Bukan Nakal, Anak Dengan Dua Uyeng-Uyeng Punya Kecerdasan Luar Biasa

889 views


Pusar kepala atau biasa di sebut uyeng-uyeng dimitoskan ada kaitannya dengan sifat anak. Katanya, jika anak memiliki dua atau lebih pusar di kepalanya diartikan sebagai anak yang nakal ketika besar nanti.

Sebenarnya unyeng-unyeng atau pusar kepala ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan sifat sang anak dikarenakan pusar kepala tersebut sudah muncul sejak lahir.

Tapi meski demikian, ada fakta menarik dibalik pusar kepala yang berhasil diungkap oleh peneliti.

Ada sebuh penelitian pada tahun 1972 yang dikutip oleh ranker. com, bahwa sebanyak 94% bayi baru lahir sudah memiliki pusar pusar.

Sehingga tidak ada kaitannya dengan sifat, apalagi jika memiliki rambut yang panjang maka akan sulit untuk diketahui.

Tapi ada yang berpendapat kalau unyeng-unyeng itu ada kaitannya dengan kepirbadian seseorang, jika memiliki satu pisar maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat nantinya.

Sedangkan anak pemilik pusar dua dikenal sebagai anak yang pintar dan handal dalam melakukan sesuatu.

Selain itu, anak yang memiliki dua pusar juga bisa melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Itu artinya anak memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

Tapi fakanya di masyarakat kita sampai sekarang ini masih banyak yang mengganggap anak dengan dua pusat itu akan menjadi anak yang nakal nantinya, padahal tidak demikian.

======

5 Manfaat Air Ketumbar yang Perlu Diketahui

Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat air ketumbar bagi kesehatan. Ketumbar lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melengkapi cita rasa masakan. Padahal, tidak hanya itu. Air rebusan ketumbar juga bisa dijadikan minuman berkhasiat.

Ketumbar merupakan salah satu makanan dan tanaman herba yang kaya akan nutrisi. Tak hanya bisa dikonsumsi langsung sebagai makanan atau lalapan, ketumbar juga bisa diolah menjadi jamu atau teh herbal.

Ini karena di dalam air ketumbar terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, folat, serta vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K,

Selain itu, ketumbar dan air ketumbar juga kaya akan senyawa antioksidan, seperti tokoferol, karotenoid, flavonoid, tanin, antosianin, lutein, zeaxanthin, dan quercetine.

Manfaat Air Ketumbar

Berikut adalah berbagai manfaat air ketumbar yang bisa Anda peroleh:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Salah satu manfaat air ketumbar yang cukup terkenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan perut kembung. Ini karena, kandungan serat dalam ketumbar bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan Anda secara keseluruhan.

Tak hanya itu, air ketumbar juga memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang. Manfaat ini menjadikan air ketumbar dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

2. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar dan air ketumbar mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol. Efek ini menjadikan air ketumbar baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes.

Meski demikian, untuk mencegah diabetes, Anda tidak bisa hanya mengandalkan air ketumbar. Agar gula darah tetap terkontrol, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat, yakni dengan rutin olahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi, kurangi asupan gula, serta jauhi rokok dan minuman beralkohol.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ketumbar, baik yang dikonsumsi langsung atau sebagai air ketumbar, juga baik untuk kesehatan jantung. Ini karena ketumbar dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

4. Melawan efek radikal bebas

Senyawa fitokimia pada ketumbar, seperti terpinene, quercetine, lutein, dan flavonoid, memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan efek radikal bebas pada tubuh.

Zat Antioksidan juga berperan penting untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti kanker dan diabetes.

5. Melawan infeksi

Selain antioksidan, ketumbar juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri atau antimikroba, yakni dodecanal. Senyawa ini disebut bisa melawan dan membasmi bakteri penyebab diare dan keracunan makanan, misalnya E.coli dan Salmonella.

Tidak hanya itu, air ketumbar juga disebut mampu melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK).

Itulah berbagai manfaat air ketumbar yang bisa Anda peroleh. Meski demikian, penting untuk diingat bahwa efektivitas air ketumbar tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut. Hingga saat ini, belum ada riset yang dapat membuktikan manfaat dan keamanan air ketumbar sebagai pengobatan penyakit tertentu.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan air ketumbar sebagai pengobatan penyakit, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Cara Menyiapkan Air Ketumbar

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi air ketumbar, cobalah ikuti cara membuat air ketumbar berikut:

Bahan-bahan:

  • 2 sdm biji ketumbar
  • 1 liter air

Cara membuat:

  • Didihkan 1 liter air.
  • Masukkan 2 sdm biji ketumbar ke dalam air mendidih dan diamkan setidaknya 15 menit.
  • Saring biji ketumbar dari air rebusannya.
  • Biarkan selama 2 jam, lalu minum air rebusan biji ketumbar tersebut.

Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan herbal lainnya untuk ditambahkan ke dalam air rebusan ketumbar, seperti bunga hibiscus, kapulaga, jahe, serai, atau kunyit.

Air ketumbar umumnya aman dikonsumsi sebagai jamu atau minuman herbal untuk memelihara kesehatan tubuh. Namun, bukan berarti minuman herbal ini tidak memiliki efek samping, ya.

