Pemuda Pijat Kaki Ibunya dengan Tulus yang Mendadak Sakit Saat berjalan, Banjir Pujian


Kejadian tak terduga tertangkap kamera di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam. Terlihat pemuda tengah memijat kaki seorang ibu kelelahan.

Sembari bercengkerama, mereka tak menyadari sedang direkam dari kejauhan. Pria itu ikhals memijat kaki ibunya yang mendadak sakit saat berjalan.

Tak sedikit netizen yang ikut haru dan membanjiri pujian pada video viral itu. Sampai disebut sebagai tokoh muslim, Uwais Alqarni zaman sekarang.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Disorot Kamera Diam-diam

Wanita yang menyebut namanya Neng Rey ini mengaku salut dan bangga ada pemuda itu.

“Mas maafkan saya yang sudah mengambil gambar diam-diam. Tapi melihatmu dari kejauhan sangat bangga,” tulis dalam keterangan video dilansir dari laman TikTok akun neng_rey.

“Niatnya mau share yang bermanfaat untuk diriku dan orang banyak. Maaf aku sudah ngevideoin sembunyi-sembunyi,” ujarnya.

Perhatian Tulus pada Ibunda

Terlihat seorang pria muda begitu santainya bercengkerama sambil mengurut kaki ibundanya.

“Izinkan kami melihat pemandangan yang indah ini. Di bandara yang penuh keramaian tak peduli banyak mata yang melihatmu. Karena ibu tak tahan lagi sampai duduk di lantai bandara,” tulisnya lagi.

Kaki Sang Ibu Mendadak Sakit

Menurut Neng Rey, peristiwa itu terbilang sangat langka di zaman sekarang ini. Biasanya pemuda memilih acuh dengan keadaan sang ibu, lain halnya dengan pria tersebut.

“Kan ibunya ngeluh kakinya sakit kan. Tiba-tiba langsung duduk di lantai. Enggak segan-segan pemuda ini ngurut di tempat umum,” papar Neng Rey.

Menolak Menggunakan Kursi Roda

Dalam video yang berbeda, akun neng_rey kembali menuturkan saat kejadian itu sang ibu sudah ditawari kursi roda oleh petugas, namun ditolak.

“Pada saat kejadian, ada seorang petugas bandara yang membawakan kursi roda untuk sang ibu. Tapi ibu itu menolak,” tutur Neng Rey.

Tak berselang lama, Neng Rey tak memerhatikan lagi. Hingga melihat sang pria yang tak diketahui identitasnya itu sudah pergi menggunakan helm.

“Terakhir yang aku lihat, anak laki-laki itu sudah menggunakan helm,” pungkasnya.

Disebut Mirip Tokoh Muslim

Begitu terpancar ketulusan cinta yang disampaikan sang pemuda itu. Sampai Neng Rey menyandingkannya dengan tokoh muslim Uwais Alqarni.

Uwais merupakan teladan di masa Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib. Dikenal sebagai sosok anak teladan. Meski terlahir cacat, Uwais memiliki hati yang luar biasa. Ia rela menggendong ibundanya yang lumpuh, menuju Mekkah untuk menunaikan haji.

“Biarkan kami menjadikanmu panutan. Saya tidak mengenalmu, tapi doaku untukmu Uwais Alqarni jaman now. Meneteskan air mata, tak ada yang tahu kedekatan antara ibu dan anak selain mereka sendiri,” tulisnya dalam video.

Banjir Pujian Netizen

Tak ayal banyak warganet yang menaruh haru, dan teringat kembali dengan perjuangan seorang ibu demi keluarga. Selain memuji pria dalam video, mereka juga menyampaikan keinginan yang sama untuk bisa berbakti pada orangtua.

“Aku iri! Karena sampai saat ini aku nggak berani nunjukin kepedulian aku sama ibu aku,” tulis hai.syipa.

“Gua yang selalu pura-pura nggak peduli padahal mah pengen tapi kayaknya takut aja gitu, Mak gua nangis liat gua peduli ke dia,” tulis kembartiktok08.

“Ya Allah bahagianya masih punya ibu 😭😭😭,” tulis argandha.

“Beruntung banget nanti yan jadi istrinya,” tulis akulagisedih.

“Tidak semuanya manusia berubah mengikuti jamannya, masih banyak yang berbakti 😭,” tulis lidiawati871.

