atas, kini Bunda tidak perlu bingung ketika menghadapi Si Kecil yang tiba-tiba terjaga di malam hari.

Tidur adalah momen penting untuk mengistirahatkan tubuh bagi semua orang, tak terkecuali untuk bayi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur cukup pada bayi sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembangnya dan sistem kekebalan tubuhnya.

Jadi, bila semua cara yang Bunda terapkan tidak berpengaruh pada pola tidur Si Kecil, penting bagi Bunda untuk segara berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penanganan yang tepat.

Tags: #jangan makan kemiri dengan cara ini #menyusui sambil main hp bisa merusak DNA #penyebab bayi terbangun dimalam hari