Anda perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi air ketumbar, terutama jika Anda tengah mengonsumsi obat diabetes yang dapat menurunkan gula darah. Jika dikonsumsi berbarengan dengan air ketumbar, hal ini berisiko menyebabkan terjadinya penurunan kadar gula darah secara drastis (hipoglikemia).

Oleh sebab itu, apabila Anda ingin menggunakan air ketumbar untuk mengobati suatu penyakit, atau jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan ingin mengonsumsi air ketumbar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

======

Gejala Asam Urat di Kaki yang Penting untuk Dikenali

Ada berbagai gejala asam urat di kaki, seperti nyeri, bengkak, terasa panas, dan tampak kemerahan. Jika tidak diobati dengan benar, gejala asam urat di kaki ini bisa mengganggu aktivitas, bahkan membuat Anda sulit berjalan.

Penyakit asam urat adalah salah satu penyebab radang sendi yang cukup sering menyerang bagian kaki. Penyakit ini terjadi karena kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh, sehingga mineral tersebut mengendap dan membentuk kristal yang tajam dan menyerang persendian.

Hal ini bisa membuat sendi yang terkena asam urat menjadi bengkak, kemerahan, dan terasa sakit. Serangan asam urat bisa muncul di sendi mana pun, tetapi paling sering di jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Gejala asam urat di kaki biasanya muncul secara tiba-tiba dan bertahan selama 5−10 hari.

Berbagai Gejala Asam Urat di Kaki

Berikut adalah beberapa gejala asam urat di kaki yang sering muncul:

1. Nyeri sendi di jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut

Gejala asam urat di kaki yang paling umum adalah rasa nyeri atau sakit yang luar biasa pada sendi yang terserang, bisanya di bagian jempol kaki, telapak kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Rasa nyeri akibat gejala asam urat bisa terasa seperti ditusuk-tusuk, berdenyut, atau perih dan panas.

Saat gejala tersebut muncul, orang yang mengalaminya bisa sulit untuk beraktivitas. Bahkan, menggerakkan kaki sedikit saja bisa terasa sangat susah dan hal ini bisa membuat mereka kesulitan atau bahkan tidak bisa berjalan.

Munculnya gejala asam urat di kaki biasanya bisa kambuh di malam hari atau pagi hari saat baru bangun tidur, lalu mereda dalam beberapa hari. Namun, terkadang, nyeri sendi akibat asam urat bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

2. Bengkak di sekitar sendi yang terserang asam urat

Gejala asam urat di kaki selanjutnya adalah bengkak di sekitar sendi yang terserang asam urat. Pembengkakan bisa terjadi karena iritasi dan peradangan pada sendi akibat tusukan kristal asam urat.

3. Rentang gerak menjadi terbatas

Rasa nyeri yang parah dan pembengkakan yang terjadi di sendi yang terserang bisa membuat sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Hal ini bisa membuat orang yang mengalami kekambuhan gejala asam urat di kaki menjadi sulit untuk bergerak dan beraktivitas selama beberapa hari.

4. Perubahan pada kulit di sekitar sendi yang terserang

Perubahan pada kulit di sekitar sendi juga termasuk gejala asam urat di kaki yang sering muncul. Kulit di sekitar sendi yang terserang biasanya akan terlihat kemerahan atau keunguan, terasa kaku, dan hangat ketika disentuh. Selain itu, kulit juga mungkin bisa terlihat meregang.

Pada kasus tertentu, khususnya penyakit asam urat yang sudah lama dan tidak diobati dengan baik, penumpukan asam urat bisa menyebabkan terbentuknya benjolan di kulit yang terasa keras dan kasar. Benjolan ini disebut tofus.

Benjolan tofus pada asam urat biasanya tidak nyeri, tapi terkadang bisa juga terasa nyeri. Benjolan ini sering muncul di sekitar pergelangan kaki atau sendi jari kaki, tapi juga bisa di siku, jari tangan, dan pergelangan tangan.

Gejala asam urat di kaki biasanya bisa mereda sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun, untuk meringankan keluhan nyeri dan bengkak di kaki karena asam urat, Anda bisa memberi kompres dingin pada kaki, beristirahat, dan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Jika Anda mengalami gejala asam urat di kaki seperti yang telah disebutkan di atas, terlebih jika keluhan ini sudah dirasakan selama berminggu-minggu atau sering kambuh, sebaiknya periksakan kondisi tersebut ke dokter.

Penting untuk diingat, jika tidak diobati dengan benar, asam urat yang kadarnya terlalu tinggi dan menumpuk di dalam tubuh tidak hanya bisa menyebabkan masalah di kaki, tapi juga masalah kesehatan lainnya, seperti batu ginjal.

Selain dengan pengobatan, untuk menjaga kadar asam urat tetap normal, Anda juga dianjurkan untuk menjauhi minuman beralkohol dan makanan yang dapat meningkatkan asam urat, rutin berolahraga, serta minum air putih yang cukup.

Tags: #anak dengan dua uyeng uyeng anak yang cerdas #manfaat air kelapa untuk kulit #manfaat ketumbar bagi kesehatan