“Ya Allah semoga selalu diberikan umur panjang buat sampean bu,” tulis vianita55.

======

Bikin Pendek Umur Secara Instan! Ingat Baik-Baik, Aktivitas Sepele Ini Memicu Serangan Jantung Mendadak, Jangan Sampai Kamu Tidak Tahu!

Bukan rahasia lagi, bila serangan jantung dikenal sebagai pemicu kematian tinggi.

Bahkan, tidak sedikit orang yang sehat tiba-tiba meninggal dunia akibat mengalami serangan jantung.

Ya, bagi penderita penyakit jantung, ada baiknya untuk sadar dengan hal-hal sepele ini.

Sebab, beberapa penderita jantung tak mengenali gejala yang bisa mendekatkan dirinya dengan kematian.

Lalu, apa hal sepele yang bisa memicu serangan jantung tersebut?

Dikutip Grid.ID dari Kompas.com, Sabtu (2/10/2021), ahli jantung Steven Nissen menyampaikan beberapa kondisi yang memicu serangan jantung.

1. Emosi

Memiliki tingkat emosi tidak stabil memang bisa menjadi pemicu serangan jantung secara mendadak.

Amarah dan kesedihan yang tak terbendung, akan menyebabkan detak jantung dan tekanan darah meningkat secara signifikan.

Alhasil, ketidakstabilan emosi inilah yang membuat seseorang bisa meninggal secara instan.

Menurut Steven Nissen, orang dengan gejala jantung memang harus pandai mengontrol emosi.

Sebab, orang-orang yang terdeteksi memiliki penyakit jantung lebih rentan mengalami kematian bila kerap emosi.

2. Aktivitas Berlebihan

Selain emosi, melakukan aktivitas fisik secara berlebihan juga menjadi pemicu serangan jantung yang tak disadari.

Nah, bagi kalian yang tak terbiasa berolahraga berat atau melakukan aktivitas yang menguras energi, baiknya melakukan pemanasan atau memulai dengan perlahan.

Sebab, langsung melakukan olahraga berat dapat memicu terjadinya serangan jantung secara mendadak.

Dicontohkan Steven Nissen, bermain futsal atau bola basket mungkin terlihat tidak berbahaya.

Namun, bagi orang yang tidak terbiasa melakukan hal ini bisa memperberat kinerja jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung.

3.Suhu Dingin

Seperti diketahui, suhu dingin bisa menyebabkan arteri mengerut.

Akibatnya, suhu dingin juga memicu peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba.

Menurut Steven Nissen, meningkatkan kinerja jantung berlebih akan memicu terjadinya serangan jantung.

4. Penyakit Lain

Nah, bagi kalian yang sudah ditetapkan memiliki riwayat penyakit serius, disarankan untuk lebih berhati-hati.

Sebab, beberapa penyakit tertentu bisa beresiko tinggi memicu adanya serangan jantung.

Beberapa penyakit tersebut di antaranya, inflamasi, seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan penyakit lain yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

Selain itu, diabetes gestasional, sleep apnea dan kanker payudara yang sudah melibatkan penyinaran disarankan untuk lebih berhati-hati.

Sementara itu melansir informasi dari TribunKesehatan.com, beberapa faktor serangan jantung yang dapat disadari sejak awal adalah usia, genetik, tekanan darah tinggi, kolesterol, obesitas, serta pola makan yang buruk.

======

Rumput Fatimah Bisa Melancarkan Persalinan? Ini Faktanya

Semua ibu hamil ingin melahirkan buah hatinya dengan lancar. Alhasil, tidak sedikit ibu hamil yang melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya, termasuk mengonsumsi rumput Fatimah. Katanya, tanaman herba ini bisa melancarkan persalinan. Benarkah demikian?

Rumput Fatimah atau Labisia Pumila adalah tanaman herba yang cukup sering dimanfaatkan sebagai obat di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia.

Berbagai riset menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki kandungan zat yang menyerupai hormon estrogen (fitoestrogen) serta sifat antiradang dan antioksidan, sehingga dianggap dapat mengobati berbagai penyakit.

Secara tradisional, rumput Fatimah sering dikonsumsi oleh sebagian kaum Hawa untuk meningkatkan libido, meredakan gejala pascamenopause, dan meringankan nyeri saat menstruasi. Tak hanya itu, tumbuhan herba ini juga digadang-gadang bisa melancarkan proses persalinan.

Fakta tentang Manfaat Rumput Fatimah untuk Melancarkan Persalinan

Banyak orang yang percaya bahwa rumput Fatimah bermanfaat untuk memelihara kesehatan janin dan baik untuk melancarkan persalinan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tanaman ini biasanya dikonsumsi sebagai jamu atau teh herbal.

Sebenarnya anggapan bahwa rumput Fatimah bisa melancarkan persalinan adalah hal yang keliru dan harus diluruskan.

Rumput Fatimah bisa merangsang aktivitas hormon oksitosin, yakni hormon yang dihasilkan oleh tubuh wanita ketika hendak melahirkan. Hormon ini bisa menimbulkan kontraksi dan mempercepat proses persalinan.

Jika dikonsumsi sebelum waktu perkiraan lahir, rumput Fatimah bisa meningkatkan risiko terjadinya persalinan prematur atau bahkan keguguran. Rumput Fatimah juga disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit bawaan atau cacat pada janin.

Oleh karena itu, Bumil sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan dan produk herba, termasuk rumput Fatimah, tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Sederet Bahaya Rumput Fatimah bagi Ibu Hamil

Walau diklaim dapat digunakan sebagai obat alami untuk induksi persalinan, faktanya kandungan oksitosin pada rumput Fatimah belum jelas kadarnya dan justru bisa berbahaya untuk kehamilan dan persalinan.

Jika dikonsumsi berlebihan atau terlalu sering, rumput Fatimah bisa menimbulkan beragam bahaya bagi ibu dan janin, seperti:

1. Meningkatkan risiko terjadinya keguguran

Rumput Fatimah dapat memicu terjadinya kontraksi. Jika dikonsumsi sebelum waktu perkiraan lahir atau di usia kandungan yang masih sangat dini, tumbuhan herba ini bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Konsumsi rumput Fatimah juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kematian janin di dalam rahim (stillbirth).

2. Menyebabkan persalinan prematur dan janin cacat

Selain meningkatkan risiko terjadinya keguguran, konsumsi rumput Fatimah bisa menyebabkan terjadinya persalinan prematur. Karena tanaman ini merangsang hormon oksitosin, proses persalinan pun bisa terjadi lebih cepat sebelum hari perkiraan lahir (HPL) tiba.

Karena lahir terlalu cepat sebelum waktu yang seharusnya, bayi prematur bisa memiliki berbagai masalah kesehatan atau komplikasi, mulai dari gangguan fungsi organ, lebih berisiko terkena infeksi, susah menyusu, hingga mengalami kematian mendadak (SIDS).

3. Mengakibatkan keracunan pada janin

Tak hanya berbahaya bagi ibu hamil, konsumsi obat-obatan dan produk herba, termasuk rumput Fatimah, juga bisa berdampak pada janin. Hal ini dikarenakan obat atau produk herba bisa saja mengandung zat beracun yang dapat membahayakan janin dan membuatnya mengalami penyakit bawaan lahir atau terlahir cacat.

Rumput Fatimah mungkin bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan pada wanita yang tidak hamil, misalnya untuk meringankan gejala menopause atau sindrom pramenstruasi.

Sebaliknya, tanaman ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan belum ada studi yang membuktikan bahwa rumput Fatimah aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk kehamilan serta proses persalinan dan menyusui.

Setelah mengetahui informasi di atas, Bumil sebaiknya menghindari konsumsi rumput Fatimah atau tanaman herbal lain, ya. Untuk memastikan keamanannya, ingatlah untuk berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan obat atau produk herbal.

Jika Bumil ingin melahirkan dengan lancar, ada beberapa cara yang bisa ditempuh tanpa harus mengonsumsi rumput Fatimah atau tanaman herba lainnya, yaitu rutin berolahraga, menghindari stres, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan pijatan perineum. Bumil juga bisa mencoba berhubungan intim menjelang waktu perkiraan lahir untuk melancarkan persalinan.

Jika Bumil masih penasaran atau sudah terlanjur mengonsumsi rumput Fatimah dan khawatir dengan kondisi janin di dalam kandungan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #aktivitas sepele memicu serangan jantung #kaki ibu mendadak sakit langsung di pijat anaknya #rumput fatimah yang dapat melancarkan persalinan